Kritik metode tafsir Hermeneutika menurut Quraish Shihab
DOI:
https://doi.org/10.26555/jiei.v5i1.10649Keywords:
Hermeneutika, Tafsir, Metode Tafsir, Ulum-l-Qur'anAbstract
Tafsir memiliki peranan yang penting untuk memahami ayat-ayat al-Qur’an, para mufassir kerap tersandera oleh latar belakang keilmuan serta idiologi yang menjadi keyakinannya. Saat ini para ulama menggunakan metode tafsir Hermeneutik sebagai alternatif dalam menafsirkan al-Qur’an untuk memahami maksud yang mendalam dari ayat al-Qur’an. Namun, diperlukan kewaspadaan dalam menggunakan metode Hermeneutika, mengingat metode tersebut merupakan hal baru dalam tradisi ulum-l-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya kritis Quraish Shihab terhadap metode tafsir Hermeuneutika untuk mendidik para mufassir Indonesia. Metode penelitian literatur digunakan oleh peneliti untuk mendapatkan data, yang kemudian menganalisisnya. Hasil penelitian menunjukkan al-Qur’an yang disampaikan oleh Jibril kepada Nabi Muhammad Saw. tidak berbeda dengan al-Qur’an yang ada saat ini. Nabi tidak menambah dan mengurangi pesan al-Qur’an, kecuali dalam penyampaian dan penjelasan maknanya. Khithab al-Qur’an berikut pemahaman terhadap pesan-pesan al-Qur’an diperlukan kehati-hatian, sehingga tidak menyimpang dari makna yang dikandung oleh teks al-Qur’an. Syarat seorang mufassir al-Qur’an yaitu memiliki pengetahuan tentang Akidah untuk mengenal Tuhan dan sifat-sifat-Nya. Dengan Akidah yang benar, mufassir dapat memahami makna al-Qur’an dengan baik.References
Agus Mahfudin, & Wardani, G. R. S. (2018). Asas Monogami Dalam Surat an- Nisa ’ Ayat 3 (Studi Pemikiran M. Quraish Shihab). Jurnal Hukum Keluarga Islam, 3(2), 113–132.
Alkampari, H. H., Rizki, A. F., & Marzal, D. (2021). Pendapat Quraish Shihab Dalam Tafsir al Mishbah Tentang Berbuat Ihsan Dalam Dimensi Sosial. Al-Fikra: Jurnal Ilmiah Keislaman, 20(2), 137.
Alvi Ushuludin. (2024). Program Studi Ilmu Al- Qur ’ an Dan Tafsir Jurusan Studi Al- Qur ’ an Dan Sejarah. Skripsi, 1–143.
ANANDA MUHAMAD TRI UTAMA. (2022). TAFSIR LARANGAN MENIMBUN BARANG DALAM AL-QUR’AN QS.AT-TAUBAH:34 (STUDI PENAFSIRAN QURAISH SHIHAB DALAM TAFSIR AL-MISHBAH) (Vol. 9).
Ansharah, F. S. I. (n.d.). PENAFSIRAN QURAISH SHIHAB TENTANG PENDIDIKAN AKHLAK DALAM AL-QUR’AN SURAT AL-AHZAB AYAT 21 PADA TAFSIR AL-MISBAH. 2023. http://ejournal.iai-tabah.ac.id/index.php/Alfurqon/article/view/614/435
Arsal, A., Busyro, B., & Imran, M. (2020). Kepemimpinan Perempuan: Penerapan Metode Tafsir Hermeneutika Feminisme Amina Wadud. AL QUDS : Jurnal Studi Alquran Dan Hadis, 4(2), 481. https://doi.org/10.29240/alquds.v4i2.1976
Assegaf, F. A., Hidayat, S., Nirwana, A., & Suharjianto, M. A. (2021). Skripsi Toleransi antar umat beragama Menurut Tafsir Al-Mishbah Karya M. Quraish Shihab. i–15. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/89309%0Ahttp://eprints.ums.ac.id/89309/11/Naskah Publikasi %28Perpus%29 revisi.pdf
Baidhowi, A. (2015). Aspek Lokalitas Tafsir Al-Iklīl Fī Ma’Ānī Al-Tanzīl Karya Kh Mishbah Musthafa. Nun: Jurnal Studi Alquran Dan Tafsir Di Nusantara, 1(1). https://doi.org/10.32495/nun.v1i1.10
Di, T., & Modernitas, E. R. A. (2021). Volume Nomor Juli 2020 Volume Nomor Januari Living Islam
Ependi, A. (2024). Konsep Zikir Menurut Dr. Quraish Shihab Dalam Tafsir Al-Misbah.
