Analisis rumusan capaian pembelajaran pada kurikulum program studi Pendidikan Agama Islam
DOI:
https://doi.org/10.26555/jiei.v4i2.9353Keywords:
Capaian pembelajaran, Kurikulum program studi, Pendidikan tinggi, Program Studi, Pendidikan Agama IslamAbstract
Program studi pada pendidikan tinggi memiliki kewenangan dalam mengembangkan kurikulum yang relevan dengan kebutuhan mahasiswa, masyarakat, dan universitas sebagaimana diatur dalam undang-undang. Namun, tak jarang ditemukan kurangnya kecakupan kurikulum yang dikembangkan oleh program studi dalam mengembangkan kurikulum. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis rumusan capaian pembelajaran pada kurikulum program studi Magister Pendidikan Agama Islam Universitas Ahmad Dahlan. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data memanfaatkan teknik dokumentasi, observasi, dan wawancara. Data kemudian dikumpulkan dan dianalisis untuk membuat kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rumusan capaian pembelajaran yang dikembangkan mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dalam aspek sikap dan keterampilan, dan mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-Dikti) pada aspek pengetahuan. Pengembangan kurikulum yang mengacu pada KKNI dan SN-Dikti memberikan kejelasan orientasi pengembangan keilmuan bidang studi Pendidikan Agama Islam yang selaras dengan visi, misi, dan tujuan program studi.
References
A. Junaidi, Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi. 2020.
E. Suzanti, S. Sugiyarto, and N. Nurulmatinni, “Pedagogical and Professional Competences Policies in Improving Education,” JPGI (Jurnal Penelit. Guru Indones., vol. 6, no. 3, p. 807, 2021, doi: 10.29210/021215jpgi0005.
S. E. Fatimah and A. Purdianto, “Model Determinasi Minat Beriwirausaha Mahasiswa,” J. INSPIRASI BISNIS Manaj., vol. 4, no. 1, p. 58, 2020.
C. Najirah, D. Nugraha, and M. Saleh, “Kegelisahan Mahasiswa Dengan Kondisi Lapangan Kerja,” Cent. Knowl. J. Pendidik. Dan Pengabdi. Masy., vol. 1, no. 1, p. 42, 2021.
A. Noviyanti, “Dinamika Kecemasan Karir pada Mahasiswa Tingkat Akhir,” KoPeN Konf. Pendidik. Nas., vol. 3, no. 2, p. 47, 2021.
A. Haris, “Penerapan Kurikulum Berbasis KKNI Pada Program Studi Pendidikan Agama Islam,” Al-Furqan, vol. VII, no. 2, 2019.
A. F. Lubis, “Manajemen Kurikulum Berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) di Perguruan Tinggi Islam,” Al-Tanzim J. Manaj. Pendidik. Islam, vol. 4, no. 2, pp. 146–158, 2020.
D. Perawironegoro, H. Widodo, Wantini, and M. L. Arqam, “Internalisasi Nilai-Nilai Pesantren Berbasis Manajemen Asrama,” JAMP J. Adminitrasi dan Manaj. Pendidik., vol. 3, no. 4, p. 323, 2020.
H. Ardiyanto and S. Fajaruddin, “Tinjauan atas Artikel Penelitian dan Pengembangan Pendidikan di Jurnal Keolahragaan,” J. Keolahragaan, vol. 7, no. 1, p. 84, 2019, doi: 10.21831/jk.v7i1.26394.
A. W. Nusaibah and B. M. R. Bustam, “Urgensi Teknologi dalam Pembelajaran Pendidikan Islam untuk Mewujudkan Program Merdeka Belajar & Pendidikan Islam Yang Berkemajuan,” Qolamuna J. Stud. Islam, vol. 8, no. 2, p. 36, 2023.
B. H. Ashari, B. M. Wibawa, and S. F. Persada, “Analisis Deskriptif dan Tabulasi Silang pada Konsumen Online Shop di Instagram (Studi Kasus 6 Universitas di Kota Surabaya ),” J. Sains dan Seni ITS, vol. 6, no. 1, p. 18, 2017.
I. Windradini, “Kesesuaian Kompetensi Lulusan Prodi Pendidikan Tata Boga Terhadap Kkni Dan Bahan Kajian,” HEJ Home Econ. J., vol. 4, no. 1, p. 11, 2020, doi: 10.21831/hej.v4i1.31044.
D. J. P. dan Kemahasiswaan and dan P. T. R. I. Kementerian Riset, Teknologi, Paradigma Capaian Pembelajaran. 2015.
S. Nurdin, “Pengembangan Kurikulum dan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) Berbasis KKNI di Perguruan Tinggi,” J. al-Fikrah, vol. 5, no. 1, pp. 24–25, 2017.
N. Karnia, N. A. Farida, and Ferianto, “Pengembangan Kurikulum PAI di Universitas Negeri Yogyakarta,” ANSIRU PAI Pengemb. Profesi Guru Pendidik. Agama Islam, vol. 6, no. 2, p. 147, 2022.
K. Umam, “Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Islam Sinkronisasi dengan Kebijakan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI),” Edukasi Islam. J. Pendidik. Islam, vol. 10, no. 1, p. 637, 2021.
E. W. Nugrahadi, I. Maipita, L. Ane, and P. D. Putra, “Analisis Implementasi Kurikulum Berbasis KKNI di Fakultas Ekonomi UNIMED,” Niagawan, vol. 7, no. 1, p. 9, 2018, doi: 10.24114/niaga.v7i1.9349.
Aflahah, “Studi Implementasi Kurikulum Berbasis KKNI Pada Program Studi Tadris Bahasa Indonesia IAIN Madura Aflahah,” Nuansa J. Penelit. Ilmu Sos. dan Kegamaan Islam, vol. 16, no. 2, p. 141, 2019, doi: 10.19105/nuansa.v16i2.2660.
F. Rofii and D. Siswanto, “Pengembangan Kurikulum Teknik Elektro Berbasis KSKI-MBKM,” in The 4th Conference on Innovation and Application of Science and Technology (CIASTECH 2021, 2021, no. 15, p. 1070.
A. U. Maslahah, “Penerapan Kurikulum Mengacu KKNI Dan Implikasinya terhadap Kualitas Pendidikan di PTKIN,” Edukasia J. Penelit. Pendidik. Islam, vol. 13, no. 1, p. 235, 2018, doi: 10.21043/edukasia.v13i1.5717.
I. Parliament, “Deskripsi Jenjang Kualifikasi KKNI,” Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 26 Tahun 1985 Tentang Jalan, vol. 4, no. 1. p. 3, 2012.
R. Masykur, U. Rosidin, and A. M. Iqbal, “Implementasi Kurikulum KKNI pada Program Studi Matematika Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung,” Numer. J. Mat. dan Pendidik. Mat., vol. 2, no. 1, pp. 10–11, 2018, doi: 10.25217/numerical.v2i1.205.
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Afaf Wafiqoh Nusaibah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
License and Copyright Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read the International JIEI Author Guidelines at http://journal2.uad.ac.id/index.php/jiei/about/submissions#onlineSubmissions
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities “ tacitly or explicitly “ of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with the Journal of Islamic Education and Innovation agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.