Analisis kompetensi pedagogik guru PAI dalam mengimplementasikan kurikulum di SMA Negeri
DOI:
https://doi.org/10.26555/jiei.v1i2.1474Keywords:
Curriculum, Pedagogical, Teachers PAI, High Schools, Constraints and Efforts,Abstract
Kompetensi pedagogik guru PAI memiliki peran yang sangat penting dalam mengimplementasikan kurikulum. Pengelolaan kompetensi pedagogik menjadi problem yang umum ditemui dalam mewujudkan tujuan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kompetensi pedagogik guru PAI, upaya dan kendala guru PAI dalam mengimplementasikan kurikulum pada lima SMA Negeri di Aceh. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian memberikan deskripsi kompetensi pedagogik guru PAI dikelola dengan baik yang diwujudkan dengan penyusunan rencana pembelajaran, silabus, program tahunan, dan program semester, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Upaya pengembangan kompetensi dilakukan dengan kegiatan pelatihan, pengembangan diri, supervisi, motivasi, dan pembinaan guru. Sedangkan kendala implementasi kurikulum adalah kurangnya motivasi, lemahnya penguasaan teknologi dan informasi, minimnya sosialisasi perubahan kurikulum dan evaluasi pembelajaran, terbatasnya sumber belajar, alokasi struktur kurikulum yang minim, dan input peserta didik yang rendah.
References
E. Mulyasa, Pengembangan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2014.
I. Ismail, “Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru PAI dalam Pembelajaran,†J. MUDARRISUNA Media Kaji. Pendidik. Agama Islam, vol. 4, no. 2, pp. 704–719, 2015.
A. Mulyadi, “Kontribusi Kompetensi Pedagogik dan Iklim Organisasi terhadap Kinerja Guru,†J. Turats, vol. 7, no. 2, pp. 49–61, 2011.
A. Kosim, “Kompetensi Pedagogik Guru dan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam,†J. Madaniyah, vol. 2, no. 11, pp. 260–275, 2016.
S. Indra, “Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional Guru PAI terhadap Prestasi Belajar PAI Pada Siswa SMK Farmako Medika Plus Caringin Bogor,†2016.
D. R. Umami and E. Roesminingsih, “Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa dalam Ujian Nasional (UN) di SMA Negeri Se Kota Mojokerto,†J. Inspirasi Manaj. Pendidik., vol. 3, no. 3, pp. 81–88, 2014.
A. Rizqi, A. Affandi, and M. Nuryadien, “PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PAI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI 11 KOTA CIREBON,†ITQAN, vol. 10, no. 2, pp. 109–119, 2019.
H. T. Abdillah, “Pengaruh Kompetensi Profesional Dan Pedagogik Guru,†J. Pendidik. Ilmu Sos., vol. 24, no. 2, pp. 145–151, 2015.
A. Habibullah, “Kompetensi Pedagogik Guru,†EDUKASI J. Penelit. Pendidik. Agama dan Keagamaan, vol. 10, no. 3, pp. 362–377, 2012.
N. Munajat, “Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pembelajaran PAI Sesuai Kurikulum 2013 Pada Kegiatan PLPG Di FITK UIN Sunan Kalijaga,†J. Pendidik. Agama Islam, vol. 13, no. 2, pp. 211–221, 2016.
E. Mulyasa, Menjadi Guru Propesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2005.
M. Hambali, “Manajemen Pengembangan Kompetensi Guru PAI,†J-MPI (Jurnal Manaj. Pendidik. Islam., vol. 1, no. 1, pp. 70–89, 2016.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2008.
E. Emzir, Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Rajawali Press, 2013.
E. Mulyasa, Standar Kompetensi Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2007.
M. S. Muchith, Pembelajaran Kontekstual. Semarang: Rasail Media, 2008.
A. F. Yasin, “Pengembangan Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam di Madrasah (Studi Kasus di MIN Malang I),†El-Qudwah, vol. 1, no. 5, pp. 157–181, 2011.
A. Gani, “Peran Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru di Sekolah Dasar Negeri Gugus Kecamatan Payaraman Kabupaten Ogan Ilir,†Conciencia, vol. 14, no. 1, pp. 1–21, 2014.
I. Zulvah, “Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Menengah Atas,†MUDARRISA J. Kaji. Pendidik. Islam, vol. 5, no. 2, pp. 270–298, 2013.
M. Hi. Ginanjar and M. As-Surur, “Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Pengaruhnya Terhadap Peningkatan Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Karawang Jawa Barat,†Islam. Manag., vol. I, no. 2, pp. 207–232, 2018.
N. H. Rofiah, “Mengembangkan Kompetensi Pedagogik Guru Pai Sd / Mi Dengan Model Pembelajaran Kooperatif,†J. Pendidik. Dasar Din., vol. 6, no. 2, pp. 246–262, 2014.
Downloads
Published
Issue
Section
License
License and Copyright Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read the International JIEI Author Guidelines at http://journal2.uad.ac.id/index.php/jiei/about/submissions#onlineSubmissions
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities “ tacitly or explicitly “ of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with the Journal of Islamic Education and Innovation agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.