Manajemen pembiayaan dalam tata kelola pesantren pada masa Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.26555/jiei.v4i1.7408Keywords:
Covid-19, Manajemen Pembiayaan, Pesantren, Tata KelolaAbstract
Keuangan menjadi elemen pokok dalam pendekatan manajemen lembaga pendidikan. Namun, kehadiran Covid-19 menjadi tantangan dalam pengelolaan keuangan pada lembaga pendidikan pesantren. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan manajemen pembiayaan dalam tata kelola pesantren pada masa Covid-19 di pesantren Daarul Ilmi Muhammadiyah Tarakan. Metode penelitian kualitatif deskriptif digunakan oleh peneliti untuk menjawab masalah penelitian. Teknik pengumpulan data, menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dipilih dengan teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan degan teknik analisis kualitatif melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan kegiatan manajemen pembiayaan dilaksanakan dengan perencanaan pembiayaan, pelaksanaan pembiayaan, dan evaluasi pembiayaan. Manajemen pembiayaan pada masa Covid-19 berdampak dalam menjaga keberlanjutan kegiatan pesantren.
References
M. Arifin, “Manajemen Keuangan Pondok Pesantren,” FIKROTUNA, vol. 4, no. 2, Mar. 2017, doi: 10.32806/jf.v4i2.2745.
Y. Yuliana, “Corona Virus diseases (covid-19),” Wellness and Healty Magazine, vol. vol 2 No., pp. 187–192, 2020.
A. Siyamto, Y,. Saputra, “analisis keuangan keluarga di masa pandemi covid-19,” Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial dan teknologi, vol. 3, pp. 162–167, 2021.
S. Masabi, “KPAI angka putus sekolah pada masa pandemi covid 19,” Kompas. [Online]. Available: https://nasional.kompas.com/read/2021/03/06/12561341/kpai-angka-putus-sekolah-pada-masa-pandemi-covid-19-cukup-tinggi
I. Izza, “Media Sosial, Antara Peluang dan Ancaman dalam Pembentukan Karakter Anak Didik di Tinjau dari Sudut Pandang Pendidikan Islam,” At- Ta’lim : Jurnal Pendidikan, vol. 5, no. 1, pp. 17–37, 2019, doi: 10.36835/attalim.v5i1.63.
D. Harahap, DA,. Amanah, Pengantar manajemen. Bandung: Alfabeta, 2018.
Syukri, M,. Sitompul, I,. Banurea, Manajemen Pembiyaan Pendidikan. Medan: Pusdikra Mitra Jaya, 2020.
UR. Wahyudin, Manajemen Pembiayaan Pendidikan (pendekatan prinsip efisiensi, efektivitas, transparansi, dan akuntabilitas). Yogyakarta: Deepublish, 2021.
Arifuddin, O., Manejemen Pembiayaan Pendidikan. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung, 2021.
Da. Azhari, Ul,. Kurniady, “Manajemen Pembiayaan Pendidikan, Fasilitas Pembelajaran dan mutu sekolah,” Administrasi Pendidikan, vol. 23 No. 2, pp. 26–36, 2016.
S. Kurnialdy, D., Setialwalti, L., Nurlaltifalh, “Manajemen Pembiayaan Pendidikan Terhadap Mutu Sekolah Menengah Kejuruan,” Jurnal Penelitian Pendidikan, vol. 17 No. 3, pp. 263–269, 2017.
Aisyatur Rasyidah, Rina Sarifah, Lustia Bekti, and Djamaluddin Perawironegoro, “Pembiayaan pendidikan dalam meningkatkan mutu PAI di SD Muhammadiyah Ngestiharjo,” Jurnal Al-Fikrah, vol. 11, no. 1, pp. 69–78, Jun. 2022, doi: 10.54621/jiaf.v11i1.262.
Z. Muctar, S. Ondeng, and M. Wayong, “Manajemen pembiayaan operasional Pesantren Tahfizul Quran Imam al-Syaatibi Bontoabaddo Gowa,” Jurnal Diskursus Islam, vol. 4, no. 3, pp. 580–600, 2016.
U. N. Badriyatul Fitri, M. F. N. J. Latief, I. Bukhori, and A. Hidayat, “Manajemen Pembiayaan Pendidikan Berbasis Koperasi Pondok Pesantren,” TADBIR MUWAHHID, vol. 5, no. 1, p. 69, Apr. 2021, doi: 10.30997/jtm.v5i1.3812.
M. A. M. Prasetyo, “Manajemen pembiayaan pendidikan untuk mendukung kebijakan kemandirian ekonomi Pondok Pesantren di Kabupaten Aceh Tenggara,” PRODU: Prokurasi Edukasi Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, vol. 1, no. 1, Oct. 2020, doi: 10.15548/p-prokurasi.v1i1.1152.
A. Wulandari, E. Munastiwi, and A. Dinana, “Implementasi manajemen keuangan lembaga pendidikan pondok pesantren di masa pandemi Covid-19,” Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, vol. 3, no. 1, pp. 106–118, Feb. 2022, doi: 10.38035/jmpis.v3i1.787.
D. Akdon, Manajemen Pembiayaan Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2015.
U. R. Wahyudin, Manajemen Pembiayaan Pendidikan. Sleman: Deepublish, 2021.
J. Muhammad, T. Ambarwati, and H. Yonata, Manajemen pembiayaan pendidikan. Solok: Penerbit Insan Cendekia Mandiri, 2021.
L. Lisaudaturohmah, “Manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMP Islam Sabilurrosyad Malang,” Turartsuna: Jurnal Keislaman dan Pendidikan, vol. 3, no. 2, 2021.
S. Suyitno, G. Abdullah, and N. A. N. Murniati, “Manajemen Pembiayaan Pendidikan Pada Masa Pandemi Covid-19 Sekolah Dasar Negeri,” Jurnal Prakarsa Paedagogia, vol. 5, no. 2, Dec. 2022, doi: 10.24176/jpp.v5i2.7988.
R. Hidayat, M. Alam, A. S. Halim, and S. Agustian, “Efektivitas Dan Efisiensi Pembiayaan Pendidikan Pasca Covid-19,” Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, vol. 6, no. 2, pp. 228–241, Apr. 2023, doi: 10.37329/cetta.v6i2.2180.
M. Masruri, H. Ali, and K. Imron Rosadi, “Pengelolaan keuangan dalam mempertahankan kualitas pondok pesantren selama pandemi Covid-19,” Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, vol. 2, no. 5, pp. 644–657, Jun. 2021, doi: 10.31933/jimt.v2i5.573.
S. Waliyah, S. H. Dini, and A. Syarif, “Manajemen Pembiayaan Pendidikan Masa Pandemi Covid-19 di SMK Gazza Wiguna 1,” Transformasi Manageria: Journal of Islamic Education Management, vol. 1, no. 1, pp. 77–98, Feb. 2021, doi: 10.47467/manageria.v1i1.272.
Mi. Alfiani, “Komparasi pengelolaan dana BOS sebelum dan pada saat pandemi Covid 19,” Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), vol. 5, no. 3, pp. 1927-1941., 2021.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Juanda Juanda, Dian Sandi Utama, Ridwan Saidi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
License and Copyright Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read the International JIEI Author Guidelines at http://journal2.uad.ac.id/index.php/jiei/about/submissions#onlineSubmissions
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities “ tacitly or explicitly “ of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with the Journal of Islamic Education and Innovation agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.