Kritik metode tafsir Hermeneutika menurut Quraish Shihab

Authors

  • Mohammad Taufiq Hasan Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Kharis Nugroho Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Mohammad Zakki Azani Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.26555/jiei.v5i1.10649

Keywords:

Hermeneutika, Tafsir, Metode Tafsir, Ulum-l-Qur'an

Abstract

Tafsir memiliki peranan yang penting untuk memahami ayat-ayat al-Qur’an, para mufassir kerap tersandera oleh latar belakang keilmuan serta idiologi yang menjadi keyakinannya. Saat ini para ulama menggunakan metode tafsir Hermeneutik sebagai alternatif dalam menafsirkan al-Qur’an untuk memahami maksud yang mendalam dari ayat al-Qur’an. Namun, diperlukan kewaspadaan dalam menggunakan metode Hermeneutika, mengingat metode tersebut merupakan hal baru dalam tradisi ulum-l-Qur’an.   Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya kritis Quraish Shihab terhadap metode tafsir Hermeuneutika untuk mendidik para mufassir Indonesia. Metode penelitian literatur digunakan oleh peneliti untuk mendapatkan data, yang kemudian menganalisisnya. Hasil penelitian menunjukkan al-Qur’an yang disampaikan oleh Jibril kepada Nabi Muhammad Saw. tidak berbeda dengan al-Qur’an yang ada saat ini. Nabi tidak menambah dan mengurangi pesan al-Qur’an, kecuali dalam penyampaian dan penjelasan maknanya. Khithab al-Qur’an berikut pemahaman terhadap pesan-pesan al-Qur’an diperlukan kehati-hatian, sehingga tidak menyimpang dari makna yang dikandung oleh teks al-Qur’an. Syarat seorang mufassir al-Qur’an yaitu memiliki pengetahuan tentang Akidah untuk mengenal Tuhan dan sifat-sifat-Nya. Dengan Akidah yang benar, mufassir dapat memahami makna al-Qur’an dengan baik.

References

Agus Mahfudin, & Wardani, G. R. S. (2018). Asas Monogami Dalam Surat an- Nisa ’ Ayat 3 (Studi Pemikiran M. Quraish Shihab). Jurnal Hukum Keluarga Islam, 3(2), 113–132.

Alkampari, H. H., Rizki, A. F., & Marzal, D. (2021). Pendapat Quraish Shihab Dalam Tafsir al Mishbah Tentang Berbuat Ihsan Dalam Dimensi Sosial. Al-Fikra: Jurnal Ilmiah Keislaman, 20(2), 137.

Alvi Ushuludin. (2024). Program Studi Ilmu Al- Qur ’ an Dan Tafsir Jurusan Studi Al- Qur ’ an Dan Sejarah. Skripsi, 1–143.

ANANDA MUHAMAD TRI UTAMA. (2022). TAFSIR LARANGAN MENIMBUN BARANG DALAM AL-QUR’AN QS.AT-TAUBAH:34 (STUDI PENAFSIRAN QURAISH SHIHAB DALAM TAFSIR AL-MISHBAH) (Vol. 9).

Ansharah, F. S. I. (n.d.). PENAFSIRAN QURAISH SHIHAB TENTANG PENDIDIKAN AKHLAK DALAM AL-QUR’AN SURAT AL-AHZAB AYAT 21 PADA TAFSIR AL-MISBAH. 2023. http://ejournal.iai-tabah.ac.id/index.php/Alfurqon/article/view/614/435

Arsal, A., Busyro, B., & Imran, M. (2020). Kepemimpinan Perempuan: Penerapan Metode Tafsir Hermeneutika Feminisme Amina Wadud. AL QUDS : Jurnal Studi Alquran Dan Hadis, 4(2), 481. https://doi.org/10.29240/alquds.v4i2.1976

Assegaf, F. A., Hidayat, S., Nirwana, A., & Suharjianto, M. A. (2021). Skripsi Toleransi antar umat beragama Menurut Tafsir Al-Mishbah Karya M. Quraish Shihab. i–15. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/89309%0Ahttp://eprints.ums.ac.id/89309/11/Naskah Publikasi %28Perpus%29 revisi.pdf

