Analisis rumusan capaian pembelajaran pada kurikulum program studi Pendidikan Agama Islam

Authors

  • Afaf Wafiqoh Nusaibah Univesitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.26555/jiei.v4i2.9353

Keywords:

Capaian pembelajaran, Kurikulum program studi, Pendidikan tinggi, Program Studi, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Program studi pada pendidikan tinggi memiliki kewenangan dalam mengembangkan kurikulum yang relevan dengan kebutuhan mahasiswa, masyarakat, dan universitas sebagaimana diatur dalam undang-undang. Namun, tak jarang ditemukan kurangnya kecakupan kurikulum yang dikembangkan oleh program studi dalam mengembangkan kurikulum. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis rumusan capaian pembelajaran pada kurikulum program studi Magister Pendidikan Agama Islam Universitas Ahmad Dahlan. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data memanfaatkan teknik dokumentasi, observasi, dan wawancara. Data kemudian dikumpulkan dan dianalisis untuk membuat kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rumusan capaian pembelajaran yang dikembangkan mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dalam aspek sikap dan keterampilan, dan mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-Dikti) pada aspek pengetahuan. Pengembangan kurikulum yang mengacu pada KKNI dan SN-Dikti memberikan kejelasan orientasi pengembangan keilmuan bidang studi Pendidikan Agama Islam yang selaras dengan visi, misi, dan tujuan program studi.

References

S. Selamet, S. Supiana, dan Q. Yuliati Zaqiah, “Kebijakan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam,” AL-MUNADZOMAH, vol. 1, no. 2, pp. 97–111, May 2022, doi: 10.51192/almunadzomah.v1i2.320.

A. Junaidi, Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi. 2020.

E. Suzanti, S. Sugiyarto, dan N. Nurulmatinni, “Pedagogical and Professional Competences Policies in Improving Education,” JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), vol. 6, no. 3, p. 807, 2021, doi: 10.29210/021215jpgi0005.

S. E. Fatimah dan A. Purdianto, “Model Determinasi Minat Beriwirausaha Mahasiswa,” Jurnal Inspirasi Bisnis & Manajemen, vol. 4, no. 1, p. 58, 2020.

C. Najirah, D. Nugraha, dan M. Saleh, “Kegelisahan Mahasiswa Dengan Kondisi Lapangan Kerja,” Center of Knowledge : Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, vol. 1, no. 1, p. 42, 2021.

A. Noviyanti, “Dinamika Kecemasan Karir Pada Mahasiswa Tingkat Akhir,” KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, vol. 3, no. 2, p. 47, 2021.

A. Haris, “Penerapan Kurikulum Berbasis KKNI Pada Program Studi Pendidikan Agama Islam,” Al-Furqan, vol. VII, no. 2, 2019.

A. F. Lubis, “Manajemen Kurikulum Berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) Di Perguruan Tinggi Islam,” Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, vol. 4, no. 2, pp. 146–158, 2020.

D. Perawironegoro, H. Widodo, Wantini, dan M. L. Arqam, “Internalisasi Nilai-Nilai Pesantren Berbasis Manajemen Asrama,” JAMP: Jurnal Adminitrasi dan Manajemen Pendidikan, vol. 3, no. 4, p. 323, 2020.

H. Ardiyanto dan S. Fajaruddin, “Tinjauan atas Artikel Penelitian dan Pengembangan Pendidikan di Jurnal Keolahragaan,” Jurnal Keolahragaan, vol. 7, no. 1, p. 84, 2019, doi: 10.21831/jk.v7i1.26394.

A. W. Nusaibah dan B. M. R. Bustam, “Urgensi Teknologi Dalam Pembelajaran Pendidikan Islam Untuk Mewujudkan Program Merdeka Belajar & Pendidikan Islam Yang Berkemajuan,” Qolamuna : Jurnal Studi Islam, vol. 8, no. 2, p. 36, 2023.

