Analisis persepsi mahasiswa Generasi Z dalam penggunaan media sosial dengan nilai toleransi di Kota Bandung

Authors

  • Waway Qodratulloh Suhendra Politeknik Negeri Bandung
  • Hazma Hazma Politeknik Negeri Bandung
  • Hasbi Assidiqi Mauluddi Politeknik Negeri Bandung

DOI:

https://doi.org/10.26555/jiei.v5i1.10750

Keywords:

Generasi Z , Media Sosial, Persepsi mahasiswa, Toleransi

Abstract

Penggunaan media sosial yang masif menjadi sarana dalam sosialisasi karakter toleransi yang membentuk harmoni dalam masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi mahasiswa Generasi Z dalam penggunaan media sosial, dan hubungannya dengan nilai toleransi di Kota Bandung. Penelitian dilaksanakan dengan pendekatan penelitian kuantitatif menggunakan angket sebagai instrumen penelitian. Teknik pemilihan responden dilakukan dengan sampling bertujuan atau purposive sampling, disertai dengan teknik analisis deskriptif dan uji korelasi.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa terhadap media sosial sebagai sarana penyebaran nilai toleransi positif. Analisis inferensial menunjukkan hubungan positif dan kuat antara persepsi mahasiswa dengan nilai toleransi dalam pemikiran dengan koefisien korelasi 0.685. Hubungan antara persepsi mahasiswa terhadap media sosial dengan nilai toleransi dalam tindakan dengan koefisien korelasi 0.694, yang menunjukkan hubungan yang kuat dan positif. Toleransi dalam pemikiran dan toleransi dalam tindakan menunjukkan nilai koefisien korelasi 0.806 yang menunjukkan korelasi yang sangat kuat. 

References

W. Q. S, H. A. M, Hafidhuddin, R. Hadikusuma, dan R. Rahman, “Mainstreaming Religious Moderation in Polytechnic, Quo Vadis?,” TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education, vol. 9, no. 2, pp. 229–241, 2022.

Y. Hanafi et al., Internalisasi nilai-nilai moderasi beragama dalam perkuliahan pendidikan agama Islam pada perguruan tinggi umum. Delta Pijar Khatulistiwa, 2022.

R. Rahman dan M. Murniyetti, “Pengembangan nilai moderasi beragama dalam materi akidah pada perkuliahan Pendidikan Agama Islam di Universitas Negeri Padang,” Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, vol. 23, no. 2, 2023.

I. Muchtar, A. M. Erfandi, Z. Abidin, A. Aliman, R. Ramli, dan D. L. Bawa, “Analisis Prinsip Komunikasi Islami dalam Membangun Keluarga Harmonis Menurut Alqur’an,” ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, vol. 2, no. 10, pp. 4705–4720, 2023.

A. J. Mahardhani, “Koeksistensi Berbasis Moderasi Beragama: Konstruksi Keharmonisan Antar Umat Beragama di Desa Gelangkulon Ponorogo,” Asketik: Jurnal Agama Dan Perubahan Sosial, vol. 6, no. 2, pp. 243–258, 2022.

A. Nawaf, S. Azura, S. F. Gultom, W. Afriansyah, dan A. D. Putra, “Analisis Literasi Digital Dalam Penggunaan Media Sosial Di Kalangan Remaja Desa Payung Kec. Payung Kab. Karo,” Journal Of Human And Education (JAHE), vol. 3, no. 2, pp. 337–343, 2023.

D. Suparto dan A. Habibullah, “Efektivitas Penggunaan Sosial Media Twitter Dalam Penyebaran Informasi Dalam Pelayanan Publik (Studi Kasus Kabupaten Pemalang),” Indonesian Governance Journal: Kajian Politik-Pemerintahan, vol. 4, no. 2, 2021.

H. Y. Wono, N. Supriaddin, F. Amin, Y. Indriastuti, dan S. A. Sufa, “Media sosial, literasi digital, dan inovasi bisnis trikotomi baru dalam manajemen strategi,” Branding: Jurnal Manajemen dan Bisnis, vol. 2, no. 1, 2023.

I. L. Alamsyah, N. Aulya, dan S. H. Satriya, “Transformasi Media dan Dinamika Komunikasi dalam Era Digital: Tantangan dan Peluang Ilmu Komunikasi,” Jurnal Ilmiah Research Student, vol. 1, no. 3, pp. 168–181, 2024.

N. Hidayat, W. Ningsih, U. Halim, dan A. Agustina, “Media Sosial sebagai Social Engineering untuk Membentuk Mindset Masyarakat dalam Penyelamatan Lingkungan Hidup,” Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, vol. 17, no. 2, pp. 954–965, 2023.

