Implementasi Manajemen Pendidikan Karakter

Ilham Ramadhan Oktavian, Enung Hasanah

Abstract


Manajemen pendidikan karakter sebagai penanaman nilai-nilai karakter, nilai akhlak, moral dan perilaku yang baik terhadap peserta didik. Penelitian ini berupaya mengeskplorasi peran manajemen pendidikan dalam mengembangkan karakter peserta didik di lembaga pendidikan formal. Penelitian ini menggunakan metode kajian literatur untuk menghasilkan esensi peran manajemen pendidikan dalam mengembangkan karakter siswa di lembaga pendidikan formal. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari berbagai proses penanaman karakter melalui perilaku di dalam diri siswa, manajemen pendidikan mampu menciptakan kondisi yang kontributif terhadap pengembangan karakter peserta didik. Sehingga perserta didik dapat mempersiapkan dirinya melalui penguasaan kompetensi yang diinetrnalisasi menajdi karakter dalam diri mereka.Management of character education as planting character values, moral values, morals and good behavior towards students. In developing the character of students, there are many materials for consideration to develop student character through learning that is instilled in students. As a form of effort to cultivate personality, morals, and knowledge, it takes a role in the management of character education. This study examines the results of observations from various data sources that have been collected. From the various developments of inculcating behavior in students, it is able to create conditions that contribute to the management of student character development. So that students can prepare themselves through mastery of competence and character education management.


Keywords


Manajemen Pendidikan karakter Siswa; Lembaga pendidikan

Full Text:

PDF

References


Ahmad, S. (2015). Manajemen Pendidikan Karakter Di Madrasah (Sebuah Konsep dan Penerapannya). Tarbawi, 1(2), 1–16.

Ardi, N. S. P., Sobri, A. Y., & Kusumaningrum, D. E. (2019). Manajemen Pembinaan Akhlak Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 2(1), 017–025. https://doi.org/10.17977/um027v2i22019p17

Christinawati, Amalia, Y. S., Mustofa, H. R. B., & Pandin, M. G. R. (2020). Social character through poetry for children in rehabilitation. Talent Development and Excellence, 12(1).

FARHANI, D. (2019). MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN KOKURIKULER KEAGAMAAN. Islamic Education Manajemen, 04.

Hasanah, E. (2019). Perkembangan moral anak SD berdasarkan teori Kohlberg. Jipsindo, 6(2), 131–145. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jipsindo.v6i2.28400

Hasanah, E., & Supardi, S. (2020). The meaning of javanese adolescents’ involvement in youth gangs during the discoveries of youth identity: A phenomenological study. Qualitative Report, 25(10).

Hasibuan, A. A., Syah, D., & Marzuki, M. (2018). Manajemen Pendidikan Karakter Di Sma. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(02), 191. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v4i02.1230

Hidayat, A. S. (2012). Manajemen Sekolah Berbasis Karakter. Jurnal Inovasi Dan Kewirausahaan, 1(1), 8–22.

Masyhur, F. (2017). Penelitian e-government di indonesia: Studi literatur sistematis dari perspektif dimensi pemeringkatan e-government indonesia (pegi). JURNAL IPTEKKOM : Jurnal Ilmu Pengetahuan & Teknologi Informasi, 19(1). https://doi.org/10.33164/iptekkom.19.1.2017.51-62

Perdana, N. S. (2015). CHARACTER EDUCATION MODEL BASED ON EDUCATION IN ISLAMIC BOARDING SCHOOL. EDUTECH, 14(3), 402. https://doi.org/10.17509/edutech.v14i3.1387

Pertama, M., Depok, N., & Palunga, R. (2017). Peran Guru Dalam Pengembangan Karakter Peserta Didik Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Depok Sleman. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(1), 109–123. https://doi.org/10.21831/jpk.v7i1.20858

Qibtiyah, M. (2017). Manajemen pendidikan Madrasah Aliyah Binaan Pesantren dalam Pengembangan karakter Peserta Didik. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahman, 2(1), 1–17.

Ramadhani, M. A. (2014). Lingkungan Pendidikan dalam Implementasi Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 08.

Taufiqur Rahman, & Siti Masyarafatul Manna Wassalwa. (2019). Implementasi Manajemen Pendidikan Karakter dalam Pembinaan Akhlak Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 4(1), 1–14. https://doi.org/10.35316/jpii.v4i1.175

Wening, M. H., & Hasanah, E. (2020). Counseling Service Management in Efforts to Help the Potential Development of High School Students. Randwick International of Social Science Journal. https://doi.org/10.47175/rissj.v1i3.110

Wittmann, V. (2014). World society and globalization. Journal for Multicultural Education, 8(3). https://doi.org/10.1108/JME-05-2014-0021




DOI: https://doi.org/10.12928/jimp.v1i1.4212

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Universitas Ahmad Dahlan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN 2807-3592 (print) | 2807-3231(online)
Organized by Magister Manajemen Pendidikan
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website : http://journal2.uad.ac.id/index.php/jimp
Email : jimp@mp.uad.ac.id


View JIMP Stats

Creative Commons License
Jurnal Inovasi dan Manajemen Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal2.uad.ac.id/index.php/jimp.