Analisis Percakapan terhadap Tindak Tutur dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Pondok Modern Madinah (Pendekatan Maksim Kerjasama Model Grice)

Authors

  • Iqbal Mubarok Univetsitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.26555/insyirah.v4i1.3507

Keywords:

Analisis Percakapan, Maksim Kerjasama, Tindak Tutur

Abstract

Artikel ini membahas seputar analisis percakapan serta metode dan analisis sederhana dalam sebuah pembelajaran bahasa arab di sebuah kelas antara guru dan murid dengan menggunakan analisis percakapan model prinsip kerjasama Grice. Dalam model Grice ia mengatur prinsip kerjasama kedalam 4 maksim, yaitu maksim kuantitas, maksim kualitas, maksim relevansi serta maksim pelaksanaan. Hasil dari analisis ini menunjukan bahwa, dalam sebuah pembelajaran bahasa arab di sebuah kelas antara guru dan murid dengan menggunakan analisis percakapan model prinsip kerjasama Grice, terdapat maksim kuantitas berkesesuaian, maksim kualitas berkesesuaian dan tidak berkesesuaian, maksim relevansi berkesesuaian dan maksim pelaksanaan berkesesuaian.

Author Biography

Iqbal Mubarok, Univetsitas Ahmad Dahlan

Tindak tutur sebuah pembelajaran

References

Deborah Schiffrin. 1994. Approaches to Discourse (USA: Blackwell Publishing).

Marcellino, M. 1993. “Analisis Percakapan (Conversation Analysis): Telaah Tanya-Jawab di Meja

Hijau” dalam Pellba 6 (Bambang Kaswanti Purwo (Ed.)). Yogyakarta: Kanisius.

Talbot J. Taylor dan Deborah Cameron. 1987. Analysing Conversation (Oxford: Pergamon Press).

Morrisan & Andy Corry Wardhany.2009.Teori Komunikasi Tentang komunikator, pesan,

percakapan, dan hubungan. Jakarta:Ghalia Indonesia.

Purba, Antilan. 2002. Pragmatik Bahasa Indonesia. Medan: USU Press

Sacks, Harvey, Schegloff, Emanuel A., & Jefferson, Gail. 1974. A Simplest Systematics for the

Organization of Turn Taking for Conversation.

George yule. 1996. Pragmatic. New york: Oxfor University Prees.

Kunjana Rahardi. 2009. Sosio Pragmatik. Yogyakarta: Erlangga.

H.p Grice. 1975. Logic and Conversation, Syntax and Semantics, Speech Act 3. New York: Academic

Prees.

Downloads

Additional Files

Published

2021-06-05

Issue

Section

Articles