Penilaian pembelajaran Shorf dalam perspektif Higher Order Thinking Skill di pesantren

Authors

  • Asep Rahmat Fauzi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • R Umi Baroroh UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.26555/jiei.v4i2.9676

Keywords:

HOTS, Pembelajaran pesantren, Penilaian pembelajaran, Penilaian Shorf, Pembelajaran Shorf

Abstract

Pembelajaran Shorf melekat dalam pembelajaran bahasa Arab. Kemampuan berbahasa Arab santri tidak terlepas dari pengetahuan dan keterampilan menggunakan Ilmu Shorf dalam kalimat. Namun, penilaian pembelajaran Shorf masih cenderung diabaikan dengan memberikan pertanyaan berbasis hafalan santri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penilaian pembelajaran Shorf di pesantren dalam perspektif Higher Order Thinking Skills. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan penelitian kualitatif. Data dikumpulkan dari informan yang dipilih dengan teknik purposive sampling di Pondok Pesantren Darussalam. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik obserbasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa latihan dan penilaian pembelajaran Shorf dilaksanakan di pesantren. Soal-soal latihan yang diberikan pada santri pada aspek pengetahuan belum mengacu pada soal dengan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Untuk mencapai kemampuan berbahasa Arab yang baik, dibutuhkan latihan dan penilaian Shorf yang mengarah pada pencapaian tujuan pembelajaran, serta memperhatikan kemampuan berpikir tingkat tinggi.

References

Undang-undang Republik Indonesia, Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Indonesia, 2003.

R. Maulansyah, D. Febrianty, dan M. Asbari, “Peran Guru dalam Peningkatan Mutu Pendidikan: Penting dan Genting,” Journal of Informatioan Systems and Management (JISMA), vol. 2, no. 5, pp. 31–35, 2023.

A. Syafii, B. Bahar, S. Shobicah, dan A. Muharam, “Pengukuran Indeks Mutu Pendidikan Berbasis Standar Nasional,” Jurnal Multidisiplin Indonesia, vol. 2, no. 7, pp. 1697–1701, Jul. 2023, doi: 10.58344/jmi.v2i7.332.

M. Nurtanto, “Mengembangkan kompetensi profesionalisme guru dalam menyiapkan pembelajaran yang bermutu,” in Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2016, pp. 553–565.

N. Ulhaq dan L. Lubis, “Penyusunan Materi Ajar dalam Rangka Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab pada Siswa,” Journal of Education Research, vol. 4, no. 3, pp. 1202–1211, Aug. 2023, doi: 10.37985/jer.v4i3.361.

K. Kosasih, L. Asmawati, dan S. Suhendar, “Pengembangan Penilaian Materi IPA SMP Berbasis HOTS Pada Kurikulum Prototipe,” Jurnal Teknologi Pendidikan, vol. 12, no. 1, pp. 85–97, Jan. 2023, doi: 10.32832/tek.pend.v12i1.7773.

R. M. Fazira, “Efektifitas Metode Mumtaz dalam Memahami Kaidah Nahwu pada Pembelajaran Bahasa Arab,” Dualy: Dirasah Al-Lughah Al-Arabiyah, vol. 1, no. 1, pp. 1–9, 2023.

A. I. H. Al-Kailany, Syarh al-Kailani li Tashrif al-Izzi. Jakarta: Dar Al Kutub Al Islamiyah, 2019.

H. Gunawan, A. Suhartini, A. Nurshobah, dan I. Rifa’i, “Penyusunan Materi Pembelajaran Qawaid Nahwiyah Dalam Kitab Al-Jurumiyah,” Dialog, vol. 41, no. 2, pp. 237–248, Feb. 2020, doi: 10.47655/dialog.v41i2.305.

N. Fitria and R. U. Baroroh, “Innovation of Assessment Techniques on Mahārah Kitābah in Arabic Textbooks Based on Higher-Order Thinking Skills (HOTS),” Ta’lim al-’Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban, vol. 7, no. 1, pp. 14–28, Jun. 2023, doi: 10.15575/jpba.v7i1.22829.

R. Haniefa, “Implementasi Model Penilaian Hots (Higher Order Thinking Skills) Pada Penilaian Empat Keterampilan Berbahasa Arab,” Ta’limi | Journal of Arabic Education and Arabic Studies, vol. 1, no. 1, pp. 49–71, Jan. 2022, doi: 10.53038/tlmi.v1i1.11.

