Peran pemimpin visioner dalam mewujudkan budaya sekolah berkarakter
DOI:
https://doi.org/10.26555/jiei.v3i1.6162Keywords:
Pemimpin visioner, Budaya sekolah, Karakter, Keteladanan, PembiasaanAbstract
Seorang pemimpin visioner dapat memiliki pengaruh yang jelas dalam mengarahkan masa depan orang-orang yang mereka pimpin. Pengaruh pemimpin visioner di lingkungan sekolah dapat menciptakan sekolah yang dapat membawa budaya sekolah ke masa depan yang lebih fokus dan jelas sehingga korelasi pemimpin visioner akan berdampak pada keberadaan budaya sekolah yang berkarakter. Tujuan penelitian yaitu untukmendeskripsikan peran pemimpin visioner dalam mewujudkan budaya sekolah yang berkarakter. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi literatur (literature research). Data dikumpulkan dengan teknik literatur, kemudian dianalisis dengan teknik analisis teks. Hasil penelitian menunjukkan peran kepemimpinan visioner dalam mengembangkan budaya sekolah berkarakter. Peran tersebut ditunjukkan dengan fungsi: memberi arah pada warga segolah, menjadi agen perubahan lembaga, melakukan pembicaraan perubahan, dan memberikan pelatihan. Selain itu kepemimpinan visioner dapat berperan sebagai modelling untuk membentuk kebiasaan berkarakter di sekolah.
References
W. Fransiska, E. Harapan, and T. Tahrun, “Pengaruh Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah dan Disiplin Guru terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar,” Journal of Education Research, vol. 1, no. 3, pp. 308–316, 2020.
E. H. Schein, Organizational Culture and Leadership. San Francisco, 3rd Editio. San Fransisco: Jossey-Bass, 2004. doi: 10.1080/09595230802089917.
Mardiyah, “Kepemimpinan Kiai dalam Memelihara Budaya Organisasi,” TSAQAFAH, vol. Vol. 8, no. No.1, pp. 67–104, 2012.
N. Mukti, “Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah,” Jurnal Kependidikan, vol. 6, no. 1, pp. 71–90, May 2018, doi: 10.24090/jk.v6i1.1697.
H. Herni, “Model kepemimpinan visioner kepala sekolah dalam pelaksanaan kegiatan ekstrakulikuler,” Kelola: Journal of Islamic Education Management, vol. 5, no. 1, pp. 39–48, Apr. 2020, doi: 10.24256/kelola.v5i1.1409.
D. T. Wibawani, B. B. Wiyono, and D. D. N. Benty, “Kepemimpinan visioner kepala sekolah sebagai pemimpin perubahan dalam peningkatan mutu pendidikan ,” Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, vol. 2, no. 4, pp. 181–187, Nov. 2019, doi: 10.17977/um027v2i42019p181.
I. Alifiyah, A. Imron, and J. Juharyanto, “Kepemimpinan visioner kepala sekolah dalam mengembangkan karakter peserta didik ,” Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, vol. 2, no. 1, pp. 032–039, Feb. 2019, doi: 10.17977/um027v2i22019p32.
Y. D. Hadi, “Kepemimpinan visioner kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan,” Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan, vol. 19, no. 2, pp. 187–207, 2019.
M. Mulyadi, “Visionary leadership in madrasah’s head education quality development (Study at Madrasah Ibtidaiyah Al-Abrar, Makassar City),” INNOVATIO: Journal for Religious Innovation Studies, vol. 21, no. 1, pp. 18–28, May 2021, doi: 10.30631/innovatio.v21i1.118.
R. Purwanto, “Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah Terhadap Mutu dan Kualitas Sekolah di SD Negeri Soko,” Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia, vol. 1, no. 4, pp. 151–160, Apr. 2021, doi: 10.52436/1.jpti.26.
I. A. Siregar and S. Fadillah, “Kepemimpinan visioner kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pembelajaran di MTs Madinatussalam Kec. Percut Sei Tuan,” Hijri: Jurnal Manajemen Kependidikan dan Keislaman, vol. 9, no. 2, pp. 70–81, 2020.
A. Fauzan, “Kepemimpinan visioner dalam manajemen kesiswaan ,” Al-Idarah : Jurnal Kependidikan Islam, vol. 6, no. 1, pp. 94–113, Jun. 2016, doi: 10.24042/alidarah.v6i1.791.
M. A. Nasrulloh and Rahmadhani. Lailiya, “ Kepemimpinan visioner kepala sekolah Sekolah Menengah Kejuruan Darussalam Blokagung Tegalsari Banyuwangi ,” Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Darussalam, vol. 3, no. 2, pp. 227–238, 2021.
