Fungsi pendidikan Islam dalam mewujudkan hayatan thayyibah bagi peserta didik

Authors

  • Riza Ashari Universitas Darussalam Gontor
  • Jaziela Huwaida Universitas Darussalam Gontor

DOI:

https://doi.org/10.26555/jiei.v4i1.7844

Keywords:

Fitrah Manusia, Fungsi Pendidikan Islam, Hayatan Thayyibah, Pendidikan Islam

Abstract

Pendidikan menjadi komponen penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Pendidikan berperan dalam menjamin keberlangsungan hidup warga bangsa dalam mewujudkan tujuan nasional. Keberadaan lembaga pendidikan menjadi hal yang tak terpisahkan dari proses pendidikan, yaitu sebagai tempat atau sarana dalam menumbuh kembangkan dan meningkatkan sumber daya manusia. Pada realitanya, masih ditemui fenomena-fenomena krisis moral yang terjadi pada masyarakat. Pendidikan Islam hadir disertai fungsi-fungsinya yang utama menjadikan peserta didik memiliki kepribadian yang utuh dan mampu mengembangkan potensi dirinya dan menghargai aspek-aspek yang ada pada lingkungan kehidupannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan fungsi-fungsi pendidikan dalam mewujudkan hayatan thayyibah pada peserta didik. Penelitian dilakukan dengan penelitian pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian literatur atau library research. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumen, yaitu peneliti mengumpulkan data-data bersumber dari dokumen. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa fungsi-fungsi pendidikan Islam dalam meningkatkan kehidupan yang baik atau hayatan thayyibah  yaitu; fungsi memperkenalkan wawasan dan pengetahuan tentang jati diri manusia dengan fitrahnya; fungsi pengenalan hakikat alam semesta; fungsi pemahaman kekuasaan Tuhan; fungsi pengetahuan hal-hal yang merendahkan fitrah manusia; dan fungsi pemberdayaan ilmu pengetahuan dalam memajukan kehidupan individu dan masyarakat.

References

Ashari, R., & Tobroni, T. (2021). Study of Islamic Religious Education in Prospective Anthropology. Educatio: Journal of Education, 5(3), 217-223.

Ashari, R., Syam, A. R., & Budiman, A. (2017, November). The World Challenge of Islamic Education Toward Human Resources Development. In Proceeding of International Conference on Islamic Education (ICIED) (Vol. 2, No. 1, pp. 169-175).

Azis, A., & Perawironegoro, D. (2022, August). Implementasi Nilai-Nilia Moderasi Beragama dalam Kurikulum Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus Pondok Pesantren Tahfidz AL-Quran AL-Mansyur). In ICIE: International Conference on Islamic Education (Vol. 2, pp. 25-36).

Azis, R. (2019). Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Sibuku.

Budiman, A., & Hidayat, M. (2022, August). The Future of Early Childhood Education in the Digital Age. In ICIE: International Conference on Islamic Education (Vol. 2, pp. 341-354).

Daulay, H. P., Dahlan, Z., Wibowo, G., & Lubis, J. I. (2010). Visi, Misi, Tujuan Dan Fungsi Pendidikan Islam. Jurnal Ilmiah Al-Hadi, 6(1), 16-26.

Diamond, J. M. (2014). Collapse: runtuhnya peradaban-peradaban dunia. KPG (Kepustakaan Populer Gramedia).

Fauzi, A. (2016). Implementasi pendidikan karakter dalam membentuk perilaku sosial dan keagamaan siswa. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 19(2), 146-162.

Firmansyah, M. I. (2019). Pendidikan Agama Islam: pengertian, tujuan, dasar, dan fungsi. Taklim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 17(2), 79-90.

Hamka, M. B., Syam, A. R., & Ikhwan, A. (2022). Pendidikan Berbasis Nilai-Nilai Profetik Dalam Pemikiran Buya Hamka. Katalog Buku STAI Muhammadiyah Tulungagung, 1-91.

Hamim, N. (2014). Pendidikan akhlak: komparasi konsep pendidikan ibnu Miskawaih dan al-Ghazali. Ulumuna, 18(1), 21-40.

Hart, M. (2017). 100 tokoh paling berpengaruh di dunia. Noura Books.

Hidayat, R. (2016). Ilmu Pendidikan Islam. LPPI.

Hidayat, M. C. (2022). Analisis Perkembangan Pendidikan Islam Melalui Pendekatan Multidisipliner. Dinamika Ke-Ilmuan Islam di Masa Pandemi, 21.

Hidayat, M. C., & Arifin, S. (2020, May). Integration Science Technology with Islamic Values: Empowering Education Model. In 1st Borobudur International Symposium on Humanities, Economics and Social Sciences (BIS-HESS 2019) (pp. 966-970). Atlantis Press.

Hikmasari, D. N., Susanto, H., & Syam, A. R. (2021). Konsep Pendidikan Karakter Perspektif Thomas Lickona dan Ki Hajar Dewantara. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 6(1), 19-31.

Nurdianto, S. A. (2016). Pemikiran KH Abdullah Syukri Zarkasyi tentang Konsep Pendidikan yang Ideal di Indonesia (1985-2011). Risalah, 3(9).

Nurdianto, S. A., & Sudrajat, A. (2018). Totalitas Kehidupan Pesantren: Tinjauan Historis Pemikiran KH Abdullah Syukri Zarkasyi tentang Konsep Pendidikan yang Ideal di Indonesia (1985-2011). AGASTYA: JURNAL SEJARAH DAN PEMBELAJARANNYA, 8(01), 35-48.

Perawironegoro, D. (2019). Pengembangan Sumber Daya Manusia di Lembaga Pendidikan Islam. Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam, 8(1).

Prihatmojo, A., & Badawi, B. (2020). Pendidikan karakter di sekolah dasar mencegah degradasi moral di era 4.0. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 4(1), 142-152.

PS, A. M. B. K., Latif, M. J., & Shodiqin, S. S. (2022). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Degradasi Moral sebagai Respon Perkembangan Era Disrupsi. Al-Bahtsu: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1).

Rochman, Z. T. I., Hidayat, M. C., & Puspitasari, I. (2022). Pengaruh Pembelajaran Agama Islam Berbasis Google Classroom Terhadap Perilaku Religius di SMP Muhammadiyah 11 Surabaya. TADARUS, 11(1).

Yahdi, M. (2010). Fungsi Pendidikan Islam dalam Kehidupan Manusia. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 13(2), 211-225.

Zakiyah, N. (2012). Hakikat, Tujuan dan Fungsi Pendidikan Islam di Era Modern. As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan, 1(1), 105-123.

Zarkasyi, A. S. (2005). Gontor & pembaharuan pendidikan pesantren. Divisi Buku Perguruan Tinggi, RajaGrafindo Persada.

Zarkasyi, A. S. (2005). Pengembangan Pendidikan Pesantren Di Era Otonomi Pendidikan: Pengalaman Pondok Modern Darussalam Gontor (Pidato Penerimaan Gelar Doktor Honoris Causa dalam Bidang Pendidikan Islam). Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Published

2023-06-30