Respon Quraish Shihab terhadap metode tafsir Hermeneutika
DOI:
https://doi.org/10.26555/jiei.v5i1.10649Keywords:
Hermeneutika, Tafsir, Metode Tafsir, Ulum-l-Qur'anAbstract
Tafsir memiliki peranan yang penting untuk memahami ayat-ayat al-Qur’an, para mufassir kerap tersandera oleh latar belakang keilmuan serta idiologi yang menjadi keyakinannya. Saat ini para ulama menggunakan metode tafsir Hermeneutik sebagai alternatif dalam menafsirkan al-Qur’an untuk memahami maksud yang mendalam dari ayat al-Qur’an. Namun, diperlukan kewaspadaan dalam menggunakan metode Hermeneutika, mengingat metode tersebut merupakan hal baru dalam tradisi ulum-l-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan respon Quraish Shihab terhadap metode tafsir Hermeuneutika. Metode penelitian literatur digunakan oleh peneliti untuk mendapatkan data, yang kemudian menganalisisnya. Hasil penelitian menunjukkan keharusan bagi penafsir untuk berhati-hati dalam menggunakan metode tafsir hermeneutik. Kehati-hatian penafsir didasarkan atas keyakinan atau Akidah yang menjadi prinsip, yang tidak diperkenankan untuk dikorbankan dalam hal toleransi dan lain-lainnya. Ada aspek-aspek intuitif yang perlu menjadi perhatian penafsir, agar tidak terjebak pada keinginan untuk membenarkan ide-ide pikiran pribadi. Dengan Akidah yang benar, mufassir dapat memahami makna al-Qur’an dengan baik.
References
F. Sugiarto and I. I. Ansharah, “Penafsiran Quraish Shihab Tentang Pendidikan Akhlak Dalam Al-Qur’an Surat Al-Ahzab Ayat 21 Pada Tafsir Al-Misbah,” Al Furqan: Jurnal Ilmu Al Quran dan Tafsir, vol. 4, no. 2, pp. 155–168, Dec. 2021, doi: 10.58518/alfurqon.v4i2.743.
A. Mahfudin and G. R. S. Wardani, “Asas Monogami Dalam Surat An-Nisa’ Ayat 3 (Studi Pemikiran M. Quraish Shihab),” Jurnal Hukum Keluarga Islam, vol. 3, no. 2, pp. 113–132, 2018.
Suwarno and Y. M. Harahap, “Interaksi Edukatif Kisah Nabi Ādam ‘Alaihi al-Salām Dalam al-Qur’ān,” Formosa Journal of Multidisciplinary Research, vol. 1, no. 3, pp. 785–802, Jul. 2022, doi: 10.55927/fjmr.v1i3.643.
R. Afizah, M. A. Mufid, N. A. Kuswoyo, and A. Mahmud, “Kritik Tafsir Al-Fatihah Karya Eko Prasetyo dalam Buku ‘Bangkitlah Gerakan Islam’ (Studi Kaidah Tafsir M.Quraish Shihab),” Relinesia: Jurnal Kajian Agama dan Multikulturalisme Indonesia, vol. 2, no. 1, pp. 151–163, 2023.
M. Ma’zumi, S. Syihabudin, and N. Najmudin, “Pendidikan Dalam Perspektif Al-Qur’an Dan Al-Sunnah : Kajian Atas Istilah Tarbiyah, Taklim, Tadris, Ta’dib dan Tazkiyah,” TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, vol. 6, no. 2, pp. 193–209, Nov. 2019, doi: 10.17509/t.v6i2.21273.
F. A. Assegaf, “Toleransi antar umat beragama menurut Tafsir Al-Mishbah karya M. Quraish Shihab,” Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta, 2021.
K. Fadliah, “Konsep khalifah menurut M. Quraish Shihab dan implikasinya terhadap pendidikan Islam,” Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta, 2014.
