Respon Quraish Shihab terhadap metode tafsir Hermeneutika

Authors

  • Mohammad Taufiq Hasan Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Kharis Nugroho Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Mohammad Zakki Azani Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.26555/jiei.v5i1.10649

Keywords:

Hermeneutika, Tafsir, Metode Tafsir, Ulum-l-Qur'an

Abstract

Tafsir memiliki peranan yang penting untuk memahami ayat-ayat al-Qur’an, para mufassir kerap tersandera oleh latar belakang keilmuan serta idiologi yang menjadi keyakinannya. Saat ini para ulama menggunakan metode tafsir Hermeneutik sebagai alternatif dalam menafsirkan al-Qur’an untuk memahami maksud yang mendalam dari ayat al-Qur’an. Namun, diperlukan kewaspadaan dalam menggunakan metode Hermeneutika, mengingat metode tersebut merupakan hal baru dalam tradisi ulum-l-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan respon Quraish Shihab terhadap metode tafsir Hermeuneutika. Metode penelitian literatur digunakan oleh peneliti untuk mendapatkan data, yang kemudian menganalisisnya. Hasil penelitian menunjukkan keharusan bagi penafsir untuk berhati-hati dalam menggunakan metode tafsir hermeneutik. Kehati-hatian penafsir didasarkan atas keyakinan atau Akidah yang menjadi prinsip, yang tidak diperkenankan untuk dikorbankan dalam hal toleransi dan lain-lainnya. Ada aspek-aspek intuitif yang perlu menjadi perhatian penafsir, agar tidak terjebak pada keinginan untuk membenarkan ide-ide pikiran pribadi. Dengan Akidah yang benar, mufassir dapat memahami makna al-Qur’an dengan baik. 

References

F. Sugiarto and I. I. Ansharah, “Penafsiran Quraish Shihab Tentang Pendidikan Akhlak Dalam Al-Qur’an Surat Al-Ahzab Ayat 21 Pada Tafsir Al-Misbah,” Al Furqan: Jurnal Ilmu Al Quran dan Tafsir, vol. 4, no. 2, pp. 155–168, Dec. 2021, doi: 10.58518/alfurqon.v4i2.743.

A. Mahfudin and G. R. S. Wardani, “Asas Monogami Dalam Surat An-Nisa’ Ayat 3 (Studi Pemikiran M. Quraish Shihab),” Jurnal Hukum Keluarga Islam, vol. 3, no. 2, pp. 113–132, 2018.

Suwarno and Y. M. Harahap, “Interaksi Edukatif Kisah Nabi Ādam ‘Alaihi al-Salām Dalam al-Qur’ān,” Formosa Journal of Multidisciplinary Research, vol. 1, no. 3, pp. 785–802, Jul. 2022, doi: 10.55927/fjmr.v1i3.643.

R. Afizah, M. A. Mufid, N. A. Kuswoyo, and A. Mahmud, “Kritik Tafsir Al-Fatihah Karya Eko Prasetyo dalam Buku ‘Bangkitlah Gerakan Islam’ (Studi Kaidah Tafsir M.Quraish Shihab),” Relinesia: Jurnal Kajian Agama dan Multikulturalisme Indonesia, vol. 2, no. 1, pp. 151–163, 2023.

M. Ma’zumi, S. Syihabudin, and N. Najmudin, “Pendidikan Dalam Perspektif Al-Qur’an Dan Al-Sunnah : Kajian Atas Istilah Tarbiyah, Taklim, Tadris, Ta’dib dan Tazkiyah,” TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, vol. 6, no. 2, pp. 193–209, Nov. 2019, doi: 10.17509/t.v6i2.21273.

F. A. Assegaf, “Toleransi antar umat beragama menurut Tafsir Al-Mishbah karya M. Quraish Shihab,” Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta, 2021.

K. Fadliah, “Konsep khalifah menurut M. Quraish Shihab dan implikasinya terhadap pendidikan Islam,” Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta, 2014.

