Internalisasi nilai-nilai Islam dalam pembelajaran online pada masa pandemi COVID-19 berbasis Edutainment
DOI:
https://doi.org/10.26555/jiei.v2i2.4633Keywords:
Internalisasi nilai, Transformasi, Transaksi, Transinternalisasi, EdutainmentAbstract
Pembelajaran online merupakan pilihan yang paling tepat dan terpopuler, dengan adanya penetapan pandemi COVID-19 oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Namun, berbagai tantangan dan masalah baru bermunculan seperti akses internet yang terbatas, interaksi guru-siswa menjadi sempit, dan kesulitan bagi guru dalam mengontrol engagement siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan internalisasi nilai-nilai Islam pada pembelajaran daring berbasis edutainmen. Jenis penilitian ini kualitatif diskiptif interpretif dengan tujuan mendeskripsikan dan menginterpretasikan upaya dan tantangan guru dalam menginternalisasi nilai-nilai Islam dalam pembelajaran online. Data diperoleh melalui observasi kelas online, dokumentasi, dan wawancara semi terstruktur. Teknik analisis menggunakan model Miles and Huberman yaitu mereduksi data, memaparkan data, menarik kesimpulan. Studi ini menemukan bahwa ada tiga aspek nilai-nilai Islam yang diinternalisasikan yaitu aqidah, ibadah, dan akhlak melalui tiga tahapan yaitu transformasi, transaksi, dan transinternalisasi. Proses internalisasi online dengan aplikasi zoom atau google meet dan untuk program khusus di tambah check list di Google Forms. Beberapa tantangan bagi guru antara lain ketidakmauan siswa untuk tampil di depan kamera, berpartisipasi aktif, dan menyerahkan tugas mereka, yang semuanya menyebabkan kesulitan guru dalam mengontrol engagement siswa. Hasil penelitian ini memberikan gambaran mengenai permasalahan internalisasi nilai-nilai Islam dalam pembelajaran online dan alternatif pemecahannya berdasarkan prinsip edutainment.
References
S. Ramlo, “The Coronavirus and Higher Education: Faculty Viewpoints about Universities Moving Online during a Worldwide Pandemic,” Innov. High. Educ., pp. 1–19, 2021.
H. E. Siahaineinia and T. L. Bakara, “Persepsi masyarakat tentang penggunaan masker dan cuci tangan selama pandemi Covid-19 Di Pasar Sukaramai Medan,” Wahana Inov. J. Penelit. Dan Pengabdi. Masy. UISU, vol. 9, no. 1, pp. 172–176, 2020.
S. M. Kaddi, P. Lestari, and D. Adrian, “Komunikasi keluarga dalam pencegahan coronavirus disease 2019,” J. Ilmu Komun., vol. 18, no. 1, pp. 63–74, 2020.
U. H. Salsabila, R. R. Wati, S. Masturoh, and A. N. Rohmah, “Peran Teknologi Pendidikan Dalam Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Di Masa Pandemi,” J. Pendidik. Indones., vol. 2, no. 1, pp. 127–137, 2021.
Y. M. Jamun, Z. R. E. Ntelok, and R. Ngalu, “Pengaruh Pemanfaatan Perangkat Teknologi Informasi Dan Komunikasi Terhadap Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Sekolah Dasar,” JIPD (Jurnal Inov. Pendidik. Dasar), vol. 4, no. 1, pp. 46–50, 2020.
Y. Yunus, “Pembelajaran Berbasis Edutainment Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di Sd Negeri 1 Kembaran Kulon Purbalingga,” QALAM J. Pendidik. Islam, vol. 1, no. 2, 2020.
A. Said, Revolusi Mengajar Berbasis Neurosains. Prenada Media, 2017.
R. Shodiqin, “Pembelajaran Berbasis Edutainment,” vol. IV, pp. 36–52, 2016, [Online]. Available: https://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/maqoyis/article/view/792/pdf.
Hamruni, “Konsep Edutainment dalam Pendidikan Islam,” Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2008.
