Urgensi kurikulum ISMUBA dalam membentuk karakter siswa Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah

Authors

  • Muhammad Irfan Faturrahman SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.26555/jiei.v3i1.6428

Keywords:

Kurikulum ISMUBA, Karakter siswa, Akhlakul karimah

Abstract

Kurikulum ISMUBA memiliki peranan yang sangat penting dalam membentuk karakter siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan kurikulum ISMUBA dalam membentuk karakter akhlakul karimah pada siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif yang berlanjut hingga selesai dalam tiga tahap yaitu pembersihan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sumber data pada penelitian ini yaitu siswa SMK Muhammadiyah, kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan guru. Hasil dari penelitian ini menunjukkan konsep penyelenggaraan pendidikan karakter bagi siswa SMK Muhammadiyah sejalan dengan visi sekolah yaitu bertaqwa, berilmu, dan berakhlaqul karimah. Selama proses belajar guru memulai dengan kegiatan berdo’a, membaca, menulis, dan menafsirka al-Qur’an. Kemudian dilanjutkan dengan memahami, menghayati, dan mengamalkan ajaran Islam sebagaimana yang didapatkan dalam pembelajaran ISMUBA. Implikasi dari kegiatan ini, para siswa bersosialisasi secara bermartabat, jujur dan berkarakter dengan baik. Demikian itu didukung oleh penguatan kurikulum ISMUBA di SMK Muhammadiyah yang berintegrasi dalam pembelajaran, pembiasaan dan keteladanan guru-guru dan para pendidik.

References

N. Soyomukti, Teori-Teori Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2017.

L. Irian, “Tauhid Sebagai Dasar Pendidikan Agama Islam Tafsir QS. Al-Baqarah: 21-22,” J. Pendidik. Ar-Rasyid, vol. 7, no. 2, 2022.

Haidar Putra Daulay and N. Pasa, Pendidikan Islam Dalam Lintasan Sejarah. Jakarta: Kencana prenadamedia group, 2013.

E. Rosyidah, “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Akhlak Peserta Didik di TPQ Al-Azam Pekanbaru,” Al-iadarah J. Kependidikan Islam, vol. 9, no. 2, 2019, doi: https://doi.org/10.24042/alidarah.v9i2.5017.

K. Kisman, “Character Building Through Islamic Religious Education,” Al-Furqan J. Stud. Pendidik. Islam, vol. 9, no. 2, 2021.

R. Fanreza, “Pendidikan Agama Islam dalam kelaurga dosen tetap al-islam kemuhamamdiyahan di universitas muhamamdiyah sumatera utara,” Intiqad J. Agama Dan Pendidian Islam, vol. 9, no. 2, 2017, doi: https://doi.org/10.30596%2Fintiqad.v9i2.1386.

D. K. A, “Tiga Pendidikan Karakter, BASIS, Nomor 07-08, Tahun ke-56.” 2007.

M. Marzuki, M. Murdiono, and S. Samsuri, “Pembinaan karakter siswa berbasis pendidikan agama” J. Kependidikan, vol. 41, no. 1, 2011, doi: 10.21831/jk.v41i1.1919.

L. Tuhuteru, “Pendidikan Karakter Untuk Generasi Muda Pasca Konflik Sosial Ambon Peran PKn,” J. Pendidik. Ilmu Pengetah. Sos., vol. 12, no. 1, 2020, doi: https://doi.org/10.37304/jpips.v12i1.1053.

E. S. Cahyaningrum, Sudaryanti, and N. A. Purwanto, “Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan Dan Keteladanan,” J. Pendidik. Anak, vol. 6, no. 2, 2017, doi: https://doi.org/10.21831/jpa.v6i2.17707.

A. Syarbini, Model Pendidikan Karakter dalam Keluarga. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2014.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan kuantitaif,kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2018.

M. Mariani, Gerakan Dakwah KH Ahmad Dahlan dalam Menegakkan Amar Ma’ruf Nahi Munkar di Indonesia (1911-1923). Sulawesi Selatan: IAIN Parepare, 2021.

