Pendidikan Islam berbasis humanis-religius
DOI:
https://doi.org/10.26555/jiei.v5i1.9737Keywords:
Akhlak Karimah, Humanis, Moral, Pendidikan Islam, ReligiusAbstract
Nilai-nilai humanis dan nilai-nilai religius berjalan secara independen di lembaga pendidikan. Nilai humanis ada pada mata pelajaran sains, dan nilai religius ada pada mata pelajaran agama. Kondisi yang seperti ini rentan untuk terjadinya konflik nilai, yang berdampak pada konflik individu baik guru maupun peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan kerangka berfikir pendidikan Islam berbasis humanis-religius yang terpadu guna menghindari konflik nilai untuk membuat iklim pembelajaran yang harmonis. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian literatur. Dokumen menjadi sumber data, serta teknik analisis data menggunakan teknik analisis induktif untuk menghasilkan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan nilai-nilai kemanusiaan dan agama dapat diupayakan untuk menjalin keterpaduan dalam pelaksanaan pendidikan Islam. Dengan keterpaduan prinsip-prinsip kemanusiaan dengan prinsip-prinsip agama dapat menciptakan iklim yang positif dan berdampak pada pembentukan pribadi peserta didik yang bermoral dan berakhlakul karimah.References
N. Ulwiyah, “Landasan Psikologi dan Aktualisasinya Dalam Pendidikan Islam,” J. Stud. Islam, vol. 6, no. April, 2015.
A. Arief, and M. Muhyani, “Strategi Motivasi Belajar dan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Bahasa Arab,” Tawazun J. Pendidik. Islam, vol. 12, No. 1, P. 112, 2019, Doi: 10.32832/Tawazun.V12i1.1843.
I. Rusdiani and C. Atikah, “Pengaruh Pembelajaran Daring Dengan Menggunakan Aplikasi Google Class Room dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa”, Vol. 8, Pp. 1–16, 2021.
E. Widianto, “Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi,” J. Educ. Teach., Vol. 2, No. 2, P. 213, 2021, Doi: 10.24014/Jete.V2i2.11707.
A. M. Rosyad, “Urgensi Inovasi Pembelajaran Islam Dalam PAI,” Al-Afkar J. Islam. Stud., Vol. 2, No. 1, Pp. 64–86, 2019, Doi: 10.5281/Zenodo.3553865.
R. Andriani and R. Rasto, “Motivasi Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa,” J. Pendidik. Manaj. Perkantoran, Vol. 4, No. 1, P. 80, 2019, Doi: 10.17509/Jpm.V4i1.14958.
Thaib and Siswanto, “Inovasi Kurikulum Dalam Pengembangan Pendidikan,” J. Edukasi, Vol. 1, No. July, Pp. 216–228, 2015.
M. Parhan and B. Sutedja, “Penerapan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Dalam Pendidikan Agama Islam Di Universitas Pendidikan Indonesia,” Vol. 6, No. 2, Pp. 114–126, 2019, Doi: 10.17509/T.V6vi2.20165.
M. Mustakim, “Kurikulum Pendidikan Humanis Religius,” At-Tajdid J. Ilmu Tarb., vol. 3, no. 1, pp. 15–28, 2014, [Online]. Available: http://ejournal.stitmuh-pacitan.ac.id/index.php/attajdid/article/view/26
Amin Hasan dkk, “Analisis Organisasi Kurikulum dan Struktur Kurikulum Sekolah Dasar,” J. Pendidik. dan Konseling, vol. 4, no. 6, pp. 1349–1358, 2022.
K. Ni’amah and M. Hafidzulloh, “Teori Pembelajaran Kognivistik dan Aplikasinya dalam Pendidikan Islam,” J. Ilm. Mhs. Raushan Fikr, vol. 10, no. 2, pp. 204–217, 2021, doi: 10.24090/jimrf.v10i2.4947.
A. Emda, “Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran,” Lantanida J., vol. 5, no. 2, p. 172, 2018, doi: 10.22373/lj.v5i2.2838.
S. Suprihatin, “Pendekatan Humanistik Dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam,” POTENSIA J. Kependidikan Islam, vol. 3, no. 1, p. 82, 2017, doi: 10.24014/potensia.v3i1.3477.
M. K. Nasution and A. M. Abadi, “Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Akidah Akhlak,” J. Tunas Bangsa, vol. 1, no. 1, pp. 30–54, 2014.
H. Hibana, S. A. Kuntoro, and S. Sutrisno, “Pengembangan Pendidikan Humanis Religius Di Madrasah,” J. Pembang. Pendidik. Fondasi dan Apl., vol. 3, no. 1, pp. 19–30, 2015, doi: 10.21831/jppfa.v3i1.5922.
A. Arianti, “Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa,” Didakt. J. Kependidikan, vol. 12, no. 2, pp. 117–134, 2019, doi: 10.30863/didaktika.v12i2.181.
S. Bahri, “Pengembangan Kurikulum Dasar Dan Tujuannya,” J. Ilm. Islam Futur., vol. 11, no. 1, p. 15, 2017, doi: 10.22373/jiif.v11i1.61.
Y. Suryana and F. M. Ismi, “Manajemen Kurikulum Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan,” J. Isema Islam. Educ. Manag., vol. 4, no. 2, pp. 257–266, 2019, doi: 10.15575/isema.v4i2.6026.
A. Setiakawan, “Konsep pendidikan tauhid dalam keluarga perspektif pendidikan Islam,” Educasia, vol. 1, no. 2, pp. 1–21, 2016, [Online]. Available: www.educasia.or.id,
A. Rozaq, “Pendidikan Humanisme Religius dalam Pendidikan Islam,” J. Ta`dib, vol. 17, No. 2, no. 2, p. 31, 2019.
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Zaki Afnan Salmadatu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
License and Copyright Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read the International JIEI Author Guidelines at http://journal2.uad.ac.id/index.php/jiei/about/submissions#onlineSubmissions
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities “ tacitly or explicitly “ of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with the Journal of Islamic Education and Innovation agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.