B. H. Ashari, B. M. Wibawa, dan S. F. Persada, “Analisis Deskriptif dan Tabulasi Silang pada Konsumen Online Shop di Instagram (Studi Kasus 6 Universitas di Kota Surabaya ),” Jurnal Sains dan Seni ITS, vol. 6, no. 1, p. 18, 2017.

I. Windradini, “Kesesuaian Kompetensi Lulusan Prodi Pendidikan Tata Boga Terhadap Kkni Dan Bahan Kajian,” HEJ: Home Economics Journal, vol. 4, no. 1, p. 11, 2020, doi: 10.21831/hej.v4i1.31044.

D. J. P. dan Kemahasiswaan dan dan P. T. R. I. Kementerian Riset, Teknologi, Paradigma Capaian PembelajaraN. 2015.

S. Nurdin, “Pengembangan Kurikulum Dan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) Berbasis KKNI Di Perguruan Tinggi,” Jurnal al-Fikrah, vol. 5, no. 1, pp. 24–25, 2017.

N. Karnia, N. A. Farida, dan Ferianto, “Pengembangan Kurikulum PAI di Universitas Negeri Yogyakarta,” ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, vol. 6, no. 2, p. 147, 2022.

I. Makki, “Dinamika Perkembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Perguruan Tinggi,” Islamuna: Jurnal Studi Islam, vol. 3, no. 2, pp. 159–171, Dec. 2016, doi: 10.19105/islamuna.v3i2.1150.

M. Hanafi, “Pengembangan Kurikulum Perguruan Tinggi Agama Islam,” Islamuna: Jurnal Studi Islam, vol. 1, no. 2, Nov. 2014, doi: 10.19105/islamuna.v1i2.572.

K. Umam, “Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Perguruan Tinggi Islam Sinkronisasi Dengan Kebijakan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI),” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, vol. 10, no. 1, 2021.

M. S. Abrori, K. Khodijah, dan D. Setiawan, “Konsep pengembangan kurikulum PAI berbasis kompetensi perspektif Muhaimin di perguruan tinggi agama Islam,” Indonesian Journal of Educational Management and Leadership, vol. 1, no. 1, pp. 23–44, Jan. 2023, doi: 10.51214/ijemal.v1i1.463.

S. Suwadi, “Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Pada Pendidikan Tinggi,” Jurnal Pendidikan Agama Islam, vol. 13, no. 2, pp. 223–252, Apr. 2017, doi: 10.14421/jpai.2016.132-08.

E. Dewi Latifah, M. Habaib, L. Lisnawati, H. Suhendraya Muchtar, dan R. Sulastini, “Peranan Kurikulum LPTK Berbasis KKNI Di Perguruan Tinggi,” Al-Hasanah : Islamic Religious Education Journal, vol. 7, no. 1, pp. 103–116, Jun. 2022, doi: 10.51729/7157.

Tb. A. Subhi, “Konsep Dasar, Komponen Dan Filosofi Kurikulum PAI,” Qathruna Jurnal Keilmuan dan Pendidikan, vol. 3, no. 1, 2016.

A. Haris, “Penerapan Kurikulum Berbasis KKNI Pada Program Studi Pendidikan Agama Islam,” Al-Furqon: Jurnal Studi Pendidikan Islam, vol. 7, no. 2, 2019.

S. O. R. Tolinggi dan M. Maksudin, “Pelaksanaan Kurikulum Prodi PBA IAIN Sultan Amai Gorontalo Mengacu KKNI dan SN-Dikti dalam Perkuliahan Berbasis Online,” Arabia, vol. 13, no. 2, p. 213, Dec. 2021, doi: 10.21043/arabia.v13i2.11680.

S. Halimah, “Integrasi Nilai-Nilai Agama Dan Karakter Dalam Kurikulum Pendidikan Guru Mengacu KKNI Dan SNPT,” Jurnal Tarbiyah, vol. 24, no. 2, 2017.

Downloads

Published

2023-12-30