Analisis metode Sosiodrama dalam pembelajaran Aqidah Akhlak materi kerja keras dan mandiri

Authors

  • Nurjanah Wijayanti SMP Muhammadiyah 1 Depok Selman, Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.26555/jiei.v1i2.3403

Keywords:

Metode Sosiodrama, Pembelajaran Aqidah Akhlak, Kerja keras dan mandiri

Abstract

Bisa dikatakan bahwa Pendidikan Aqidah Akhlak merupakan dasar untuk membentuk karakter siswa atau  softskill. Menjadi tantangan tersendiri yang akan dihadapi dalam pembelajaran Aqidah Akhlak agar siswa mengamalkan ajaran agama, bukan skadar mengajaraknan teori sebagai pengetahuan saja, akan tetapi menuntut untuk mengarahkan anak didik agar memiliki kualitas iman, taqwa, dan akhlak Mulia. Mestinya proses pembelajaran harus dapat diimplementasikan dalam kehidupan nyata, Oleh arena itu, penning untuk menguatkan pelajaran Aqidah Akhlak, diperlukan metode dan strategi pembelajaran yang lebih kompleks dan tidak monoton. Dalam artikel ini penults menganalisa satu metode pembelajaran active learning, yaitu metode Sosiodrama pada materi kerja cerai dan mandiri. Penelitian ini merupakan penelitian library research  menggunakan metode annalists isi (content analysis), dengan menganalisis dari dua summer yakni data primer dan data sekunder melalui pendekatan deskriptif analisis, dan interpretatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi metode Sosiodrama pada pembelajaran Aqidah Akhlak materi kerja keras dan mandiri, siswa dapat berpartisipasi aktif dan bekerjasama untuk memperagakan sikap karja keras dan mandiri. Peserta didik dapat menghayati sikap kerja keras dan mandiri, sehingga mudah mengambil kesimpulan berdasarkan penghayatannya sendiri. 

References

S. & M. B. U. Nurdin, Guru Profesional dan Implementasi Kurikulum. Jakarta: Cipta Press, 2020.

P. A. I. Melalui and M. Kelas, “Kegiatan Akademik Berupa Perencanaan, Pelaksanaan Dan Penilaian Pembelajaran.,” vol. 1, no. 2, p. 163, 2017.

M. M. Rasyid, “Islam Rahmatan Lil Alamin Perspektif Kh. Hasyim Muzadi,” Epistemé J. Pengemb. Ilmu Keislam., vol. 11, no. 1, pp. 93–116, 2016, doi: 10.21274/epis.2016.11.1.93-116.

Sungkowo, “Konsep Pendidikan Akhlak: Komparasi Pemikiran Al-Ghazali dan Barat,” Nur El-Islam, vol. 1, no. 1, pp. 33–62, 2014.

Tabroni, “Upaya Menyiapkan Pendidikan Yang Berkualitas,” Pendidikan, no. 5, pp. 54–67, 2013.

M. Afandi, E. Chamalah, and O. P. Wardani, Model Dan Metode Pembelajaran Di Sekolah, vol. 392, no. 2. 2013.

M. Pelajaran, F. Di, and M. Aliyah, “Mata Pelajaran Fiqih di Madrasah Swasta Diajukan Untuk Melengkapi Tugas-tugas dan Memenuhi Syarat- Syarat Guna Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan Agama Islam ( S . PD ) NPM : 1501020066,” 2019.

S. Ulfa, Maria., “Terampil Memilih Dan Menggunakan Metode Pembelajaran,” Suhuf, vol. 30, no. 1, pp. 35–56, 2018.

F. Npm, P. A. Islam, and I. Keguruan, “Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas X Sma N 1 Batanghari Lampung Timur Tahun Pelajaran,” 2019.

K. Kinestik, S. Dalam, and P. Ips, “Kata Kunci: Sosiodrama, Kecerdasan Kinestetik 1,” pp. 1–18, 2016.

M. L. Silberman, Active Learning. Terjemahan Raisul Muttaqien, 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nusa Media., 2006.

E. Y. Kodina, B. Rama, A. R. Getteng, and N. Said, “Hakikat Materi Akidah Perspektif Pendidikan Agama Islam Dalam Kurikulum Sekolah Dasar Kelas V,” J. Diskurs. Islam, vol. 04, no. 03, p. 529, 2016.

Y. Suryadarma and A. H. Haq, “Pendidikan Akhlak Menurut Imam Al-Ghazali,” At-Ta’dib, vol. 10, no. 2, pp. 362–381, 2015.

S. Sy, H. Hairunnisa, and L. Rahmawati, “Pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Negeri Model Darussalam Martapura Kabupaten Banjar,” Tashwir, vol. 1, no. 2, pp. 81–94, 2014, doi: 10.18592/jt.v1i2.164.

M. Maryono, “Analisis Pedagogical Content Knowledge (Pck) Guru Matematika Dan Praktik Pembelajarannya,” JP2M (Jurnal Pendidik. dan Pembelajaran Mat., vol. 1, no. 2, p. 58, 2020, doi: 10.29100/jp2m.v1i2.200.

G. Resbiantoro, “Analisis Pedagogical Content Knowledge (Pck) Terhadap Buku Guru Sd Kurikulum 2013,” Sch. J. Pendidik. dan Kebud., vol. 6, no. 3, p. 153, 2016, doi: 10.24246/j.scholaria.2016.v6.i3.p153-162.

N. Sudjana, Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo, 1996.

Abdullah., “Metode Sosiodrama Dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak Siswa Kelas VII Di Mts Pondok Pesantren.,” Universitas Muhammadiyah Palembang., 2015.

M. T. O. D. Sosiodrama and D. Pembelajaran, “Otch Abduliab.”

R. F. Fauziyah, A.Y & Pradipta, “Implementasi Metode Sosiodrama dalam Mengasah Pelafalan Kalimat Anak Tunarungu Kelas XI.,” J. Ortopedagogia, vol. 4, no. 2, pp. 82–86, 2018.

I. T. A. Awaliyah, A. Taufiq, and A. Hafina, “The Effectiveness of Sociodrama to Improve Students’ Anger Management Skills,” Islam. Guid. Couns. J., vol. 2, no. 2, pp. 56–65, 2019, doi: 10.25217/igcj.v2i2.397.

N. K. D. Tristiantari, “an Effect of Sociodrama Method Implementation in Students Language Skill At Fourth Grade Elementary School in Cluster Xii of Buleleng District,” J. Educ. Technol., vol. 1, no. 1, p. 45, 2017, doi: 10.23887/jet.v1i1.10083.

Downloads

Published

2020-12-30