Baidhowi, A. (2015). Aspek Lokalitas Tafsir Al-Iklīl Fī Ma’Ānī Al-Tanzīl Karya Kh Mishbah Musthafa. Nun: Jurnal Studi Alquran Dan Tafsir Di Nusantara, 1(1). https://doi.org/10.32495/nun.v1i1.10

Di, T., & Modernitas, E. R. A. (2021). Volume Nomor Juli 2020 Volume Nomor Januari Living Islam

Ependi, A. (2024). Konsep Zikir Menurut Dr. Quraish Shihab Dalam Tafsir Al-Misbah.

Fitria, Rini, Memahami Hermeneutika Dalam Mengkaji Teks. Jurnal Ilmiah Syi’ar. 16(2), 33-42. https://www.neliti.com/id/publications/288054/memahami-hermeneutika-dalam-mengkaji-teks, (2016).

F. Leidecker, Kurt. “Hermeneutics” dalam Dagobert Russel (ed), Dictionary of Philosopy. Adams & Co, (1979)

Fadliah, K. (2014). Konsep Khalifah Menurut M. Quraish Shihab Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Islam. ix–87.

Farwati, S. (2020). Riya’ dalam Perspektif Al-Qur’an (Analisis Pemikiran M. Quraish Shihab dalam Tafsir Al-Misbah). In Skripsi.

Han Sein, L., & Salik, M. (2022). Relevansi Pendidikan Anak dalam Keluarga Menurut M. Quraish Shihab dengan Pola Asuh Anak pada Pembelajaran di Masa Pandemi. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 6(1), 49–65. https://doi.org/10.21831/diklus.v6i1.46753

Handayani, D. (2021). Kesesatan Menurut Quraish Shihab Dalam Tafsir Al-Misbah. http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/7653

Handayani, O. B., Utang Ranuwijaya, H., Jumhana, N., Sultan, U., & Hasanuddin Banten, M. (2022). Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Remaja Dalam Qur’an Surat Yusuf Dan Implementasinya Pada Pembelajaran Akidah Akhlak Di Mts Negeri 1 Kota Serang. JPDSH Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 1(8), 1595–1610. https://bajangjournal.com/index.php/JPDSH

Hidayah, A. M., & Riyadi, A. K. (2023). Konsep Keserasian Gender sebagai Resposn Wacana Kesetaraan Gender (Studi Analisis Tafsir Al-Mishbah Q.S. An-Nisa’:34). Studia Quranika, 8(1), 1–38. https://doi.org/10.21111/studiquran.v8i1.9250

Ikhwan, Munirul, Tafsir Al-Quran Dan Perkembangan Zaman: Merekonstruksi Konteks Dan Menemukan Makna. Nun: Jurnal Studi Alquran dan Tafsir di Nusantara, 2(1), 13. https://media.neliti.com/media/publications/266121-tafsir-alquran-dan-perkembangan-zaman-mebf5034ec.pdf, (2016).

Husaini, A., & Husni, R. (2015). PROBLEMATIKA TAFSIR FEMINIS: Studi Kritis Konsep Kesetaraan Gender. Al-Tahrir: Jurnal Pemikiran Islam, 15(2), 367. https://doi.org/10.21154/al-tahrir.v15i2.264

Husna, R., & Ayu, F. (2023). Living Qur’an Study on the Local Wisdom of the Pesantren Community Regarding the Rokat Sabe Tradition. Santri: Journal of Pesantren and Fiqh Sosial, 4(2), 163–176. https://doi.org/10.35878/santri.v4i2.964

Ibrahim, S. (2014). Hermeneutika Teks: Sebuah Wacana Dalam Metode Tafsir Alquran? HUNAFA: Jurnal Studia Islamika, 11(1), 23. https://doi.org/10.24239/jsi.v11i1.338.23-41

Ibraim, N. (2020). hermenutika. http://repository.uki.ac.id/7604/3/Hermeneutika.pdf