T. Suleman and A. Ansar, “Pengaruh Perilaku Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah, Budaya Kerja Dan Iklim Kerja Terhadap Performance Guru SMP Negeri Di Kabupaten Pohuwato,” Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, vol. 8, no. 1, p. 303, Jan. 2022, doi: 10.37905/aksara.8.1.303-312.2022.
A. Beddu, D. Suaib, and Muh. A. Jennah, “Pengaruh kepemimpinan visioner kepala sekolah terhadap kinerja guru SMP Negeri 12 Sigi,” Katalogis, vol. 4, no. 7, pp. 193–204, 2016.
S. N. Khalimah, A. Soegito, and N. Nurkolis, “Pengaruh kepemimpinan visioner kepala sekolah dan kompensasi terhadap kinerja guru Taman Kanak-kanak di Kecamatan Tembalang Kota Semarang,” Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP), vol. 7, no. 3, pp. 297–310, Dec. 2018, doi: 10.26877/jmp.v7i3.3146.
Imroatin Octaviarnis, “Pengaruh kepemimpinan visioner kepala sekolah dan komunikasi internal terhadap komitmen guru,” Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, vol. 9, no. 2, pp. 125–135, 2021.
N. M. Safitri, “Implementasi pendidikan karakter melalui kultur sekolah di SMP N 14 Yogyakarta,” Jrunal Pendidikan Karakter, vol. 6, no. 2, pp. 173–183, 2015.
Y. Z. Ansori, “Mewujudkan kultur sekolah berkarakter melalui kepemimpinan berbasis nilai ,” Jurnal Elementaria Edukasia, vol. 2, no. 1, pp. 87–93, Apr. 2019, doi: 10.31949/jee.v2i1.1489.
Moch. E. A. Pramana and S. Trihantoyo, “Pembentukan Karakter Siswa Melalui Budaya Sekolah di Jenjang Sekolah Dasar,” Inspirasi Manajemen Pendidikan, vol. 9, no. 3, pp. 764–774, 2021.
A. N. Jibola Kadir, T. A. Adebayo, and S. A. Olumide, “Visionary Leadership and Staff Innovative Behaviour in Public Colleges of Education In Kwara State, Nigeria,” International Journal of Education, vol. 12, no. 2, pp. 63–72, Jan. 2020, doi: 10.17509/ije.v12i2.18998.
I. Makkadamah, “Hubungan antara kepemimpinan visioner kepala sekolah dan budaya organisasi dengan disiplin kerja guru Madrasah Tsanawiyah Negeri di Jakarta Barat,” Jurnal Ilmiah Pena: Sains dan Ilmu Pendidikan, vol. 12, no. 1, pp. 13–20, Jun. 2020.
S. Halimah, R. Retnowati, and H. Herfina, “Hubungan antara kepemimpinan visioner kepala sekolah dan keinovatifan dengan efektifitas kerja guru ,” Jurnal Manajemen Pendidikan, vol. 7, no. 2, pp. 825–832, Sep. 2019, doi: 10.33751/jmp.v7i2.1332.
R. Rasmianto, “Kepemimpinan kepala sekolah berwawasan visioner-transformatif dalalm otonomi pendidikan ,” El-Harakah, vol. 5, no. 1, pp. 14–22, Mar. 2008, doi: 10.18860/el.v5i1.5146.
B. Baharuddin, “Kepemimpinan kepala sekolah dalam era otonomi pendidikan ,” El-Harakah, vol. 8, no. 1, p. 19, Dec. 2008, doi: 10.18860/el.v8i1.4612.
E. H. Sukriadi, “Pengaruh Kepemimpinan Visioner Dan Motivasi Kerja Terhadap Kepuasan Kerja,” The Journal : Tourism and Hospitality Essentials Journal, vol. 8, no. 2, p. 139, Nov. 2018, doi: 10.17509/thej.v8i2.13747.
H. Istiqomah, “Analisis kepemimpinan visioner dalam mewujudkan visi misi sekolah di MIN 1 Bantul,” Ibtida’iy : Jurnal Prodi PGMI, vol. 5, no. 1, pp. 15–22, Jul. 2020, doi: 10.31764/ibtidaiy.v5i1.2625.
A. Sanusi and M. S. Sutikno, Kepemimpinan sekarang dan masa depan : dalam membentuk budaya organisasi yang efektif. Bandung: Prospect, 2009.
T. S. Bateman, S. A. Snell, A. A. Yulianto, and R. Cahyani, Manajemen Kepemimpinan Dan Kolaborasi Dalam Dunia Yang Kompetitif. Jakarta: Salemba Empat, 2009.
