Analisis pengaruh kompetensi, motivasi kerja dan pengembangan karir terhadap produktivitas kerja guru pada lembaga pendidikan Islam

Authors

  • Christian Kuswibowo Politeknik APP Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.26555/jiei.v2i2.4849

Keywords:

Kompetensi kerja, Motivasi kerja, Pengembangan karir, Produktivitas kerja

Abstract

Produktivitas kerja guru masih menjadi problematika pengurus yang menuntut untuk diberikan tindakan yang terukur dan terencana. Penelitian dilaksanakan dengan maksud menganalisis pengaruh kompetensi kerja, motivasi kerja dan pengembangan karir terhadap produktivitas kerja guru pada lembaga pendidikan Islam SMP dan SMK Al Hamidiyah. Objek penelitian ini adalah kompetensi kerja, motivasi kerja, pengembangan karir, dan produktivitas. Adapun subjek penelitian ini adalah guru di dua sekolah tersebut. Responden pada penelitian ini dilakukan terhadap 42 responden, pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis asosiatif. Data dikumpulkan dengan angket penelitian terhadap responden dengan sampel dilakukan terhadap seluruh populasi yang dijadikan sebagai responden. Instrument penelitian menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis Structural Equation Model (SEM) dengan alat analisis Smart-PLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bukti kompetensi memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja guru. Motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja guru. Pengembangan karir berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja guru. 

References

M. Sampebua, M. Sampebua, M. Limbong, and W. Tambunan, “Pengaruh Kompetensi Guru dan Kinerja Guru Terhadap Pembelajaran Online di SMK Kristen Tagari,” Jurnal Pendidikan Tambusai, vol. 5, no. 1, pp. 827–840, 2021.

H. T. Abdillah, “Pengaruh Kompetensi Profesional Dan Pedagogik Guru,” Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, vol. 24, no. 2, pp. 145–151, 2015.

S. Indra, “Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional Guru PAI terhadap Prestasi Belajar PAI Pada Siswa SMK Farmako Medika Plus Caringin Bogor,” 2016.

S. Sugiyarti, S. Alwi, and E. Ernawati, “Pengaruh Kepemimpinan, Disiplin dan kompetensi terhadap Produktivitas Kerja Guru Dengan Loyalitas Sebagai Variabel Mediasi Pada SMP Negeri 4 Surakarta,” Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, vol. 10, no. 1, pp. 15–27, 2016.

W. Wibowo, Manajemen Kinerja. Depok: Rajawali Pers, 2017.

T. A. Sutikno, “Indikator produktivitas kerja guru Sekolah Menengah Kejuruan,” Jurnal Teknologi Kejuruan dan Pengajaran, vol. 32, no. 1, pp. 107–118, 2009.

A. E. Saputra, H. Sunaryo, and P. Pardiman, “Pengaruh pelatihan dan motivasi terhadap produktivitas kerja guru pada SMPN 1 Bululawang Malang,” Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, vol. 10, no. 1, pp. 30–39, 2021.

Muh. Fahrurrozi, H. Murcahyanto, and M. Mohzana, “Produktivitas Kerja Dosen Dipengaruhi Kompetensi, Motivasi dan Pengalaman Kerja,” Journal Of Administration and Educational Management (ALIGNMENT), vol. 4, no. 1, pp. 31–42, Jun. 2021, doi: 10.31539/alignment.v4i1.2086.

N. Kariza, A. Maharani, and R. Budiman, “Kompetensi Sebagai Pemediasi Pengaruh Pelatihan dan Motivasi terhadap Produktivitas Pegawai,” Jurnal Manajemen, vol. 13, no. 1, p. 70, Feb. 2022, doi: 10.32832/jm-uika.v13i1.5970.

M. Syelviani, “Analisis pendidikan dan komepetensi guru dalam rangka meningkatkan produktivitas kerja pada SDN 023 Tembilahan Kota,” Jurnal Analisis Manajemen, vol. 4, no. 1, 2018.

Titien Septria, M. Mahdum, and R. Rusdi, “Pengaruh kompetensi guru dan budaya organisasi terhadap produktivitas Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar,” Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan), vol. 6, no. 1, pp. 160–172, 2018.

W. Setianingsih and M. A. Kader, “Pengaruh disiplin kerja, kompetensi, dan kompensasi terhadap kinerja guru,” Ekonologi Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Galuh Ciamis, vol. 5, no. 2, pp. 313–320, 2018.

E. Nofriyanti and A. Kuswantoro, “Pengaruh kompetensi pegawai, budaya organisasi, disiplin pegawai, dan kepuasan kerja terhadap produktivitas kerja pegawai,” Economic Education Analysis Journal, vol. 8, no. 3, pp. 879–897, 2019.

H. Hamdani and K. Krismadinata, “Kontribusi kompetensi dan persepsi tentag supervisi pembelajaran terhadap produktivitas kerja guru,” INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, vol. 17, no. 2, pp. 61–66, Dec. 2017, doi: 10.24036/invotek.v17i2.37.

K. Kurniawan and W. Utari, “Pelaksanaan pengembangan karir guru di SMK TI Labbaika Samarinda,” Jurnal Manajemen Bisnis, vol. 4, no. 3, pp. 222–234, 2021.