Fitria, Rini, Memahami Hermeneutika Dalam Mengkaji Teks. Jurnal Ilmiah Syi’ar. 16(2), 33-42. https://www.neliti.com/id/publications/288054/memahami-hermeneutika-dalam-mengkaji-teks, (2016).
F. Leidecker, Kurt. “Hermeneutics” dalam Dagobert Russel (ed), Dictionary of Philosopy. Adams & Co, (1979)
Fadliah, K. (2014). Konsep Khalifah Menurut M. Quraish Shihab Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Islam. ix–87.
Farwati, S. (2020). Riya’ dalam Perspektif Al-Qur’an (Analisis Pemikiran M. Quraish Shihab dalam Tafsir Al-Misbah). In Skripsi.
Han Sein, L., & Salik, M. (2022). Relevansi Pendidikan Anak dalam Keluarga Menurut M. Quraish Shihab dengan Pola Asuh Anak pada Pembelajaran di Masa Pandemi. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 6(1), 49–65. https://doi.org/10.21831/diklus.v6i1.46753
Handayani, D. (2021). Kesesatan Menurut Quraish Shihab Dalam Tafsir Al-Misbah. http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/7653
Handayani, O. B., Utang Ranuwijaya, H., Jumhana, N., Sultan, U., & Hasanuddin Banten, M. (2022). Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Remaja Dalam Qur’an Surat Yusuf Dan Implementasinya Pada Pembelajaran Akidah Akhlak Di Mts Negeri 1 Kota Serang. JPDSH Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 1(8), 1595–1610. https://bajangjournal.com/index.php/JPDSH
Hidayah, A. M., & Riyadi, A. K. (2023). Konsep Keserasian Gender sebagai Resposn Wacana Kesetaraan Gender (Studi Analisis Tafsir Al-Mishbah Q.S. An-Nisa’:34). Studia Quranika, 8(1), 1–38. https://doi.org/10.21111/studiquran.v8i1.9250
Ikhwan, Munirul, Tafsir Al-Quran Dan Perkembangan Zaman: Merekonstruksi Konteks Dan Menemukan Makna. Nun: Jurnal Studi Alquran dan Tafsir di Nusantara, 2(1), 13. https://media.neliti.com/media/publications/266121-tafsir-alquran-dan-perkembangan-zaman-mebf5034ec.pdf, (2016).
Husaini, A., & Husni, R. (2015). PROBLEMATIKA TAFSIR FEMINIS: Studi Kritis Konsep Kesetaraan Gender. Al-Tahrir: Jurnal Pemikiran Islam, 15(2), 367. https://doi.org/10.21154/al-tahrir.v15i2.264
Husna, R., & Ayu, F. (2023). Living Qur’an Study on the Local Wisdom of the Pesantren Community Regarding the Rokat Sabe Tradition. Santri: Journal of Pesantren and Fiqh Sosial, 4(2), 163–176. https://doi.org/10.35878/santri.v4i2.964
Ibrahim, S. (2014). Hermeneutika Teks: Sebuah Wacana Dalam Metode Tafsir Alquran? HUNAFA: Jurnal Studia Islamika, 11(1), 23. https://doi.org/10.24239/jsi.v11i1.338.23-41
Ibraim, N. (2020). hermenutika. http://repository.uki.ac.id/7604/3/Hermeneutika.pdf
Karumiadri, M., Jinan, M., & Nur Rochim Maksum, M. (2023). Nilai-Nilai Pendidikan Humanistik Menurut Prof. Dr. Hamka serta Relevansinya terhadap Tujuan Pendidikan Nasional. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 165–178. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.170