Karumiadri, M., Jinan, M., & Nur Rochim Maksum, M. (2023). Nilai-Nilai Pendidikan Humanistik Menurut Prof. Dr. Hamka serta Relevansinya terhadap Tujuan Pendidikan Nasional. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 165–178. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.170

Khalida An Nadhrah, N., Casram, & Hernawan, W. (2023). MODERASI BERAGAMA MENURUT YUSUF Al-QARDHAWI, QURAISH SHIHAB, DAN SALMAN AL-FARISI. Living Islam: Journal of Islamic Discourses, 6(1). https://doi.org/10.14421/lijid.v6i1.4365

Kholik, A. (2017). Konsep Keluarga Sakinah Dalam Perspektif Quraish Shihab. Inklusif (Jurnal Pengkajian Penelitian Ekonomi Dan Hukum Islam), 2(2), 17. https://doi.org/10.24235/inklusif.v2i2.1912

Kumalasari, R. (2021). Mengenal Ketokohan Quraish Shihab Sebagai Pakar Tafsir Indonesia. Basha’Ir: Jurnal Studi Al-Qur’an Dan Tafsir, 1(2), 95–104. https://doi.org/10.47498/bashair.v1i2.843

Ma’zumi, M., Syihabudin, S., & Najmudin, N. (2019). PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN DAN AL-SUNNAH : Kajian Atas Istilah Tarbiyah, Taklim, Tadris, Ta’dib dan Tazkiyah. TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 6(2), 193–209. https://doi.org/10.17509/t.v6i2.21273

Mukmin, A. (2021). Konsep Nasionalisme M. Quraish Shihab Dalam Tafsir Al-Mishbah. Iqtishaduna, 4(1), 541–569. https://doi.org/10.53888/iqtishaduna.v6i1.427

Multazam, U. (2024). Nusyuz Dalam Suami Istri Perspektif Al-Qur’an Dan Hadis. USRAH: Jurnal Hukum Keluarga Islam, 5(1), 40–56. https://doi.org/10.46773/usrah.v5i1.1092

Muzamil, A., Supriyanto, J., & Apriyanti, A. (2021). Istidraj Dalam Al-Qur’an Menurut Penafsiran M. Quraish Shihab Dalam Tafsir Al-Misbah. Al-Misykah: Jurnal Studi Al-Qur’an Dan Tafsir, 1(2), 101–114. https://doi.org/10.19109/almisykah.v1i2.9031

Niam, Khairun, dkk. Resepsi Fungsional Surah Al- Quraisy: Pembacaan Surah Al-Quraisy Dalam Pengobatan Fide Pada Komunitas Madura di Kampung Parit Waklijah kalimantan Barat, J. M. : J. I. A.-Q. dan T. V. 3 N. 1 J. 2023 / https://e-journal. iainptk. ac. id/index. php/mafatih/inde. (2023). Jurnal Maf a tih : Jurnal Ilmu Al-Qur`an dan Tafsir. Mafatih: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 3, 109–120.

Nisa, H. (2021). Konsep Keluarga Ideal Dalam al Qur’an (Studi Analisis Tafsir al Azhar dan Tafsir al Misbah karya Buya Hamka dan Quraish Shihab).

Prof, P., & Quraish, K. H. M. (2021). Penafsiran tentang Pemakaian Jilbab menurut Pandangan. 1(2), 109–115.

Ramdani, A. D. (2022). Kontemplasi : Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin. Kontemplasi: Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin, 10(1), 1–23.

Reflita, Kontroversi Hermeneutika Sebagai Manhaj Tafsir (Menimbang Penggunaan Hermeneutika Dalam Penafsiran Al-Qur’an). Jurnal Ushuluddin, 24(2), 135-149. https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/ushuludin/article/view/1625, (2016).

Rahmatullah. Hudriansyah. Mursalim, M. Quraish Shihab dan Pengaruhnya Terhadap Dinamika Studi Tafsir Al-Qur’an Indonesia Kontemporer. Suhuf: Jurnal Pengkajian Al-Qur’an dan Budaya. 14(1), 127-151. http://jurnalsuhuf.kemenag.go.id; https://jurnalsuhuf.online/, (2021).

