Analisis Permasalahan dan Solusi Keterkaitan Komponen Kurikulum Sebagai Sistem dalam Kurikulum Merdeka
Keywords:
Kurikulum Merdeka, Keterkaitan Komponen, Permasalahan dan Solusi, MTs IbadurrahmanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis permasalahan dan solusi keterkaitan komponen kurikulum sebagai sistem dalam kurikulum merdeka di MTs Ibadurrahman Sukun Kota Malang. Metode yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa permasalahan dalam keterkaitan komponen kurikulum sebagai sistem dalam kurikulum merdeka di MTs Ibadurrahman Sukun Kota Malang. Permasalahan tersebut antara lain: 1) kurangnya pemahaman dan implementasi guru tentang keterkaitan komponen kurikulum merdeka, 2) Materi/Isi dalam projek P5 masih mengalami miss orientasi dalam pelaksanaannya di kelas, dan 3) Pelaksanaan Asesmen yang berulang dan tidak sesuai dengan tujuan kurikulum. Karena dirasa masih belum maksimalnya pemanfaatan asesmen untuk pengembangan pembelajaran. Berdasarkan permasalahan yang ditemukan, penelitian ini juga merumuskan beberapa solusi, yaitu: 1) melakukan pelatihan guru tentang keterkaitan komponen kurikulum, atau Optimalisasi workshop atau pelatihan tentang penerapan IKM kepada guru dengan jangka waktu yang panjang dan menghadirkan pemateri dari pakar/praktisi kurikulum (IKM), sehingga apabila terdapat masalah dapat menemukan solusi yang harus dijalankan 2) Orientasi P5 mengacu pada pemetaan guru terhadap kebutuhan siswa, sehingga P5 sebagai projek pengembangan karakter siswa dapat di lakukan tanpa menyangkut pautkan dengan mata pelajaran dikelas. Namun, dapat dilakukan dengan kolaborasi antar mata pelajaran yang membentuk satu konsep. menyelaraskan tujuan pembelajaran, capaian pembelajaran, dan pembelajaran, dan 3) memanfaatkan asesmen untuk pengembangan pembelajaran. Tetap melakukan refleksi terus-menerus terhadap proses asesmen dan tetap konsisten terhadap fokus pembelajaran dari hasil diferensiasi yang mengacu terhadap kemampuan dan karakteristik peserta didik.
References
Bisri, M. (2020). Komponen-Komponen dan Model Pengembangan Kurikulum. Prosiding Nasional, 3, 99-110.
Erlistiana, D., Nawangsih, N., Aziz, F. A., Yulianti, S., & Setiawan, F. (2022). Penerapan Kurikulum dalam Menghadapi Perkembangan Zaman di Jawa Tengah. Al-Fahim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1)
Fatimah, I. F. (2021). Strategi inovasi kurikulum. EduTeach: Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran, 2(1)
Hamalik, Oemar. 2017. Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: Rosdakarya
Hamalik, Oemar. Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: Rosdakarya
Moleong, L, J. 2015. Metologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Mujiburrahman, M., Kartiani, B. S., & Parhanuddin, L. (2023). Asesmen Pembelajaran Sekolah Dasar dalam Kurikulum Merdeka. Pena Anda: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(1), 39-48.
Mulyono, R., & Sulistyani, F. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) Sebagai Sebuah Pilihan Bagi Satuan Pendidikan: Kajian Pustaka. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 1999-2019.
Mustofa, M., & Mariati, P. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar: Dari Teori Ke Praktis. Indonesia Berdaya, 4(1), 13-18.
Nugraha, Widdy Sukma, Eko Fajar Suryaningrat, Muhammad Nurjamaludin, Risma Nuriyati, Abdul Hakim. (2023). Sosialisasi dan Pendampingan Kurikulum Merdeka Guru di Sekolah Dasar. Badranaya: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(2): 52–59.
Pramono, Sigit. 2014. Panduan Evaluasi Kegiatan Belajar-Mengajar. Jogjakarta:Diva Press.
Purnawanto, A. T. (2022). Perencanakan pembelajaran bermakna dan asesmen Kurikulum Merdeka. Jurnal Pedagogy, 15(1), 75-94.
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313-6319.
Safitri, T. N., & Mustiningsih, M. (2020). Kendala yang dihadapi dalam penerapan pembaharuan kurikulum di era informasi. In Seminar Nasional Arah Manajemen Sekolah Pada Masa Dan Pasca Pandemi Covid-19.
Santoso, G., Damayanti, A., Imawati, S., & Asbari, M. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka melalui Literasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(1), 84-90.
Supriyadi, S., Lia, R. M., Rusilowati, A., Isnaeni, W., Susilaningsih, E., & Suraji, S. (2022). Penyusunan Instrumen Asesmen Diagnostik untuk Persiapan Kurikulum Merdeka. Journal of Community Empowerment, 2(2), 67-73.
Suliana, Nana. 2013. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Banndung : SinarBaru Algensindo.
Susanti, H., Fadriati, F., & Asroa, I. (2023). Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 5 Padang Panjang. ALSYS, 3(1), 54-65.
Tari, E., Lao, H. A., Liufeto, M. C., & Koroh, L. I. (2022). Kesiapan Sekolah Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka di Rote Ndao. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 6469-6475.
Ulfatin, N. 2013. Metode Penelitian Kualitatif Bidang Pendidikan: Teori dan Aplikasinya. Malang: Media Nusa Creative.
Zainal Arifin. 2011. Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mochammad Saifullah, Mustiningsih Mustiningsih, Ahmad Nurabadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This article's copyright is transferred to Universitas Ahmad Dahlan (UAD) if and when the item is accepted for publication. The undersigned hereby transfers any rights in and to the paper including without limitation all copyrights to UAD. The undersigned hereby represents and warrants that the article is original and that he/she is the author of the paper, except for material identified as to its source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.
We declare that:
This paper has not been published in the same form elsewhere.
It will not be submitted anywhere else for publication before acceptance/rejection by this Journal.
Copyright permission is obtained for materials published elsewhere and which require this permission for reproduction.
Furthermore, I/We hereby transfer the unlimited rights of publication of the above-mentioned paper in whole to UAD. The copyright transfer covers the exclusive right to reproduce and distribute the article, including reprints, translations, photographic reproductions, microform, electronic form (offline, online), or any other reproductions of similar nature.
The corresponding author signs for and accepts responsibility for releasing this material on behalf of any co-authors. This agreement is to be signed by at least one of the authors who have obtained the co-author(s) assent where applicable. After submission of this agreement signed by the corresponding author, changes of authorship or in the order of the authors listed will not be accepted.
Retained Rights/Terms and Conditions
Authors retain all proprietary rights in any process, procedure, or article of manufacture described in the Work.
Authors may reproduce or authorize others to reproduce the Work or derivative works for the author's personal use or company use, provided that the source and the UAD copyright notice are indicated, the copies are not used in any way that implies UAD endorsement of a product or service of any employer, and the documents themselves are not offered for sale.
Although authors are permitted to re-use all or portions of the Work in other works, this does not include granting third-party requests for reprinting, republishing, or different types of re-use.