Khalida An Nadhrah, N., Casram, & Hernawan, W. (2023). MODERASI BERAGAMA MENURUT YUSUF Al-QARDHAWI, QURAISH SHIHAB, DAN SALMAN AL-FARISI. Living Islam: Journal of Islamic Discourses, 6(1). https://doi.org/10.14421/lijid.v6i1.4365
Kholik, A. (2017). Konsep Keluarga Sakinah Dalam Perspektif Quraish Shihab. Inklusif (Jurnal Pengkajian Penelitian Ekonomi Dan Hukum Islam), 2(2), 17. https://doi.org/10.24235/inklusif.v2i2.1912
Kumalasari, R. (2021). Mengenal Ketokohan Quraish Shihab Sebagai Pakar Tafsir Indonesia. Basha’Ir: Jurnal Studi Al-Qur’an Dan Tafsir, 1(2), 95–104. https://doi.org/10.47498/bashair.v1i2.843
Ma’zumi, M., Syihabudin, S., & Najmudin, N. (2019). PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN DAN AL-SUNNAH : Kajian Atas Istilah Tarbiyah, Taklim, Tadris, Ta’dib dan Tazkiyah. TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 6(2), 193–209. https://doi.org/10.17509/t.v6i2.21273
Mukmin, A. (2021). Konsep Nasionalisme M. Quraish Shihab Dalam Tafsir Al-Mishbah. Iqtishaduna, 4(1), 541–569. https://doi.org/10.53888/iqtishaduna.v6i1.427
Multazam, U. (2024). Nusyuz Dalam Suami Istri Perspektif Al-Qur’an Dan Hadis. USRAH: Jurnal Hukum Keluarga Islam, 5(1), 40–56. https://doi.org/10.46773/usrah.v5i1.1092
Muzamil, A., Supriyanto, J., & Apriyanti, A. (2021). Istidraj Dalam Al-Qur’an Menurut Penafsiran M. Quraish Shihab Dalam Tafsir Al-Misbah. Al-Misykah: Jurnal Studi Al-Qur’an Dan Tafsir, 1(2), 101–114. https://doi.org/10.19109/almisykah.v1i2.9031
Niam, Khairun, dkk. Resepsi Fungsional Surah Al- Quraisy: Pembacaan Surah Al-Quraisy Dalam Pengobatan Fide Pada Komunitas Madura di Kampung Parit Waklijah kalimantan Barat, J. M. : J. I. A.-Q. dan T. V. 3 N. 1 J. 2023 / https://e-journal. iainptk. ac. id/index. php/mafatih/inde. (2023). Jurnal Maf a tih : Jurnal Ilmu Al-Qur`an dan Tafsir. Mafatih: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 3, 109–120.
Nisa, H. (2021). Konsep Keluarga Ideal Dalam al Qur’an (Studi Analisis Tafsir al Azhar dan Tafsir al Misbah karya Buya Hamka dan Quraish Shihab).
Prof, P., & Quraish, K. H. M. (2021). Penafsiran tentang Pemakaian Jilbab menurut Pandangan. 1(2), 109–115.
Ramdani, A. D. (2022). Kontemplasi : Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin. Kontemplasi: Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin, 10(1), 1–23.
Reflita, Kontroversi Hermeneutika Sebagai Manhaj Tafsir (Menimbang Penggunaan Hermeneutika Dalam Penafsiran Al-Qur’an). Jurnal Ushuluddin, 24(2), 135-149. https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/ushuludin/article/view/1625, (2016).
Rahmatullah. Hudriansyah. Mursalim, M. Quraish Shihab dan Pengaruhnya Terhadap Dinamika Studi Tafsir Al-Qur’an Indonesia Kontemporer. Suhuf: Jurnal Pengkajian Al-Qur’an dan Budaya. 14(1), 127-151. http://jurnalsuhuf.kemenag.go.id; https://jurnalsuhuf.online/, (2021).
Rina Afizah, Miftarah Ainul Mufid, Nyoko Adi Kuswoyo, A. M. (2023). KRITIK TAFSIR AL-FATIHAH KARYA EKO PRASETYO DALAM BUKU “BANGKITLAH GERAKAN ISLAM” (STUDI KAIDAH TAFSIR M.QURAISH SHIHAB). 7693, 1–21.
