Feminine Mystique dalam Novel Home Sweet Loan Karya Almira Bastari
DOI:
https://doi.org/10.12928/mms.v6i2.14097Keywords:
Betty Friedan, Feminine Mistique, Home Sweet Loan NovelAbstract
Karya sastra yang bertemakan kehidupan perempuan metropolitan mencerminkan upaya pencarian identitas dan keberanian dalam menunjukkan aktualisasi perempuan, salah satunya adalah novel Home Sweet Loan karya Almira Bastari. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis aktualisasi perempuan melalui tokoh Tanish dengan menggunakan perspektif Feminine Mystique Betty Friedan. Penelitian ini merupakan studi deskriptif kualitatif dengan instrumen pedoman analisis isi yang disusun oleh peneliti. Teknik analisis data dilakukan melalui tiga tahap: reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tokoh Tanish merepresentasikan perempuan modern yang terjebak dalam konstruksi sosial patriarkal yang membatasi pilihan dan aktualisasi diri. Meskipun memiliki pendidikan tinggi dan karier yang cemerlang, Tanish tetap dibebani peran domestik sebagai istri, ibu, dan menantu. Pergulatannya mencerminkan dilema perempuan dalam memenuhi ekspektasi publik dan privat, sebagaimana diuraikan oleh Friedan dalam konsep Feminine Mystique. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa aktualisasi perempuan sering kali dibentuk oleh kompromi terhadap norma-norma sosial yang membatasi. Novel ini membuka ruang refleksi terhadap dilema perempuan dalam struktur patriarki modern. Kontribusi penelitian ini terletak pada penerapan teori Feminine Mystique dalam kajian sastra populer Indonesia.
References
Afifah, F. N., Majidah, M., Wafa, N., & Neina, Q. A. (2025). Realisasi Tokoh Kaluna dalam Film Home Sweet Loan pada Kehidupan Nyata menggunakan Teori Psikologi Sastra. Socius: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 2(12). https://ojs.daarulhuda.or.id/index.php/Socius/article/view/1645
Agustin, N. E., & Nursalim, M. P. (2020). Kepribadian dan Aktualisasi Diri Tokoh Utama dalam Novel Simple Miracle Karya Ayu Utami. Mafsau; Jurnal Penelitian Mahasiswa Sastra Indonesia Universitas Pamulang, 1(1), 19–31. https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Mafs/article/view/8179/5264
Ajizah, N., & Khomisah, K. (2021). Aktualisasi Perempuan dalam Ruang Domestik dan Ruang Publik Perspektif Sadar Gender. Az-Zahra: Journal of Gender and Family Studies, 2(1), 59–73. https://doi.org/10.15575/azzahra.v2i1.11908
Apriyani, T., & Karimah, A. A. (2022). Aktualisasi Perempuan dalam Novel My Lecturer My Husband karya Gitlicious. HUMANIS. https://doi.org/10.24843/JH.20
Apriyani, T., & Lixian, X. (2023). Between housewifery and emancipation in My Lecturer My Husband novel by Gitlicious. NOTION: Journal of Linguistics, Literature, and Culture, 5(1), 47–57. https://doi.org/10.12928/notion.v5i1.7796
Apriyani, T., & Safitri, F. N. (2021). Eksistensi perempuan Jawa dalam novel Mei Hwa Sang Pelintas Zaman karya Afifah Afra. Alinea: Jurnal Bahasa Sastra Dan Pembelajaran, 10(1), 76–85. https://doi.org/10.35194/alinea.v11i1.1797
Bastari, A. (2024). Home sweet loan. Gramedia Pustaka Utama.
Endraswara, S. (2015). Metode penelitian sastra. Pustaka Widyatama.
Faruk. (2020). Metode penelitian sastra; sebuah penjelajahan awal. Pustaka Pelajar.
Friedan, B. (2001). The Feminine Mystique (Anna Quindlen). W.W. Norton & Company, Inc.
