Pendidikan Islam berbasis humanis-religius

Authors

  • Zaki Afnan Salmadatu Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.26555/jiei.v5i1.9737

Keywords:

Akhlak Karimah, Humanis, Moral, Pendidikan Islam, Religius

Abstract

Nilai-nilai humanis dan nilai-nilai religius berjalan secara independen di lembaga pendidikan.  Nilai humanis ada pada mata pelajaran sains, dan nilai religius ada pada mata pelajaran agama. Kondisi yang seperti ini rentan untuk terjadinya konflik nilai, yang berdampak pada konflik individu baik guru maupun peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan kerangka berfikir pendidikan Islam berbasis humanis-religius yang terpadu guna menghindari konflik nilai untuk membuat iklim pembelajaran yang harmonis. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian literatur. Dokumen menjadi sumber data, serta teknik analisis data menggunakan teknik analisis induktif untuk menghasilkan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan nilai-nilai kemanusiaan dan agama dapat diupayakan untuk menjalin keterpaduan dalam pelaksanaan pendidikan Islam. Dengan keterpaduan prinsip-prinsip kemanusiaan dengan prinsip-prinsip agama dapat menciptakan iklim yang positif dan berdampak pada pembentukan pribadi peserta didik yang bermoral dan berakhlakul karimah.

References

N. Ulwiyah, “Landasan Psikologi dan Aktualisasinya Dalam Pendidikan Islam,” J. Stud. Islam, vol. 6, no. April, 2015.

A. Arief, and M. Muhyani, “Strategi Motivasi Belajar dan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Bahasa Arab,” Tawazun J. Pendidik. Islam, vol. 12, No. 1, P. 112, 2019, Doi: 10.32832/Tawazun.V12i1.1843.

I. Rusdiani and C. Atikah, “Pengaruh Pembelajaran Daring Dengan Menggunakan Aplikasi Google Class Room dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa”, Vol. 8, Pp. 1–16, 2021.

E. Widianto, “Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi,” J. Educ. Teach., Vol. 2, No. 2, P. 213, 2021, Doi: 10.24014/Jete.V2i2.11707.

A. M. Rosyad, “Urgensi Inovasi Pembelajaran Islam Dalam PAI,” Al-Afkar J. Islam. Stud., Vol. 2, No. 1, Pp. 64–86, 2019, Doi: 10.5281/Zenodo.3553865.

R. Andriani and R. Rasto, “Motivasi Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa,” J. Pendidik. Manaj. Perkantoran, Vol. 4, No. 1, P. 80, 2019, Doi: 10.17509/Jpm.V4i1.14958.

Thaib and Siswanto, “Inovasi Kurikulum Dalam Pengembangan Pendidikan,” J. Edukasi, Vol. 1, No. July, Pp. 216–228, 2015.

M. Parhan and B. Sutedja, “Penerapan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Dalam Pendidikan Agama Islam Di Universitas Pendidikan Indonesia,” Vol. 6, No. 2, Pp. 114–126, 2019, Doi: 10.17509/T.V6vi2.20165.

M. Mustakim, “Kurikulum Pendidikan Humanis Religius,” At-Tajdid J. Ilmu Tarb., vol. 3, no. 1, pp. 15–28, 2014, [Online]. Available: http://ejournal.stitmuh-pacitan.ac.id/index.php/attajdid/article/view/26

Amin Hasan dkk, “Analisis Organisasi Kurikulum dan Struktur Kurikulum Sekolah Dasar,” J. Pendidik. dan Konseling, vol. 4, no. 6, pp. 1349–1358, 2022.

K. Ni’amah and M. Hafidzulloh, “Teori Pembelajaran Kognivistik dan Aplikasinya dalam Pendidikan Islam,” J. Ilm. Mhs. Raushan Fikr, vol. 10, no. 2, pp. 204–217, 2021, doi: 10.24090/jimrf.v10i2.4947.

A. Emda, “Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran,” Lantanida J., vol. 5, no. 2, p. 172, 2018, doi: 10.22373/lj.v5i2.2838.

S. Suprihatin, “Pendekatan Humanistik Dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam,” POTENSIA J. Kependidikan Islam, vol. 3, no. 1, p. 82, 2017, doi: 10.24014/potensia.v3i1.3477.

M. K. Nasution and A. M. Abadi, “Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Akidah Akhlak,” J. Tunas Bangsa, vol. 1, no. 1, pp. 30–54, 2014.

H. Hibana, S. A. Kuntoro, and S. Sutrisno, “Pengembangan Pendidikan Humanis Religius Di Madrasah,” J. Pembang. Pendidik. Fondasi dan Apl., vol. 3, no. 1, pp. 19–30, 2015, doi: 10.21831/jppfa.v3i1.5922.

A. Arianti, “Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa,” Didakt. J. Kependidikan, vol. 12, no. 2, pp. 117–134, 2019, doi: 10.30863/didaktika.v12i2.181.

S. Bahri, “Pengembangan Kurikulum Dasar Dan Tujuannya,” J. Ilm. Islam Futur., vol. 11, no. 1, p. 15, 2017, doi: 10.22373/jiif.v11i1.61.

Y. Suryana and F. M. Ismi, “Manajemen Kurikulum Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan,” J. Isema Islam. Educ. Manag., vol. 4, no. 2, pp. 257–266, 2019, doi: 10.15575/isema.v4i2.6026.

A. Setiakawan, “Konsep pendidikan tauhid dalam keluarga perspektif pendidikan Islam,” Educasia, vol. 1, no. 2, pp. 1–21, 2016, [Online]. Available: www.educasia.or.id,

A. Rozaq, “Pendidikan Humanisme Religius dalam Pendidikan Islam,” J. Ta`dib, vol. 17, No. 2, no. 2, p. 31, 2019.

Published

2024-06-30