H. H. Alkampari, A. F. Rizki, and D. Marzal, “Pendapat Quraish Shihab Dalam Tafsir al Mishbah Tentang Berbuat Ihsan Dalam Dimensi Sosial,” Al-Fikra: Jurnal Ilmiah Keislaman, vol. 20, no. 2, pp. 136–150, 2021.
Y. Z. Safira, A. Zainuddin, A. Mahmud, and M. M. Mashuri, “Metode Penafsiran Achmad Chodjim Dalam Tafsir Surah Al-Fatihah,” Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial, vol. 1, no. 2, pp. 1–22, 2023.
A. Muzamil, J. Supriyanto, and A. Apriyanti, “Istidraj dalam Al-Qur’an Menurut Penafsiran M. Quraish Shihab Dalam Tafsir Al-Misbah,” Al-Misykah: Jurnal Studi Al-qur’an dan Tafsir, vol. 1, no. 2, pp. 101–114, Jun. 2021, doi: 10.19109/almisykah.v1i2.9031.
R. Husna and F. Ayu, “Living Qur’an Study on the Local Wisdom of the Pesantren Community Regarding the Rokat Sabe Tradition,” Santri: Journal of Pesantren and Fiqh Sosial, vol. 4, no. 2, pp. 163–176, Dec. 2023, doi: 10.35878/santri.v4i2.964.
D. Handayani, “Kesesatan menurut Quraish Shihab dalam tafsir Al-Misbah,” Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno, Bengkulu, 2020.
A. Mukmin, “Konsep Nasionalisme M. Quraish Shihab Dalam Tafsir Al-Mishbah,” Iqtishaduna, vol. 4, no. 1, pp. 541–569, Aug. 2021, doi: 10.53888/iqtishaduna.v6i1.427.
L. Han Sein and M. Salik, “Relevansi Pendidikan Anak dalam Keluarga Menurut M. Quraish Shihab dengan Pola Asuh Anak pada Pembelajaran di Masa Pandemi,” Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, vol. 6, no. 1, pp. 49–65, Mar. 2022, doi: 10.21831/diklus.v6i1.46753.
S. Sholikah, “Konsep Kasih Sayang Orang Tua dan Anak dalam Tafsir Al-Misbah karya Muhammad Quraish Shihab,” Institut Agama Islam Negeri , Ponorogo, 2022.
A. Kholik, “Konsep Keluarga Sakinah Dalam Perspektif Quraish Shihab,” Inklusif (Jurnal Pengkajian Penelitian Ekonomi Dan Hukum Islam), vol. 2, no. 2, p. 17, Dec. 2017, doi: 10.24235/inklusif.v2i2.1912.
A. Ependi, “Konsep Zikir Menurut Dr. Quraish Shihab dalam Tafsir Al-Mishbah,” Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah , Jakarta, 2008.
A. T. Rizky and A. R. S. Zakiah, “Islam Wasathiyah dalam Wacana Tafsir Ke-Indonesia-an (Studi Komparatif Penafsiran M. Quraish Shihab dan Buya Hamka),” AQWAL Journal of Qur’an and Hadis Studies, vol. 1, no. 1, pp. 1–28, Jun. 2020, doi: 10.28918/aqwal.v1i1.3515.
N. I. Boiliu, Hermeneutika. Jakarta: Universitas Kristen Indonesia, 2020.
A. M. Hidayah and A. K. Riyadi, “Konsep Keserasian Gender sebagai Resposn Wacana Kesetaraan Gender (Studi Analisis Tafsir Al-Mishbah Q.S. An-Nisa’:34),” Studia Quranika, vol. 8, no. 1, pp. 1–38, Sep. 2023, doi: 10.21111/studiquran.v8i1.9250.
S. Farwati, “Riya’ dalam perspektif al-Qur’an (Analisis Pemikirian M. Quraish Shihab dalam Tafsir Al-Misbah),” Universitas Islam Negeri Mataram, Mataram, 2020.
A. K. Soleh, “Membandingkan Hermeneutika dengan Ilmu Tafsir,” TSAQAFAH, vol. 7, no. 1, p. 31, May 2011, doi: 10.21111/tsaqafah.v7i1.106.
