Analisis perencanaan kurikulum pesantren dalam membentuk kemampuan afektif santri

Authors

  • Jaudi Jaudi UII Darullughah Wadda’wah Pasuruan

DOI:

https://doi.org/10.26555/jiei.v4i2.9205

Keywords:

Perencanaan kurikulum, Kurikulum pesantren, Kemampuan afektif, Santri

Abstract

Kurikulum pesantren didesain untuk memberikan bekal kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotorik. Kemampuan kognitif santri pada bidang ilmu-ilmu keislaman merupakan hasil dari dominasi pembelajaran kitab klasik keislaman sebagai pengetahuan. Namun, aspek afektif dan psikomotrik dari kurikulum pesantren dari pembelajaran kitab klasik keislaman belum banyak menjadi perhatian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan perencanaan kurikulum pesantren dalam upaya membantuk kemampuan afektif santri di Pondok Pesantren Darullughah Wadda’wah Bangil dan Pondok Pesantren Nurul Haramain Pujon. Penelitian dilaksanakan dengan metode penelitian studi kasus dengan rancangan multisitus. Informan penelitian ini yaitu para pengambil kebijakan kurikulum pesantren. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara, teknik observasi, dan teknik dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif yang secara bersamaan dilakukan uji keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada perencanaan kurikulum pesantren yang berorientasi pada pembentukan kemampuan afektif santri dikembangkan dengan mempertimbangkan; 1) visi dan misi yang jelas dan terukur; 2) kesesuaian kurikulum dengan tujuan pesantren; 3) desain pembelajaran yang aktif, kreatif, dan menyenangkan; dan 4) penilaian yang holistik dengan pemantauan yang berkesinambungan. Implementasi asumsi-asumsi tersebut dalam perencanaan kurikulum memberikan dampak kemampuan afektif santri dalam perilaku kejujuran, kedisiplinan, dan bertanggungjawab.

References

A. Hakim dan N. H. Herlina, “Manajemen Kurikulum Terpadu di Pondok Pesantren Modern Daarul Huda Banjar,” Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, vol. 6, no. 1, p. 111, May 2018, doi: 10.36667/jppi.v6i1.157.

N. Huda, “Manajemen Pengembangan Kurikulum ,” Al-Tanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam vol. 1, no. 2, pp. 52–75, Oct. 2017, doi: 10.33650/al-tanzim.v1i2.113.

A. Saifuddin, “Eksistensi Kurikulum Pesantren Dan Kebijakan Pendidikan,” Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), vol. 3, no. 1, p. 207, Feb. 2016, doi: 10.15642/jpai.2015.3.1.207-234.

A. Sirojuddin, A. Ashlahuddin, dan A. Aprilianto, “Manajemen Kurikulum Terpadu Berbasis Multiple Intellegences di Pondok Pesantren,” Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, vol. 3, no. 1, pp. 35–42, Apr. 2022, doi: 10.31538/munaddhomah.v3i1.143.

Lucia Maduningtias, “Manajemen Integrasi Kurikulum Pesantren Dan Nasional Untuk Meningkatkan Mutu Lulusan Pesantren,” al-Afkar, Journal For Islamic Studies, pp. 323–331, Oct. 2022, doi: 10.31943/afkarjournal.v5i4.378.

M. Ansori, “Pengembangan Kurikulum Madrasah Di Pesantren,” Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, vol. 1, no. 1, pp. 41–50, Feb. 2021, doi: 10.31538/munaddhomah.v1i1.32.

A. Halim, R. Suhartini, M. C. Arif, and A. S. As, Manajemen Pesantren. Yogyakarta: Pustaka Pesantren, 2005.

M. A. Ma`arif dan M. H. Rofiq, “Pola Pengembangan Kurikulum Pendidikan Pesantren Berkarakter: Studi Pondok Pesantren Nurul Ummah Mojokerto,” TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, vol. 13, no. 1, p. 1, Sep. 2018, doi: 10.19105/tjpi.v13i1.1635.

O. Hamalik, Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010.

Z. Abidin, N. Rokhmatulloh, dan Moh. Wardi, “Perencanaan Kurikulum Berbasis Pesantren di Sekolah Menengah Kejuruan,” Journal Multicultural of Islamic Education, vol. 4, no. 2, pp. 44–62, 2021.

M. Alam dan F. Maulana, “Manajemen Kurikulum Pesantren Salaf Darul Falah ‘Amtsilati’ Jepara,” IQ (Ilmu Al-qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, vol. 4, no. 02, pp. 199–220, Nov. 2021, doi: 10.37542/iq.v4i02.244.

M. Saihu, “Manajemen Kurikulum Integratif di Pondok Pesantren Subulussalam Kresek Tangerang,” Al-Amin: Jurnal Kajian Ilmu dan Budaya Islam, vol. 5, no. 1, pp. 79–89, 2022.

D. Ilham dan S. Suyatno, “Pengembangan manajemen kurikulum dan pembelajaran di pondok pesantren,” Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, vol. 8, no. 2, pp. 186–195, Sep. 2020, doi: 10.21831/jamp.v8i2.32867.

M. A. Ma`arif dan A. Arifin, “Penguatan Nilai Multikultural Pada Kurikulum Pesantren,” Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, vol. 7, no. 1, p. 20, Jun. 2022, doi: 10.24235/tarbawi.v7i1.9814.

A. Abdurrahman, “Implementasi Manajemen Kurikulum Pesantren Berbasis Pendidikan Karakter,” AT-TURAS: Jurnal Studi Keislaman, vol. 4, no. 2, pp. 279–297, Sep. 2018, doi: 10.33650/at-turas.v4i2.336.

M. Yasin, “Pelaksanaan Manajemen Kurikulum Pesantren Dalam Membentuk Karakter Mandiri Santri,” DIAJAR: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, vol. 1, no. 1, pp. 72–79, Jan. 2022, doi: 10.54259/diajar.v1i1.192.

S. Sukardi, Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2003.

S. Sugiyono, Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2009.

N. K. Denzin and Y. S. Lincoln, The SAGE Handbook of Qualitative Research. London: SAGE Publications Ltd, 2018.

M. B. Miles, A. M. Huberman, and J. Saldana, Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook, Third Edition. London: SAGE Publication, Inc. , 2014.

M. B. Miles and A. M. Huberman, Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook. London: Sage Publications, 1994.

J. Amirudin dan E. Rohimah, “Implementasi Kurikulum Pesantren Salafi dan Pesantren Modern Dalam Meningkatkan Kemampuan Santri Membaca dan Memahami Kitab Kuning,” Jurnal Pendidikan UNIGA, vol. 14, no. 1, pp. 268–282, 2020.

A. Z. Fitri, Manajemen Kurikulum Pendidikan Islam. Bandung: Alfabeta, 2013.

B. Budiya, “Manajemen Pengelolaan Kelas Masa Pandemi di SD Ta’miriyah Surabaya,” Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, vol. 4, no. 1, pp. 50–54, May 2021, doi: 10.54069/attadrib.v4i1.129.

S. Bahri dan N. Arafah, “Analisis Manajemen SDM Dalam Mengembangkan Strategi Pembelajaran Di Era New Normal,” Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, vol. 1, no. 1, pp. 20–40, Jan. 2021, doi: 10.31538/tijie.v1i1.2.

S. M. N. Al-Attas, The Concept of Education In Islam. Kuala lumpur: ABIM, 1980.

T. Lickona, Educating For Character: How Our School Can Teach Respect and Responsibility . New York: Bantam Books, 1992

Downloads

Published

2024-02-28