Penilaian pembelajaran Shorf dalam perspektif Higher Order Thinking Skill di pesantren
DOI:
https://doi.org/10.26555/jiei.v4i2.9676Keywords:
HOTS, Pembelajaran pesantren, Penilaian pembelajaran, Penilaian Shorf, Pembelajaran ShorfAbstract
Pembelajaran Shorf melekat dalam pembelajaran bahasa Arab. Kemampuan berbahasa Arab santri tidak terlepas dari pengetahuan dan keterampilan menggunakan Ilmu Shorf dalam kalimat. Namun, penilaian pembelajaran Shorf masih cenderung diabaikan dengan memberikan pertanyaan berbasis hafalan santri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penilaian pembelajaran Shorf di pesantren dalam perspektif Higher Order Thinking Skills. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan penelitian kualitatif. Data dikumpulkan dari informan yang dipilih dengan teknik purposive sampling di Pondok Pesantren Darussalam. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik obserbasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa latihan dan penilaian pembelajaran Shorf dilaksanakan di pesantren. Soal-soal latihan yang diberikan pada santri pada aspek pengetahuan belum mengacu pada soal dengan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Untuk mencapai kemampuan berbahasa Arab yang baik, dibutuhkan latihan dan penilaian Shorf yang mengarah pada pencapaian tujuan pembelajaran, serta memperhatikan kemampuan berpikir tingkat tinggi.References
Undang-undang Republik Indonesia, Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Indonesia, 2003.
R. Maulansyah, D. Febrianty, dan M. Asbari, “Peran Guru dalam Peningkatan Mutu Pendidikan: Penting dan Genting,” Journal of Informatioan Systems and Management (JISMA), vol. 2, no. 5, pp. 31–35, 2023.
A. Syafii, B. Bahar, S. Shobicah, dan A. Muharam, “Pengukuran Indeks Mutu Pendidikan Berbasis Standar Nasional,” Jurnal Multidisiplin Indonesia, vol. 2, no. 7, pp. 1697–1701, Jul. 2023, doi: 10.58344/jmi.v2i7.332.
M. Nurtanto, “Mengembangkan kompetensi profesionalisme guru dalam menyiapkan pembelajaran yang bermutu,” in Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2016, pp. 553–565.
N. Ulhaq dan L. Lubis, “Penyusunan Materi Ajar dalam Rangka Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab pada Siswa,” Journal of Education Research, vol. 4, no. 3, pp. 1202–1211, Aug. 2023, doi: 10.37985/jer.v4i3.361.
K. Kosasih, L. Asmawati, dan S. Suhendar, “Pengembangan Penilaian Materi IPA SMP Berbasis HOTS Pada Kurikulum Prototipe,” Jurnal Teknologi Pendidikan, vol. 12, no. 1, pp. 85–97, Jan. 2023, doi: 10.32832/tek.pend.v12i1.7773.
R. M. Fazira, “Efektifitas Metode Mumtaz dalam Memahami Kaidah Nahwu pada Pembelajaran Bahasa Arab,” Dualy: Dirasah Al-Lughah Al-Arabiyah, vol. 1, no. 1, pp. 1–9, 2023.
A. I. H. Al-Kailany, Syarh al-Kailani li Tashrif al-Izzi. Jakarta: Dar Al Kutub Al Islamiyah, 2019.
H. Gunawan, A. Suhartini, A. Nurshobah, dan I. Rifa’i, “Penyusunan Materi Pembelajaran Qawaid Nahwiyah Dalam Kitab Al-Jurumiyah,” Dialog, vol. 41, no. 2, pp. 237–248, Feb. 2020, doi: 10.47655/dialog.v41i2.305.
N. Fitria and R. U. Baroroh, “Innovation of Assessment Techniques on Mahārah Kitābah in Arabic Textbooks Based on Higher-Order Thinking Skills (HOTS),” Ta’lim al-’Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban, vol. 7, no. 1, pp. 14–28, Jun. 2023, doi: 10.15575/jpba.v7i1.22829.
R. Haniefa, “Implementasi Model Penilaian Hots (Higher Order Thinking Skills) Pada Penilaian Empat Keterampilan Berbahasa Arab,” Ta’limi | Journal of Arabic Education and Arabic Studies, vol. 1, no. 1, pp. 49–71, Jan. 2022, doi: 10.53038/tlmi.v1i1.11.