F. Syariah and I. Iain, “KEPEMIMPINAN PEREMPUAN DALAM ISLAM PERSPEKTIF Persoalan kepemimpinan perempuan masih terus menjadi perbincangan yang menuai pro dan kontra dikalangan ulama dan para,” pp. 79–108.
A. D. Ramdani, S. Noorhidayati, F. Rohandy, and L. D. Apriani, “The Significance of the Handshake Based on Religious and Social Perspectives (Analytical Study of Yusuf al-Qardhawi and Petter L. Berger),” Kontemplasi: Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin, vol. 10, no. 1, pp. 1–23, Oct. 2022, doi: 10.21274/kontem.2022.10.1.1-23.
A. Husaini and R. Husni, “Problematika Tafsir Feminis: Studi Kritis Konsep Kesetaraan Gender,” Al-Tahrir: Jurnal Pemikiran Islam, vol. 15, no. 2, p. 367, Dec. 2015, doi: 10.21154/al-tahrir.v15i2.264.
S. Ibrahim, “Hermeneutika Teks: Sebuah Wacana dalam Metode Tafsir Al-Qur’an?,” Hunafa: Jurnal Studia Islamika, vol. 12, no. 1, pp. 23–41, 2014.
R. Luthviyah and Linda Fajarwati, “Analisis Kritis M. Quraish Shihab Terhadap Karakteristik Kepemimpinan Dalam Tafsir Al-Mishbah,” Al-Bayan: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Hadist, vol. 6, no. 2, pp. 191-209., 2023.
A. Arsal, B. Busyro, and M. Imran, “Kepemimpinan Perempuan: Penerapan Metode Tafsir Hermeneutika Feminisme Amina Wadud,” AL QUDS : Jurnal Studi Alquran dan Hadis, vol. 4, no. 2, p. 481, Nov. 2020, doi: 10.29240/alquds.v4i2.1976.
N. Khairun, S. N. Isnaini, and F. N. Afifah, “Resepsi Fungsional Surah Al-Quraisy: Pembacaan Surah Al-Quraisy Dalam Pengobatan Fide Pada Komunitas Madura di Kampung Parit Waklijah Kalimantan Barat,” Jurnal Mafatih: Jurnal Ilmu Al-Qur`an dan Tafsir, vol. 3, no. 1, pp. 142–157, 2023.
B. Handayani, U. Ranuwijaya, and N. Jumhana, “Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Remaja dalam Qur’an Surat Yusuf dan Implementasinya pada Pembelajaran Akidah Akhlak di MTs Negeri 1 Kota Serang,” Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, vol. 1, no. 8, pp. 1595–1610, 2022.
R. A. Sumantri, “Hermeneutika al-Qur’an Fazul Rahman metode tafsir Double Movement,” Komunika: Jurnal Dakwah dan Komunikasi, vol. 7, no. 1, 2013.
H. Sidik and I. P. Sulistyana, “Hermeneutika Sebuah Metode Interpretasi Dalam Kajian Filsafat Sejarah,” Agastya: Jurnal Sejarah Dan Pembelajarannya, vol. 11, no. 1, p. 19, 2021, doi: 10.25273/ajsp.v11i1.6224.
H. Sidik and I. P. Sulistyana, “Hermeneutika Sebuah Metode Interpretasi Dalam Kajian Filsafat Sejarah,” Agastya: Jurnal Sejarah Dan Pembelajarannya, vol. 11, no. 1, pp. 19–34, Jan. 2021, doi: 10.25273/ajsp.v11i1.6224.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mohammad Taufiq Hasan, Kharis Nugroho, Mohammad Zakki Azani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
License and Copyright Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read the International JIEI Author Guidelines at http://journal2.uad.ac.id/index.php/jiei/about/submissions#onlineSubmissions
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities “ tacitly or explicitly “ of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with the Journal of Islamic Education and Innovation agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.