Rizky, A. T., & Zakiah, A. R. S. (2020). Islam Wasathiyah dalam Wacana Tafsir Ke-Indonesia-an (Studi Komparatif Penafsiran M. Quraish Shihab dan Buya Hamka). AQWAL Journal of Qur’an and Hadis Studies, 1(1), 1–28. https://doi.org/10.28918/aqwal.v1i1.3515
Romziana, L., & Fajarwati, L. (2023). Kepemimpinan Dalam Tafsir Al-Mishbah. Al-Bayan: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Hadist, 6(2), 191–209.
Sholikah, S. (2022). Konsep Kasih Sayang Orang Tua Dan Anak Dalam Tafsir Al-Misbah Karya Muhammad Quraish Shihab. Https://Medium.Com/, 1–85. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf
Sidik, H., & Sulistyana, I. P. (2021). Hermeneutika Sebuah Metode Interpretasi Dalam Kajian Filsafat Sejarah. Agastya: Jurnal Sejarah Dan Pembelajarannya, 11(1), 19. https://doi.org/10.25273/ajsp.v11i1.6224
Soleh, A. K. (2011). Membandingkan Hermeneutika dengan Ilmu Tafsir. Tsaqafah, 7(1), 31. https://doi.org/10.21111/tsaqafah.v7i1.106
Sumantri, R. A. (2013). Hermeneutika Al-Qur’an Fazlur Rahman Metode Tafsir. Komunika Jurnal Dakwah Dakwah Dan Komunikasi, 7(1), 157.
Suraya, D. S., Tinggi, S., Islam, A., & Bengkalis, N. (2024). PENGARUH PENDIDIKAN AKHLAK BERBASIS AL- QUR ’ AN. 2(6).
Shihab, Quraish, Membumikan Al-Qur’an. Mizan, (2002).
Suwarno, & Harahap, Y. M. (2022). Interaksi Edukatif Kisah Nabi Ādam ‘Alaihi al-Salām Dalam al-Qur’ān. Formosa Journal of Multidisciplinary Research, 1(3), 785–802. https://doi.org/10.55927/fjmr.v1i3.643
Syariah, F., & Iain, I. (n.d.). KEPEMIMPINAN PEREMPUAN DALAM ISLAM PERSPEKTIF Persoalan kepemimpinan perempuan masih terus menjadi perbincangan yang menuai pro dan kontra dikalangan ulama dan para. 79–108.
Taufik Rakhmat, A., & Abdussalam, A. (2022). Metode Tafsir Maudhu’i dan Hermeneutika Dalam Kajian Tafsir Al-Quran. Mauriduna: Journal of Islamic Studies, 3(2), 191–213. https://doi.org/10.37274/mauriduna.v3i2.626
Ulinnuha, M., & Nafisah, M. (2020). Moderasi Beragama Perspektif Hasbi Ash-Shiddieqy, Hamka, Dan Quraish Shihab. Suhuf, 13(1), 55–76. https://doi.org/10.22548/shf.v13i1.519
Yulia Zhana Safira, Ahmad Zainuddin, Amir Mahmud, M. M. M. (2023). Metode Penafsiran Achmad Chodjim Dalam Tafsir Surah Al-Fatihah. Triwikrama: Jurnal Multidisiplin Ilmu Sosial, 01(02), 9.
Wafa, Wahidatul., Supianudin, Asep, Masuknya Hermeneutika Dalam Lingkup Ilmu Tafsir. Jurnal Al-Tsaqafa, 14(1), 207-212. Https://Journal.Uinsgd.Ac.Id/Index.Php/Jat/Article/View/1801, (2017).
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mohammad Taufiq Hasan, Dr. Kharis Nugroho, Lc., M.Ud., Mohammad Zakki Azani, S.Th.I, M.Ed, Ph.D
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
License and Copyright Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read the International JIEI Author Guidelines at http://journal2.uad.ac.id/index.php/jiei/about/submissions#onlineSubmissions
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities “ tacitly or explicitly “ of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with the Journal of Islamic Education and Innovation agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.