Mengembangkan potensi beragama anak usia dini tinjauan teori Mature Religion

Authors

  • Dwi Hastuti Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.26555/jiei.v1i2.3412

Keywords:

Potensi Beragama, Anak Usia Dini, Mature Religion

Abstract

Memberikan pengetahuan terutama pengetahuan keagamaan terhadap anak usia dini perlu ditanamkan di awal kehidupannya, karena mengingat urgensinya yang berkaitan dengan tumbuh kembang kejiwaan anak usia dini. Melalui kematangan agama akan menimbulkan dampak positif bagi prilaku anak usia dini. Tujuan penelitian ini mengembangakan potensi agama anak usia dini dan menemukan suatu metode pembelajaran yang tepat. Metode penelitian kualitatif, dengan pengumpukan data yang digunakan yaitu literature review. Hasil dari penelitian ini adalah perkembangan agama anak usia dini melalui kombinasi antara potensi bawaan atau fitrah dan potensi yang datang dari luar. Pendidikan merupakan sarana yang dapat mengubah rasa agama sebagai sesuatu yang bersifat potensi menjadi sesuatu yang bersifat aktual. Berdasarkan karakteristik rasa agama tersebut, metode yang cocok diantaranya adalah modeling, pembiasaan, bermain, bercerita, dan visiting.

References

Khadijah, “Pengembangan keagamaan anak usia dini,” Raudhah, vol. IV, no. 1, pp. 33–48, 2016.

W. Putra, “Perkembangan Anak Ditinjau dari Teori Mature Religion,” Nadwa, vol. 7, no. 1, p. 1, 2013, doi: 10.21580/nw.2013.7.1.541.

A. Yani, “Pendidikan Agama Pada Anak Oleh Orang Tua : Tinjauan Psikologi Islam,” J. Ilmu Agama UIN Raden Fatah, vol. 14, no. 1, pp. 33–44, 2013.

A. Souza, A. Kelleher, R. Cooper, R. A. Cooper, L. I. Iezzoni, and D. M. Collins, “Multiple sclerosis and mobility-related assistive technology: Systematic review of literature,” J. Rehabil. Res. Dev., vol. 47, no. 3, pp. 213–224, 2010, doi: 10.1682/JRRD.2009.07.0096.

W. Houston, “Sources :,” no. December 1994, pp. 1–5, 2021.

M. Q. Shihab, “Tafsir Maudhu’i atas Pelbagai Persoalan Umat Wawasan Al-Quran DAFTAR ISI BAB I Pokok-pokok Keimanan,” no. November, p. 571, 1996, [Online]. Available: www.bektiharjo.com.

R. Agama and U. Remaja, “Iin Inyani, Fungsi Conscience Dalam,......,” no. 2, pp. 187–202, 2015.

F. Syafri, “Memahami Perkembangan Psikologi Keagamaan Anak Usia Dini,” Al Fitrah J. Early Child. Islam. Educ., vol. 2, no. 1, p. 242, 2018, doi: 10.29300/alfitrah.v2i1.1519.

U. K. Rambe, “Pemikiran Amin Abdullah,” Al-Hikmah J. Theosof. dan Perad. Islam, vol. 1, no. 2, pp. 146–175, 2019.

A. About and O. Khyammam, “Chapter 7 :,” pp. 99–114.

P. Thagard, “The emotional coherence of religion,” J. Cogn. Cult., vol. 5, no. 1–2, pp. 58–74, 2005, doi: 10.1163/1568537054068642.

C. Smith, “Theorizing Religious Effects Among American Adolescents,” J. Sci. Study Relig., vol. 42, no. 1, pp. 17–30, 2003, doi: 10.1111/1468-5906.t01-1-00158.

Y. El-Menouar, “The Five Dimensions of Muslim Religiosity . Results of an Empirical Study,” Method, Data, Anal., vol. 8, no. 1, pp. 53–78, 2014, doi: 10.12758/mda.2014.003.

B. Haneman, “The Royal Society of Medicine,” Med. J. Aust., vol. 140, no. 3, pp. 179–179, 1984, doi: 10.5694/j.1326-5377.1984.tb103966.x.

G. V. Marr and R. Heppinstall, “on the autoionizatioOn transitions in thallium atoms,” Proc. Phys. Soc., vol. 87, no. 1, pp. 293–298, 1966, doi: 10.1088/0370-1328/87/1/333.

A. S. Lillard, “Playful learning and Montessori education,” Am. J. Play, vol. 5, no. 2, pp. 157–186, 2013, [Online]. Available: http://www.journalofplay.org/sites/www.journalofplay.org/files/pdf-articles/5-2-article-play-learning-and-montessori-education_0.pdf.

www.researchconnections.org, “Play and Learning In Early Care and Education Settings,” 2011.

R. Buku, T. Aulad, and A. N. Ulwan, “Artikel Pengajar Islam,” pp. 1–24, 2021.

G. Airenti, “[1] G. Airenti, ‘The development of anthropomorphism in interaction: Intersubjectivity, imagination, and theory of mind,’ Front. Psychol., vol. 9, no. NOV, pp. 1–13, 2018, doi: 10.3389/fpsyg.2018.02136.The development of anthropomorphism in interaction: I,” Front. Psychol., vol. 9, no. NOV, pp. 1–13, 2018, doi: 10.3389/fpsyg.2018.02136.

L. J. Bridges and K. a. Moore, “Religion and Spirituality in Childhood and Adolescence,” Child Trends, pp. 1–59, 2002, [Online]. Available: http://www.childtrends.org/wp-content/uploads/2002/01/Child_Trends-2002_01_01_FR_ReligionSpiritAdol.pdf.

M. Anak-anak, “Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 7 No. 2, Juli-Desember 2020,” vol. 7, no. 2, pp. 801–808, 2020.

Downloads

Published

2020-12-30