Analisis Permasalahan dan Solusi Keterkaitan Komponen Kurikulum Sebagai Sistem dalam Kurikulum Merdeka

Authors

  • Mochammad Saifullah Universitas Negeri Malang
  • Mustiningsih Mustiningsih Universitas Negeri Malang
  • Ahmad Nurabadi

Keywords:

Kurikulum Merdeka, Keterkaitan Komponen, Permasalahan dan Solusi, MTs Ibadurrahman

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis permasalahan dan solusi keterkaitan komponen kurikulum sebagai sistem dalam kurikulum merdeka di MTs Ibadurrahman Sukun Kota Malang. Metode yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa permasalahan dalam keterkaitan komponen kurikulum sebagai sistem dalam kurikulum merdeka di MTs Ibadurrahman Sukun Kota Malang. Permasalahan tersebut antara lain: 1) kurangnya pemahaman dan implementasi guru tentang keterkaitan komponen kurikulum merdeka, 2) Materi/Isi dalam projek P5 masih mengalami miss orientasi dalam pelaksanaannya di kelas, dan 3) Pelaksanaan Asesmen yang berulang dan tidak sesuai dengan tujuan kurikulum. Karena dirasa masih belum maksimalnya pemanfaatan asesmen untuk pengembangan pembelajaran. Berdasarkan permasalahan yang ditemukan, penelitian ini juga merumuskan beberapa solusi, yaitu: 1) melakukan pelatihan guru tentang keterkaitan komponen kurikulum, atau Optimalisasi workshop atau pelatihan tentang penerapan IKM kepada guru dengan jangka waktu yang panjang dan menghadirkan pemateri dari pakar/praktisi kurikulum (IKM), sehingga apabila terdapat masalah dapat menemukan solusi yang harus dijalankan 2) Orientasi P5 mengacu pada pemetaan guru terhadap kebutuhan siswa, sehingga P5 sebagai projek pengembangan karakter siswa dapat di lakukan tanpa menyangkut pautkan dengan mata pelajaran dikelas. Namun, dapat dilakukan dengan kolaborasi antar mata pelajaran yang membentuk satu konsep. menyelaraskan tujuan pembelajaran, capaian pembelajaran, dan pembelajaran, dan 3) memanfaatkan asesmen untuk pengembangan pembelajaran. Tetap melakukan refleksi terus-menerus terhadap proses asesmen dan tetap konsisten terhadap fokus pembelajaran dari hasil diferensiasi yang mengacu terhadap kemampuan dan karakteristik peserta didik.

References

Bisri, M. (2020). Komponen-Komponen dan Model Pengembangan Kurikulum. Prosiding Nasional, 3, 99-110.

Erlistiana, D., Nawangsih, N., Aziz, F. A., Yulianti, S., & Setiawan, F. (2022). Penerapan Kurikulum dalam Menghadapi Perkembangan Zaman di Jawa Tengah. Al-Fahim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1)

Fatimah, I. F. (2021). Strategi inovasi kurikulum. EduTeach: Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran, 2(1)

Hamalik, Oemar. 2017. Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: Rosdakarya

Hamalik, Oemar. Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: Rosdakarya

Moleong, L, J. 2015. Metologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Mujiburrahman, M., Kartiani, B. S., & Parhanuddin, L. (2023). Asesmen Pembelajaran Sekolah Dasar dalam Kurikulum Merdeka. Pena Anda: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(1), 39-48.

Mulyono, R., & Sulistyani, F. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) Sebagai Sebuah Pilihan Bagi Satuan Pendidikan: Kajian Pustaka. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 1999-2019.

Mustofa, M., & Mariati, P. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar: Dari Teori Ke Praktis. Indonesia Berdaya, 4(1), 13-18.

Nugraha, Widdy Sukma, Eko Fajar Suryaningrat, Muhammad Nurjamaludin, Risma Nuriyati, Abdul Hakim. (2023). Sosialisasi dan Pendampingan Kurikulum Merdeka Guru di Sekolah Dasar. Badranaya: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(2): 52–59.

Pramono, Sigit. 2014. Panduan Evaluasi Kegiatan Belajar-Mengajar. Jogjakarta:Diva Press.

Purnawanto, A. T. (2022). Perencanakan pembelajaran bermakna dan asesmen Kurikulum Merdeka. Jurnal Pedagogy, 15(1), 75-94.

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313-6319.

Safitri, T. N., & Mustiningsih, M. (2020). Kendala yang dihadapi dalam penerapan pembaharuan kurikulum di era informasi. In Seminar Nasional Arah Manajemen Sekolah Pada Masa Dan Pasca Pandemi Covid-19.

Santoso, G., Damayanti, A., Imawati, S., & Asbari, M. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka melalui Literasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(1), 84-90.

Supriyadi, S., Lia, R. M., Rusilowati, A., Isnaeni, W., Susilaningsih, E., & Suraji, S. (2022). Penyusunan Instrumen Asesmen Diagnostik untuk Persiapan Kurikulum Merdeka. Journal of Community Empowerment, 2(2), 67-73.

Suliana, Nana. 2013. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Banndung : SinarBaru Algensindo.

Susanti, H., Fadriati, F., & Asroa, I. (2023). Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 5 Padang Panjang. ALSYS, 3(1), 54-65.

Tari, E., Lao, H. A., Liufeto, M. C., & Koroh, L. I. (2022). Kesiapan Sekolah Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka di Rote Ndao. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 6469-6475.

Ulfatin, N. 2013. Metode Penelitian Kualitatif Bidang Pendidikan: Teori dan Aplikasinya. Malang: Media Nusa Creative.

Zainal Arifin. 2011. Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Published

2025-01-16

How to Cite

Saifullah, M., Mustiningsih, M., & Nurabadi, A. (2025). Analisis Permasalahan dan Solusi Keterkaitan Komponen Kurikulum Sebagai Sistem dalam Kurikulum Merdeka. JURNAL INOVASI DAN MANAJEMEN PENDIDIKAN, 4(2). Retrieved from http://journal2.uad.ac.id/index.php/JIMP/article/view/10490

Issue

Section

Articles