Analisis manajemen strategi dalam pengembangan kurikulum
DOI:
https://doi.org/10.26555/jiei.v3i1.6151Keywords:
Pengembangan kurikulum, Analisis external, Analisis internal, Manajemen strategiAbstract
Pengembangan kurikulum menjadi kebutuhan pokok dalam pengelolaan sekolah. Seiring dengan perkembangan sekolah yang beradaptasi terhadap kebutuhan eksternal dan internal, diperlukan upaya pengembangan kurikulum yang selaras dengan tujuan lembaga. Artikel penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis faktor-faktor pengembangan kurikulum di SMP Yamis Jakarta menggunakan analisis manajemen strategi untuk menghasilkan strategi yang tepat dan sesuai standar pendidikan yang berlaku. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan SMP Yamis mengembangkan kurikulum dengan memanfaatkan analisis kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman sebagai bagian dari upaya dalam manajemen strategis. Pengembangan kurikulum dilakukan dengan mempertimbangkan analisis internal dan analisis eksternal. Analisis tersebut kemudian dipadukan dengan konsep pengembangan kurikulum yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Kurikulum SMP Yamis Jakarta mengambangkan kurikulum dengan manajemen strategis untuk dapat mewujudkan visi, misi, dan tujuan sekolah.
References
W. Sanjaya, Kurikulum dan Pembelajaran: Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan pendidikan (KTSP). . Jakarta: Prenadamedia, 2008.
O. Hamalik, Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: P.T. Remaja Rosdakarya, 2011.
D. Djuwarijah, “Strategi peningkatan manajemen kurikulum dalam pengembangan mutu SDM menuju terwujudnya lulusan Madrasah Aliyah berwawasan internasional,” el-Tarbawi, vol. 1, no. 2, pp. 201–214, 2008, doi: 10.20885/tarbawi.vol1.iss2.art4.
A. Hidayat and R. D. Seftiani, “Strategi Pengembangan Kurikulum dan Sarana Prasarana Ma’had Aly Pondok Quran Bandung,” MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, vol. 3, no. 2, pp. 313–333, 2019, doi: 10.14421/manageria.2018.32-06.
A. Tardian, “Manajemen Strategik Mutu Sekolah,” Jurnal Kependidikan, vol. 7, no. 2, pp. 192-203., 2019.
S. Budiman and S. Suparjo, “Manajemen Strategik Pendidikan Islam,” JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), vol. 5, no. 3, Jul. 2021, doi: 10.36312/jisip.v5i3.2197.
M. Putri, S. Sumadi, and S. Kandar, “Manajemen kurikulum program basic technology education di SMP al-Kautsar Bandar Lampung,” Jurnal Manajemen Mutu Pendidikan, vol. 2, no. 2, 2016.
G. T. Andini, “Manajemen Pengembangan Kurikulum ,” Jurnal Isema : Islamic Educational Management, vol. 3, no. 2, pp. 42–52, Jun. 2019, doi: 10.15575/isema.v3i2.5008.
T. Yoioga, “Manajemen Pengembangan Kurikulum Madrasah Aliyah Negeri Sanana di Kabupaten Kepulauan Sula Provinsi Maluku Utara,” Juanga: Jurnal agama dan pengetahuan, vol. 06, no. 02, pp. 15–28, 2020.
S. Farida, M. Munib, A. Sarif, and G. Ghoyasi, “Strategi pengembangan kurikulum di SMA Tahfidz Assaidiyah Sampang,” Kabilah: Journal of Social Community, vol. 7, no. 1, pp. 208–226, 2022.
A. Mulyati, “Strategi Pengembangan Kurikulum Berkarakter,” El-Idarah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, vol. 6, no. 2, pp. 103–120, 2020.
I. S. Budi and M. Marno, “Strategi Pengembangan Kurikulum Berbasis Karakter Pada Sekolah SD/MI,” Akademika: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, vol. 4, no. 1, pp. 50–62, 2022.
R. A. Putra, P. R. Dewi, A. Jalaludin, and A. M. K. Amrullah, “Strategi Pengembangan Kurikulum Perspektif Pendekatan Total Quality Management (Tqm) Di Pendidikan Tinggi,” Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan , vol. 3, no. 5, pp. 2135–2145, Jun. 2021, doi: 10.31004/edukatif.v3i5.715.
A. Asy’ari and T. Hamami, “Strategi Pengembangan Kurikulum Menghadapi Tuntutan Kompetensi Abad 21,” IQ (Ilmu Al-qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, vol. 3, no. 01, pp. 19–34, Jul. 2020, doi: 10.37542/iq.v3i01.52.
W. Widiyanto, “Strategi pengembangan kurikulum berbasis kompetensi DUDI untuk SMK,” Jurnal pendidikan ekonomi dinamika pendidikan , vol. 5, no. 2, pp. 103–116, 2010.
M. G. Gunawan, M. H. Ginanjar, and H. Heriyansyah, “Manajemen strategi pengembangan kurikulum 2013 sebagai upaya meningkatkan kualitas pendidikan ,” Cendika Muda Islam Jurnal Ilmiah, vol. 2, no. 1, pp. 59–71, 2022.
E. Susanto, “Analisis manajemen strategi di pendidikan tinggi menggunakan SWOT (Studi kasus pada Universitas Trunojoyo Madura),” Jurnal Manajemen dan Bisnis Equilibrium, vol. 6, no. 2, pp. 181–194, Sep. 2020, doi: 10.47329/jurnal_mbe.v6i2.430.
S. Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: CV. Alfabeta, 2017.
F. Fauzan, Kurikulum dan Pembelajaran . Jakarta: Gaung Persada (GP) Press, 2017.
D. Dimyati and M. Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta, 2009.
N. F. Karima, “Proses Pengembangan Kurikulum,” Islamika : Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan, vol. 1, no. 2, pp. 35–48, 2019.
O. Hamalik, Manajemen pengembangan kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.
W. Hidayati, S. Syaefudin, and U. Muslimah, Manajemen Kurikulum dan Program Pendidikan (Konsep dan Strategi Pengembangan). . Yogyakarta: Semesta Aksara, 2021.
N. S. Sukmadinata, Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktik. Bandung: P.T. Remaja Rosdakarya, 2019.
N. Nazhary, Pengorganisasian Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum. Yogyakarta: Brita Aksara, 1986.
P. S. Siagian, Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara, 2014.
A. Hidayat and I. Machali, The Handbook of Education Management (Pengelolaan Pendidikan: Konsep, Prinsip, dan Aplikasi dalam Mengelola Sekolah dan Madrasah). Jakarta: Prenadamedia Group, 2016.
F. N. D. Fatimah, Teknik analisis SWOT : pedoman menyusun strategi yang efektif & efisien serta cara mengelola kekuatan & ancaman. Yogyakarta: Quadrant, 2016.
E. Susanti, “Implementasi analisis SWOT dalam perencanaan peningkatan mutu pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kota Palembang,” UIN Raden Fatah, Palembang, 2018.
I. M. Susilawati and M. Harun, “Analisis SWOT sebagai dasar strategi branding pada Madrasah Ibtidaiyah Alhidayah, Cireunde, Ciputat,” Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, vol. 3, no. 1, pp. 111–128, 2017.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Neneng Humairoh
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
License and Copyright Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read the International JIEI Author Guidelines at http://journal2.uad.ac.id/index.php/jiei/about/submissions#onlineSubmissions
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities “ tacitly or explicitly “ of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with the Journal of Islamic Education and Innovation agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.