Pengembangan Media Smart Box Literasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas Ii SDN Inpres Mangge Dalam Kec. Lambu

Authors

  • Desy Ningsih Komalasari STKIP Taman Siswa Bima
  • Sri Hardiningsih STKIP TAMAN SISWA BIMA
  • Mulyadi Mulyadi STKIP TAMAN SISWA BIMA
  • Sri Wulandari STKIP TAMAN SISWA BIMA

DOI:

https://doi.org/10.12928/jimp.v4i1.9638

Keywords:

pengembangan, smart box, literasi, membaca, permulaan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) proses pengembangan media smart box literasi siswa kelas II di Sdn Inpres Mangge Dalam (2) hasil kelayakan produk pengembangan media smart box literasi pada siswa kelas II di SDN INPRES Mangge Dalam (3) keefektivan pembelajaran menggunakan media smart box literasi pada siswa kelas II di SDN INPRES Mangge Dalam. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau dikenal dengan R&D (Research ang Development) yang dilakukan menggunakan model penelitian 4D (Four D Model), meliputi tahap pendefenisian (define), perancangan (design), pengembangan (development), dan diseminasi (disseminate). Subjek Penelitan ini adalah siswa kelas II Sdn Inpres Mangge Dalam, dengan uji coba skala kecil 5 orang siswa bertujuan untuk melihat kepraktisan media smart box literasi dan uji coba skala besar dilakukan terhadap seluruh siswa kelas II sejumlah 12 orang bertujuan untuk mengukur efektivitas media smart box literasi dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan,keefektivan pembelajaran menggunakan media smart box literasi pada siswa kelas ii di Sdn Inpres Mangge dalam. Hasil validasi sangat baik yaitu, validasi media memperoleh skor 94,44% (sangat layak), artinya media yang didesain sudah dapat diaplikasikan setelah mendapatkan validasi dari validator, validator materi memperoleh skor 96% (sangat layak) karena materi yang digunakan pada media pembelajaran sangat relevan dengan kondisi peserta didik, dan validator praktisi lapangan memperoleh skor 92,5% (sangat layak) seorang praktisi memberikan tanggapan berkaitan dengan media dan materi yang digunakan sangat relevan dengan kondisi peserta didik maupun lingkungan sekolah. Uji coba skala kecil memperoleh 93,75% hasil yang didapat setelah menerapkan media mada materi pembelajaran yang sudah divalidasi oleh validtor dan hal tersebut sudah sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan membeca permulaan peserta didik.

References

Adelzha, N. S., & Wulandari, M. D. (2022). Pengembangan Media Boxsemart Mengenal Huruf dan Angka bagi Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5700–5707. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3115

Anggraeni, R. (2015). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Penggunaan Media Papan Flanel Pada Anak. Pendidikan Guru PAUD, 5, 4.

Alkharomah, A. (2018). Pengembangan Media Kotak Pintar Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas I SDN 02 Igir-Klanceng Kecamatan sirampog Tahun Pembelajaran 2017/2018 (Doctoral dissertation, Universitas Peradaban)

Arsyad, Azhar.(2010).MediaPembelajaran.Jakarta:PT.RajaGrafindo Persada.

Dalman.(2017).Keterampilan Membaca.Jakarta:Rajawali pres.

Harnanto, S. (2016). Alat Peraga Kotak Belajar Ajaib (Kobela) dalam pembealajaran Matematika Materi Perkalian dan Pembagian Sekolah Dasar. 18 (2), 35-36

Hasanah, U. (2019). Pengembangan Pembelajaran Literasi Membaca untuk Meningkatkan Daya Baca Siswa.Media Pustakawan, 26 (2), 129-139

Hasibuan, Melayu. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara

Jamaris.(2015).Perkembangan Dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-Kanak.Jakarta:PT.Grasindo

Julaiha. 2018. Upaya meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui penerapan media kartu huruf pada siswa kelas II di SDN Kaboro tahun 2021/2022. STKIP Taman Siswa Bima.

Khairini. M,. Salahudin, N. H,. & Fatmawati. (2019). Teras Literasi. Aceh.Tim Syiah Kuala University Press

Komalasari,Desy Ningsih dan Zulkifli (2021) Pengembangan Media flash card untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa SDN Donggo dori Dungga Kec Donggo. Jurnal ilmiah ilmu Pendidikan. Volume 4, Nomor 6, Oktober 2021

Mufida, C. I. (2014). Pengembangan Modul Pembelajaran Pada Kopetensi Dasar Hubungan Masyarakat Kelas X APK 2 di SMK N 10 Surabaya. Jurnal Administrasi Perkantoran (JPAP). HAL.2

Mulyatiningsih, E. (2016). Pengembangan Media pembelajaran. Diakses pada tanggal 21 desember 2022 dari Http://staff. uny. ac. id/sites/default/files/pengabdian/dra-endang-mulyatiningsih-mpd/7cpengembangan-model-pembelajaran. Pada september(hal.11)

Putri, R., Arum, S., Raya, J., Km, P., Sumenep, K., Timur, J., & Sari, T. T. (2023). Pengembangan Reox ( Reading Box ) Sebagai Media Ajar Membaca Permulaan Universitas Wiraraja Diskursus : Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Mengajar angkatan 3 di SDN Lenteng Barat IV , dan beberapa sekolah lainnya. 6(2), 151–165.

Rahayuningsih, S. S., Soesilo, T. D., & Kurniawan, M. (2019). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Bermain Dengan Media Kotak Pintar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(1), 11–18. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i1.p11-18

Saputro, B. (2017). Manajemen penelitian pengembangan (research & development) bagi penyusun tesis dan disertasi. Aswaja Presindo.

Sukaryanti, A., Murjainah, M., & Syaflin, S. L. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Kotak Pintar Keragaman Di Indonesia Untuk Siswa Kelas Iv Sd. Jurnal Pendidikan : Riset Dan Konseptual, 7(1), 140. https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v7i1.675

Sulasminah, D., Hadis, A., & Wulandari, D. (2022). Development of Smartboard Media to Improve Letter Recognition Ability for Students with Cerebral Palsy at Lutang State Special School. Society, 10(2), 556–570. https://doi.org/10.33019/society.v10i2.461

Sumiati, A. Y., & Komala, K. (2020). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Permainan Media Kotak Huruf Pada Kelompok B. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inofativ Adaptif0, 3(6), 591-601

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Tarigan, H. G. (2015). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Yani.(2019).Minset Kurikulum2013.Bandung:Alfabeta

Yuliastri, N. A, Fitriani, R. & Ilhami, B. S. (2021) Pengembangan Media Smart Box dalam Meningkatkan kemampuan Kognitif anak usia 5-6 tahun. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education, 8(2), 29-36

Yusdi, Milman.. (2010). Penilaian Prestasi Kerja. Jakarta: Balai Pustaka.

Downloads

Published

2024-05-06

How to Cite

Komalasari, D. N. ., Hardiningsih , S., Mulyadi, M., & Wulandari, S. (2024). Pengembangan Media Smart Box Literasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas Ii SDN Inpres Mangge Dalam Kec. Lambu. JURNAL INOVASI DAN MANAJEMEN PENDIDIKAN, 4(1), 46–55. https://doi.org/10.12928/jimp.v4i1.9638

Issue

Section

Articles