Y. Ahmadi, “تطوير اختبارات الفكر في تعليم مهارة القراءة لدي تلاميذ المدرسة العالية الحكومية ,” Lisaanuna Ta`lim Al-Lughah Al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, vol. 4, no. 1, pp. 127–144, Mar. 2021, doi: 10.15548/lisaanuna.v4i1.3254.

I. Rahmi Nur Fauziah, S. Syihabudin, dan A. Sopian, “Analisis Kualitas Tes Bahasa Arab Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS),” LISANUNA: Jurnal Ilmu Bahasa Arab dan Pembelajarannya, vol. 10, no. 1, p. 45, Aug. 2020, doi: 10.22373/ls.v10i1.7805.

E. S. Kunanti, “Penyusunan Pengembangan Penilaian Berbasis HOTS,” in Prosiding Seminar Nasional PBSI-III , Medan: Universitas Negeri Medan, 2020.

S. M. Al-Ghalayini, Jaami’ al- Durus al-’Arbiyah . Beirut: Dar An-Nahdhah Al-Arabiyyah, 1976.

A. W. Bin Ibrahim, Kitab Izzi. Semarang: TT, Toha Putra.

A. A. A. Ghani, Al-Kafi. Maktabah Al-Fath, 2014.

R. Gunawan, “Tathwir Kitab al Shorf al Kailaniy fi Khorithoh al Mafaahiim Mind Mapping bi Ma’had Daar al Lughoh wa al Dirosaat al Islamiyyah Pamekasan Madura,” Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, vol. 10, no. 2, p. 42, Dec. 2018, doi: 10.24042/albayan.v10i2.2835.

M. A. Ghofur, “علم النحو والصرف آلة لفهم اللغة العربية (الدراسة التحليلية في كتب النحو),” Al-Fusha : Arabic Language Education Journal, vol. 1, no. 2, pp. 1–8, Sep. 2020, doi: 10.36835/alfusha.v1i2.344.

I. Fauzi, “Inovasi Evaluasi Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Menggunakan Aplikasi Kahoot di MAN 2 Probolinggo,” Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, vol. 16, no. 1, pp. 64–76, Feb. 2023, doi: 10.54471/tarbiyatuna.v16i1.2132.

Adnin Rizki Kasdina, Fitri Siti Sundari, dan Rukmini Handayani, “Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis HOTS Berbantuan Website Wordwall Pada Materi Bangun Ruang,” Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, vol. 9, no. 04, pp. 1–12, Sep. 2023, doi: 10.36989/didaktik.v9i04.1626.

D. A. Ramadhani, “Evaluasi Pengajaran Bahasa Arab Dengan Media Online Di Perguruan Tinggi,” Al Mi’yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, vol. 2, no. 1, p. 85, Apr. 2019, doi: 10.35931/am.v2i1.105.

H. Helmawati, Pembelajaran dan Penilaian Berbasis HOTS. Bandung: P.T. Remaja Rosdakarya, 2019.

I. W. Widana, Modul penyusunan soal Higher Order Thinking Skills (HOTS). Jakarta: Direktort Pembinaan Sekolah Menengah Atas Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017.

W. Setiawati, O. Asmira, Y. Ariyana, R. Bestary, dan A. Pudjiastuti, Buku Penilaian Berorientasi Higher Order Thinking Skills. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2019.

M. Mariati and U. A. Saehu, “Character-Oriented Development of Accounting Teaching Materials and Higher Order Thinking Skills (HOTS),” Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, vol. 4, no. 1, pp. 391–403, Jan. 2021, doi: 10.33258/birci.v4i1.1616.

H. Baharun dan K. Sa’diyah, “Penilaian Berbasis Kelas Berorientasi HOTS Berdasarkan Taksonomi Bloom Pada Pembelajaran PAI,” HIkmah Jurnal Pendidikan Islam, vol. 7, no. 2, 2018.

Moh. Z. Fanani, “Strategi Pengembangan Soal Hots Pada Kurikulum 2013,” EDUDEENA, vol. 2, no. 1, Aug. 2018, doi: 10.30762/ed.v2i1.582.

Downloads

Published

2023-12-30