H. H. Alkampari, A. F. Rizki, and D. Marzal, “Pendapat Quraish Shihab Dalam Tafsir al Mishbah Tentang Berbuat Ihsan Dalam Dimensi Sosial,” Al-Fikra: Jurnal Ilmiah Keislaman, vol. 20, no. 2, pp. 136–150, 2021.

Y. Z. Safira, A. Zainuddin, A. Mahmud, and M. M. Mashuri, “Metode Penafsiran Achmad Chodjim Dalam Tafsir Surah Al-Fatihah,” Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial, vol. 1, no. 2, pp. 1–22, 2023.

A. Muzamil, J. Supriyanto, and A. Apriyanti, “Istidraj dalam Al-Qur’an Menurut Penafsiran M. Quraish Shihab Dalam Tafsir Al-Misbah,” Al-Misykah: Jurnal Studi Al-qur’an dan Tafsir, vol. 1, no. 2, pp. 101–114, Jun. 2021, doi: 10.19109/almisykah.v1i2.9031.

R. Husna and F. Ayu, “Living Qur’an Study on the Local Wisdom of the Pesantren Community Regarding the Rokat Sabe Tradition,” Santri: Journal of Pesantren and Fiqh Sosial, vol. 4, no. 2, pp. 163–176, Dec. 2023, doi: 10.35878/santri.v4i2.964.

D. Handayani, “Kesesatan menurut Quraish Shihab dalam tafsir Al-Misbah,” Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno, Bengkulu, 2020.

A. Mukmin, “Konsep Nasionalisme M. Quraish Shihab Dalam Tafsir Al-Mishbah,” Iqtishaduna, vol. 4, no. 1, pp. 541–569, Aug. 2021, doi: 10.53888/iqtishaduna.v6i1.427.

L. Han Sein and M. Salik, “Relevansi Pendidikan Anak dalam Keluarga Menurut M. Quraish Shihab dengan Pola Asuh Anak pada Pembelajaran di Masa Pandemi,” Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, vol. 6, no. 1, pp. 49–65, Mar. 2022, doi: 10.21831/diklus.v6i1.46753.

S. Sholikah, “Konsep Kasih Sayang Orang Tua dan Anak dalam Tafsir Al-Misbah karya Muhammad Quraish Shihab,” Institut Agama Islam Negeri , Ponorogo, 2022.

A. Kholik, “Konsep Keluarga Sakinah Dalam Perspektif Quraish Shihab,” Inklusif (Jurnal Pengkajian Penelitian Ekonomi Dan Hukum Islam), vol. 2, no. 2, p. 17, Dec. 2017, doi: 10.24235/inklusif.v2i2.1912.

A. Ependi, “Konsep Zikir Menurut Dr. Quraish Shihab dalam Tafsir Al-Mishbah,” Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah , Jakarta, 2008.

A. T. Rizky and A. R. S. Zakiah, “Islam Wasathiyah dalam Wacana Tafsir Ke-Indonesia-an (Studi Komparatif Penafsiran M. Quraish Shihab dan Buya Hamka),” AQWAL Journal of Qur’an and Hadis Studies, vol. 1, no. 1, pp. 1–28, Jun. 2020, doi: 10.28918/aqwal.v1i1.3515.

N. I. Boiliu, Hermeneutika. Jakarta: Universitas Kristen Indonesia, 2020.

A. M. Hidayah and A. K. Riyadi, “Konsep Keserasian Gender sebagai Resposn Wacana Kesetaraan Gender (Studi Analisis Tafsir Al-Mishbah Q.S. An-Nisa’:34),” Studia Quranika, vol. 8, no. 1, pp. 1–38, Sep. 2023, doi: 10.21111/studiquran.v8i1.9250.

S. Farwati, “Riya’ dalam perspektif al-Qur’an (Analisis Pemikirian M. Quraish Shihab dalam Tafsir Al-Misbah),” Universitas Islam Negeri Mataram, Mataram, 2020.

