Hakikat guru Pendidikan Agama Islam (Studi pemikiran KH. Ahmad Dahlan dan Ki Hajar Dewantara)

Authors

  • Kadar Risman Universitas Muhammadiyah Buton
  • Mohammad Nurhakim Universitas Muhammadiyah Malang
  • Khozin Khozin Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Saprun Saprun Universitas Muhammadiyah Mataram

DOI:

https://doi.org/10.26555/jiei.v5i1.10953

Keywords:

Guru Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Agama Islam, Keteladanan, Pembimbing, Pendorong

Abstract

Guru Pendidikan Agama Islam menjadi faktor kunci dalam keberhasilan pendidikan dan pengajaran agama Islam, guru sebagai teladan menjadi harapan bagi masyarakat. Namun masih ditemukan guru yang tidak lagi memberi keteladanan, kurang kompeten, dan bahkan tidak memenuhi kualifikasi sebagai pendidik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hakikat guru Pendidikan Agama Islam menurut K.H. Ahmad Dahlan dan Ki Hajar Dewantara. Penelitian dilakukan dengan pendekatan penelitian kualitatif, menggunakan jenis penelitian literatur atau penelitian pustaka. Data literatur yang didapatkan kemudian dilakukan triangulasi sumber dan review literatur. Analisis data menggunakan analisis konten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hakikat guru agama Islam dalam perspektif K.H. Ahmad Dahlan yaitu guru yang memberikan keteladanan moral dan spiritual, pengajar, pembimbing, pendorong kemajuan ilmu pengetahuan, dan pembentuk karakter peserta didik yang inovatif dan adaptif. Adapun Ki Hajar Dewantara menekankan hakikat guru agama Islam yaitu guru yang menjadi teladan hidup, penggerak yang bijaksana, dan pembimbing atau motivator sebagaimana dikenal dengan Patrap Triloka yang berbunyi “Ing ngarso sung tulodo, ing madyo mangun karso, tutwuri handayani”. Relevansi dari kedua tokoh tersebut untuk saat ini yaitu pada integrasi ilmu pengetahuan dan agama, pengembangan karakter, dan metode pembelajaran aktif dan inovatif.

References

J. Umar, “Peranan Guru Agama Islam dalam Membelajarkan Siswa Menjadi Manusia yang Berakhlak Mulia,” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, vol. 7, no. 1, pp. 117–128, 2016.

N. S. Lubis, “Pembentukan Akhlak Siswa di Madrasah: Kontribusi Lingkungan Sekolah, Kompetensi Guru, dan Mutu Pendidikan,” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, vol. 7, no. 1, pp. 137–156, Jul. 2022, doi: 10.25299/al-thariqah.2022.vol7(1).8847.

W. Wiwin, “Pengaruh Kompetensi Guru PAI terhadap Akhlak Siswa di SMP 6 Cibeber dan SMP 3 Cibeber-Cianjur,” ASWAJA: Jurnal Pendidikan dan Keislaman, vol. 2, no. 1, pp. 38–45, 2024.

A. J. Sitika et al., “Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Sebagai Upaya Memperkuat Nilai-Nilai Keagamaan,” Journal of Education, vol. 6, no. 1, pp. 5899–5909, 2023.

H. Suryadi, “Dampak Pendidikan Agama Islam Terhadap Perubahan Perilaku Anak Didik Pemasyarakatan (ANDIKPAS) ,” Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Keislaman, vol. 4, no. 2, pp. 1–11, 2019.

A. S. Riantao, “Pengaruh kompetensi kepribadian guru Pendidikan Agama Islam terhadap pembentukan akhlak, kecerdasan emosional, dan kedisiplinan siswa di SMPN Se-Kecamatan Ngunut Tulungagung,” Universitas Islam Negeri Sayid Ali Rahmatullah Tulungagung, Tulungagung, 2020.

E. Safitri, Y. H. Setiawati, and A. Suryana, “Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru terhadap Akhlak Siswa di SMK Cendekian Muslim Nanggung-Bogor,” Transformasi Manageria: Journal of Islamic Education Management, vol. 1, no. 1, pp. 30–53, Feb. 2021, doi: 10.47467/manageria.v1i1.270.

V. Nita, A. Badar, and A. Fuadi, “Konsep Guru Dalam Pandangan Ki Hajar Dewantara Dan Dari Perspektif Pendidikan Islam,” Ability: Journal of Education and Social Analysis, vol. 4, no. 1, pp. 170–180, 2023.

M. Ilham and P. Handoyo, “Kekerasan Guru Terhadap Siswa (Studi Fenomenologi Tentang Bentuk Kekerasan Guru dan Legitimasi Penggunaannya),” Paradigma, vol. 1, no. 3, pp. 1–4, 2013.

A. Mu’thi, A. M. Mulkhan, D. Marihandono, and T. M. K. Nasional, K.H. Ahmad Dahlan (1868-1923). Jakarta: Museum Kebangkitan Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2015.

S. Wiryopranoto, N. Herlina, D. Marihandono, Y. B. Tangkilisan, and T. M. K. Nasional, Perjuangan Ki Hajar Dewantara: Dari Politik ke Pendidikan. Jakarta: Museum Kebangkitan Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017.

K. Khatibah, “Peneltian Kepustakaan,” Jurnal Iqra’, vol. 5, no. 1, pp. 36–39, 2011.

R. S. Nugroho, “Pemikiran Pendidikan Islam menurut KH Ahmad Dahlan,” Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora, vol. 1, no. 4, pp. 605–612, 2022.

