Penilaian pembelajaran Shorf dalam perspektif Higher Order Thinking Skill di pesantren
DOI:
https://doi.org/10.26555/jiei.v4i2.9676Keywords:
HOTS, Pembelajaran Pesantren, Penilaian Pembelajaran, Penilaian Shorf, Pembelajaran ShorfAbstract
Pembelajaran Shorf melekat dalam pembelajaran bahasa Arab. Kemampuan berbahasa Arab santri tidak terlepas dari pengetahuan dan keterampilan menggunakan Ilmu Shorf dalam kalimat. Namun, penilaian pembelajaran Shorf masih cenderung diabaikan dengan memberikan pertanyaan berbasis hafalan santri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penilaian pembelajaran Shorf di pesantren dalam perspektif Higher Order Thinking Skills. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan penelitian kualitatif. Data dikumpulkan dari informan yang dipilih dengan teknik purposive sampling di Pondok Pesantren Darussalam. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik obserbasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa latihan dan penilaian pembelajaran Shorf dilaksanakan di pesantren. Soal-soal latihan yang diberikan pada santri pada aspek pengetahuan belum mengacu pada soal dengan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Untuk mencapai kemampuan berbahasa Arab yang baik, dibutuhkan latihan dan penilaian Shorf yang mengarah pada pencapaian tujuan pembelajaran, serta memperhatikan kemampuan berpikir tingkat tinggi.References
Pemerintah Indonesia, “Undang-undang (UU) tentang Sistem Pendidikan Nasional,” no. Pemerintah Pusat, p. LN.2003/NO.78, TLN NO.4301, LL SETNEG : 37 HLM, 2003.
R. Diki Maulansyah, D. Febrianty, and M. Asbari, “Peran Guru dalam Peningkatan Mutu Pendidikan: Penting dan Genting!,” Journal of Information Systems and Management (JISMA), vol. 2, no. 5. pp. 31–35, 2023. [Online]. Available: https://jisma.org/index.php/jisma/article/view/483
A. Syafii and A. Muharam, “Volume 2 Nomor 7 Juli 2023 Pengukuran Indeks Mutu Pendidikan Berbasis Standar Nasional,” vol. 2, pp. 1697–1701, 2023, [Online]. Available: https://jmi.rivierapublishing.id/index.php/rp
M. Nurtanto, “Mengembangkan kompetensi profesionalisme guru dalam menyiapkan pembelajaran yang bermutu,” Pros. Semin. Nas. Inov. Pendidik. Inov. Pembelajaran Berbas. Karakter dalam Menghadapi Masy. Ekon. ASEAN, no. 10, pp. 553–565, 2016, [Online]. Available: http://www.jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snip/article/viewFile/8975/6535
N. Ulhaq and L. Lubis, “Penyusunan Materi Ajar dalam Rangka Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab pada Siswa,” J. Educ. Res., vol. 4, no. 3, pp. 1202–1211, 2023, doi: 10.37985/jer.v4i3.361.
P. Kurikulum et al., “Pengembangan Penilaian Materi Ipa Smp Berbasis Hots Pada Kurikulum Prototipe,” J. Teknol. Pendidik., vol. 12, no. 1, pp. 85–97, Jan. 2023, doi: 10.32832/TEK.PEND.V12I1.7773.
I. Parepare, “Efektifitas Metode Mumtaz Dalam Memahami Kaidah Nahwu Pada Pembelajaran Bahasa Arab Dualy : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab,” vol. 1, no. 1, pp. 1–9, 2023.
A. W. Bin Ibrahim, Kitab Izzi. Semarang: Toha Putra.
H. Gunawan, A. Suhartini, A. Nurshobah, and I. Rifa’i, “Penyusunan Materi Pembelajaran Qawaid Nahwiyah dalam Kitab Al-Jurumiyah,” Dialog, vol. 41, no. 2, 2020, doi: 10.47655/dialog.v41i2.305.
