Analisis perencanaan kurikulum pesantren dalam membentuk kemampuan afektif santri

Authors

  • Jaudi Jaudi UII Darullughah Wadda’wah Pasuruan

DOI:

https://doi.org/10.26555/jiei.v4i2.9205

Keywords:

Kurikulum Pesantren, Kemampuan afektif, Perencanaan kurikulum, Santri

Abstract

Kurikulum pesantren didesain untuk memberikan bekal kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotorik. Kemampuan kognitif santri pada bidang ilmu-ilmu keislaman merupakan hasil dari dominasi pembelajaran kitab klasik keislaman sebagai pengetahuan. Namun, aspek afektif dan psikomotrik dari kurikulum pesantren dari pembelajaran kitab klasik keislaman belum banyak menjadi perhatian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan perencanaan kurikulum pesantren dalam upaya membantuk kemampuan afektif santri di Pondok Pesantren Darullughah Wadda’wah Bangil dan Pondok Pesantren Nurul Haramain Pujon. Penelitian dilaksanakan dengan metode penelitian studi kasus dengan rancangan multisitus. Informan penelitian ini yaitu para pengambil kebijakan kurikulum pesantren. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara, teknik observasi, dan teknik dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif yang secara bersamaan dilakukan uji keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada perencanaan kurikulum pesantren yang berorientasi pada pembentukan kemampuan afektif santri dikembangkan dengan mempertimbangkan; 1) visi dan misi yang jelas dan terukur; 2) kesesuaian kurikulum dengan tujuan pesantren; 3) desain pembelajaran yang aktif, kreatif, dan menyenangkan; dan 4) penilaian yang holistik dengan pemantauan yang berkesinambungan. Implementasi asumsi-asumsi tersebut dalam perencanaan kurikulum memberikan dampak kemampuan afektif santri dalam perilaku kejujuran, kedisiplinan, dan bertanggungjawab.

References

Achyar Subachtiar, Didin Saefuddin, Ulil Amri Sayfri, 2018. Konsep Manajemen Mutu Terpadu dan Implementasinya Pada Pesantren Darul Muttaqien, PP. Darul Muttaqien Bogor

Aimah, Siti. 2021. Manajemen Mutu Terpadu Di Pesantren, Jurnal Lisan Al-Hal, Volume 15, No. 2, Desember 2021

Al-Attas, Muhammad Naquib. 1980. The Concept of Education In Islam. Kuala lumpur: ABIM

Amirudin, J., & Rohimah, E. 2020. Implementasi Kurikulum Pesantren Salafi dan Pesantren Modern Dalam Meningkatkan Kemampuan Santri Membaca dan Memahami Kitab Kuning, Jurnal Pendidikan UNIGA, 14(1), 268–282. https://doi.org/10.52434/JP.V14I1.908

Ansori, M. (2020). Pengembangan Kurikulum Madrasah Di Pesantren. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 41–50. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v1i1.32

Arcaro, Jerome S. 2006. Quality in Education: An Implementation Handbook. (terj.) Yosal Iriantara. Pendidikan Berbasis Mutu: Prinsip-prinsip Perumusan dan Tata Langkah Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Astuti, Sukataman, 2023. Dasar-Dasar Manajemen Pesantren, Cakrawala: Jurnal Kajian Studi Manajemen Pendidikan Islam dan Studi Sosial Vol. 7 No.1. 2023

Bahri, S., & Arafah, N. (2020). Analisis Manajemen SDM Dalam Mengembangkan Strategi Pembelajaran Di Era New Normal. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 1(1), 20–40. https://doi.org/10.31538/tijie.v1i1.2

Budiya, B. (2021). Manajemen Pengelolaan Kelas Masa Pandemi di SD Ta’miriyah Surabaya. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 50–54. https://doi.org/10.54069/attadrib.v4i1.129

Denzin, N. K., & Lincoln, Y. S. (2018). The SAGE Handbook of Qualitative Research. The SAGE Publisher.

