Analisis manajemen strategi dalam pengembangan kurikulum

Authors

  • Neneng Humairoh UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Zahruddin Zahruddin UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.26555/jiei.v3i1.6151

Keywords:

Pengembangan kurikulum, Analisis external, Analisis internal, Manajemen strategi

Abstract

Pengembangan kurikulum menjadi kebutuhan pokok dalam pengelolaan sekolah. Seiring dengan perkembangan sekolah yang beradaptasi terhadap kebutuhan eksternal dan internal, diperlukan upaya pengembangan kurikulum yang selaras dengan tujuan lembaga. Artikel penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis faktor-faktor pengembangan kurikulum di SMP Yamis Jakarta menggunakan analisis manajemen strategi untuk menghasilkan strategi yang tepat dan sesuai standar pendidikan yang berlaku. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan SMP Yamis mengembangkan kurikulum dengan memanfaatkan analisis kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman sebagai bagian dari upaya dalam manajemen strategis. Pengembangan kurikulum dilakukan dengan mempertimbangkan analisis internal dan analisis eksternal. Analisis tersebut kemudian dipadukan dengan konsep pengembangan kurikulum yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Kurikulum SMP Yamis Jakarta mengambangkan kurikulum dengan manajemen strategis untuk dapat mewujudkan visi, misi, dan tujuan sekolah.

References

W. Sanjaya, Kurikulum dan Pembelajaran: Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan pendidikan (KTSP). . Jakarta: Prenadamedia, 2008.

O. Hamalik, Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: P.T. Remaja Rosdakarya, 2011.

D. Djuwarijah, “Strategi peningkatan manajemen kurikulum dalam pengembangan mutu SDM menuju terwujudnya lulusan Madrasah Aliyah berwawasan internasional,” el-Tarbawi, vol. 1, no. 2, pp. 201–214, 2008, doi: 10.20885/tarbawi.vol1.iss2.art4.

A. Hidayat and R. D. Seftiani, “Strategi Pengembangan Kurikulum dan Sarana Prasarana Ma’had Aly Pondok Quran Bandung,” MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, vol. 3, no. 2, pp. 313–333, 2019, doi: 10.14421/manageria.2018.32-06.

A. Tardian, “Manajemen Strategik Mutu Sekolah,” Jurnal Kependidikan, vol. 7, no. 2, pp. 192-203., 2019.

S. Budiman and S. Suparjo, “Manajemen Strategik Pendidikan Islam,” JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), vol. 5, no. 3, Jul. 2021, doi: 10.36312/jisip.v5i3.2197.

M. Putri, S. Sumadi, and S. Kandar, “Manajemen kurikulum program basic technology education di SMP al-Kautsar Bandar Lampung,” Jurnal Manajemen Mutu Pendidikan, vol. 2, no. 2, 2016.

G. T. Andini, “Manajemen Pengembangan Kurikulum ,” Jurnal Isema : Islamic Educational Management, vol. 3, no. 2, pp. 42–52, Jun. 2019, doi: 10.15575/isema.v3i2.5008.

T. Yoioga, “Manajemen Pengembangan Kurikulum Madrasah Aliyah Negeri Sanana di Kabupaten Kepulauan Sula Provinsi Maluku Utara,” Juanga: Jurnal agama dan pengetahuan, vol. 06, no. 02, pp. 15–28, 2020.

S. Farida, M. Munib, A. Sarif, and G. Ghoyasi, “Strategi pengembangan kurikulum di SMA Tahfidz Assaidiyah Sampang,” Kabilah: Journal of Social Community, vol. 7, no. 1, pp. 208–226, 2022.

A. Mulyati, “Strategi Pengembangan Kurikulum Berkarakter,” El-Idarah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, vol. 6, no. 2, pp. 103–120, 2020.

I. S. Budi and M. Marno, “Strategi Pengembangan Kurikulum Berbasis Karakter Pada Sekolah SD/MI,” Akademika: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, vol. 4, no. 1, pp. 50–62, 2022.

R. A. Putra, P. R. Dewi, A. Jalaludin, and A. M. K. Amrullah, “Strategi Pengembangan Kurikulum Perspektif Pendekatan Total Quality Management (Tqm) Di Pendidikan Tinggi,” Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan , vol. 3, no. 5, pp. 2135–2145, Jun. 2021, doi: 10.31004/edukatif.v3i5.715.

A. Asy’ari and T. Hamami, “Strategi Pengembangan Kurikulum Menghadapi Tuntutan Kompetensi Abad 21,” IQ (Ilmu Al-qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, vol. 3, no. 01, pp. 19–34, Jul. 2020, doi: 10.37542/iq.v3i01.52.

W. Widiyanto, “Strategi pengembangan kurikulum berbasis kompetensi DUDI untuk SMK,” Jurnal pendidikan ekonomi dinamika pendidikan , vol. 5, no. 2, pp. 103–116, 2010.

M. G. Gunawan, M. H. Ginanjar, and H. Heriyansyah, “Manajemen strategi pengembangan kurikulum 2013 sebagai upaya meningkatkan kualitas pendidikan ,” Cendika Muda Islam Jurnal Ilmiah, vol. 2, no. 1, pp. 59–71, 2022.

E. Susanto, “Analisis manajemen strategi di pendidikan tinggi menggunakan SWOT (Studi kasus pada Universitas Trunojoyo Madura),” Jurnal Manajemen dan Bisnis Equilibrium, vol. 6, no. 2, pp. 181–194, Sep. 2020, doi: 10.47329/jurnal_mbe.v6i2.430.

S. Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: CV. Alfabeta, 2017.

F. Fauzan, Kurikulum dan Pembelajaran . Jakarta: Gaung Persada (GP) Press, 2017.

D. Dimyati and M. Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta, 2009.

N. F. Karima, “Proses Pengembangan Kurikulum,” Islamika : Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan, vol. 1, no. 2, pp. 35–48, 2019.

O. Hamalik, Manajemen pengembangan kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.

W. Hidayati, S. Syaefudin, and U. Muslimah, Manajemen Kurikulum dan Program Pendidikan (Konsep dan Strategi Pengembangan). . Yogyakarta: Semesta Aksara, 2021.

N. S. Sukmadinata, Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktik. Bandung: P.T. Remaja Rosdakarya, 2019.

N. Nazhary, Pengorganisasian Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum. Yogyakarta: Brita Aksara, 1986.

P. S. Siagian, Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara, 2014.

A. Hidayat and I. Machali, The Handbook of Education Management (Pengelolaan Pendidikan: Konsep, Prinsip, dan Aplikasi dalam Mengelola Sekolah dan Madrasah). Jakarta: Prenadamedia Group, 2016.

F. N. D. Fatimah, Teknik analisis SWOT : pedoman menyusun strategi yang efektif & efisien serta cara mengelola kekuatan & ancaman. Yogyakarta: Quadrant, 2016.

E. Susanti, “Implementasi analisis SWOT dalam perencanaan peningkatan mutu pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kota Palembang,” UIN Raden Fatah, Palembang, 2018.

I. M. Susilawati and M. Harun, “Analisis SWOT sebagai dasar strategi branding pada Madrasah Ibtidaiyah Alhidayah, Cireunde, Ciputat,” Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, vol. 3, no. 1, pp. 111–128, 2017.

Downloads

Published

2022-06-30