A. As’ad, “Pengembangan Karier Guru di Madrasah Ibtidaiyah Al-Ifadah Penjaringan Jakarta Utara,” Wacana Didaktika, vol. 5, no. 01, pp. 36–47, Jun. 2017, doi: 10.31102/wacanadidaktika.5.01.36-47.

S. Mukti, “Pengaruh kualifikasi pendidikan dan pengembangan karir terhadap produkitifitas kerja guru,” Studia Didaktika: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, vol. 11, no. 1, pp. 81–90, 2017.

R. Supendy and H. Harsum, “Pengaruh pengembangan karir terhadap produktivitas karyawan PT POS Indonesia (PERSERO) Kendari,” Mega Aktiva: Jurnal Ekonomi dan Manajemen, vol. 7, no. 2, p. 62, Sep. 2018, doi: 10.32833/majem.v7i2.68.

S. Alamasyah, “Pengaruh performance, orientasi dan pengembangan karir terhadap produktivitas kerja,” Jurnal Ilmiah Dunia Ilmu, vol. 5, no. 1, 2019.

I. Utama, “Pengaruh kompetensi dosen, iklim kerja, sikap kerja, dan motivasi kerja terhadap produktivitas kerja dosen perguruan tinggi swasta di Aceh ,” Universitas Negeri Medan, Medan, 2018.

M. Lestari, M. Faozanudin, and D. R. Puspita, “Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi produktivitas publikasi ilmiah guru PNS di SMP Negeri 1 Rembang dan SMP Negeri 3 Pengadegan Kabupaten Purbalingga,” The Indonesian Journal of Public Administration (IJPA), vol. 4, no. 1, Aug. 2018, doi: 10.52447/ijpa.v4i1.1121.

P. Thomas, “Faktor determinan produktivitas sekolah,” Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, vol. 17, no. 1, pp. 55–71, Jun. 2013, doi: 10.21831/pep.v17i1.1361.

A. Prasasti, “Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, kompetensi guru, dan Lingkungan kerja terhadap produktivitas sekolah,” Journal of Accounting and Business Education, vol. 2, no. 2, Sep. 2016, doi: 10.26675/jabe.v2i2.6064.

S. Supardi, Kinerja Guru. Jakarta: Raja Grafindo, 2016.

S. Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2012.

A. A. A. P. Mangkunegara, Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014.

W. Wibowo, Perilaku Dalam Organisasi. Depok: RajaGrafindo Persada, 2018.

S. Sedamayanti, Manajemen Sumber Daya Manusia: Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Bandung: P.T. Refika Aditama, 2011.

F. Luthans, Perilaku Organisasi. Yogyakarta: Andi Publisher, 2011.

S. Larasati, Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Deepublish, 2018.

V. Rivai and E. Sagala, Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan, Kelima. Jakarta: P.T. Raja Grafindo Persada, 2013.

W. S. Eko, Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia . Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015.

P. S. Siagian, Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara, 2014.

F. Rangkuti, Riset Pemasaran. Jakarta: P.T. Gramedia Pustaka.

J. F. Hair, G. T. M. Hult, C. M. Ringle, and M. Sarstedt, A Primer On Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). California: SAGE Publications, 2015.

I. Ghozali, Aplikasi Struktural Equation Modeling, Metode Alternative Dengan Partial Least Square (PLS), vol. 2015. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

A. N. Aisyah, F. N. Pinkan, P. B. Danianta, and S. Balgies, “Pengaruh pengalaman dan kompetensi terhadap produktivitas kerja,” RJABM (Research Journal of Accounting and Business Management), “, vol. 5, no. 2, pp. 86–99, 2021.

H. Baharun, “Peningkatan kompetensi guru melalui sistem kepemimpinan kepala madrasah,” At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah, vol. 6, no. 1, pp. 1–26, 2017.

F. N. Anggranei, “Realitas kompetensi guru pasca sertifikasi,” Scientific Journal of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, vol. 3, no. 4, pp. 331–340, Oct. 2020, doi: 10.37481/sjr.v3i4.229.

E. Andina, “Efektivitas Pengukuran Kompetensi Guru,” Aspirasi: Jurnal Masalah-masalah Sosial, vol. 9, no. 2, pp. 204–220, Dec. 2018, doi: 10.46807/aspirasi.v9i2.1103.

H. Usman, Manajemen: Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan, 3rd ed. Jakarta, 2011.

D. Sunyoto and B. Burhanudin, Perilaku Organisasional. Yogyakata: CAPS, 2011.

Y. D. Putra and A. Sobandi, “Pengembangan sumber daya manusia sebagai faktor yang mempengaruhi produktivitas kerja,” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, vol. 4, no. 1, p. 127, Jan. 2019, doi: 10.17509/jpm.v4i1.14963.

L. P. Sinambela and L. P. Sinambela, Manajemen Kinerja: Pengelolaan, Pengukuran, dan Implikasi Kinerja, 1st ed. Depok: Rajawali Pers, 2019.

Downloads

Published

2022-04-21 — Updated on 2021-12-30

Versions