A. K. Soleh, “Membandingkan Hermeneutika dengan Ilmu Tafsir,” TSAQAFAH, vol. 7, no. 1, p. 31, May 2011, doi: 10.21111/tsaqafah.v7i1.106.

F. Syariah and I. Iain, “KEPEMIMPINAN PEREMPUAN DALAM ISLAM PERSPEKTIF Persoalan kepemimpinan perempuan masih terus menjadi perbincangan yang menuai pro dan kontra dikalangan ulama dan para,” pp. 79–108.

A. D. Ramdani, S. Noorhidayati, F. Rohandy, and L. D. Apriani, “The Significance of the Handshake Based on Religious and Social Perspectives (Analytical Study of Yusuf al-Qardhawi and Petter L. Berger),” Kontemplasi: Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin, vol. 10, no. 1, pp. 1–23, Oct. 2022, doi: 10.21274/kontem.2022.10.1.1-23.

A. Husaini and R. Husni, “Problematika Tafsir Feminis: Studi Kritis Konsep Kesetaraan Gender,” Al-Tahrir: Jurnal Pemikiran Islam, vol. 15, no. 2, p. 367, Dec. 2015, doi: 10.21154/al-tahrir.v15i2.264.

S. Ibrahim, “Hermeneutika Teks: Sebuah Wacana dalam Metode Tafsir Al-Qur’an?,” Hunafa: Jurnal Studia Islamika, vol. 12, no. 1, pp. 23–41, 2014.

R. Luthviyah and Linda Fajarwati, “Analisis Kritis M. Quraish Shihab Terhadap Karakteristik Kepemimpinan Dalam Tafsir Al-Mishbah,” Al-Bayan: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Hadist, vol. 6, no. 2, pp. 191-209., 2023.

A. Arsal, B. Busyro, and M. Imran, “Kepemimpinan Perempuan: Penerapan Metode Tafsir Hermeneutika Feminisme Amina Wadud,” AL QUDS : Jurnal Studi Alquran dan Hadis, vol. 4, no. 2, p. 481, Nov. 2020, doi: 10.29240/alquds.v4i2.1976.

N. Khairun, S. N. Isnaini, and F. N. Afifah, “Resepsi Fungsional Surah Al-Quraisy: Pembacaan Surah Al-Quraisy Dalam Pengobatan Fide Pada Komunitas Madura di Kampung Parit Waklijah Kalimantan Barat,” Jurnal Mafatih: Jurnal Ilmu Al-Qur`an dan Tafsir, vol. 3, no. 1, pp. 142–157, 2023.

B. Handayani, U. Ranuwijaya, and N. Jumhana, “Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Remaja dalam Qur’an Surat Yusuf dan Implementasinya pada Pembelajaran Akidah Akhlak di MTs Negeri 1 Kota Serang,” Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, vol. 1, no. 8, pp. 1595–1610, 2022.

R. A. Sumantri, “Hermeneutika al-Qur’an Fazul Rahman metode tafsir Double Movement,” Komunika: Jurnal Dakwah dan Komunikasi, vol. 7, no. 1, 2013.

H. Sidik and I. P. Sulistyana, “Hermeneutika Sebuah Metode Interpretasi Dalam Kajian Filsafat Sejarah,” Agastya: Jurnal Sejarah Dan Pembelajarannya, vol. 11, no. 1, p. 19, 2021, doi: 10.25273/ajsp.v11i1.6224.

H. Sidik and I. P. Sulistyana, “Hermeneutika Sebuah Metode Interpretasi Dalam Kajian Filsafat Sejarah,” Agastya: Jurnal Sejarah Dan Pembelajarannya, vol. 11, no. 1, pp. 19–34, Jan. 2021, doi: 10.25273/ajsp.v11i1.6224.

Downloads

Published

2024-06-30

Issue

Section

Articles