Pengembangan Media Smart Box Literasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas Ii SDN Inpres Mangge Dalam Kec. Lambu
DOI:
https://doi.org/10.12928/jimp.v4i1.9638Keywords:
pengembangan, smart box, literasi, membaca, permulaanAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) proses pengembangan media smart box literasi siswa kelas II di Sdn Inpres Mangge Dalam (2) hasil kelayakan produk pengembangan media smart box literasi pada siswa kelas II di SDN INPRES Mangge Dalam (3) keefektivan pembelajaran menggunakan media smart box literasi pada siswa kelas II di SDN INPRES Mangge Dalam. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau dikenal dengan R&D (Research ang Development) yang dilakukan menggunakan model penelitian 4D (Four D Model), meliputi tahap pendefenisian (define), perancangan (design), pengembangan (development), dan diseminasi (disseminate). Subjek Penelitan ini adalah siswa kelas II Sdn Inpres Mangge Dalam, dengan uji coba skala kecil 5 orang siswa bertujuan untuk melihat kepraktisan media smart box literasi dan uji coba skala besar dilakukan terhadap seluruh siswa kelas II sejumlah 12 orang bertujuan untuk mengukur efektivitas media smart box literasi dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan,keefektivan pembelajaran menggunakan media smart box literasi pada siswa kelas ii di Sdn Inpres Mangge dalam. Hasil validasi sangat baik yaitu, validasi media memperoleh skor 94,44% (sangat layak), artinya media yang didesain sudah dapat diaplikasikan setelah mendapatkan validasi dari validator, validator materi memperoleh skor 96% (sangat layak) karena materi yang digunakan pada media pembelajaran sangat relevan dengan kondisi peserta didik, dan validator praktisi lapangan memperoleh skor 92,5% (sangat layak) seorang praktisi memberikan tanggapan berkaitan dengan media dan materi yang digunakan sangat relevan dengan kondisi peserta didik maupun lingkungan sekolah. Uji coba skala kecil memperoleh 93,75% hasil yang didapat setelah menerapkan media mada materi pembelajaran yang sudah divalidasi oleh validtor dan hal tersebut sudah sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan membeca permulaan peserta didik.
References
Adelzha, N. S., & Wulandari, M. D. (2022). Pengembangan Media Boxsemart Mengenal Huruf dan Angka bagi Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5700–5707. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3115
Anggraeni, R. (2015). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Penggunaan Media Papan Flanel Pada Anak. Pendidikan Guru PAUD, 5, 4.
Alkharomah, A. (2018). Pengembangan Media Kotak Pintar Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas I SDN 02 Igir-Klanceng Kecamatan sirampog Tahun Pembelajaran 2017/2018 (Doctoral dissertation, Universitas Peradaban)
Arsyad, Azhar.(2010).MediaPembelajaran.Jakarta:PT.RajaGrafindo Persada.
Dalman.(2017).Keterampilan Membaca.Jakarta:Rajawali pres.
Harnanto, S. (2016). Alat Peraga Kotak Belajar Ajaib (Kobela) dalam pembealajaran Matematika Materi Perkalian dan Pembagian Sekolah Dasar. 18 (2), 35-36
Hasanah, U. (2019). Pengembangan Pembelajaran Literasi Membaca untuk Meningkatkan Daya Baca Siswa.Media Pustakawan, 26 (2), 129-139
Hasibuan, Melayu. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara
Jamaris.(2015).Perkembangan Dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-Kanak.Jakarta:PT.Grasindo
Julaiha. 2018. Upaya meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui penerapan media kartu huruf pada siswa kelas II di SDN Kaboro tahun 2021/2022. STKIP Taman Siswa Bima.