Y. Ahmadi, “تطوير اختبارات الفكر في تعليم مهارة القراءة لدي تلاميذ المدرسة العالية الحكومية ,” Lisaanuna Ta`lim Al-Lughah Al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, vol. 4, no. 1, pp. 127–144, Mar. 2021, doi: 10.15548/lisaanuna.v4i1.3254.
I. Rahmi Nur Fauziah, S. Syihabudin, dan A. Sopian, “Analisis Kualitas Tes Bahasa Arab Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS),” LISANUNA: Jurnal Ilmu Bahasa Arab dan Pembelajarannya, vol. 10, no. 1, p. 45, Aug. 2020, doi: 10.22373/ls.v10i1.7805.
E. S. Kunanti, “Penyusunan Pengembangan Penilaian Berbasis HOTS,” in Prosiding Seminar Nasional PBSI-III , Medan: Universitas Negeri Medan, 2020.
S. M. Al-Ghalayini, Jaami’ al- Durus al-’Arbiyah . Beirut: Dar An-Nahdhah Al-Arabiyyah, 1976.
A. W. Bin Ibrahim, Kitab Izzi. Semarang: TT, Toha Putra.
A. A. A. Ghani, Al-Kafi. Maktabah Al-Fath, 2014.
R. Gunawan, “Tathwir Kitab al Shorf al Kailaniy fi Khorithoh al Mafaahiim Mind Mapping bi Ma’had Daar al Lughoh wa al Dirosaat al Islamiyyah Pamekasan Madura,” Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, vol. 10, no. 2, p. 42, Dec. 2018, doi: 10.24042/albayan.v10i2.2835.
M. A. Ghofur, “علم النحو والصرف آلة لفهم اللغة العربية (الدراسة التحليلية في كتب النحو),” Al-Fusha : Arabic Language Education Journal, vol. 1, no. 2, pp. 1–8, Sep. 2020, doi: 10.36835/alfusha.v1i2.344.
I. Fauzi, “Inovasi Evaluasi Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Menggunakan Aplikasi Kahoot di MAN 2 Probolinggo,” Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, vol. 16, no. 1, pp. 64–76, Feb. 2023, doi: 10.54471/tarbiyatuna.v16i1.2132.
Adnin Rizki Kasdina, Fitri Siti Sundari, dan Rukmini Handayani, “Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis HOTS Berbantuan Website Wordwall Pada Materi Bangun Ruang,” Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, vol. 9, no. 04, pp. 1–12, Sep. 2023, doi: 10.36989/didaktik.v9i04.1626.
D. A. Ramadhani, “Evaluasi Pengajaran Bahasa Arab Dengan Media Online Di Perguruan Tinggi,” Al Mi’yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, vol. 2, no. 1, p. 85, Apr. 2019, doi: 10.35931/am.v2i1.105.
H. Helmawati, Pembelajaran dan Penilaian Berbasis HOTS. Bandung: P.T. Remaja Rosdakarya, 2019.
I. W. Widana, Modul penyusunan soal Higher Order Thinking Skills (HOTS). Jakarta: Direktort Pembinaan Sekolah Menengah Atas Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017.
W. Setiawati, O. Asmira, Y. Ariyana, R. Bestary, dan A. Pudjiastuti, Buku Penilaian Berorientasi Higher Order Thinking Skills. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2019.
M. Mariati and U. A. Saehu, “Character-Oriented Development of Accounting Teaching Materials and Higher Order Thinking Skills (HOTS),” Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, vol. 4, no. 1, pp. 391–403, Jan. 2021, doi: 10.33258/birci.v4i1.1616.
H. Baharun dan K. Sa’diyah, “Penilaian Berbasis Kelas Berorientasi HOTS Berdasarkan Taksonomi Bloom Pada Pembelajaran PAI,” HIkmah Jurnal Pendidikan Islam, vol. 7, no. 2, 2018.
Moh. Z. Fanani, “Strategi Pengembangan Soal Hots Pada Kurikulum 2013,” EDUDEENA, vol. 2, no. 1, Aug. 2018, doi: 10.30762/ed.v2i1.582.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 A. Rahmat Fauzi, R Umi Baroroh
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
License and Copyright Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read the International JIEI Author Guidelines at http://journal2.uad.ac.id/index.php/jiei/about/submissions#onlineSubmissions
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities “ tacitly or explicitly “ of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with the Journal of Islamic Education and Innovation agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.