A. K. Al Mufarriju, “Sejarah dan Peran Muhammadiyah untuk Kemajuan Indonesia,” Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, vol. 2, no. 4, pp. 124–134, Jun. 2024, doi: 10.61132/jbpai.v2i4.442.

Y. Hermawanti, N. Nisrokha, and W. Wahyudin, “Konsep Pendidikan Islam menurut K.H. Ahmad Dahlan,” Promis: Jurnal Prodi MPI STIT Pemalang, vol. 2, no. 1, 2020.

N. Sutarna and A. S. Anwar, “Value of Character and Philosophy of Life KH. Ahmad Dahlan,” Istawa : Jurnal Pendidikan Islam, vol. 5, no. 2, p. 206, Aug. 2020, doi: 10.24269/ijpi.v5i2.2558.

H. Mansur, Implementasi Pendidikan Inklusi. Yogyakarta: Pustaka Senja, 2018.

A. Khoirudin, “Muhammadiyah dan Pemberdayaan Masyarakat: Habitus, Modal, Dan Arena,” Dialog, vol. 42, no. 2, pp. 165–184, Feb. 2020, doi: 10.47655/dialog.v42i2.331.

R. Sasmita and Mhd. L. Arqam, “Kompetensi Kepribadian Guru Dalam Perpektif Muhammadiyah,” TA’DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, vol. 5, no. 1, p. 21, Jun. 2022, doi: 10.30659/jpai.5.1.21-31.

A. R. Jupri and Z. Sari, “Rehumanisasi Melalui Pendidikan Agama Menurut Perspektif Kh. Ahmad Dahlan,” Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran dan Pencerahan, vol. 18, no. 2, Sep. 2022, doi: 10.31000/rf.v18i2.6843.

H. Herdiyanto and S. Sriyanto, “Kepribadian Guru Muhammadiyah (Telaah Buku PHIWM),” Alhamra Jurnal Studi Islam, vol. 1, no. 2, p. 148, Mar. 2021, doi: 10.30595/ajsi.v1i2.10135.

K. Kandiri and A. Arfandi, “Guru Sebagai Model dan Teladan dalam Meningkatkan Moralitas Siswa,” Edupedia : Jurnal Studi Pendidikan dan Pedagogi Islam, vol. 6, no. 1, pp. 1–8, Jul. 2021, doi: 10.35316/edupedia.v6i1.1258.

R. Palunga and M. Marzuki, “Peran Guru dalam Pengembangan Karakter Peserta Didik di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Depok Sleman,” Jurnal Pendidikan Karakter, vol. 8, no. 1, Apr. 2017, doi: 10.21831/jpk.v7i1.20858.

N. Fadilah, “Peran guru dalam perspektif Q.S. An-Nahl ayat 43-44 (Studi Kasus Guru PAI MTs Negeri 2 Temanggung Tahun 2018),” Universitas Islam Negeri Salatiga, Salatiga, 2018.

U. A. Syafri, M. Frandani, S. Suryati, W. Wasto, and A. M. Tamam, “Titik temu pemikiran pendidikan Ki Hajar Dewantara dengan pemikiran tokoh pendidikan Islam di Indonesia,” Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, vol. 16, no. 1, pp. 45–54, Apr. 2023, doi: 10.32832/tawazun.v16i1.12262.

K. Auliyah, “Inovasi Metode Pendidikan Agama Islam Melalui Active Learning,” Edupedia : Jurnal Studi Pendidikan dan Pedagogi Islam, vol. 7, no. 1, pp. 29–36, Jul. 2022, doi: 10.35316/edupedia.v7i1.2094.

H. Ikmal, Nalar Humanisme dalam Pendidikan: Belajar dari Ki Hadjar Dewantara dan Paulo Freire. Lamongan: Nawa Litera Publishing, 2021.

N. Nashrullah and H. C. Adi, “Nilai- nilai pendidikan Islam dalam ajaran Ki Hajar Dewantara,” Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum dan Pendidikan, vol. 20, no. 2, pp. 1269–1278, 2021.

A. M. Zt, “Ki Hajar Dewantara dan Konsep Pendidikannya dalam Perspektif Islam,” EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, Apr. 2017, doi: 10.32729/edukasi.v3i1.206.

M. Tohir, “Sosok Guru Profesional yang Ideal Ala Ki Hajar Dewantara,” Dec. 05, 2019. doi: 10.31219/osf.io/w4cef.

M. Irfan and S. A. Widodo, “Integrasi Agama dan Patrap Triloka pada Pembelajaran Matematika untuk Membina Karakter Siswa,” SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, vol. 3, no. 2, Oct. 2017, doi: 10.30738/sosio.v3i2.1613.

A. D. Wulandari, “Pendidikan Karakter Menurut K.H. Ahmad Dahlan dan Relevansinya di Indonesia,” Al-Hikmah: Jurnal Studi Agama-agama, vol. 8, no. 1, pp. 73–84, 2022.

Z. D. Apriansah and D. Wanto, “Nilai-Nilai Pendidikan Budi Pekerti Menurut Ki Hadjar Dewantara dan Relevansi dengan Kebijakan Pendidikan Karakter,” LITERASI: Jurnal Pendidikan Guru Indonesia, vol. 1, no. 2, pp. 105–113, Dec. 2022, doi: 10.58218/literasi.v1i2.382.

Downloads

Published

2024-06-30

Issue

Section

Articles