Pengembangan Media Pembelajaran Daring Era 4.0 Di Masa Pandemic Covid-19

Refien K S Rawung

Abstract


Pendidikan saat ini menghadapi dampak yang besar sebagai akibat dari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat juga terhadap kehidupan manusia pada umumnya. Digitalisasi yang ditandai dengan semakin kompleksnya teknologi yang diciptakan  memberi banyak kemudahan. Media pembelajaran pun semakin berkembang seiring dengan lajunya perkembangan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengembangan media pembelajaran daring di masa pandemic dan pasca pandemic. Studi kepustakaan di gunakan dalam penelitian ini, sumber diambil dari buku, artikel dan internet untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan dalam rangka mencapai tujuan penelitian.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajara daring sudah merupakan keniscayaan untuk secara berkesinambungan dilakukan oleh guru dan dosen, untuk mengadaptasi pembelajaran konvensional ke pola pembelajaran modern yang berbasis teknologi. Berbagai platform pembelajaran daring dapat dimaksimalkan untuk dijadikan sebagai media pembelajaran daring yang bahkan dapat di gunakan secara bersama-sama agar dapat memecahkan kebosanan yang sering muncul pada pembelajaran daring akibat pola yang sama terusa menerus digunakan. Guru ataupun dosen melakukan pengembangan penggunaan media pembelajaran yang awalnya hanya menggunakan satu platform berkembang menjadi dua ataupun lebih untuuk memenuhi kebutuhan pembelajaran. LMS dengan platform pembelajaran yang lebih bervariasi menjadi alternatif terbaik untuk memberikan suasana pembelajaran yang tidak monoton bagi peserta didik.


Keywords


media pembelajaran, pembelajaran daring, platform pembelajaran, Era 4.0, Pandemic covid-19

Full Text:

PDF

References


AECT, 2004. Defenisi Teknologi Pendidikan satuan Tugas Defenisi dan Terminologi AECT:

Seri Pustaka teknologi pendidikan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

Aoun, J.E. (2017). Robot-proof: higher education in the age of artificial intelligence. US:

MIT Press. https://doi.org/10.1080/02607476.2018.1500792

Ginting D, Fahmi, Mulyani Sri Y, Ismiyani N, & Sabudu D. 2021. Inovasi Pengajaran dan

Pembelajaran Melalui Platform Digital: Teori dan Praktik Pengoperasian. Malang : Media Nusa Creative.

Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From

Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 496-503.

I Ketut Gede Darma Putra (2009) Pendidikan Berbasis Teknologi Informasi. Makalah ini

disampaikan pada Rakorda Disdikpora Bali – 10 Maret 2009

Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., & Paujiah, E. (2020). Pembelajaran daring masa

pandemik Covid-19 pada calon guru: hambatan, solusi dan proyeksi. LP2M.

Kuntarto, E. (2017). Keefektifan model pembelajaran daring dalam perkuliahan bahasa

Indonesia di perguruan tinggi. Indonesian Language Education and Literature, 3(1), 99-

Krippendoff, Klaus. (1993). Analisis Isi :Pengantar Teori dan Metodologi. Jakarta: Citra

Niaga Rajawali Press.

Oktavian, R., & Aldya, R. F. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Terintegrasi di Era

Pendidikan 4.0. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 20(2).

Prasetyo, B., & Trisyanti, U. (2018). Revolusi Industri 4.0 dan Tantangan Perubahan Sosial.

In Prosiding Semateksos 3 “Strategi Pengembangan Nasional Menghadapi Revolusi Industri 4.0” (pp. 22–27).

Reiser, Robert A., John V. Dempsey. (2002). Trends and Issues in Instrustional Design and

Technology. Merill Prentice Hall, New Jersey, USA

RISTEKDIKTI. (2018). Pengembangan Iptek dan Pendidikan Tinggi di Era Revolusi Industri

0. Retrieved from https://www.ristekdikti.go.id/siaranpers/pengembangan- iptek-dan-pendidikan-tinggi-di-era-revolusi-industri-4-0/

Rosenberg, M. J. (2012). Knowledge management and learning: Perfect together. In R. J. Reiser & J. V. Dempsey (Eds.), Trends and issues in instructional design and technology (pp.

–168). Boston, MA Pearson.

Rudiantara. (2018). 2019, Seluruh Wilayah Indonesia Sudah Terhubung Internet. Retrieved

February 7, 2019, from https://www.republika.co.id/berita/trendtek/internet/18/02/25/p4p6uu383-2019- seluruh-wilayah-indonesia-sudah-terhubung-internet

Sarwono, J. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif & Kualitatif. Yogyakarta; Graha Ilmu Suliastini,

Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi pembelajaran daring untuk meningkatkan mutu

pendidikan sebagai dampak diterapkannya social distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31-34.

R. (2016). 42.352 Desa di Indonesia Belum Tersentuh Listrik. Retrieved February

, 2019, from https://tirto.id/42352-desa-di-indonesia-belum-tersentuh-listrik-89i

Yahya, M. (2018). Tantangan dan Peluang Perkembangan Pendidikan Kejuruan Indonesia.

Disampaikan pada sidang terbuka luar biasa senat Universitas Negeri Makasar tanggal 14 Maret 2018, Makasar.

Zed, Mestika (2003). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta : Yayasan Obor Indonesi




DOI: https://doi.org/10.12928/jimp.v1i1.4200

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Universitas Ahmad Dalan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN 2807-3592 (print) | 2807-3231(online)
Organized by Magister Manajemen Pendidikan
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website : http://journal2.uad.ac.id/index.php/jimp
Email : jimp@mp.uad.ac.id


View JIMP Stats

Creative Commons License
Jurnal Inovasi dan Manajemen Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal2.uad.ac.id/index.php/jimp.