Khairini. M,. Salahudin, N. H,. & Fatmawati. (2019). Teras Literasi. Aceh.Tim Syiah Kuala University Press
Komalasari,Desy Ningsih dan Zulkifli (2021) Pengembangan Media flash card untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa SDN Donggo dori Dungga Kec Donggo. Jurnal ilmiah ilmu Pendidikan. Volume 4, Nomor 6, Oktober 2021
Mufida, C. I. (2014). Pengembangan Modul Pembelajaran Pada Kopetensi Dasar Hubungan Masyarakat Kelas X APK 2 di SMK N 10 Surabaya. Jurnal Administrasi Perkantoran (JPAP). HAL.2
Mulyatiningsih, E. (2016). Pengembangan Media pembelajaran. Diakses pada tanggal 21 desember 2022 dari Http://staff. uny. ac. id/sites/default/files/pengabdian/dra-endang-mulyatiningsih-mpd/7cpengembangan-model-pembelajaran. Pada september(hal.11)
Putri, R., Arum, S., Raya, J., Km, P., Sumenep, K., Timur, J., & Sari, T. T. (2023). Pengembangan Reox ( Reading Box ) Sebagai Media Ajar Membaca Permulaan Universitas Wiraraja Diskursus : Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Mengajar angkatan 3 di SDN Lenteng Barat IV , dan beberapa sekolah lainnya. 6(2), 151–165.
Rahayuningsih, S. S., Soesilo, T. D., & Kurniawan, M. (2019). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Bermain Dengan Media Kotak Pintar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(1), 11–18. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i1.p11-18
Saputro, B. (2017). Manajemen penelitian pengembangan (research & development) bagi penyusun tesis dan disertasi. Aswaja Presindo.
Sukaryanti, A., Murjainah, M., & Syaflin, S. L. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Kotak Pintar Keragaman Di Indonesia Untuk Siswa Kelas Iv Sd. Jurnal Pendidikan : Riset Dan Konseptual, 7(1), 140. https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v7i1.675
Sulasminah, D., Hadis, A., & Wulandari, D. (2022). Development of Smartboard Media to Improve Letter Recognition Ability for Students with Cerebral Palsy at Lutang State Special School. Society, 10(2), 556–570. https://doi.org/10.33019/society.v10i2.461
Sumiati, A. Y., & Komala, K. (2020). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Permainan Media Kotak Huruf Pada Kelompok B. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inofativ Adaptif0, 3(6), 591-601
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.
Tarigan, H. G. (2015). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Yani.(2019).Minset Kurikulum2013.Bandung:Alfabeta
Yuliastri, N. A, Fitriani, R. & Ilhami, B. S. (2021) Pengembangan Media Smart Box dalam Meningkatkan kemampuan Kognitif anak usia 5-6 tahun. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education, 8(2), 29-36
Yusdi, Milman.. (2010). Penilaian Prestasi Kerja. Jakarta: Balai Pustaka.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Desy Ningsih Komalasari, Sri Hardiningsih , Mulyadi, Sri Wulandari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This article's copyright is transferred to Universitas Ahmad Dahlan (UAD) if and when the item is accepted for publication. The undersigned hereby transfers any rights in and to the paper including without limitation all copyrights to UAD. The undersigned hereby represents and warrants that the article is original and that he/she is the author of the paper, except for material identified as to its source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.
We declare that:
This paper has not been published in the same form elsewhere.
It will not be submitted anywhere else for publication before acceptance/rejection by this Journal.
Copyright permission is obtained for materials published elsewhere and which require this permission for reproduction.
Furthermore, I/We hereby transfer the unlimited rights of publication of the above-mentioned paper in whole to UAD. The copyright transfer covers the exclusive right to reproduce and distribute the article, including reprints, translations, photographic reproductions, microform, electronic form (offline, online), or any other reproductions of similar nature.
The corresponding author signs for and accepts responsibility for releasing this material on behalf of any co-authors. This agreement is to be signed by at least one of the authors who have obtained the co-author(s) assent where applicable. After submission of this agreement signed by the corresponding author, changes of authorship or in the order of the authors listed will not be accepted.
Retained Rights/Terms and Conditions
Authors retain all proprietary rights in any process, procedure, or article of manufacture described in the Work.
Authors may reproduce or authorize others to reproduce the Work or derivative works for the author's personal use or company use, provided that the source and the UAD copyright notice are indicated, the copies are not used in any way that implies UAD endorsement of a product or service of any employer, and the documents themselves are not offered for sale.
Although authors are permitted to re-use all or portions of the Work in other works, this does not include granting third-party requests for reprinting, republishing, or different types of re-use.