Inovasi Pengelolaan Hubungan Masyarakat Untuk Peningkatan Partisipasi Orang Tua Dalam Kegiatan Belajar Anak

Authors

  • Marsudi Marsudi SMPN 6 Maur Sumatra Selatan
  • Sumarsih Sumarsih Universitas Bengkulu
  • Donni Pestalozi STIKIP PGRI Lubuk Linggau

DOI:

https://doi.org/10.12928/jimp.v1i1.4120

Keywords:

Inovasi, Hubungan Masyarakat, Orang tua, Kegiatan Belajar

Abstract

PPenelitian ini bertujuan untuk memaparkan Inovasi program hubungan masyarakat untuk meningkatkan partisipasi orang tua dalam kegiatan belajar anak,Pelaksanaan koordinasi inovasi hubungan masyarakat untuk meningkatkan partisipasi orang tua dalam kegiatan belajar anak.Teknik-teknik inovasi hubungan masyarakat untuk meningkatkan partisipasi orang tua dalam kegiatan belajar anak.Inovasi evaluasi hubungan masyarakat untuk meningkatkan partisipasi orang tua dalam kegiatan belajar anak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Subyek penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Pertama Maur Kecamatan. Data penelitian didapatkan dari hasil observasi, wawancara, angket/kuesioner dan dokumentasi. Berdasarkan temuan dan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan Inovasi Program hubungan masyarakat di SMP Negeri Maur Kecamatan Rupit sangat penting untuk dilakukan karena dalam perencanaan diketahui apa apa yang harus dilakukan kedepannya. Dalam perencanaan humas diadakan rapat dinas di awal tahun ajaran dan melibatkan semua elemen di SMP Negeri Maur Kecamatan Rupit yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekolah, Guru, Staf dan Komite SMP Negeri Maur Kecamatan Rupit dan dilakukan secara terbuka dan tidak tertutup para pihak yang terlibat memberikan saran saran dan masukan tentang perkembangan sekolah.Koordinasi inovasi hubungan masyarakat di SMP Negeri Maur Kecamatan Rupit.

References

Arif, M. T. (2019). PENELITIAN EVALUASI PENDIDIKAN. ADDABANA Jurnal Pendidikan Agma Islam, 2(2).

Anggoro, M. Linggar. 2008. Teori dan Profesi Kehumasan serta Aplikasinya di Indonesia.. Jakarta: Bumi Aksara

Hidayat, T. (2019). Pembahasan Studi Kasus sebagai Metodologi Penelitian. Universitas Muhammadiyah Purwokerto, 3(1).

Imaniyah, R., Soetopo, H., & Zulkarnain, W. (2016). PENGELOLAAN HUBUNGAN SEKOLAH DAN MASYARAKAT HOME-SCHOOLING. Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 1(1). https://doi.org/10.17977/um025v1i12016p067

Jamaluddin, J. (2020). HUBUNGAN ANTARA SEKOLAH DAN MASYARAKAT. Jurnal Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam & Pendidikan, 8(1). https://doi.org/10.47435/al-qalam.v8i1.202

Moleong, L. J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Remaja rosda Karya.

Mulyasa, E. (2014). Menjadi Kepala Sekolah yang Profesional. In Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyono. 2009 Manajemen Administrasi dan Organisasi Pendidikan. Jogjakarta:Ar-ruzz Media

Nudin, B. (2015). Manajemen Humas Dalam PeningkatanPengelolaan Pendidikan Di Sd MuhammadiyahKadisoka Kalasan Sleman. UIN Sunan Kalijaga.

Rahmat, A. (2016). Manajemen Humas Sekolah. Manajemen Humas Sekolah.

Rukin. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.

Sardiyanah, S. (2020). KONSEP EVALUASI DALAM PENDIDIKAN. Jurnal Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam & Pendidikan, 8(1). https://doi.org/10.47435/al-qalam.v8i1.199

Wahyudin, U. R. (2020). Manajemen Pendidikan (Teori Dan Praktik Dalam Penyelenggaraan Sistem...). Deepublish.

Downloads

Published

2021-06-30

How to Cite

Marsudi, M., Sumarsih, S., & Pestalozi, D. (2021). Inovasi Pengelolaan Hubungan Masyarakat Untuk Peningkatan Partisipasi Orang Tua Dalam Kegiatan Belajar Anak. JURNAL INOVASI DAN MANAJEMEN PENDIDIKAN, 1(1), 41–51. https://doi.org/10.12928/jimp.v1i1.4120

Issue

Section

Articles