Implementasi Manajemen Kelas Dalam Perkembangan Minat Belajar Siswa Studi kasus: SDN 14 Kota Bima
DOI:
https://doi.org/10.12928/jimp.v4i2.11858Keywords:
Implementasi, Manajemen, Kelas, Minat BelajarAbstract
Manajemen kelas merupakan keterampilan yang harus dimiliki seorang guru Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana Manajemen kelas, mengetahui minat belajar siswa di SDN 14 Kota Bima dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam melakukan manajemen kelas di SDN 14 Kota Bima. Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif dengan Pendekatan Studi Kasus. Alasan peneliti memilih studi kasus karena jenis pendekatan ini sangat cocok untuk mengambarkan keadaan dan situasi di SDN 14 Kota Bima yang merupakan tempat penelitian. Subjek pada penelitian ini adalah Kepala sekolah, Waka Kurikulum, Guru kelas dan Beberapa guru yang bersedia untuk di wawancarai. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan Observasi dan wawancara dengan Triangulasi sumber. Teknik analisis dengan menggunakan Model Miles Huberman
Hasil penelitian ini menunjukkan 1) keberhasilan implementasi manajemen kelas harus didukung oleh Kebijakan Kepala sekolah, Kurikulum, Metode Guru dan Tata tertib siswa 2) perkembangan minat belajar siswa di SDN 14 Kota Bima ini sangat tergantung pada cara guru menggunakan metode serta media pembelajaran yang membuat siswa menjadi minat dalam mengikuti pembelajaran 3) terdapat faktor pendukung dalam meningkatkan minat belajar siswa melalui menajemen kelas diantaranya sarana prasarana dan sumber daya manusia guru yang baik sedangkan faktor penghambat terletak pada motivasi belajar siswa yang mudah berubah serta keadaan psikologi anak yang dibawa dari rumah ke sekolah
References
Azwi, N. M. Al. (2022). Implementasi Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Efektivitas Proses Pembelajaran di SMA Negeri 39 Jakarta. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6, 3241–3249. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/3381%0Ahttps://www.jptam.org/index.php/jptam/article/download/3381/2874
Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, S. B. (2008). Psikologi Belajar. Rineka Cipta.
Ferdiansyah, T., Marmoah, S., & Purnama Adi, F. (2023). Implementasi manajemen kelas pada kurikulum merdeka di kelas 1 sekolah dasar. Didaktika Dwija Indria, 11(2). https://doi.org/10.20961/ddi.v11i2.76299
Hasanah, N., & Habibah, S. (2021). Implementasi Manajemen Kelas di SD Negeri. Jurnal Administrasi, Kebijakan, Dan Kepemimpinan Pendidikan (JAK2P), 2(2), 170. https://doi.org/10.26858/jak2p.v2i2.12668
Jauhari, I. I. (2021). Manajemen Kelas. Qiara Media.
K Boli, S., Hidayati, D., & Haryadi, D. (2022). Manajemen Pembelajaran Pada Masa Pandemi Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta. Journal of Education and Teaching (JET), 3(2), 138–147. https://doi.org/10.51454/jet.v3i2.162
Moleong, J.L. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Muhaimin. (2008). Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Pendidikan Pra Sekolah dan Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.
Riadi, M. (2020). Keaktifan Belajar (Pengertian, Bentuk, Indikator, dan Faktor yang mempengaruhi). https://www.kajianpustaka.com/2020/ 12/keaktifan-belajar-siswa.html.
Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2008). Perilaku Organisasi Ahli Bahasa Diana Angelica, Ria Cahyani dan Abdul Rosyid (1th ed.). Salemba Empat.
Rohmad, A. (2004). Kapita Selekta Pendidikan. Jakarta: Bina Ilmu. Sagala, S. (2010). Supervisi Pembelajaran dalam Profesi. Bandung: Alfabeta.
Run Alfisah, R. A., & Lukman, L. (2021). Implementasi Manajemen Kelas Dalam Kegiatan Belajar Mengajar Di Taman Kanakkanak Negeri 08 Penatoi Kota Bima. PELANGI: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Islam Anak Usia Dini, 2(1), 38–59. https://doi.org/10.52266/pelangi.v2i1.575
Suci, C., & Ginting, N. (2023). Implementasi Manajemen Pengelolaan Kelas dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran PAI Kelas VII di SMP Negeri 7 Karang Baru. Journal of Education Research, 4(3), 1429–1433. https://www.jer.or.id/index.php/jer/article/view/474
Watkins, C. (2002). Effective Learning. The National School Improvement Network, (17), 1- 8.
Wibowo. (2013). Manajemen Perubahan. Jakarta: Raja Granfindo Persada
Wicaksono, Z., Sarifudin, & Kohar, A. (2022). Implementasi Manajemen Pengelolaan Kelas Dalam Meningkatkan Keaktifan Dan Daya Tangkap Belajar Siswa Di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Al-Bakriatul Mudassirin Bogor. Jurnal Ilmiah, 1(02), 201–216.
Wiyani, Novan Ardy. (2013). Manajemen Kelas: Teori dan aplikasi untuk menciptakan kelas yang kondusif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Zahara, M. (2017). Impelementasi Manajemen Kelas dalam Proses Pembelajaran di SMP Al-Azhar 3 Way Halim Bandar Lampung. Skripsi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Agama Islam Negeri Raden Intan Lampung 1438 H/2017M
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Didit Haryadi, Putri Febrianti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This article's copyright is transferred to Universitas Ahmad Dahlan (UAD) if and when the item is accepted for publication. The undersigned hereby transfers any rights in and to the paper including without limitation all copyrights to UAD. The undersigned hereby represents and warrants that the article is original and that he/she is the author of the paper, except for material identified as to its source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.
We declare that:
This paper has not been published in the same form elsewhere.
It will not be submitted anywhere else for publication before acceptance/rejection by this Journal.
Copyright permission is obtained for materials published elsewhere and which require this permission for reproduction.
Furthermore, I/We hereby transfer the unlimited rights of publication of the above-mentioned paper in whole to UAD. The copyright transfer covers the exclusive right to reproduce and distribute the article, including reprints, translations, photographic reproductions, microform, electronic form (offline, online), or any other reproductions of similar nature.
The corresponding author signs for and accepts responsibility for releasing this material on behalf of any co-authors. This agreement is to be signed by at least one of the authors who have obtained the co-author(s) assent where applicable. After submission of this agreement signed by the corresponding author, changes of authorship or in the order of the authors listed will not be accepted.
Retained Rights/Terms and Conditions
Authors retain all proprietary rights in any process, procedure, or article of manufacture described in the Work.
Authors may reproduce or authorize others to reproduce the Work or derivative works for the author's personal use or company use, provided that the source and the UAD copyright notice are indicated, the copies are not used in any way that implies UAD endorsement of a product or service of any employer, and the documents themselves are not offered for sale.
Although authors are permitted to re-use all or portions of the Work in other works, this does not include granting third-party requests for reprinting, republishing, or different types of re-use.