Implementasi Manajemen Kelas Dalam Perkembangan Minat Belajar Siswa Studi kasus: SDN 14 Kota Bima

Authors

  • Didit Haryadi STKIP Taman Siswa Bima
  • Putri Febrianti STKIP Taman Siswa Bima

DOI:

https://doi.org/10.12928/jimp.v4i2.11858

Keywords:

Implementasi, Manajemen, Kelas, Minat Belajar

Abstract

Manajemen kelas merupakan keterampilan yang harus dimiliki seorang guru Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana   Manajemen kelas, mengetahui minat belajar siswa di SDN 14 Kota Bima dan  mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam melakukan manajemen kelas di SDN 14 Kota Bima. Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif dengan Pendekatan Studi Kasus. Alasan peneliti memilih studi kasus karena jenis pendekatan ini sangat cocok untuk mengambarkan keadaan dan situasi di SDN 14 Kota Bima yang merupakan tempat penelitian. Subjek pada penelitian ini adalah Kepala sekolah, Waka Kurikulum, Guru kelas dan Beberapa guru yang bersedia untuk di wawancarai. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan Observasi dan wawancara dengan Triangulasi sumber. Teknik analisis dengan menggunakan Model Miles Huberman

 Hasil penelitian ini menunjukkan 1) keberhasilan implementasi manajemen kelas harus didukung oleh Kebijakan Kepala sekolah, Kurikulum, Metode Guru dan Tata tertib siswa 2) perkembangan minat belajar siswa di SDN 14 Kota Bima ini sangat tergantung pada cara guru menggunakan metode serta media pembelajaran yang membuat siswa menjadi minat dalam mengikuti pembelajaran 3) terdapat faktor pendukung dalam meningkatkan minat belajar siswa melalui menajemen kelas diantaranya sarana prasarana dan sumber daya manusia guru yang baik sedangkan faktor penghambat terletak pada motivasi belajar siswa yang mudah berubah serta keadaan psikologi anak yang dibawa dari rumah ke sekolah

References

Azwi, N. M. Al. (2022). Implementasi Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Efektivitas Proses Pembelajaran di SMA Negeri 39 Jakarta. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6, 3241–3249. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/3381%0Ahttps://www.jptam.org/index.php/jptam/article/download/3381/2874

Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, S. B. (2008). Psikologi Belajar. Rineka Cipta.

Ferdiansyah, T., Marmoah, S., & Purnama Adi, F. (2023). Implementasi manajemen kelas pada kurikulum merdeka di kelas 1 sekolah dasar. Didaktika Dwija Indria, 11(2). https://doi.org/10.20961/ddi.v11i2.76299

Hasanah, N., & Habibah, S. (2021). Implementasi Manajemen Kelas di SD Negeri. Jurnal Administrasi, Kebijakan, Dan Kepemimpinan Pendidikan (JAK2P), 2(2), 170. https://doi.org/10.26858/jak2p.v2i2.12668

Jauhari, I. I. (2021). Manajemen Kelas. Qiara Media.

K Boli, S., Hidayati, D., & Haryadi, D. (2022). Manajemen Pembelajaran Pada Masa Pandemi Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta. Journal of Education and Teaching (JET), 3(2), 138–147. https://doi.org/10.51454/jet.v3i2.162

Moleong, J.L. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Muhaimin. (2008). Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Pendidikan Pra Sekolah dan Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Riadi, M. (2020). Keaktifan Belajar (Pengertian, Bentuk, Indikator, dan Faktor yang mempengaruhi). https://www.kajianpustaka.com/2020/ 12/keaktifan-belajar-siswa.html.

Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2008). Perilaku Organisasi Ahli Bahasa Diana Angelica, Ria Cahyani dan Abdul Rosyid (1th ed.). Salemba Empat.

Rohmad, A. (2004). Kapita Selekta Pendidikan. Jakarta: Bina Ilmu. Sagala, S. (2010). Supervisi Pembelajaran dalam Profesi. Bandung: Alfabeta.

Run Alfisah, R. A., & Lukman, L. (2021). Implementasi Manajemen Kelas Dalam Kegiatan Belajar Mengajar Di Taman Kanakkanak Negeri 08 Penatoi Kota Bima. PELANGI: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Islam Anak Usia Dini, 2(1), 38–59. https://doi.org/10.52266/pelangi.v2i1.575

Suci, C., & Ginting, N. (2023). Implementasi Manajemen Pengelolaan Kelas dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran PAI Kelas VII di SMP Negeri 7 Karang Baru. Journal of Education Research, 4(3), 1429–1433. https://www.jer.or.id/index.php/jer/article/view/474

Watkins, C. (2002). Effective Learning. The National School Improvement Network, (17), 1- 8.

Wibowo. (2013). Manajemen Perubahan. Jakarta: Raja Granfindo Persada

Wicaksono, Z., Sarifudin, & Kohar, A. (2022). Implementasi Manajemen Pengelolaan Kelas Dalam Meningkatkan Keaktifan Dan Daya Tangkap Belajar Siswa Di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Al-Bakriatul Mudassirin Bogor. Jurnal Ilmiah, 1(02), 201–216.

Wiyani, Novan Ardy. (2013). Manajemen Kelas: Teori dan aplikasi untuk menciptakan kelas yang kondusif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Zahara, M. (2017). Impelementasi Manajemen Kelas dalam Proses Pembelajaran di SMP Al-Azhar 3 Way Halim Bandar Lampung. Skripsi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Agama Islam Negeri Raden Intan Lampung 1438 H/2017M

Downloads

Published

2025-01-02

How to Cite

Haryadi, D., & Febrianti, P. (2025). Implementasi Manajemen Kelas Dalam Perkembangan Minat Belajar Siswa Studi kasus: SDN 14 Kota Bima. JURNAL INOVASI DAN MANAJEMEN PENDIDIKAN, 4(2), 125–133. https://doi.org/10.12928/jimp.v4i2.11858

Issue

Section

Articles