Fungsi Intermediary Bank Aceh Setelah Melakukan Konversi Menjadi Bank Umum Syariah
DOI:
https://doi.org/10.12928/ijiefb.v1i1.248Keywords:
Bank Syariah, Konversi, Market Share, BrandAbstract
Sebagai salah satu Negara dengan penduduk muslim terbesar didunia, Indonesia merupakan pasar potensial bagi bisnis berbasis syariah termasuk industri keuangan syariah. Pemerintah Indonesia telah melakukan berbagai upaya agar industri keuangan syariah dapat berkembangan di Indonesia salah satunya adalah dengan membuat ketentuan diperbolehkannya bank konvensional melakukan konversi menjadi bank syariah. Kebijakan tersebut ternyata berdampak positif dalam meningkatkan market share industri perbankan syariah terhadap pangsa pasar industri keuangan di Indonesia. Pada tahun 2016-2017 market share industri keuangan syariah meningkat menjadi 5,3% dan 5,78% padahal pada tahun 2015 market share industri perbankan syariah hanya 4,83%. Meningkatkanya market share industri perbankan syariah, salah satunya disebabkan konversi bank Aceh menjadi bank Aceh Syariah pada tahun 2016. Konversi yang dilakukan oleh Bank Aceh secara umum berdampak positif terhadap market share industri perbankan syariah, namun bagaimana kondisi pada internal pada bank Aceh Syariah sendiri apakah ada perubahan signifikan bank Aceh Syariah dalam menjalankan fungsi intermediary? Guna mencari atas pertanyaan ini maka studi ini perlu dilakukan. Studi ini menggunakan analisis kuantitatif dengan pendekatan before after. Data penelitian yang digunakan adalah data skunder yaitu data laporan keuangan bank Aceh Syariah selama 18 bulan sebelum konversi dan 18 bulan setelah konversi. Analisis data menggunakan paired sample t-test dengan menggunakan software SPSS.21. Hasil dari studi ini membuktikan bahwa setelah melakukan konversi menjadi bank Aceh Syariah ada perbedaan yang signifikan dalam menjalankan fungsi intermediary baik dari sisi jumlah pembiayaan dan jumlah DPK. Hal ini menunjukkan bahwa perubahan brand bank Aceh menjadi Syariah berdampak positif dengan keputusan masyatakat untuk menggunakan produk bank Aceh Syariah.References
Purba AI. Pengaruh Perubahan Bank Umum Syariah Terhadap Minat Menabung di Bank Aceh Syariah Pada Masyarakat Kabupaten Aceh Tenggara. Human Falah. 2017;4(1):72–86.
Sejarah singkat [Internet]. Available from: http://www.bankaceh.co.id/?page_id=82
Hasan A. Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta: CAPS; 2014.
Kotler P, Keller KL. Manajemen Pemasaran. 13th ed. Jakarta: Erlangga; 2013.
Samidi S, Nurfadilah D, Rivai A, Suharto. the Impact of Islamic Branding on Consumer’S Attitude Towards Soft Drink Product in Malaysia. Journal of Global Business and Social Entrepreneurship (GBSE). 2016;2(5):66–77.
Tajudin MH, Mulzaid AS. Pengaruh Promosi, Kepercayaan Dan Kesadaran Merek Terhdap Keputusan Nasabah Menggunakan Produk Tabungan Haji di Bank Syariah Mandiri KCP. Sawangan Kota Depok. Islamiconomic: Jurnal Ekonomi Islam. 2017;8(1):19–46.
Sunaryo S., Sudiro SEA. The Impact of Brand Awareness on Purchase Decision : Mediating Effect of Halal Logo and Religious Beliefs on Halal Food in Malang Indonesia. Australasian Journal of Islamic Finance and Business (AJIFB). 2018;4(1):28–37.
Jalil MA, Rahman MK. The impact of Islamic branding on consumer preference towards Islamic banking services: an empirical investigation in Malaysia. Journal of Islamic Banking and Finance. 2014;2(1):209–29.
Mirza TK, Sudjatno S, Sunaryo S. The Role of Customer Value , Islamic Brand Preference , and Image on Deposit Decision. Jurnal Keuang dan Perbankan. 2018;22(2):350–61.
Yunus NSNM, Rashid WEW, Ariffin NM, Rashid NM. Muslim’s Purchase Intention Towards Non-Muslim’s Halal Packaged Food Manufacturer. P Procedia - Social and Behavioral Sciences. 2014;130:145–54.
Purwanto. Teknik Penyusunan Instrumen Uji Validitas dan Reliabilitas Penelitian Ekonomi Syariah. Magelang: StaiaPress; 2018.
Wiyono G. Merancang Penelitian Bisnis dengan Alat Analisis SPSS dan SmartPLS.20. Yogyakarta: STIM YKPM; 2011.
Ghozali I. Apliksi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. 9th ed. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro; 2018.
Sejarah singkat [Internet]. Available from: http://www.bankaceh.co.id/?page_id=82
Hasan A. Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta: CAPS; 2014.
Kotler P, Keller KL. Manajemen Pemasaran. 13th ed. Jakarta: Erlangga; 2013.
Samidi S, Nurfadilah D, Rivai A, Suharto. the Impact of Islamic Branding on Consumer’S Attitude Towards Soft Drink Product in Malaysia. Journal of Global Business and Social Entrepreneurship (GBSE). 2016;2(5):66–77.
Tajudin MH, Mulzaid AS. Pengaruh Promosi, Kepercayaan Dan Kesadaran Merek Terhdap Keputusan Nasabah Menggunakan Produk Tabungan Haji di Bank Syariah Mandiri KCP. Sawangan Kota Depok. Islamiconomic: Jurnal Ekonomi Islam. 2017;8(1):19–46.
Sunaryo S., Sudiro SEA. The Impact of Brand Awareness on Purchase Decision : Mediating Effect of Halal Logo and Religious Beliefs on Halal Food in Malang Indonesia. Australasian Journal of Islamic Finance and Business (AJIFB). 2018;4(1):28–37.
Jalil MA, Rahman MK. The impact of Islamic branding on consumer preference towards Islamic banking services: an empirical investigation in Malaysia. Journal of Islamic Banking and Finance. 2014;2(1):209–29.
Mirza TK, Sudjatno S, Sunaryo S. The Role of Customer Value , Islamic Brand Preference , and Image on Deposit Decision. Jurnal Keuang dan Perbankan. 2018;22(2):350–61.
Yunus NSNM, Rashid WEW, Ariffin NM, Rashid NM. Muslim’s Purchase Intention Towards Non-Muslim’s Halal Packaged Food Manufacturer. P Procedia - Social and Behavioral Sciences. 2014;130:145–54.
Purwanto. Teknik Penyusunan Instrumen Uji Validitas dan Reliabilitas Penelitian Ekonomi Syariah. Magelang: StaiaPress; 2018.
Wiyono G. Merancang Penelitian Bisnis dengan Alat Analisis SPSS dan SmartPLS.20. Yogyakarta: STIM YKPM; 2011.
Ghozali I. Apliksi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. 9th ed. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro; 2018.
Downloads
Published
2019-04-02
Issue
Section
Articles
License
License and Copyright Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read Ihtifaz, Journal of Islamic Economics, Finance, and Banking Posting Your Article Policy at http://journal2.uad.ac.id/index.php/ijiefb/about/submissions#onlineSubmissions
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities “tacitly or explicitly“ of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with Ihtifaz, Journal of Islamic Economics, Finance, and Banking agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.