Dialektika konsep dasar Psikologi Islam dan Barat
DOI:
https://doi.org/10.26555/jiei.v3i1.6026Keywords:
Psikologi Islam, Psikologi, BaratAbstract
Dalam menghadapi dunia abad modern yang pragmatis ini, tuntutan akan hadirnya ilmu Psikologi menjadi vital. Dalam kajian Psikologi Islam, perlu membangun paradigma dan metodologi Psikologi Islam. Karena saat ini, Barat menjadi pusat dalam dunia Psikologi, yang hanya mengandalkan hasil riset empiris (aplikatif-empiris). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan mendasar antara Psikologi Islam dan Barat. Kajian ini menggunakan studi pustaka deskriptif-analitis, menelaah karya para peneliti, jurnal-jurnal dan juga buku primer. Hasil kajian ini adalah mengungkap perbedaan mendasar antara Islam dan Barat. Pertama, dalam Islam hakekat manusia adalah fitrah. Kedua, esensi manusia adalah qalb. Ketiga, manusia ditunjukkan dua jalan. Keempat, manusia itu unik. Kelima ilmu itu tidak netral. Islam sebagai agama, memiliki paradigma dan metodologi tersendiri dalam Psikologi yang memperhatikan aspek ruhani, akal dan keimanan.
References
A. Handoko, “Eksistensi Antara Psikologi Islam dan Barat Modern,” Salam J. Sos. Dan Budaya Syar-I, vol. 8, no. 4, 2021, doi: https://doi.org/10.15408/sjsbs.v8i4.22145.
S. A. A. Samad, “Konsep Ruh dalam Perspektif Psikologi Pendidikan Barat dan Islam,” Fenomena, vol. 7, no. 2, 2015, doi: https://doi.org/10.21093/fj.v7i2.300.
Mustafa, “Perbedaan Pendidikan Islam dan Pendidikan Barat dari Sudut Metodologi Keilmuan,” J. IQRA’, vol. 3, p. 28, 2007.
E. Y. Rochmah, “Mengembangkan karakter tanggung jawab pada pembelajar (Perspektif Psikologi Barat Dan Psikologi Islam),” Al-Murabbi J. Stud. Kependidikan dan Keislam., vol. 3, no. 1, pp. 36–54, 2016.
S. A. Ali, S. Ismail, N. Aisyah, and A. R. Omar, “Psikologi pembangunan kanak-kanak: perkaintan antara psikologi pendidikan barat dan psikologi pendidikan islam,” J. Islam. Educ. Res., vol. 4, no. 1, 2019.
A. Mujib, “Pengembangan psikologi islam melalui pendekatan studi islam.,” J. Psikol. Islam, vol. 1, no. 1, pp. 17–32, 2017.
Totok Wahyu Abadi, “Aksiologi: Antara Etika, Moral, dan Estetika,” Kanal J. Ilmu Komun., vol. 4, no. 2, pp. 187–204, 2016, doi: https://doi.org/10.21070/kanal.v4i2.1452.
A.-A. M.S.N, Islam dan Sekularisme. Bandung: Institut pemikiran Islam dan pembangunan Insan, 2010.
M. Barni, “Tantangan pendidik di era milenial,” J. Transform. (Islamic Stud., vol. 3, no. 1, 2019, doi: https://doi.org/10.23971/tf.v3i1.1251.
M. U. Najati, Al-Madkhal Ilā Ilmu al-Nafs al-Islāmī. Mesir: Dār al-Syurūq, 2001.
S. Nurjan, “Refleksi Psikologi Islami dalam Dunia Psikologi di Indonesia,” ISTAWA J. Pendidik. Islam, vol. 2, no. 2, pp. 64–65, 2017.
M. Amalia, “Pendekatan Psikologi dalam Kajian Islam,” El-Furqania J. Ushuluddin dan Ilmu-Ilmu Keislam., vol. 2, no. 02, pp. 209–225, 2016.
A. K. E. Auni, “Telaah kritis aksiologi sains modern persoektif maquib al-attas dan implementasinya dalam komunitas ilmiah,” Pros. Konf. Integr. Interkoneksi Islam Dan Sains, vol. 3, pp. 64–70, 2021, doi: http://sunankalijaga.org/prosiding/index.php/kiiis/article/view/709.
Mubarak, “Urgensi Psikologi Islam dalam pendidikan Islam dalam,” J. Insa., vol. 5, no. 2, p. 218, 2017, doi: http://dx.doi.org/10.18592/jsi.v5i2.1503.
J. Arroisi, “Spiritual Healing dalam Tradisi Sufi,” Tsaqafah, vol. 14, no. 2, p. 329, 2018, doi: http://dx.doi.org/10.21111/tsaqafah.v14i2.2459.
