Pelaksanaan Monitoring dan Evaluasi Keuangan Sekolah di SMP Dalam Meningkatkan Transparansi dan Akuntabilitas

Authors

  • Friska Ayu Nur Rabani Universitas Negeri Surabaya
  • Syunu Trihantoyo Universitas Negersi Surabaya
  • Windasari Windasari Universitas Negersi Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.12928/jimp.v4i1.8023

Keywords:

Akuntabilitas, Evaluasi, Keuangan Sekolah, Monitoring, Transparasi

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk: (1) melihat bagaimana pelaksanaan monitoring dan evaluasi keuangan sekolah di SMP; (2) untuk melihat bagaimana sekolah menerapkan prinsip transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan sekolah; dan (3) untuk melihat pengaruh monitoring dan evaluasi keuangan sekolah dalam memperbaiki pengelolaan keuangan sekolah. Dalam keberhasilan pelaksanaan pendidikan salah satunya adalah komponen manajemen keuangan sekolah yang perlu dikelola dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Sekolah perlu melaksanakan Manajemen keuangan sekolah dengan baik dengan cara merencanakan dan mengembangkan segala sumber daya yang dimiliki secara efektif dan efisien. Pendekatan penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan teknik pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah bendahara sekolah yang memiliki peran penting dalam pengelolaan keuangan sekolah. Hasil penelitian menujukkan bahwa pelaksanaan monitoring dan evaluasi keuangan telah berjalan dengan baik dan dilaksanakan langsung oleh kepala sekolah, pihak yayasan, maupun dinas pendidikan. Selama pelaksanaan monitoring dan evaluasi keuangan sekolah minim ditemukan ketidaksesuaian dengan RKAS yang telah dibuat sebelumnya. Dengan adanya pelaksanaan monitoring dan evaluasi ini diharapkan dapat meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam mengelola keuangan sekolah sehingga harapannya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

References

A. Rusdiana, & Wardija. (2013). Manajemen Keuangan Sekolah : Konsep, Prinsip, dan Aplikasi di Sekolah/Madrasah (p. 190).

Andiawati, E. (n.d.). Pengelolaan Keuangan Lembaga Pendidikan / Sekolah.

Apriliana, R. A., Rodiyah, D. P. M., Sukma, B. M., Puspitasari, D. R., Dina, E. S., & Yuliana, A. T. R. D. (2022). Implementasi Manajemen Keuangan Madrasah Dalam Rangka Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(2), 93–107. https://doi.org/10.19109/elidare.v8i2.14425

Arifin, M. (n.d.). Manajemen Keuangan Pondok Pesantren.

Arwildayanto, Lamatenggo, N., & Sumar, W. T. (2017). Manajemen Keuangan dan Pembiayaan Pendidikan.

Gusvita, M. (n.d.). Kegiatan Monitoring Dan Evaluasi Dalam Peningkatan Kualitas Kerja Tenaga Kependidikan Di Sekolah Menengah Pertama Pondok Pesantren Zulhijjah Kabupaten Batanghari.

Handoko, C., & Tukiran. (2022). Manajemen Kepala Sekolah/Madrasah Dalam Sistem Pengelolaan Keuangan. Jurnal An-Nur: Kajian Pendidikan Dan Ilmu Keislaman, 8(2), 1–23.

Iskandar, J. (2019). Implementasi Sistem Manajemen Keuangan Pendidikan. Jurnal Idaarah, 3(1), 114–123.

Karyatun, S. (2016). Mengelola Keuangan Sekolah. Jurnal Ilmu Dan Budaya, 40(54), 6257–6276.

Komariah, N. (2018). Konsep Manajemen Keuangan. Manajemen Keuangan Pendidikan, 6(Teori Kinrja), 67–94.

Kurnia, A. (2022). Pengelolaan Manajemen Keuangan pada Lembaga Pendidikan SD Negeri 5 Jaten di Karanganyar Jawa Tengah. Jurnal Ta’lim, 4(2), 29–38.

Matin. (2014). Manajemen Pembiayaan Pendidikan Konsep dan Aplikasinya.

Minarti, A., & Martiah, L. (2018). Karakteristik Keuangan Sekolah Dan Pengawasan Terhadap Efektivitas Pengelolaan Keuangan Sekolah Kejuruan Di Bengkulu Utara. 8, 17–28.

Mubin, N., & Daerah, K. (2018). Integritas Dan Akuntabilitas Dalam Pengelolaan Keuangan Sekolah / Madrasah dan kebijakan organisasi serta kode etik profesi , walaupun dalam keadaan yang sulit untuk melakukannya , “ satunya kata dengan Akuntabilitas adalah kewajiban memberikan pertanggun. 14(2), 80–92.

Raeni. (2014). Pengaruh Keadilan, Efisiensi, Transparan, dan Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Terhadap Produktivitas SMK. Economics Education Analysis Journal, 3(1), 9. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj

Rahayu, S., Mukhzarudfa, Yuliusman, & Yuliana. (2022). Praktik Pengawasan Pengelolaan Keuangan Sekolah. Journal of the Japan Welding Society, 91(5), 328–341. https://doi.org/10.2207/jjws.91.328

Rahmah, N. (2016). Prinsip-Prinsip Manajemen Keuangan Sekolah. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 1(1), 73–77. https://doi.org/10.24256/kelola.v1i1.430

Ratnaningtyas, K., & Setiyani, R. (2017). Efektifitas Komite Sekolah Sebagai Badan Pengawas Manajemen Keuangan Sekolah Pada Sma Negeri Se-Kota Semarang. 6(2), 571–582.

Rekasari, M. H. (2020). Efektivitas Pengelolaan Keuangan Sekolah (Study Evaluatif Di Sma Negeri 7 Bengkulu Selatan). 14(2).

Setiawati Sri. (2019). Evaluasi Prosedur Pengelolaan Dana Bantuan Oprasional Sekolah (BOS) Dalam Menilai Efektifitas Dana Pada Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Bina Auladi Depok. Jurnal Lentera Akuntansi, 4(November), 2.

Downloads

Published

2023-06-23

How to Cite

Nur Rabani, F. A. ., Trihantoyo, S. ., & Windasari, W. (2023). Pelaksanaan Monitoring dan Evaluasi Keuangan Sekolah di SMP Dalam Meningkatkan Transparansi dan Akuntabilitas. JURNAL INOVASI DAN MANAJEMEN PENDIDIKAN, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.12928/jimp.v4i1.8023

Issue

Section

Articles