J. Pendidikan and B. Arab, “Innovation of Assessment Techniques on Mahārah,” Pendidikan Bahasa Arab, vol. 7, no. 1. pp. 14–28, 2023.
E. S. Kunanti, “Penyusunan Pengembangan Penilaian berbasis HOTS,” Pros. Semin. Nas. PBSI-III, pp. 19–26, 2020, [Online]. Available: http://digilib.unimed.ac.id/41215/1/Fulltext.pdf
R. Haniefa Sekolah Tinggi Agama Islam Nurul Iman, “Implementasi Model Penilaian HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILLS) Pada Penilaian Empat Keterampilan Berbahasa Arab,” J. Arab. Educ. Arab. Stud., vol. 1, no. 1, pp. 49–71, 2022.
I. Rahmi, Syihabudin, and A. Sopian, “Analisis Kualitas Tes Bahasa Arab Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS),” vol. 10, no. 33, p. 59531512, 1991.
A. Yunadi, “تطوير اختبارات الفكر في تعليم مهارة القرائة لدى تلاميذ المدرسة العالية الحكومية,” vol. 127, 2021.
S. al M. al Ghalayayni, Jami’ ad Durus al Arabiyah. 2003.
R. A. N. Kholis, “Metode Klasikal dan Individual dalam Pembelajaran Ilmu Tashrif di Madrasah Diniyah anNahdhiyyah Karangploso Malang,” vol. 01, no. 02, pp. 1–23, 2016.
P. Aiman Amin Abdul Ghani, al Sharf al kafi. 2010.
I. Fauzi, “Inovasi Evaluasi Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Menggunakan Aplikasi Kahoot,” Tarbiyatuna J. Pendidik. Islam, vol. 16, no. 1, pp. 64–76, Feb. 2023, doi: 10.54471/TARBIYATUNA.V16I1.2132.
A. R. Kasdina, F. S. Sundari, and R. Handayani, “Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis Hots Berbantuan Website Wordwall Pada Materi Bangun Ruang,” Didakt. J. Ilm. PGSD STKIP Subang, vol. 9, no. 04, pp. 1–12, Sep. 2023, doi: 10.36989/DIDAKTIK.V9I04.1626.
D. A. Ramadhani, “Evaluasi Pengajaran Bahasa Arab Dengan Media Online Di Perguruan Tinggi,” Al Mi’yar J. Ilm. Pembelajaran Bhs. Arab dan Kebahasaaraban, vol. 2, no. 1, p. 85, 2019, doi: 10.35931/am.v2i1.105.
M. P. . Helmawati, Dr, S.E, Pembelajaran dan Penilaian Berbasis HOTS. 2019.
I. W. Widiyana, Modul Penyusuanan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS). 2017.
W. Setiawati, O. Asmira, Y. Ariyana, R. Bestary, and A. Pudjiastuti, Buku Penilaian Berorientasi Higher Order Thinking Skills. 2019.
M. Mariati and U. A. Saehu, “Character-Oriented Development of Accounting Teaching Materials and Higher Order Thinking Skills (HOTS),” Budapest Int. Res. Critics Inst. Humanit. Soc. Sci., vol. 4, no. 1, pp. 391–403, 2021, doi: 10.33258/birci.v4i1.1616.
K. S. Hasan Baharun, “Penilaian Berbasis Kelas Berorientasi HOTS Berdasarkan Taksonomi Bloom Pada Pembelajaran PAI,” HIKMAH J. Pendidik. Islam, vol. 7, no. 2, p. 195, 2018.
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 A. Rahmat Fauzi; R Umi Baroroh
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
License and Copyright Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read the International JIEI Author Guidelines at http://journal2.uad.ac.id/index.php/jiei/about/submissions#onlineSubmissions
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities “ tacitly or explicitly “ of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with the Journal of Islamic Education and Innovation agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.