E. Dewi, D. Habibi, and A. Susandi, “Peran Pendidikan Akhlak Dalam Penanggulangan Krisis Moralitas Sosial Di Era Globalisasi,” J. Pendidik. dan Konseling, vol. 4, no. 1, 2021, doi: https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3525.
I. A. Hadi, “Peran Psikologi dalam pendidikan Islam,” J. Pendidik. Islam (UNDARIS Semarang), vol. 11, no. 2, p. 262, 2017.
Mujidin, “Garis Besar Psikologi Transpersonal: Pandangan tentang Manusia dan Metode Penggalian Transpersonal serta Aplikasinya dalam Dunia Pendidikan,” J. Humanit. Indones. Psychol. J., vol. 2, no. 1, 2005.
E. Y. Wahidah, “Psikoterapi Islami Terhadap Psikopatologi,” Muaddib, vol. 06, no. 02, pp. 219–244, 2016.
S. Narulita, “Psikologi Islam Kontemporer,” J. Stud. AL-Qur’an, vol. 11, no. 1, p. 57, 2015, doi: https://doi.org/10.21009/JSQ.011.1.04.
D. H. Muhammad, A. E. Deasari, and A. Dirgayunita, “Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Psikologi Islam,” J. Pendidik. Islam Al-Ilmi, vol. 4, no. 1, pp. 21–33, 2021.
S. K. Dewi, “Dialektika integrasi antara Psikologi dan Islam di Indonesia: peluang bagi metode eksperiensial,” J. Psikol. Integr., vol. 1, no. 1, p. 136, 2013.
S. Faridah, “Metodologi dalam kajian psikologi islam,” J. Stud. Insa., vol. 4, no. 1, 2016, doi: http://dx.doi.org/10.18592/jsi.v4i1.1114.
R. Sanderan, “INTUISI: Pendalaman Gagasan Hans-George Gadamer Tentang Intuisi Sebagai Supralogika,” J. Ilm. Relig. Entity Humanit., vol. 2, no. 2, pp. 114–125, 2020, doi: https://doi.org/10.37364/jireh.v2i2.39.
M. Maḥmud, Ilm al-Nafs fī Dhaw al-Islām. Mesir: Dār al-Syurūq, 2007.
A. M. Ashshiddiqi, “Telaah filosofis fitrah maunsia dan ilmu pengetahuan dala m islam:karakteristik,hubungan organik dan implikasi keoendidikan,” Ta’dib J. Pendidik. Islam, vol. 10, no. 2, 2021, doi: https://doi.org/10.29313/tjpi.v10i2.7895.
M. F. Al Afify, “Konsep Fitrah dalam Psikologi Islam,” Tsaqafah, vol. 14, no. 2, pp. 279–298, 2018.
T. Situmorang, “Paradigma Psikologi Islam suatu Aliran Baru dalam Psikologi,” Al-Mursyid J. Ikat. Alumni Bimbing. Dan Konseling Islam, vol. 1, no. 2, 2020.
M. A. Burga, “Hakikat Manusia Sebagai Makhluk Pedagogik,” Al-Musannif, vol. 1, no. 1, pp. 19–31, 2019, doi: https://doi.org/10.56324/al-musannif.v1i1.16.
N. Hakim, “Kecerdasan Intelektual, Emosional, dan Spiritual dalam Perspektif Bidayatul Hidayah,” Indones. J. Islam. Educ. Stud., vol. 1, no. 2, pp. 218–233, 2018, doi: https://doi.org/10.33367/ijies.v1i2.639.
R. Rahman, “Epistemologi Moral dalam islamP: Analisis Tentang Konsep Nilai Pendidikan,” Hikmah J. Pendidik. Islam, 2011.
F. Husna, “Aliran Psikoanalisis Dalam Perspektif Islam (Psychoanalysis in The Islamic Perspective),” Salam; J. Sos. Budaya Syar-i, vol. 5, no. 2, 2018, doi: 10.15408/sjsbs.v5i2.9411.
Z. Zubaedi, “Komparasi Psikologi Agama Barat dengan Psikologi Islami Menuju Rekonstruksi Psikologi Islami,” Nuansa J. Stud. Islam dan Kemasyarakatan, vol. 8, no. 1, 2015, doi: http://dx.doi.org/10.29300/nuansa.v8i1.354.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Abdul Wahhid
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
License and Copyright Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read the International JIEI Author Guidelines at http://journal2.uad.ac.id/index.php/jiei/about/submissions#onlineSubmissions
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities “ tacitly or explicitly “ of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with the Journal of Islamic Education and Innovation agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.