S. Suyadi, Teori Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: Penerbit PT Remaja Rosdakarya, 2017.
N. Jeumpa, “Nilai-Nilai Agama Islam,” Pedagog. J. Ilm. Pendidik. dan Pembelajaran Fak. Tarb. Univ. Muhammadiyah Aceh, vol. 4, no. 2, pp. 101–112, 2017.
A. Hamid, “Metode Internalisasi Nilai-Nilai Akhlak Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 17 Kota Palu,” Ta’lim, vol. 14, no. 2, 2016.
M. A. Maarif, “Internalisasi Nilai Multikulutural Dalam Mengembangkan Sikap Toleransi (Studi Di Di Pesantren Mahasiswa Universitas Islam Malang),” Nazhruna J. Pendidik. Islam, vol. 2, no. 1, pp. 164–189, 2019.
Sugiyono, Metodologi Penelitian & Pengembangan : Research and Development. Bandung: Penerbit Alfabeta, 2019.
M. B. Miles, A. M. Huberman, and J. Saldaña, Qualitative data analysis: a methods sourcebook. Los Angeles: Sage, 2014.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2020.
L. Hakim, “Internalisasi Nilai-Nilai Agama Islam dalam Pembentukan Sikap dan Perilaku Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Muttaqin Kota Tasikmalaya,” J. Pendidik. Agama Islam., vol. 10, no. 1, pp. 67–77, 2012.
A. Halim, D. Anggraeni, and A. Fadhil, “Pembelajaran Al-Quran berbasis Edutainmnet (Impementasi pengembangan media pembelajaran Kartu Tahfidz),” J. Stud. Al-Quran, vol. 017, no. 1, pp. 73–90, 2021.
R. Hildayani, M. Sugianto, R. Tarigan, and E. Handayani, “Psikologi perkembangan anak,” 2014.
A. B. P. Hasan and B. Aliah, Psikologi Perkembangan Islam: Menyingkap Rentang Kehidupan Manusia dari Pra kelahiran hingga Pasca kematian. Rajagrafindo, 2008.
E. B. Hurlock, Psikologi Perkembangan. Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Alih Bahasa Istiwidayanti. Jakarta: Penerbir Erlangga, 1991.
J. Abdurrahman, Cara nabi menyiapkan generasi, Indonesia. La Raiba Bima Amanta, 2018.
M. F. Mubin, “Karakteristik Materi Pembelajaran Tahsinul Qur’an Berbasis Neurosains,” EDUSOSHUM J. Islam. Educ. Soc. Humanit., vol. 1, no. 1, pp. 26–44, 2021.
Z. Trinova, “Hakikat belajar dan bermain menyenangkan bagi peserta didik,” Al-Ta Lim J., vol. 19, no. 3, pp. 209–215, 2012.
E. Purwati, “Optimalisasi pendidikan Islam melalui Pembelajaran berbasis cara kerja otak,” Islam. J. Stud. Keislam., vol. 11, no. 1, pp. 86–112, 2016.
Y. Ilyas, Kuliah aqidah Islam. Yogyakarta: LPPI Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, 2007.
M. A. Rais, Cakrawala Islam: antara cita dan fakta. Mizan, 1989.
S. A. bin H. A. Asy-Syaikh, Fathul Majid: Penjelasan Lengkap Kitab Tauhid. Jakarta, 2015.
A. Rahman, “Pendidikan Akhlak Menurut Az-Zarnuji dalam Kitab Ta’lim al-Muta’allim,” At-Ta’dib, vol. 11, no. 1, 2016.
A. Maddinsyah, I. Fauzi, and A. Barsah, “Peran Teknologi Dalam Mengembangkan Potensi Diri Bagi Santri Di Yayasan Pembangunan Masyarakat Sejahtera Kelurahan Kedaung Pamulang Tangerang Selatan-Banten,” J. Pengabdi. Dharma Laksana, vol. 1, no. 2, pp. 259–266, 2019.
M. Huda, K. A. Jasmi, M. I. B. Mustari, and A. B. Basiron, “Understanding of Wara’(Godliness) as a Feature of Character and Religious Education,” Soc. Sci., vol. 12, no. 6, pp. 1106–1111, 2017.
