Kepraktisan buku ajar berbasis higher order thinking skills (HOTS) pada mata kuliah pembelajaran matematika di sekolah dasar

Authors

  • Vina Amilia Suganda M Universitas Sriwijaya, Palembang
  • Toybah Toybah Universitas Sriwijaya, Palembang
  • Siti Hawa Universitas Sriwijaya, Palembang

DOI:

https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v5i3.6850

Keywords:

Kepraktisan, HOTS, Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar

Abstract

Guru memiliki andil besar dalam mengarahkan agar siswa memiliki kemampuan matematika meliputi berpikir kritis, kreatif, kolaboratif dan komunikatif. Hal inilah yang melatarbelakangi untuk mempersiapkan mahasiswa PGSD sebagai calon guru di masa yang akan datang agar dapat mengembangan kemampuan tersebut pada siswa di SD, salah satunya dengan mengembangkan buku ajar berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS). Kegiatan penelitian ini merupakan bagian dari penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan  ADDIE untuk mengetahui kepraktisan bahan ajar berbasis HOTS.  Teknik pengumpulan data yaitu berupa angket, digunakan untuk mengumpulkan data dari subyek penelitian yaitu mahasiswa semester 3 (tiga) program studi PGSD FKIP Unsri. Setelah bahan ajar telah dinyatakan valid oleh ahli, selanjutnya menentukan kepraktisan bahan ajar melalui tahap uji coba one to one oleh 3 mahasiswa dan tahap small group oleh 9 mahasiswa. Diperoleh hasil penelitian menunjukkan bahwa rekaptulasi hasil angket kelompok one to one dan small group yaitu 88,5 persen dengan kategori kepraktisan sangat baik, artinya bahan ajar ini praktis digunakan.

References

Anisah, A., & Lastuti, S. (2018). Pengembangan Bahan Ajar berbasis HOTS untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(2), Article 2. https://doi.org/10.15294/kreano.v9i2.16341

Atmaja, I. K. S., Sukendra, I. K., & Widana, I. W. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Digital Matematika SMA Kelas X Berorientasi HOTS. Widyadari : Jurnal Pendidikan, 22(2), Article 2.

Dwijayanti, N. (2021). Pembelajaran Berbasis HOTS sebagai Bekal Generasi Abad 21 di Masa Pandemi. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(1), Article 1. https://doi.org/10.20961/jkc.v9i1.53837

Guswita, R. (2021). Pengembangan Buku Ajar Digital Bahasa Indonesia Berbasis Hots untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa STKIP Muhammadiyahmuara Bungo. Jurnal Basicedu, 5(5), Article 5. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1496

Hartik, S., Utaminingsih, S., & Madjdi, A. H. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Ipa Terpadu Berbasis Higher Order Thinking Skills di Kelas VI Sekolah Dasar. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 3(2), Article 2. https://doi.org/10.26618/jrpd.v3i2.4087

Hoerul Ansori, N. 17204010177. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VIII MTsN 3 Sleman Semester Ganjil [Masters, UIN Sunan Kalijaga]. http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38743/

Ilhamuddin, I. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Hots Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMAN 8 Makassar. SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), Article 2. https://doi.org/10.26618/sigma.v11i2.3521

Indriani, A., & Erviana, V. Y. (2022). Pengembangan media B-Math berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) pada peserta didik tunanetra. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 5(1), Article 1. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v5i1.5915

M, V. A. S., & Sulkipani, S. (2021). Multimedia Berbasis Karakter Pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.874

Marzi, M. A., & Widayati, W. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 2(3), Article 3. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v2i3.1137

Munawaroh, S., Degeng, I. N. S., & Sitompul, N. C. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Materi Bilangan Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS). Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.17977/um039v6i12021p124

Musfiqi, S., & Jailani, J. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Matematika yang Berorientasi pada Karakter dan Higher Order Thinking Skill (HOTS). Pythagoras: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(1), Article 1. https://doi.org/10.21831/pg.v9i1.9063

Pangestika, R. R., & Cahyaningsih, U. (2021). Relevansi Relevansi Realistic Mathematics Education (RME) dengan Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada pembelajaran matematika di sekolah dasar. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 4(3), Article 3. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v4i3.4780

Qoiriah, M., Vahlia, I., & Agustina, R. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Realistic Mathematics Education (RME) Bermuatan Higher Order Thinking Skill (HOTS). Jurnal Pendidikan Matematika Universitas LampunG, 9(1), Article 1.

Saputri, A. E., & Hadi, W. (2021). Pengembangan E-Book Bermuatan High Order Thinking Skill (HOTS). AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), Article 2. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3578

Vera, M., Sulistyaningrum, R., Purnomo, H., & Murtiyasa, B. (2021). Miskonsepsi materi pengolahan data di sekolah dasar. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 4(3), Article 3. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v4i3.4440

Downloads

Published

2023-01-06

How to Cite

Suganda M, V. A., Toybah, T., & Hawa , S. . (2023). Kepraktisan buku ajar berbasis higher order thinking skills (HOTS) pada mata kuliah pembelajaran matematika di sekolah dasar. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 5(3), 174–181. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v5i3.6850