Analisis perencanaan kurikulum pesantren dalam membentuk kemampuan afektif santri
DOI:
https://doi.org/10.26555/jiei.v4i2.9205Keywords:
Kurikulum Pesantren, Kemampuan afektif, Perencanaan kurikulum, SantriAbstract
Kurikulum pesantren didesain untuk memberikan bekal kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotorik. Kemampuan kognitif santri pada bidang ilmu-ilmu keislaman merupakan hasil dari dominasi pembelajaran kitab klasik keislaman sebagai pengetahuan. Namun, aspek afektif dan psikomotrik dari kurikulum pesantren dari pembelajaran kitab klasik keislaman belum banyak menjadi perhatian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan perencanaan kurikulum pesantren dalam upaya membantuk kemampuan afektif santri di Pondok Pesantren Darullughah Wadda’wah Bangil dan Pondok Pesantren Nurul Haramain Pujon. Penelitian dilaksanakan dengan metode penelitian studi kasus dengan rancangan multisitus. Informan penelitian ini yaitu para pengambil kebijakan kurikulum pesantren. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara, teknik observasi, dan teknik dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif yang secara bersamaan dilakukan uji keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada perencanaan kurikulum pesantren yang berorientasi pada pembentukan kemampuan afektif santri dikembangkan dengan mempertimbangkan; 1) visi dan misi yang jelas dan terukur; 2) kesesuaian kurikulum dengan tujuan pesantren; 3) desain pembelajaran yang aktif, kreatif, dan menyenangkan; dan 4) penilaian yang holistik dengan pemantauan yang berkesinambungan. Implementasi asumsi-asumsi tersebut dalam perencanaan kurikulum memberikan dampak kemampuan afektif santri dalam perilaku kejujuran, kedisiplinan, dan bertanggungjawab.
References
Achyar Subachtiar, Didin Saefuddin, Ulil Amri Sayfri, 2018. Konsep Manajemen Mutu Terpadu dan Implementasinya Pada Pesantren Darul Muttaqien, PP. Darul Muttaqien Bogor
Aimah, Siti. 2021. Manajemen Mutu Terpadu Di Pesantren, Jurnal Lisan Al-Hal, Volume 15, No. 2, Desember 2021
Al-Attas, Muhammad Naquib. 1980. The Concept of Education In Islam. Kuala lumpur: ABIM
Amirudin, J., & Rohimah, E. 2020. Implementasi Kurikulum Pesantren Salafi dan Pesantren Modern Dalam Meningkatkan Kemampuan Santri Membaca dan Memahami Kitab Kuning, Jurnal Pendidikan UNIGA, 14(1), 268–282. https://doi.org/10.52434/JP.V14I1.908
Ansori, M. (2020). Pengembangan Kurikulum Madrasah Di Pesantren. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 41–50. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v1i1.32
Arcaro, Jerome S. 2006. Quality in Education: An Implementation Handbook. (terj.) Yosal Iriantara. Pendidikan Berbasis Mutu: Prinsip-prinsip Perumusan dan Tata Langkah Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Astuti, Sukataman, 2023. Dasar-Dasar Manajemen Pesantren, Cakrawala: Jurnal Kajian Studi Manajemen Pendidikan Islam dan Studi Sosial Vol. 7 No.1. 2023
Bahri, S., & Arafah, N. (2020). Analisis Manajemen SDM Dalam Mengembangkan Strategi Pembelajaran Di Era New Normal. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 1(1), 20–40. https://doi.org/10.31538/tijie.v1i1.2
Budiya, B. (2021). Manajemen Pengelolaan Kelas Masa Pandemi di SD Ta’miriyah Surabaya. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 50–54. https://doi.org/10.54069/attadrib.v4i1.129
Denzin, N. K., & Lincoln, Y. S. (2018). The SAGE Handbook of Qualitative Research. The SAGE Publisher.
Fitri, Agus Zaenul. 2013. Manajemen Kurikulum Pendidikan Islam, Bandung: Alfabeta.
