Mendidik anak dalam perspektif Islam (Kajian syarah Riyadhu-sh-Shalihin)
DOI:
https://doi.org/10.26555/jiei.v1i2.904Keywords:
Mendidik, Keteladanan, AkhlakAbstract
Penelitian ini berawal dari pendidikan anak-anak yang terkadang kurang diperhatikan dari sisi agama Islam. Hal ini Terkait dengan kebiasaan (akhlaknya) dalam kehidupan sehari-hari. Orang tua hendaknya juga memberikan keteladanan dalam semua sisi kehdiupan, terlebih dalam membiasakan anak-anak untuk berakhlak mulia sesuai yang dicontohkan nabi Muhammad Saw. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tahapan-tahapan dalam mendidik anak dalam perspektif Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif. Simpulan dari penelitian ini adalah mendidik anak dengan lima tahapan (al-Qudwah (teladan), al-’Addah (pembiasaan), al-Mauidzah (pemahaman), al-Mulahadhah (memperhatikan potensi anak), al-’Uqubah (memberikan hukuman). Kelima tahapan tersebut hendaknya dibiasakan sejak dini (dalam keluarga). Sebagai seorang pendidik (guru) hendaklah menanamkan kelima tahapan tersebut di lingkungan pendidikan (sekolah). Selanjutnya orang tua dan guru perlu mengenali dan mengetahu bakat (potensi) anak-anak sejak dini. Dalam memberikan hukuman (al-uqubah) hendaknya dengan prinsip-prinsip ajaran Islam. Fungsi hukuman adalah untuk mendidik dan wujud kasih sayang dari orang tua (guru). pemberian hukuman juga disesuaikan dengan usia dan perkembangan anak-anak.
References
Mahmud, Pemikiran Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia, 2011.
Dewi, “Konsep Pendidikan Islam Ibnu Taimiyah dalam Membina Akhlak Remaja dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Agama Islam,” UIN Maulana Malik Ibrahim, 2008.
F. P. Nufus, “Konsep Pendidikan Birrul Walidain,” J. Ilm. Didakt., vol. 18, no. 1, pp. 16–31, 2017.
S. Riza, “Teori Pendidikan Islam - Konsep Pendidikan Islam,” Universiti Sains Malaysia, 2008.
H. A. Idrus, Akhlakul Karimah. Solo: Penerbit Aneka, 1996.
A. Aziz, Abdul Aziz. Semarang: Wicaksana, 1988.
Rasmul Utsmani, Al-Qur’an dan Terjemah At-Tartil. Yayasan At-Tartil, 2010.
A. Mudlofir, “Pendidikan Karakter: Konsep dan Aktualisasinya dalam Sistem Pendidikan Islam,” Nadwa J. Pendidik. Islam, vol. 7, no. 2, pp. 229–246, 2013, doi: doi.org/10.21580/nw.2013.7.2.560.
A. N. Ulwan, Pendidikan Anak Menurut Islam Mengembangkan Kepribadian Anak. Bandung: Remaja Rosda Karya, 1990.
A. Winastiti, “Generasi Millenial dan Karakteristiknya,” J. Edukasia Islam., vol. 2, no. 2, 2017.
L. Baglione, Writing a Research Paper in Political Science. California: CQ Press, 2012.
J. Adams, H. T. A. Khan, and R. Raeside, Research Methods for Graduate Business and Social Science Students. New Delhi: SAGE Publications, 2007.
P. Baker, “Writing a Literature Review,” Mark. Rev., vol. 1, no. 2, pp. 219–247, 2000, doi: https://doi.org/10.1362%2F1469347002529189.
A. Bolderston, “Writing an Effective Literature Review,” J. Med. Imaging Radiat. Sci., vol. 39, no. 2, pp. 86–92, 2008, doi: https://doi.org/10.1016%2Fj.jmir.2008.04.009.
A. U. S. bin ’Ied Al-Hilali, Syarah Riyadhus Shalihin. Jakarta: Pustaka Imam, 2005.
M. Syah, Psikologi Pendidikan dan Pengajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2006.
Jalaludin, Psikologi Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2018.
Y. Ilyas, Kuliah Akhlak. Yogyakarta: LPPI UMY, 2016.
Y. N. Dinasyari, “Makna Berbakti Kepada Orang Tua Dalam Perspektif Remaja Muslim Jawa,” Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013.
W. S. Winkel, Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi, 2009.
A. Aziz, “Birrul Walidain,” J. Penelit. Pendidik. dan Keagamaan Islam, vol. 1, no. 2, pp. 10–24, 2015.
S. Nizar, Sejarah Pendidikan Islam: Menelusuri Jejak Sejarah Pendidikan Era Rasulullah Sampai Indonesia. Jakarta: Penerbit Kencana, 2009.
Bardi and Jailani, “Pengembangan Multimedia Berbasis Komputer Untuk Pembelajaran Matematika Bagi Siswa SMA,” J. Inov. Teknol. Pendidik., vol. 2, no. 1, pp. 49–63, 2015.
A. N. Faaizun, “Model Pembelajaran Rasulullah SAW Dalam Perspektif Psikologi,” J. Pendidik. Agama Islam, vol. 11, no. 1, 2014, doi: https://doi.org/10.14421/jpai.2014.111-02.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Tukinem, Waharjani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
License and Copyright Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read the International JIEI Author Guidelines at http://journal2.uad.ac.id/index.php/jiei/about/submissions#onlineSubmissions
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities “ tacitly or explicitly “ of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with the Journal of Islamic Education and Innovation agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.