Nilai-nilai filosofis dalam pendidikan agama islam

Authors

  • Ifmawati Ifmawati SD Muhammadiyah Ngentak Banjararum, Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.26555/jiei.v1i2.3384

Keywords:

Nilai-nilai Filosofis, Filsafat Ilmu, Pendidikan Islam

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mendalami pengaruh filsafat ilmu dalam pendidikan agama Islam. Filsafat ilmu adalah kajian komprehensif terkait pondasi ilmu, dalam artikel ini adalah ilmu mendidik agama Islam. Proses untuk menyibak pondasi ilmu tersebut dilakukan melalui tiga hal, pertama, secara ontologi; kedua, epistemologi; Ketiga, aksiologi. Metode yang dipakai dalam penulisan artikel ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif dalam melihat secara filosofis Pendidikan Agama Islam. Pendidikan agama Islam secara filosofis adalah proses pembimbingan secara sadar seorang pendidik terhadap peserta didik agar unsur jasmaniah, rohaniah, intelektualitas, dan kemampuan lainnya dari peserta didik dapat bertambah dan semakin baik menuju terciptanya insan kamil yang tercermin dari individu, keluarga dan masyarakat yang mengusung nilai-nilai Islami.

References

T. L. Gie, Pengantar Filsafat Ilmu. Yogyakarta: Liberty, 2012.

J. S. Suriasumantri, Filsafat Ilmu: Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 2005.

Kuntowijoyo, Islam Sebagai Ilmu: Epistemologi, Metodologi, dan Etika. Jakarta: Teraju, 2004.

M. Tolchah, “Filsafat Pendidikan Islam: Kontruksi Tipologis dalam Pengembangan Kurikulum,” Tsaqafah J. Perad. Islam, vol. 11, no. 2, pp. 381–398, 2015.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2013.

E. K. Poerwandari, Pendekatan Kualitatif Untuk Penelitian Perilaku Manusia. Depok: LPSP3 Universitas Indonesia, 2005.

L. J. Moleong, Metode Penelitian Kualitatif, 36th ed. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2017.

N. S. Sukmadinata, Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2011.

Ismaun, Filsafat Ilmu. Bandung: Penerbit UPI, 2001.

S. Widyawati, “Filsafat Ilmu Sebagai Landasan Pengembangan Ilmu Pendidikan,” J. Seni Budaya, vol. 11, no. 1, p. 8, 2013.

H. M. Arifin, Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 2003.

A. Nata, Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: PT. Logos Wacana Ilmu, 2001.

A. H. Hermawan, Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Departemen Agama Republik Indonesia, 2009.

O. M. A.-T. Al-Syaibani, Filsafat Pendidikan Islam, 1st ed. Jakarta: Bulan Bintang, 2003.

Mahmud and T. Priatna, Pemikiran Pendidikan Islam, I. Bandung: Sahifa, 2005.

Matpari, “Tipologi Pemikiran Pendidikan Islam: Membangun Paradigma Pendidikan Sebagai Wahana Pembinaan Dan Pengembangan Peserta Didik,” J. Stud. Islam, vol. 5, pp. 1–12, 2018.

A. Sahin, “Critical issues in islamic education studies: Rethinking islamic and western liberal secular values of education,” Religions, vol. 9, no. 11, 2018.

R. Rohinah, “Filsafat pendidikan Islam; Studi filosofis atas tujuan dan metode pendidikan Islam,” J. Pendidik. Islam, vol. 2, no. 2, p. 309, 2013.

H. H. Horne, The Philosophy of Education. Wisconsin: Book on Demand Ltd., 2014.

A. H. M. ibn M. Al-Ghazali, Ihya ’Ulumddin. Beirut: Dar el-Fikr, 1939.

F. Lahmar, “Islamic education: An islamic ‘wisdom-based cultural environment’ in awestern context,” Religions, vol. 11, no. 8, pp. 1–15, 2020.

A. ar-R. I. Khaldun, Muqaddimah Ibnu Khaldun. Beirut: Dar al-Kutub al-’Ilmiyah, 1993.

A. T. A. Putra, “Pemikiran Filosofis Pendidikan Ibnu Sina,” Lliterasi, vol. VI, no. 2, pp. 191–201, 2015.

Downloads

Published

2020-12-30