Fitri, Agus Zaenul. 2013. Manajemen Kurikulum Pendidikan Islam, Bandung: Alfabeta.

Ghony, M. Djunaidi & Fauzan Almanshur. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif; Edisi Revisi. Jogjakarta: Arruz Media.

Halim, A. (2005). Manajemen Pesantren. Pustaka Pesantren

Hamalik, Oemar. 2010. Manajemen Pengembangan Kurikulum, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Handoko, 2021. Manajemen Mutu Pendidikan Pondok Pesantren Di Era 5.0, Prosiding Fakultas Agama Islam, Universitas Dharmawangsa, Desember 2021

Ilfan Tufail .2023. Manajemen Pengembangan Kurikulum Integratif Madrasah dan Pesantren di Madrasah Aliyah 1 Annuqayah Guluk-guluk Sumenep. Jember: Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember

Jerom, Arcaro. 2007. Pendidikan Berbasis Mutu Perumusan dan Langkah Penerapan, Alih Bahasa Oleh: Yosal Iriantara, Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Lickona, Thomas. (1991), Educating For Character, How Oue School Can Teach Resfect and Responbility, New York : Bantam Books.

Ma’arif, M. A. (2018). Pola Pengembangan Kurikulum Pendidikan Pesantren Berkarakter: Studi Pondok Pesantren Nurul Ummah Mojokerto | Tadris: Jurnal Pendidikan Islam. Tadris, 13(1). https://doi.org/10.19105/tjpi.v13i1.1635

Magretta, Joan Magretta. 2014. Understanding Michael Porter Panduan Paling Penting Tentang Kompetisi dan Strategi, alih bahasa oleh Diana Kurnia Satialie, Yogyakrta: Andi

Mashud, Sulthon dan Moh. Khusnuridlo. 2003. Manajemen Pondok Pesantren. Jakarta: Diva Pustaka.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook. SAGE.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (Third edition). SAGE Publications, Inc

Muhammad Sholeh, Syafi’ul Anam, Supriyanto, Shelly Andari, Windasari. 2022. Manajemen Pendidikan Di Pondok Pesantren Education Management At Pondok Pesantren, Universitas Negeri Surabaya, Volume 2, Nomor 1, Mei 2022

Nafi, M. Dian, dkk, 2007. Praksis Pembelajaran Pesantren, Yogyakarta: Instite for Training and Development Amherst MA

Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan; Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Buni Aksara.

Sulhan, A. 2018, Manajemen Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Santri dalam Mewujudkan Mutu Lulusan di MA Dakwah Islamiyah Putri Kediri Lombok Barat, JURNAL PENELITIAN KEISLAMAN, 14(2). https://doi.org/10.20414/jpk.v14i2.488

Tim Dosen Administrasi Pendidikan UPI. 2010. Manajemen Pendidikan

Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Putra, G. W., & Iswara, B. 2019. Metode Systematic Literature Review untuk Identifikasi Platform dan Metode Pengembangan Sistem Informasi di Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems, 1(2), 63–77. https://doi.org/10.24002/IJIS.V1I2.191

Universitas Widya Mataram/News. (2020, November 25). Retrieved Maret Saturday, 13, 2021, from Universitas Widya Mataram: http://new.widyamataram.ac.id/content/news/menghadapi-era-society-50- Education. Yogyakarta: IrCisoD. Kresnoadi. (2021, Januari 03). ruang guru_. Retrieved Maret Selasa, 2021, from ruang guru: https://www.ruangguru.com/blog/revolusi-industri-4.0

Yasin, Muhammad. 2022. Pelaksanaan Manajemen Kurikulum Pesantren Dalam Membentuk Karakter Mandiri Santri. Jurnal. DIAJAR: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran https://journal.yp3a.org/index.php/DIAJARISSN Media Elektronik 2810-0786Vol. 1 No. 1 (Januari 2022) 72-79DOI:10.54259/diajar.v1i1.192

Published

2024-02-28