Gea, T. M., & Hutagalung, T. (2023). Aktualisasi Feminis Showalter Dalam Novel Tarian Bumi Karya Oka Rusmini. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(3). https://publisherqu.com/index.php/pediaqu/article/view/434
Hakiki, Z., & Shomary, S. (2025). Nilai Sosial Dalam Novel Home Sweet Loan Karya Almira Bastari. Sajak: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Sastra, Bahasa, Dan Pendidikan, 4(2), 151–160. https://doi.org/10.60155/leksis.v4i2.473
Hikmah, E. N., & Burhan, F. (2023). Ideologi Tokoh Utama dalam Novel Home Sweet Loan karya Almira Bastari (Kajian Kritik Sastra Feminis). CANON: Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra, 1(2), 98–105. https://journal.fib.uho.ac.id/index.php/canon/article/view/2373
Hona, T. E., & Dewi, N. (2024). Peran Perempuan dalam Keluarga pada Novel Home Sweet Loan karya Almira Bastari. Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 20(2), 381–394. https://doi.org/10.25134/fon.v20i2.10684
Husada, M., Nuruddin, & Lustyantie, N. (2017). Aktualisasi Diri pada Tokoh Utama dalam Novel Pasung Jiwa Karya Okky Madasari (Suatu Penelitian Psikoanalisis Sastra). BAHTERA : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 16(2), 15–34. https://doi.org/10.21009/bahtera.162.02
Meidastiani, A., Sari, I., & Rengganis, R. (2023). Peran dan perjuangan perempuan dalam kumpulan cerpen Kitab Kawin karya Laksmi Pamuntjak: Perspektif Feminisme Liberal Naomi Wolf. Sapala, 10(1), 11–26. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-sapala/article/view/50925/41687
Miles, M., Huberman, M., & Saldana, J. (2019). Qualitative data analysis; a methods sourcebook (4th ed.). SAGE Publication. https://a.co/d/1TodHDn
Permatasari, D. B. A. (2017). Resistensi tokoh-tokoh perempuan terhadap patriarki dalam novel Garis Perempuan karya Sanie B. Kuncoro. JENTERA: Jurnal Kajian Sastra, 6(2), 94. https://doi.org/10.26499/jentera.v6i2.439
Qorry, U., Safitri, D., & Sujarwo, S. (2025). Marginalisasi perempuan dalam sistem patriarki. Jurnal Intelek Insan Cendikia, 2(5), 7819–7826. https://jicnusantara.com/index.php/jiic/article/view/3254
Ramadhani, N. I. (2025). Eksistensi Perempuan Oman Dalam Novel Sayyidat Al-Qamar Karya Jokha Al-Harsty Kajian Feminisme Eksistensialis Simone De Beauvoir. AL-MANAR: Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 14(1), 56–68. https://journal.staimsyk.ac.id/index.php/almanar/article/download/1254/392/2821
Ratna, N. K. (2018). Teori, metode, dan teknik penelitian sastra. Pustaka Pelajar.
Santosa, P. (2015). Metodologi penelitian sastra; paradogma, proposal, pelaporan, dan penerapan. Azza Grafika.
Setyowati, S., & Supriyanto, T. (2017). Proses Aktualisasi Diri Tokoh Utama dalam Dwilogi Novel Padang Bulan dan Cinta di Dalam Gelas. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(1), 169–178. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/seloka
Sharp, E. A. (2018). Betty Crocker Versus Betty Friedan: Meanings of Wifehood Within a Postfeminist Era. Journal of Family Issues, 39(4), 843–867. https://doi.org/10.1177/0192513X16680092
Sugiarti, Andalas, E. F., & Setiawan, A. (2020). Desain penelitian kualitatif sastra. UMM Press.
Ubaidillah, M. S., Novitasari, L., & Purnama, A. P. S. (2024). Konflik Sosial Tokoh dalam Novel Home Sweet Loan Karya Almira Bastari. LEKSIS, 4(2), 77–85. https://doi.org/10.60155/leksis.v4i2.473
Udasmoro, W. (2018). Dari Doing ke Undoing Gender: Teori dan praktik dalam kajian feminisme. UGM PRESS.
Udasmoro, W., Setiadi, & Firmonasari, A. (2022). Between Memory and Trajectory: Gendered Literary Narratives of Javanese Diaspora in New Caledonia. International Journal of Interreligious and Intercultural Studies (IJIIS), 5(1), 74–87. https://ejournal.unhi.ac.id/index.php/ijiis/article/download/2851/1608/
Wajiran, W., & Apriyani, T. (2025). Race, gender, and identity in Toni Morrison’s novels: Relevance to contemporary Black women’s struggles in America. Cogent Arts and Humanities, 12(1). https://doi.org/10.1080/23311983.2024.2442803
Wiyatmi. (2020). Perempuan dalam kesusastraan Indonesia. Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra Indonesia Unpam. http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/SNS/article/view/7856/5020
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nina Agustina, Tristanti Apriyani, Jang Dongyun

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
License and Copyright Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities tacitly or explicitly of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with Mimesis agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.