A. Rafiq, “Dampak media sosial terhadap perubahan sosial suatu masyarakat,” Global Komunika: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, vol. 3, no. 1, pp. 18–29, 2020.

E. Yuhandra, S. Akhmaddhian, A. Fathanudien, dan T. Tendiyanto, “Penyuluhan hukum tentang dampak positif dan negatif penggunaan gadget dan media sosial,” Empowerment: Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 4, no. 01, pp. 78–84, 2021.

A. Meifilina, “Media sosial sebagai strategi komunikasi politik Partai Golkar dalam melakukan pendidikan politik,” Jurnal Komunikasi Nusantara, vol. 3, no. 2, pp. 101–110, 2021.

M. Qadri, “Pengaruh Media Sosial dalam Membangun Opini Publik,” Qaumiyyah: Jurnal Hukum Tata Negara, vol. 1, no. 1, pp. 49–63, 2020.

I. Anshori dan F. A. A. Nadiyya, “Peran Ruang Digital Sebagai Transformasi Gerakan Aksi Sosial Mahasiswa Melalui Platform Sosial Media,” Jurnal Analisa Sosiologi, vol. 12, no. 2, 2023.

D. Darisman, A. Faiz, dan I. Kurniawaty, “Revitalisasi Nilai-Nilai Toleransi di Media Sosial dengan Ajaran Pendidikan Islam,” EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, vol. 4, no. 5, pp. 7218–7230, Nov. 2022, doi: 10.31004/edukatif.v4i5.3901.

M. Ari dan M. Nurhuda, “Dampak Penggunaan Media Sosial Terhadap Sikap Toleransi Siswa Di Sma Nation Star Academy Surabaya,” Journal Edu Learning, vol. 2, pp. 126–135, 2023.

A. Rahmawati, D. M. Astuti, F. H. Harun, dan M. K. Rofiq, “Peran Media Sosial Dalam Penguatan Moderasi Beragama Di Kalangan Gen-Z,” J-ABDI, vol. 3, no. 5, pp. 905–920, 2023.

S. Aminah dan S. Muyassaroh, “Analisis Konten Tiktok War Takjil Ramadhan dalam menumbuhkan Sikap Toleransi antar Umat Beragama,” Jurnal Bisnis dan Komunikasi Digital, vol. 2, no. 1, p. 11, Sep. 2024, doi: 10.47134/jbkd.v2i1.3186.

C. Rapp and M. Freitag, “Teaching tolerance? Associational diversity and tolerance formation,” Polit Stud (Oxf), vol. 63, no. 5, pp. 1031–1051, 2015.

D. Castiglione and C. McKinnon, “Toleration, Neutrality and Democracy,” Springer, 2003.

M. Yarchi, C. Baden, and N. Kligler-Vilenchik, “Political polarization on the digital sphere: A cross-platform, over-time analysis of interactional, positional, and affective polarization on social media,” Polit Commun, vol. 38, no. 1–2, pp. 98–139, 2021.

W. Suhendar and R. Rahman, “Development Of Islamic Education Course In Fostering Tolerant Characters In Students In Higher Education,” in The Proceedings of the 4th International Conference of Social Science and Education, ICSSED 2020, August 4-5 2020, Yogyakarta, Indonesia, 2020.

H. Chuyko and Y. Chaplak, “Tolerance in the Life of an Individual and Society,” Psychological Journal, vol. 6, no. 2, pp. 29–42, 2020, doi: https://doi.org/10.31108/1.2020.6.2.3.

C. A. Bail et al., “Exposure to opposing views on social media can increase political polarization,” Proceedings of the National Academy of Sciences, vol. 115, no. 37, pp. 9216–9221, 2018.

A. Campbell, C. M. Leister, and Y. Zenou, “Social media and polarization,” 2019.

J. J. Van Bavel, S. Rathje, E. Harris, C. Robertson, and A. Sternisko, “How social media shapes polarization,” Trends Cogn Sci, vol. 25, no. 11, pp. 913–916, 2021.

I. Garibay, A. V Mantzaris, A. Rajabi, and C. E. Taylor, “Polarization in social media assists influencers to become more influential: analysis and two inoculation strategies,” Sci Rep, vol. 9, no. 1, p. 18592, 2019.

J. A. Tucker et al., “Social media, political polarization, and political disinformation: A review of the scientific literature,” Political polarization, and political disinformation: a review of the scientific literature (March 19, 2018), 2018.

Downloads

Published

2024-06-30

Issue

Section

Articles