Fungsi pendidikan Islam dalam mewujudkan hayatan thayyibah bagi peserta didik
DOI:
https://doi.org/10.26555/jiei.v4i1.7844Keywords:
Fitrah Manusia, Fungsi Pendidikan Islam, Hayatan Thayyibah, Pendidikan IslamAbstract
Pendidikan menjadi komponen penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Pendidikan berperan dalam menjamin keberlangsungan hidup warga bangsa dalam mewujudkan tujuan nasional. Keberadaan lembaga pendidikan menjadi hal yang tak terpisahkan dari proses pendidikan, yaitu sebagai tempat atau sarana dalam menumbuh kembangkan dan meningkatkan sumber daya manusia. Pada realitanya, masih ditemui fenomena-fenomena krisis moral yang terjadi pada masyarakat. Pendidikan Islam hadir disertai fungsi-fungsinya yang utama menjadikan peserta didik memiliki kepribadian yang utuh dan mampu mengembangkan potensi dirinya dan menghargai aspek-aspek yang ada pada lingkungan kehidupannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan fungsi-fungsi pendidikan dalam mewujudkan hayatan thayyibah pada peserta didik. Penelitian dilakukan dengan penelitian pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian literatur atau library research. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumen, yaitu peneliti mengumpulkan data-data bersumber dari dokumen. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa fungsi-fungsi pendidikan Islam dalam meningkatkan kehidupan yang baik atau hayatan thayyibah yaitu; fungsi memperkenalkan wawasan dan pengetahuan tentang jati diri manusia dengan fitrahnya; fungsi pengenalan hakikat alam semesta; fungsi pemahaman kekuasaan Tuhan; fungsi pengetahuan hal-hal yang merendahkan fitrah manusia; dan fungsi pemberdayaan ilmu pengetahuan dalam memajukan kehidupan individu dan masyarakat.
References
Ashari, R., & Tobroni, T. (2021). Study of Islamic Religious Education in Prospective Anthropology. Educatio: Journal of Education, 5(3), 217-223.
Ashari, R., Syam, A. R., & Budiman, A. (2017, November). The World Challenge of Islamic Education Toward Human Resources Development. In Proceeding of International Conference on Islamic Education (ICIED) (Vol. 2, No. 1, pp. 169-175).
Azis, A., & Perawironegoro, D. (2022, August). Implementasi Nilai-Nilia Moderasi Beragama dalam Kurikulum Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus Pondok Pesantren Tahfidz AL-Quran AL-Mansyur). In ICIE: International Conference on Islamic Education (Vol. 2, pp. 25-36).
Azis, R. (2019). Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Sibuku.
Budiman, A., & Hidayat, M. (2022, August). The Future of Early Childhood Education in the Digital Age. In ICIE: International Conference on Islamic Education (Vol. 2, pp. 341-354).
Daulay, H. P., Dahlan, Z., Wibowo, G., & Lubis, J. I. (2010). Visi, Misi, Tujuan Dan Fungsi Pendidikan Islam. Jurnal Ilmiah Al-Hadi, 6(1), 16-26.
Diamond, J. M. (2014). Collapse: runtuhnya peradaban-peradaban dunia. KPG (Kepustakaan Populer Gramedia).
Fauzi, A. (2016). Implementasi pendidikan karakter dalam membentuk perilaku sosial dan keagamaan siswa. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 19(2), 146-162.
Firmansyah, M. I. (2019). Pendidikan Agama Islam: pengertian, tujuan, dasar, dan fungsi. Taklim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 17(2), 79-90.
Hamka, M. B., Syam, A. R., & Ikhwan, A. (2022). Pendidikan Berbasis Nilai-Nilai Profetik Dalam Pemikiran Buya Hamka. Katalog Buku STAI Muhammadiyah Tulungagung, 1-91.
Hamim, N. (2014). Pendidikan akhlak: komparasi konsep pendidikan ibnu Miskawaih dan al-Ghazali. Ulumuna, 18(1), 21-40.
Hart, M. (2017). 100 tokoh paling berpengaruh di dunia. Noura Books.
Hidayat, R. (2016). Ilmu Pendidikan Islam. LPPI.
Hidayat, M. C. (2022). Analisis Perkembangan Pendidikan Islam Melalui Pendekatan Multidisipliner. Dinamika Ke-Ilmuan Islam di Masa Pandemi, 21.
Hidayat, M. C., & Arifin, S. (2020, May). Integration Science Technology with Islamic Values: Empowering Education Model. In 1st Borobudur International Symposium on Humanities, Economics and Social Sciences (BIS-HESS 2019) (pp. 966-970). Atlantis Press.
Hikmasari, D. N., Susanto, H., & Syam, A. R. (2021). Konsep Pendidikan Karakter Perspektif Thomas Lickona dan Ki Hajar Dewantara. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 6(1), 19-31.
Nurdianto, S. A. (2016). Pemikiran KH Abdullah Syukri Zarkasyi tentang Konsep Pendidikan yang Ideal di Indonesia (1985-2011). Risalah, 3(9).
Nurdianto, S. A., & Sudrajat, A. (2018). Totalitas Kehidupan Pesantren: Tinjauan Historis Pemikiran KH Abdullah Syukri Zarkasyi tentang Konsep Pendidikan yang Ideal di Indonesia (1985-2011). AGASTYA: JURNAL SEJARAH DAN PEMBELAJARANNYA, 8(01), 35-48.
Perawironegoro, D. (2019). Pengembangan Sumber Daya Manusia di Lembaga Pendidikan Islam. Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam, 8(1).
Prihatmojo, A., & Badawi, B. (2020). Pendidikan karakter di sekolah dasar mencegah degradasi moral di era 4.0. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 4(1), 142-152.
PS, A. M. B. K., Latif, M. J., & Shodiqin, S. S. (2022). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Degradasi Moral sebagai Respon Perkembangan Era Disrupsi. Al-Bahtsu: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1).
Rochman, Z. T. I., Hidayat, M. C., & Puspitasari, I. (2022). Pengaruh Pembelajaran Agama Islam Berbasis Google Classroom Terhadap Perilaku Religius di SMP Muhammadiyah 11 Surabaya. TADARUS, 11(1).
Yahdi, M. (2010). Fungsi Pendidikan Islam dalam Kehidupan Manusia. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 13(2), 211-225.
Zakiyah, N. (2012). Hakikat, Tujuan dan Fungsi Pendidikan Islam di Era Modern. As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan, 1(1), 105-123.
Zarkasyi, A. S. (2005). Gontor & pembaharuan pendidikan pesantren. Divisi Buku Perguruan Tinggi, RajaGrafindo Persada.
Zarkasyi, A. S. (2005). Pengembangan Pendidikan Pesantren Di Era Otonomi Pendidikan: Pengalaman Pondok Modern Darussalam Gontor (Pidato Penerimaan Gelar Doktor Honoris Causa dalam Bidang Pendidikan Islam). Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Riza Ashari, Jaziela Huwaida
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
License and Copyright Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read the International JIEI Author Guidelines at http://journal2.uad.ac.id/index.php/jiei/about/submissions#onlineSubmissions
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities “ tacitly or explicitly “ of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with the Journal of Islamic Education and Innovation agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.