Rina Afizah, Miftarah Ainul Mufid, Nyoko Adi Kuswoyo, A. M. (2023). KRITIK TAFSIR AL-FATIHAH KARYA EKO PRASETYO DALAM BUKU “BANGKITLAH GERAKAN ISLAM” (STUDI KAIDAH TAFSIR M.QURAISH SHIHAB). 7693, 1–21.

Rizky, A. T., & Zakiah, A. R. S. (2020). Islam Wasathiyah dalam Wacana Tafsir Ke-Indonesia-an (Studi Komparatif Penafsiran M. Quraish Shihab dan Buya Hamka). AQWAL Journal of Qur’an and Hadis Studies, 1(1), 1–28. https://doi.org/10.28918/aqwal.v1i1.3515

Romziana, L., & Fajarwati, L. (2023). Kepemimpinan Dalam Tafsir Al-Mishbah. Al-Bayan: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Hadist, 6(2), 191–209.

Sholikah, S. (2022). Konsep Kasih Sayang Orang Tua Dan Anak Dalam Tafsir Al-Misbah Karya Muhammad Quraish Shihab. Https://Medium.Com/, 1–85. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf

Sidik, H., & Sulistyana, I. P. (2021). Hermeneutika Sebuah Metode Interpretasi Dalam Kajian Filsafat Sejarah. Agastya: Jurnal Sejarah Dan Pembelajarannya, 11(1), 19. https://doi.org/10.25273/ajsp.v11i1.6224

Soleh, A. K. (2011). Membandingkan Hermeneutika dengan Ilmu Tafsir. Tsaqafah, 7(1), 31. https://doi.org/10.21111/tsaqafah.v7i1.106

Sumantri, R. A. (2013). Hermeneutika Al-Qur’an Fazlur Rahman Metode Tafsir. Komunika Jurnal Dakwah Dakwah Dan Komunikasi, 7(1), 157.

Suraya, D. S., Tinggi, S., Islam, A., & Bengkalis, N. (2024). PENGARUH PENDIDIKAN AKHLAK BERBASIS AL- QUR ’ AN. 2(6).

Shihab, Quraish, Membumikan Al-Qur’an. Mizan, (2002).

Suwarno, & Harahap, Y. M. (2022). Interaksi Edukatif Kisah Nabi Ādam ‘Alaihi al-Salām Dalam al-Qur’ān. Formosa Journal of Multidisciplinary Research, 1(3), 785–802. https://doi.org/10.55927/fjmr.v1i3.643

Syariah, F., & Iain, I. (n.d.). KEPEMIMPINAN PEREMPUAN DALAM ISLAM PERSPEKTIF Persoalan kepemimpinan perempuan masih terus menjadi perbincangan yang menuai pro dan kontra dikalangan ulama dan para. 79–108.

Taufik Rakhmat, A., & Abdussalam, A. (2022). Metode Tafsir Maudhu’i dan Hermeneutika Dalam Kajian Tafsir Al-Quran. Mauriduna: Journal of Islamic Studies, 3(2), 191–213. https://doi.org/10.37274/mauriduna.v3i2.626

Ulinnuha, M., & Nafisah, M. (2020). Moderasi Beragama Perspektif Hasbi Ash-Shiddieqy, Hamka, Dan Quraish Shihab. Suhuf, 13(1), 55–76. https://doi.org/10.22548/shf.v13i1.519

Yulia Zhana Safira, Ahmad Zainuddin, Amir Mahmud, M. M. M. (2023). Metode Penafsiran Achmad Chodjim Dalam Tafsir Surah Al-Fatihah. Triwikrama: Jurnal Multidisiplin Ilmu Sosial, 01(02), 9.

Wafa, Wahidatul., Supianudin, Asep, Masuknya Hermeneutika Dalam Lingkup Ilmu Tafsir. Jurnal Al-Tsaqafa, 14(1), 207-212. Https://Journal.Uinsgd.Ac.Id/Index.Php/Jat/Article/View/1801, (2017).

Published

2024-06-30