Peran Kepala Sekolah sebagai Supervisor dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru pada SMAN 1 Krian

Authors

  • Sefia Rahmawati Universitas Negeri Surabaya
  • Hanifah Dwi Astuti Universitas Negeri Surabaya https://orcid.org/0009-0001-1557-8513
  • Agustin Hanivia Cindy Universitas Negeri Surabaya
  • Windasari Windasari Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.12928/jimp.v5i1.10415

Keywords:

Kepala Sekolah, Supervisi, Profesionalisme Guru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menganalisis peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan profesionalisme guru di SMAN 1 Krian. Melalui pendekatan kualitatif dengan menggunakan wawancara mendalam dan observasi, Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran kepala sekolah sebagai supervisor memiliki dampak yang signifikan dalam meningkatkan profesionalisme guru di SMAN 1 Krian. Kepala sekolah, melalui pendekatan supervisi yang terarah, mampu memberikan arahan, bimbingan, dan dukungan kepada guru-guru untuk mengembangkan keterampilan pengajaran mereka. Umpan balik yang konstruktif dari kepala sekolah membantu guru-guru dalam mengidentifikasi kekuatan dan area pengembangan, serta memberikan dorongan untuk terus meningkatkan kualitas pengajaran mereka. Selain itu, kepala sekolah yang efektif sebagai supervisor juga mampu menciptakan lingkungan kerja yang kolaboratif dan memotivasi guru-guru untuk terus belajar dan mengembangkan keterampilan mereka. Hal ini membantu menciptakan budaya sekolah yang progresif dan inovatif, di mana guru-guru merasa didorong untuk terus meningkatkan kualitas pengajaran mereka demi kebaikan siswa.

References

Bermawi, Y., & Fauziah, T. (2015). Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kompetensi Profesional Guru. Pesona Dasar, 1(4), 16–24.

Eliza, D., Sriandila, R., Fitri, D. A. N., & Yenti, S. (2022). Membangun Guru yang Profesional melalui Pengembangan Profesionalisme Guru dalam Penerapan Profesinya. Jurnal Basicedu, 6(3), 5362–5369. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2878

Fitrah, M. (2017). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(1), 31. https://doi.org/10.25078/jpm.v3i1.90

Fitriani. (2019). Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Dalam Membina Profesionalisme Guru. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(1), 730–744.

Fitriani, C., AR, M., & Usman, N. (2017). KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM PENGELOLAAN PEMBELAJARAN DI MTs MUHAMMADIYAH BANDA ACEH. Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 8(2), 88–95.

Huriaty, D., Esterani, Z., & Saufi, M. (2022). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1, 1–15. https://doi.org/10.33654/iseta.v1i0.1858

Jamil, M. (2023). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Efektivitas Tim Pengajar di SMKN Taman Fajar. 2(1), 20–24.

Jaya, H., Hambali, M., & Fakhrurrozi, F. (2023). Transformasi Pendidikan:Peran Pendidikan BerkelanjutanDalam Menghadapi Tantangan AbadKe-21. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(4), 2416–2422.

Kastawi, N. S., Nugroho, A., & Miyono, N. (2021). Kontribusi Motivasi Kerja dan Peran Kepala Sekolah Terhadap Profesionalisme Guru SMA. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(1), 77–93. https://doi.org/10.24246/j.jk.2021.v8.i1.p77-93

Kristiawan, M., & Rahmat, N. (2018). Peningkatan Profesionalisme Guru Melalui Inovasi Pembelajaran. Kajian Ilmu Pendidikan, 3(2), 373–390.

Kusmiati, A., Sauri, S., & Helmawati, H. (2022). Manajemen Supervisi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(07), 672–682. https://doi.org/10.59141/japendi.v3i07.1176

Lazwardi, D. (2016). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. Kependidikan Islam, 6(1), 139–157. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24042/alidarah.v6i2.804

Lestari, D. I., & Kurnia, H. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Inovatif Untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Di Era Digital. JPG : Jurnal Pendidikan Guru, 4(3), 205–222.

Lisna, A., & Munastiwi, E. (2020). Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Meningkatkan. Jurnal Pelita PAUD, 5(1), 7–13.

Matondang, L., & Syahril, S. (2021). Kinerja Kepala Sekolah sebagai Supervisor dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di Sekolah Menengah Pertama. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4094–4101. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1334

Muizzuddin, M. (2019). Pengembangan Profesionalisme Guru dan Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Kependidikan, 7(1), 127–140. https://doi.org/10.24090/jk.v7i1.2957

Munawir, M., Erindha, A. N., & Sari, D. P. (2023). Memahami Karakteristik Guru Profesional. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1), 384–390. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1.1108

Rahayu, Y. S., Pristy, M., Yuliawati, Y., Anwar, R., & Rostini, D. (2024). Manajemen Kepala Sekolah Dalam Optimalisasi Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar. 12(April), 13–22.

Risdiany, H. (2021). Pengembangan Profesionalisme Guru Dalam. Seminar Nasional Ilmu …, 3(2), 197. https://prosiding.esaunggul.ac.id/index.php/snip/article/viewFile/163/163

Roza, D., Nurhafizah, N., & Yaswinda, Y. (2019). Urgensi Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini dalam Penyelenggaraan Perlindungan Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 277. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.325

Saiful Bahri. (2014). Supervisi Akademik Dalam Peningkatan Profesionalisme Guru. Visipena Journal, 5(1), 100–112. https://doi.org/10.46244/visipena.v5i1.236

Sirojuddi, A., Aprilianto, A., & Zahari, N. E. (2019). Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Dalam Membina Profesionalisme Guru. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(1), 730–743. https://doi.org/10.35673/ajmpi.v8i1.415

Wandra, D., Marsidin, S., & Rifma, R. (2021). Peranan Supervisi Pengawas Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3647–3653. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.977

Widiastuti, S., S. Bachri, B., & Y. Maureen, I. (2023). The New World Kirkpatrick Model (NWKM) pada Pelatihan Mandiri Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) Melalui Platform Merdeka Mengajar (PMM). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(2), 1303–1315. https://doi.org/10.58258/jime.v9i2.5083

Zaini, M. H. A. (2022). Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1043–1050. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.2012

Downloads

Published

2025-06-21

How to Cite

Rahmawati, S., Astuti, H. D. ., Cindy, A. H., & Windasari, W. (2025). Peran Kepala Sekolah sebagai Supervisor dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru pada SMAN 1 Krian . JURNAL INOVASI DAN MANAJEMEN PENDIDIKAN, 5(1), 11–22. https://doi.org/10.12928/jimp.v5i1.10415

Issue

Section

Articles