S. M. Rohmansyah, Kuliah Kemuhammadiyahan. Yogyakarta: Lembaga Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Masyarakat (LP3M), 2018.

R. Rusydi, “Peran Muhammadiyah (Konsep pendidikan, usaha-usaha di bidang pendidikan, dan tokoh),” Tarawi J. Pendidik. Agama Islam, vol. 1, no. 2, pp. 139–148, 2016, doi: https://doi.org/10.26618/jtw.v1i2.367.

et al. Sahid, Ujang, “Management of Student Characteristics Through Extracurricular Activities in The School Environment Based on Islamic Boarding Schools,” Munaddhomah J. Manaj. Pendidik. Islam, vol. 2, no. 2, pp. 116–25, 2021.

Q. Khoiri, “Dimensions of Islamic Education in the Prevention Bullying; Assessing in an Effort of Character Building for Children in School,” Publ. Pendidik., vol. 8, no. 2, pp. 101–8, 2018.

M. Samami, Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011.

Y. Kadir, “Anti corruption attitude of students as a corruption measure of criminal measures,” Subst. Justice Int. J. Law, vol. 1, no. 2, pp. 114–28, 2018.

H. Fajrussalam and A. Hasanah, “Core ethical values of character education based on sundanese culture value,” IJECA (International J. Educ. Curric. Appl., vol. 1, no. 3, pp. 15–22, 2018.

and L. I. L.-I. Casino-García, Ana María, María José Llopis-Bueno, “Emotional intelligence profiles and self-esteem/self-concept: An analysis of relationships in gifted students,” Int. J. Environ. Res. Public Health, vol. 18, no. 3, 2021.

F. Ahmad, “Pemikiran KH Ahmad Dahlan tentang pendidikan dan implementasinya di SMP Muhammadiyah 6 Yogyakarta tahun 2014/2015,” Profetika J. Stud. Islam, vol. 16, no. 2, pp. 144–154, 2015.

D. Purnamasari, “Pendidikan karakter berbasis al-quran,” Islam. Couns. J. Bimbing. dan Konseling Islam, vol. 1, no. 1, pp. 1–24, 2017.

I. Santika, I. Gusti Ngurah, M. Kartika, and N. W. R. Wahyuni, “Pendidikan karakter: studi kasus peranan keluarga terhadap pembentukan karakter anak Ibu Sunah di Tanjung Benoa,” Widya Accarya, vol. 1, 2019.

Syifa, “Lembaga Pendidikan Muhammadiyah Wajib Tanamkan Karakter Kesopanan yang Berakhlaqul Karimah,” muhammadiya.or.id (blog), 2022. .

I. Garnesia, “Persoalan SMK: Stigma, Putus Sekolah, hingga Pengangguran.” p. tirto.or.id (blog), 2018.

S. Nasution, Asas-Asas Kurikulum. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.

E. Bastian, “Implementasi Kurikulum Ismuba Pada Materi Pembelajaran Al-Islam Dan Kemuhammadiyahan Di SMA Muhammadiyah 1 Palangka Raya,” Neraca J. Pendidik. Ekon., vol. 7, no. 2, pp. 40–48, 2022.

A. Atika, Z. Arifin, and N. S. Jannana, “Integrated School Management-Character Education Affirmation: a Case Study in Muhammadiyah Wirobrajan 3 Elementary School Yogyakarta,” l-Tanzim J. Manaj. Pendidik. Islam, vol. 5, no. 2, pp. 15–26, 2021.

B. Baidarus, T. Hamami, F. M. Suud, and A. S. Rahmatullah, “Al-Islam dan kemuhammadiyahan sebagai basis pendidikan karakter,” AL-ASASIYYA J. Basic Educ., vol. 4, no. 1, pp. 71–91, 2020.

T. Tukinem and H. Widodo, “Implementasi Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sd Muhammadiyah Pakem,” Khazanah Pendidik., vol. 13, no. 1, 2019, doi: https://doi.org/10.26555/almisbah.v8i2.1991.

Downloads

Published

2022-06-30