Ghony, M. Djunaidi & Fauzan Almanshur. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif; Edisi Revisi. Jogjakarta: Arruz Media.
Halim, A. (2005). Manajemen Pesantren. Pustaka Pesantren
Hamalik, Oemar. 2010. Manajemen Pengembangan Kurikulum, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Handoko, 2021. Manajemen Mutu Pendidikan Pondok Pesantren Di Era 5.0, Prosiding Fakultas Agama Islam, Universitas Dharmawangsa, Desember 2021
Ilfan Tufail .2023. Manajemen Pengembangan Kurikulum Integratif Madrasah dan Pesantren di Madrasah Aliyah 1 Annuqayah Guluk-guluk Sumenep. Jember: Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
Jerom, Arcaro. 2007. Pendidikan Berbasis Mutu Perumusan dan Langkah Penerapan, Alih Bahasa Oleh: Yosal Iriantara, Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Lickona, Thomas. (1991), Educating For Character, How Oue School Can Teach Resfect and Responbility, New York : Bantam Books.
Ma’arif, M. A. (2018). Pola Pengembangan Kurikulum Pendidikan Pesantren Berkarakter: Studi Pondok Pesantren Nurul Ummah Mojokerto | Tadris: Jurnal Pendidikan Islam. Tadris, 13(1). https://doi.org/10.19105/tjpi.v13i1.1635
Magretta, Joan Magretta. 2014. Understanding Michael Porter Panduan Paling Penting Tentang Kompetisi dan Strategi, alih bahasa oleh Diana Kurnia Satialie, Yogyakrta: Andi
Mashud, Sulthon dan Moh. Khusnuridlo. 2003. Manajemen Pondok Pesantren. Jakarta: Diva Pustaka.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook. SAGE.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (Third edition). SAGE Publications, Inc
Muhammad Sholeh, Syafi’ul Anam, Supriyanto, Shelly Andari, Windasari. 2022. Manajemen Pendidikan Di Pondok Pesantren Education Management At Pondok Pesantren, Universitas Negeri Surabaya, Volume 2, Nomor 1, Mei 2022
Nafi, M. Dian, dkk, 2007. Praksis Pembelajaran Pesantren, Yogyakarta: Instite for Training and Development Amherst MA
Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan; Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Buni Aksara.
Sulhan, A. 2018, Manajemen Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Santri dalam Mewujudkan Mutu Lulusan di MA Dakwah Islamiyah Putri Kediri Lombok Barat, JURNAL PENELITIAN KEISLAMAN, 14(2). https://doi.org/10.20414/jpk.v14i2.488
Tim Dosen Administrasi Pendidikan UPI. 2010. Manajemen Pendidikan
Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Putra, G. W., & Iswara, B. 2019. Metode Systematic Literature Review untuk Identifikasi Platform dan Metode Pengembangan Sistem Informasi di Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems, 1(2), 63–77. https://doi.org/10.24002/IJIS.V1I2.191
Universitas Widya Mataram/News. (2020, November 25). Retrieved Maret Saturday, 13, 2021, from Universitas Widya Mataram: http://new.widyamataram.ac.id/content/news/menghadapi-era-society-50- Education. Yogyakarta: IrCisoD. Kresnoadi. (2021, Januari 03). ruang guru_. Retrieved Maret Selasa, 2021, from ruang guru: https://www.ruangguru.com/blog/revolusi-industri-4.0
Yasin, Muhammad. 2022. Pelaksanaan Manajemen Kurikulum Pesantren Dalam Membentuk Karakter Mandiri Santri. Jurnal. DIAJAR: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran https://journal.yp3a.org/index.php/DIAJARISSN Media Elektronik 2810-0786Vol. 1 No. 1 (Januari 2022) 72-79DOI:10.54259/diajar.v1i1.192
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jaudi Jaudi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
License and Copyright Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read the International JIEI Author Guidelines at http://journal2.uad.ac.id/index.php/jiei/about/submissions#onlineSubmissions
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities “ tacitly or explicitly “ of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with the Journal of Islamic Education and Innovation agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.