Analisis proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam daring pada masa pandemi COVID-19 di SD Negeri Tidar 5
DOI:
https://doi.org/10.26555/jiei.v2i2.4634Keywords:
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Pembelajaran daring, Sekolah Dasar, Proses pembelajaranAbstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan daring dalam situasi pandemi COVID-19 yang berada di SD Negeri Tidar 5. Selain itu, penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi pembelajaran daring yang telah dilakukan sebagai bahan pengembangan pembelajaran di era new normal. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Sampel dalam penelitian ini adalah 80 siswa yang terdiri dari siswa kelas I hingga kelas VI. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu menggunakan metode survei dengan skala likert. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan teknik presentase, yaitu menghitung presentase dalam setiap indikator yang ada. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembalajaran PAI daring di SD Negeri Tidar 5 mencapai 78% dengan kriteria “Baik”. Hasil penelitian juga diharapkan dapat menjadi sumber evaluasi bagi sekolah dan sebagai bahan penelitian terkait efektivitas pembelajaran daring di masa yang akan datang.References
L. D. Herliandry, N. Nurhasanah, M. E. Suban, and H. Kuswanto, “Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19,” JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, vol. 22, no. 1, pp. 65–70, Apr. 2020, doi: 10.21009/jtp.v22i1.15286.
O. I. Handarini and S. S. Wulandari, “Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19,” Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, vol. 8, no. 3, pp. 496–503, 2020.
A. kusnayat Watnaya, M. hifzul Muiz, Nani Sumarni, A. salim Mansyur, and Q. yulianti Zaqiah, “PENGARUH TEKNOLOGI PEMBELAJARAN KULIAH ONLINE DI ERA COVID-19 DAN DAMPAKNYA TERHADAP MENTAL MAHASISWA,” EduTeach : Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran, vol. 1, no. 2, pp. 153–165, Jun. 2020, doi: 10.37859/eduteach.v1i2.1987.
A. Syahda Zahra and S. Wijayanti, “Efektivitas Pembelajaran Basis Online di IAIN Tulungagung dengan Adanya Kebijakan Psychal Distancing Era Pandemi Covid 19,” GERAM, vol. 8, no. 1, pp. 83–89, Jun. 2020, doi: 10.25299/geram.2020.vol8(1).5040.
N. A. Annisa, N. Asriati, and A. Sugiarto, “ANALISIS KESULITAN BELAJAR YANG DIHADAPI SISWA PADA PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus di MAN 2 Pontianak),” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, vol. 10, no. 2, pp. 1–9, 2021.
A. Ihwanah, “Problematika Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar Pada Era Pandemi Covid-19,” JIEES : Journal of Islamic Education at Elementary School, vol. 1, no. 2, pp. 44–51, Dec. 2020, doi: 10.47400/jiees.v1i2.15.
B. Bistari, “KONSEP DAN INDIKATOR PEMBELAJARAN EFEKTIF,” Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan, vol. 1, no. 2, pp. 13–20, 2017.
S. Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Penekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 1996.
S. Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2012.
S. S. Wulandari, “PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU KEWIRAUSAHAAN MELALUI LESSON STUDY BERBASIS PANTAI DAN LAUT,” Jurnal Pendidikan Edutama, vol. 5, no. 2, p. 69, Jul. 2018, doi: 10.30734/jpe.v5i2.193.
J. Maknuni, “Pengaruh Media Belajar Smartphone Terhadap Belajar Siswa Di Era Pandemi Covid-19 (The Influence of Smartphone Learning Media on Student Learning in The Era Pandemi Covid-19),” Indonesian Education Administration and Leadership Journal (IDEAL), vol. 2, no. 2, pp. 94–106, 2020.
J. Gikas and M. M. Grant, “Mobile computing devices in higher education: Student perspectives on learning with cellphones, smartphones & social media,” The Internet and Higher Education, vol. 19, pp. 18–26, Oct. 2013, doi: 10.1016/j.iheduc.2013.06.002.
A. Alvianto, “EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING PADA MATA KULIAH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM SITUASI PANDEMI COVID-19,” TA’DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, vol. 3, no. 2, p. 13, Dec. 2020, doi: 10.30659/jpai.3.2.13-26.
R. E. Putri, “MODEL INTERAKSI DALAME-LEARNING,” in Seminar Nasional Informatika, 2013, pp. 209–214.
S. Sutini, M. Mushofan, A. Ilmia, and A. D. Yanti, “EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING DENGAN MENGGUNAKAN E-LEARNING MADRASAH TERHADAP OPTIMALISASI PEMAHAMAN MATEMATIKA SISWA,” JRPM (Jurnal Review Pendidikan Matematika), vol. 5, no. 2, pp. 124–136, 2020.
A. A. Rizqi, Y. Yusmansyah, and S. Mayasari, “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar,” Alibkin (Jurnal Bimbingan Konseling), vol. 6, no. 2, 2018.
A. K. Pertiwi, S. S. A. Cahyani, R. C. Diana, and I. Gunawan, “Analisis Interaksi Simbolik Kyai Dan Santri Dalam Perspektif Kepemimpinan Berbasis Nilai Dan Etika,” Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan, vol. 2, no. 3, pp. 185–191, 2018, doi: 10.17977/um025v2i32018p185.
T. Z. Haq, “METODE DISKUSI PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM,” TA’DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, vol. 2, no. 2, p. 15, Dec. 2019, doi: 10.30659/jpai.2.2.15-24.
S. Sawaluddin, “Konsep Evaluasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Islam,” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, vol. 3, no. 1, Jul. 2018, doi: 10.25299/althariqah.2018.vol3(1).1775.
M. U. Ilmi, “Penerapan Disiplin Melalui Budaya Sekolah pada Siswa Kelas IX MTs Ponpes Islam Al Iman Muntilan,” Instructional Development Journal, vol. 3, no. 3, p. 203, Dec. 2020, doi: 10.24014/idj.v3i3.11528.
M. MH, “PENERAPAN METODE PEMBERIAN TUGAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI 004 TEMBILAHAN KECAMATAN TEMBILAHAN KABUPATEN INDRAGIRI HILIR,” Primary Jurnal Pendidikan Dasar, vol. 6, no. 1, pp. 242–251, 2017.
M. S. Muchith, “GURU PAI YANG PROFESIONAL ,” Quality, vol. 4, no. 2, pp. 264–273, 2016.
E. Wicaksana, “EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MOODLE TERHADAP MOTIVASI DAN MINAT BAKAT PESERTA DIDIK DI TENGAH PANDEMI COVID -19,” EduTeach : Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran, vol. 1, no. 2, pp. 117–124, Jun. 2020, doi: 10.37859/eduteach.v1i2.1937.
H. Cahyono, “FAKTOR-FAKTOR KESULITAN BELAJAR SISWA MIN JANTI,” Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, vol. 7, no. 1, p. 1, Mar. 2019, doi: 10.24269/dpp.v7i1.1636.
Downloads
Published
Versions
- 2021-12-30 (2)
- 2022-04-11 (1)
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Munaya Ulil Ilmi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
License and Copyright Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read the International JIEI Author Guidelines at http://journal2.uad.ac.id/index.php/jiei/about/submissions#onlineSubmissions
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities “ tacitly or explicitly “ of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with the Journal of Islamic Education and Innovation agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.