S. Suparno and L. Asmawati, “Pengembangan model kepemimpinan visioner kepala lembaga PAUD untuk menciptakan budaya sekolah berkarakter di kota Serang,” Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, vol. 5, no. 2, pp. 78–92, 2018.
T. Solihati, “Model Kepemimpinan Kepala Sekolah Perempuan dalam Meningkatkan Sekolah Efektif,” Indonesian Journal of Education Management and Administration Review, vol. 4, no. 1, pp. 229–235, 2020.
R. Fitriah and E. N. Rahmah, “Peran Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Al-Hasra Depok,” Qiro’ah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, vol. 10, no. 1, pp. 123–144, 2020.
S. Syarif and L. Herlina, “Visionary leadership and the self efficacy with organizational commitment ,” JKP | Jurnal Kepemimpinan Pendidikan, vol. 2, no. 2, pp. 313–332, Dec. 2019, doi: 10.22236/jkpuhamka.v2i2.4868.
R. Murni, “Upaya kepala sekolah meningkatkan motivasi kerja guru SD melalui penerapan model kepemimipinan visioner,” MAPEN: Jurnal Manajer Pendidikan, vol. 11, no. 1, pp. 20–25, 2017.
M. Jabir, A. Aunurrohman, and S. Syukri, “Pengaruh kepemimpinan visioner dan komunikasi kepala sekolah terhadap motivasi kerja guru di SMPN Simpang Hilir Kayong Utara,” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, vol. 10, no. 12, pp. 1–7, 2021.
M. Mustiningsih, M. Maisyaroh, and N. Ulfatin, “Peran kepemimpinan visioner kepala sekolah hubungannya dengan kesiapan guru menyongsong revolusi industri 4.0,” Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan, vol. 4, no. 1, pp. 101–112, Nov. 2019, doi: 10.17977/um025v4i22020p101.
M. Munakib, “Peningkatan kinerja guru dengan penguatan kepemimpinan visioner kepala sekolah ,” AL-MUNADZOMAH, vol. 1, no. 1, pp. 32–39, Nov. 2021, doi: 10.51192/almunadzomah.v1i1.175.
S. Wahyuni and S. Satiman, “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah, Kinerja Guru Dan Fasilitas Belajar Terhadap Mutu Lulusan di SMK Pelayaran Samudera Indonesia Medan,” Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah, dan Tinggi (JMP-DMT), vol. 1, no. 3, pp. 194–206, 2020.
A. Heryanto, “Pengaruh kepemimpinan visioner kepala sekolah dan budaya sekolah terhadap manajemen mutu SD ,” Jurnal Administrasi Pendidikan, vol. 21, no. 2, pp. 88–95, 2014.
S. Supardi, “Pengaruh kepemimpinan visioner kepala Raudhatul Athfal dan budaya organisasi terhadap disiplin kerja guru Raudhatul Athfal Kecamatan Ciledug Kota Tangerang,” QATHRUNA, vol. 1, no. 1, pp. 206–220, 2014.
S. Karyawati, G. Abdullah, and N. A. Nyoman M, “Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan iklim sekolah terhadap efektifitas sekolah dasar di Kecamatan Slawi ,” Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP), vol. 6, no. 1, pp. 101–116, Dec. 2017, doi: 10.26877/jmp.v6i1.1992.
S. N. Sinar, “Kepemimpinan visioner, iklim sekolah, continuing professional development, dan kepuasan kerja guru SMP ,” Jurnal Administrasi Pendidikan, vol. 24, no. 1, pp. 70–81, 2017.
A. Sudrajat, Budaya Sekolah dan Pendidikan Karakter (kapita selekta). . Yogyakarta: Intan Media, 2014.
D. Dakir, Manajemen Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasinya di Sekolah dan Madrasah. Yogyakarta: K-Media, 2019.
U. Hasanah, “Model-model pendidikan karakter,” Al-Tadzkiyah: Jurnal Pendidikan Islam, vol. 7, no. 1, pp. 18–34, 2016.
Kementerian Pendidikan Nasional, Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, 2011.
Kementerian Pendidikan Nasional, Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa . Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum, 2010.
A. Komariah and C. Triatna, Visionary leadership: menuju sekolah efektif. Jakarta : Bumi Aksara, 2016.
I. Mukaddamah and U. Wutsqah, “Hubungan antara kepemimpinan visioner kepala sekolah dengan pembentukan karakter disiplin guru ,” Jurnal Inovasi Penelitian, vol. 2, no. 8, pp. 2813-2818., 2022.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Haikal Syah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
License and Copyright Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read the International JIEI Author Guidelines at http://journal2.uad.ac.id/index.php/jiei/about/submissions#onlineSubmissions
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities “ tacitly or explicitly “ of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with the Journal of Islamic Education and Innovation agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.