M. Mukhlisin, “Ciri–Ciri Wara’dalam Al–Qur’an (Studi Tafsir Al-Mishbâh Dan Tafsiral-Azhâr).” UIN Raden Intan Lampung, 2018.
M. Q. Shihab, Tafsir Al Misbah, Volume 1. Tangerang: Penerbit Lentera Hati, 2007.
Departemen Agama, Al-Qur’an dan Terjemahannya. Jakarta: CV Indah Press, 2002.
S. Sanyata, “Teori dan aplikasi pendekatan behavioristik dalam konseling,” J. Paradig., vol. 14, no. 7, pp. 1–11, 2012.
Z. Daradjat, Membina Nilai-Nilai Moral Di Indonesia. Bandung: Bulan Bintang, 1971.
Malahayati, Super Teens: Jadi Remaja Luar Biasa dengan 1 Kebiasaan Efektif. Yogyakarta: Gedung Galang Press Center, 2010.
E. Globalisasi, “24 Hours Controlling System: Eksistensi Sistem Integrasi Pesantren dalam Mengetas Krisis Moral Remaja Indonesia di Era Globalisasi,” Univ. Darussalam Gontor 15-16 Sept. 2018, p. 85, 2018.
L. Alam, “Internalisasi nilai-nilai pendidikan islam dalam perguruan tinggi umum melalui lembaga dakwah kampus,” Istawa J. Pendidik. Islam, vol. 1, no. 2, pp. 101–119, 2016.
M. Fadhli, “Internalisasi Nilai-Nilai Kepemimpinan Profetik Dalam Lembaga Pendidikan Islam,” At-Ta’dib J. Ilm. Prodi Pendidik. Agama Islam, pp. 116–127, 2019.
R. Mulyana, Mengartikulasikan pendidikan nilai. Bandung: Alfabeta, 2004.
M. Isnaini, “Internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter di madrasah,” Al-Ta Lim J., vol. 20, no. 3, pp. 445–450, 2013.
M. Fadlillah, L. M. F. Filasofa, Wantini, E. Akbar, and S. Fauziyah, Edutainment Pendidikan Anak Usia Dini: Menciptakan Pembelajaran Menarik, Kreatif dan Menyenangkan. Prenada Media, 2016.
A. Muchammad, “Aspek Pedadogis dalam Dakwah Rasulullah SAW: Studi Analitis Atas QS Al-Jumu’ah 62: 2,” Model. J. Progr. Stud. PGMI, vol. 1, no. 1, pp. 22–27, 2014.
M. A. Sihabuddin, “Komunikasi Dakwah Bagi Pemurnian Aqidah Ummat,” J. Komun. Islam dan Kehumasan, vol. 2, no. 1, pp. 52–61, 2018.
N. A. Dagorha, “Pergrakan Dakwah Rasulullah,” AL-NUR J. Grad. Sch. FATONI Univ., vol. 7, no. 12, pp. 87–104, 2012.
M. Makkiyah and A. Mundiri, “Konstruksi Pendidikan Moral Dalam Film Bilal Bin Rabah A New Breed Of Hero Karya Ayman Jamal,” Al-Tadzkiyyah J. Pendidik. Islam, vol. 10, no. 1, pp. 31–49, 2019.
N. Ghazali, A. M. Zain, and M. N. A. Rahman, “Filem Dokumentari Jejak Rasul Pencetus Inkuiri Masyarakat Malaysia Dalam Memahami Sejarah Islam.”
K. Khoerussa’adah, “Strategi Radio PTDI Unisa 205 (106.2 AM) dalam Menyiarkan Siaran Dakwah.” IAIN Walisongo, 2012.
A. Dermawan, “Keefektifan collaborative learning berbasis quiz edutainment terhadap ketuntasan hasil belajar,” Chem. Educ., vol. 3, no. 1, 2014.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Muh Fatkul Mubin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
License and Copyright Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read the International JIEI Author Guidelines at http://journal2.uad.ac.id/index.php/jiei/about/submissions#onlineSubmissions
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities “ tacitly or explicitly “ of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with the Journal of Islamic Education and Innovation agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.