Analisis Percakapan terhadap Tindak Tutur dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Pondok Modern Madinah (Pendekatan Maksim Kerjasama Model Grice)
DOI:
https://doi.org/10.26555/insyirah.v4i1.3507Keywords:
Analisis Percakapan, Maksim Kerjasama, Tindak TuturAbstract
Artikel ini membahas seputar analisis percakapan serta metode dan analisis sederhana dalam sebuah pembelajaran bahasa arab di sebuah kelas antara guru dan murid dengan menggunakan analisis percakapan model prinsip kerjasama Grice. Dalam model Grice ia mengatur prinsip kerjasama kedalam 4 maksim, yaitu maksim kuantitas, maksim kualitas, maksim relevansi serta maksim pelaksanaan. Hasil dari analisis ini menunjukan bahwa, dalam sebuah pembelajaran bahasa arab di sebuah kelas antara guru dan murid dengan menggunakan analisis percakapan model prinsip kerjasama Grice, terdapat maksim kuantitas berkesesuaian, maksim kualitas berkesesuaian dan tidak berkesesuaian, maksim relevansi berkesesuaian dan maksim pelaksanaan berkesesuaian.
References
Deborah Schiffrin. 1994. Approaches to Discourse (USA: Blackwell Publishing).
Marcellino, M. 1993. “Analisis Percakapan (Conversation Analysis): Telaah Tanya-Jawab di Meja
Hijau” dalam Pellba 6 (Bambang Kaswanti Purwo (Ed.)). Yogyakarta: Kanisius.
Talbot J. Taylor dan Deborah Cameron. 1987. Analysing Conversation (Oxford: Pergamon Press).
Morrisan & Andy Corry Wardhany.2009.Teori Komunikasi Tentang komunikator, pesan,
percakapan, dan hubungan. Jakarta:Ghalia Indonesia.
Purba, Antilan. 2002. Pragmatik Bahasa Indonesia. Medan: USU Press
Sacks, Harvey, Schegloff, Emanuel A., & Jefferson, Gail. 1974. A Simplest Systematics for the
Organization of Turn Taking for Conversation.
George yule. 1996. Pragmatic. New york: Oxfor University Prees.
Kunjana Rahardi. 2009. Sosio Pragmatik. Yogyakarta: Erlangga.
H.p Grice. 1975. Logic and Conversation, Syntax and Semantics, Speech Act 3. New York: Academic
Prees.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Iqbal mubarok, Iqbal mubarok, Iqbal mubarok
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.