Pengembangan media pembelajaran al-Qur’an berbasis multimedia interaktif untuk meningkatkan hafalan siswa
DOI:
https://doi.org/10.26555/jiei.v3i1.6109Keywords:
Multimedia interaktif, Pembelajaran al-Qur’an, Media pembelajaranAbstract
Menghafal merupakan hal yang pokok dalam pembelajaran al-Qur’an di sekolah pada umumnya, atau lebih khusu di pesantren. Metode belajar al-Qur’an disampaikan oleh guru dengan cara membacanya bersama-sama secara berulang-ulang, monoton, sehingga terlihat tidak adanya variasi dalam pembelajaran al-Qur’an. Oleh karena itu, diperlukan pengembangan media pembelajaran yang bervariasi untuk meningkatkan hafalan siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran al-Qur’an berbasis multimedia interaktif dan mengetahui efektifitas hafalan siswa setalah menggunakan media pembelajaran al-Qur’an berbasis multimedia interaktif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development dengan menggunakan pengembangan model Borg & Gall tahapannya; 1) Analisis potensi dan masalah; 2) Pengumpulan data; 3) Desain produk; 4) Validasi desain; 5) Revisi desain; 6) Ujicoba produk; 7) Revisi produk; 8) Ujicoba pemakaian; 9) Revisi produk; 10)Tahap desiminasi dan implementasi. Hasil penelitian adalah produk media pembelajaran al-Qur’an berbasis multi media interaktif. Pada tahap validasi desain menunjukkan bahwa dari penilaian ahli media diperolehan presentase masing-masing 89% dan 91%. Berikutya penilaian ahli materi perolehan presentase masing-masing 86 % dan 96 % artinya bahwa media ini sangat layak digunakan dalam pembelajaran al-Qur’an untuk meningkatkan hafalan. Efektifitas media dalam penggunaan media menunjukkan nilai rata-rata yang meningkat secara signifikan yaitu 82,60, signifikansi dua arah di bawah 0,00 artinya adanya peningkatan hafalan yang signifikan para peserta didik setelah menggunakan media pembelajaran berbasis media interaktif ini. Hasil tersebut menunjukan bahwa pengembangan media pembelajaran al-Qur’an berbasis multimedia ini layak dan efektif dalam dalam peningkatan hafalan siswa.
References
A. S. Rizal, “Pesantren , Dari Pola Tradisi Ke Pola Modern,” J. Pendidik. Agama Islam -Ta’lim, vol. 9, no. 2, pp. 95–112, 2011.
M. T. Agustina and D. A. Kurniawan, “Motivasi Belajar Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19,” pp. 120–128.
Winkel, Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi, 2009.
D. R. Krathwohl, GM - Moving to customer-centricity, vol. 185, no. 7. 2002.
A. Sasongko, “Tren Menghafal Alquran Makin Berkembang,” 2017. .
S. Wina, Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2010.
Jamaluddin, “The Art Of Memorizing Qur ’ ān : Applications Of Lahjaṯ Al- Ḥ uruf And Lahja ṯ Al-Tarannum,” Int. J. Acad. resarch Bus. Soc. Sci., vol. 7, no. 8, pp. 495–504, 2017, doi: 10.6007/IJARBSS/v7-i8/3256.
I. Vitasari, “Kejenuhan Belajar Ditinjau Dari Kesepian Dan Kontrol Diri Siswa Kelas XI SMAN 9 Yogyakarta,” E-journal Bimbing. dan Konseling, vol. 7, pp. 60–75, 2016.
A. Widodo, Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2004.
H. Baharun, “Pengembangan Media Pembelajaran PAI Berbasis Lingkungan Model,” J. cendekia, vol. 14, no. 2, 2016.
H. Bahirul A, Agar Orang sibuk Bisa Menghafal al-Qur’an. Yogyakarta: Proyou Media, 2012.
Rusman, Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komuniksi. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2012.
A. Arsyad, Media Pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada, 2017.
H. Sanaky, Media Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosyda karya, 2011.
Rizal, “Efektivitas Multimedia Interaktif Flash Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah,” J. Pendidik. Agama Islam., vol. 14, no. 2, pp. 165–183, 2016.
Y. Masduki, “Implikasi Psikologis Bagi Penghafal al-Qur’an,” J. Medina, vol. 18, no. 1, p. 300, 2018.
M. H. Lubis, “Efektifitas Pembelajaran Tahfidzul Al-Qur’an Dalam Menigkatkan Hafalan Santri Diislamic Centre Sumatra Utara,” J. ANSIRU, vol. 1, no. 2, pp. 67–73, 2017.
Rumainur, “Pengembangan Media Ajar Berbasis Multimedia Autoplay Studio 8 Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas Xi Ma Bilingual,” UIN Maulana Malik Ibrahim, 2016.
J. H. Richard E.Mayer, “Cognitive Contrains on Multimedia Learning,” Int. Educ. J., 2010.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R & D. Alfabeta, 2017.
M. D. nasution and dan Wahyudin Nur, “Inovasi Strategi Pembelajaran Al-Quran- Hadis Pada MIN Glugur Darat Ii Medan,” Edu Relig., vol. 2, no. 3, pp. 338–345, 2018.
B. Lebond, “Arti dan Pengaruh Warna bagi Psikologi Manusia,” Psyline. 2017.
S. Sujarwo and dan Rina Oktaviana, “Pengaruh Warna Terhadap Short Term Memory Pada Siswa Kelas VIII SMP N 37 Palembang,” Psikis J. Psikol. Islam., vol. 3, no. 1, p. 33, 2017, doi: 10.19109/psikis.v3i1.1391.
S. Suryabrata, Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada., 1998.
W. J. Santrock, Educational Psychology. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2008.
M. Thobroni, Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Arruz Media, 2017.
Y. Winarno., Patwary and dan A. Marzuki, Rini, Teknik Evaluasi Multimedia Pembelajaran. Jakarta: Genius Prima Media, 2009.
Khairunisa, “Merancang Perangkat Lunak Pembelajaran Al qur’an Dengan Metode Interaktif Untuk Anak,” Media Infotama, vol. 12, no. 2, pp. 99–108, 2016.
I. Keswara, “Pengelolaan Pembelajaran Tahfidzul Qur ’ an,” Hanata Widya, vol. 6, no. 2, pp. 62–73, 2017.
Duckworth, “Helping Students Get To Where Ideas Can Find Them.,” J. New Educ., vol. 5(3): 10–2, 2013.
M. R. Kurniawan, “Analisis Karakter Media Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar Peserta Didik,” JINoP (Jurnal Inov. Pembelajaran), vol. 3, no. 1, p. 491, 2017, doi: 10.22219/jinop.v3i1.4319.
dan sri S. Fathoni, Muhammad, Didik Nugroho, “Pengaruh Media Pembelajaran Al-Qur’an Berbasis Multimedia Terhadap Minat Belajar al-Qur’an,” Ilm. Sinus, vol. 11, no. 1, pp. 53–64, 2013.
Y. Abdul Fatah, Revolusi Menghafal al-Qur’an. Surakarta: Insan Kamil, 2013.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Wasito
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
License and Copyright Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read the International JIEI Author Guidelines at http://journal2.uad.ac.id/index.php/jiei/about/submissions#onlineSubmissions
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities “ tacitly or explicitly “ of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with the Journal of Islamic Education and Innovation agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.