Manajemen Program Adiwiyata Dalam Membentuk Karakter Peduli Lingkungan Siswa Di SMP Pangudiluhur Sedayu

Authors

  • Didit Haryadi Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.12928/jimp.v1i1.4145

Keywords:

Manajemen, Program Adiwiyata, Karakter Peduli Lingkungan

Abstract

Program adiwiyata memiliki empat komponen (1) Kebijakan berwawasan lingkungan (2) pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan (3) Kegiatan Lingkungan Berbasis Partisipatif, (4) Pengelolaan Sarana Pendukung Ramah Lingkungan, Keempat Komponen tersebut diharapkan mampu menciptakan karakter siswa peduli lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memberikan gambaran terkait dengan pelaksanaan Manajemen Program adiwiyata yang dilihat dari Pelaksanaan keempat komponen dan karakter peduli lingkungan siswa di SMP Pangudiluhur Sedayu.

Penelitian ini menggunakan penelitian deksriptif kuantitatif. Tempat penelitian ini di SMP Pangudiluhur Sedayu. Subjek penelitian adalah Kepala Sekolah, Wakil kepala sekolah bidang kurikulum, Koordinator Adiwiyata dan guru peserta didik yang dipilih secara acak. Objek penelitian adalah dokumen kurikulum adiwiyata. Teknik Pengumpulan data menggunakan kuesioner, observasi, wawancara dan dokumentasi. Validasi instrument menggunakan validasi menggunakan validasi Isi. Teknis analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif, dengan menggunakan analisis deskriptif.

Hasil penelitian ini menunjukkan Manajeman Program adiwiyata dilihat dari pemenuhan empat komponen adiwiyata dan karakter siswa peduli lingkungan di SMP Pangudiluhur menunjukan 1) Perencanaan program adiwiyata sudah dilaksanakan dengan sangat baik 2) Kebijakan berwawasan lingkungan 92%; 3) pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan 88%; 4) Kegiatan Lingkungan Berbasis Partisipatif 94%; 5) Pengelolaan Sarana Pendukung Ramah Lingkungan 90% 6) karakter siswa peduli lingkungan 74 % dan 7) Evaluasi sudah dilaksanakan dengan baik. Secara umum Manajemen Program adiwiyata di SMP Pangudiluhur memenuhi jika dilihat dari keterpenuhan empat komponen adiwiyata memiliki kriteria sangat baik, meskipun demikian tidak berarti karakter peduli lingkungan siswa secara otomatis baik.

References

Arifin, Zainal. 2012. Konsep dan Model pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Arifin, Zainal. 2014. Konsep dan Model pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Aprilia, Nani. 2015. Evaluasi Pengembangan Kegiatan berbasis partisipatif pada Program adiwiyata di SMP Muhammadiyah Yogyakarta. Artikel Prosiding disajikan pada seminar nasional UMM. Volume 26

Creswell, John W. 2015. Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

. S. (2017). Penerapan Fungsi-Fungsi Manajemen Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(1), 3–4. https://doi.org/10.24252/idaarah.v1i1.4084

Fajarina, N. R. (2017). Implementasi Program Adiwiyata di SD Negeri Kotagede 3 Tahun Ajaran 2016/2017. Implementasi Program Adiwiyata Di SD Negeri Kotagede 3 Tahun Ajaran 2016/2017.

Iswari, R. D., & Utomo, S. W. (2017). Evaluasi Penerapan Program Adiwiyata Untuk Membentuk Perilaku Peduli Lingkungan di Kalangan Siswa (Kasus: SMA Negeri 9 Tangerang Selatan dan MA Negeri 1 Serpong). Jurnal Ilmu Lingkungan, 15(1), 35. https://doi.org/10.14710/jil.15.1.35-41

Haryadi, D., & Widodo, H. (2020). Pengembangan Kurikulum Berbasis Adiwiyata Untuk Meningkatkan Kemampuan Practical Life. Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 195-210. https://doi.org/10.31538/ndh.v5i2.558

Nyimas Lisa Agustrian, Rizkan, M. I. (2018). Manajemen Program Life Skill Di Rumah Singgah Al-Hafidz Kota Bengkulu. Journal of Community Development, 1(1), 7–12.

Purwanti, Dwi. 2017. Pendidikan karakter peduli lingkungan dan implemenasinya. Dwijacendekia Jurnal riset pedagogic. Volume 1. Nomor 1

Pradini, I. K., Sudjanto, B., & Nurjannah, N. (2019). Implementasi Program Sekolah Adiwiyata Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di Sdn Tanah Tinggi 3 Kota Tangerang. Jurnal Green Growth Dan Manajemen Lingkungan, 7(2), 122–132. https://doi.org/10.21009/jgg.072.03

Sudijono, Anas. 2008. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Pradini, I. K., Sudjanto, B., & Nurjannah, N. (2019). Implementasi Program Sekolah Adiwiyata Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di Sdn Tanah Tinggi 3 Kota Tangerang. Jurnal Green Growth Dan Manajemen Lingkungan, 7(2), 122–132. https://doi.org/10.21009/jgg.072.03

Savitri Wanabuliandari dan Susilo Rahardjo, S. (2017). Peningkatan Perilaku Peduli Lingkungan Dan Tanggung Jawab Siswa Melalui Model Ejas Dengan Pendekatan Science Edutainment. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar UNISSULA, 4(1), 1–7.

Tim Adiwiyata Tingkat Nasional, 2012. Panduan Adiwiyata Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan. Jakarta: Asdep Urusan Penguatan Inisiatif Masyarakat Deputi Bidang Komunikasi Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat, Kementrian Lingkungan Hidup. Hal. 3-4.

Tim Pengembang MKDP. 2017. Kurikulum Dan Pembelajaran. Depok. : Rajawali Pers.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Pendidikan Nasional

Downloads

Published

2021-06-30

How to Cite

Haryadi, D. (2021). Manajemen Program Adiwiyata Dalam Membentuk Karakter Peduli Lingkungan Siswa Di SMP Pangudiluhur Sedayu. JURNAL INOVASI DAN MANAJEMEN PENDIDIKAN, 1(1), 25–40. https://doi.org/10.12928/jimp.v1i1.4145

Issue

Section

Articles