Pemanfaatan Sistem Informasi Manajemen Perpustakaan Dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa Di SMAN 1 Berau
DOI:
https://doi.org/10.12928/jimp.v3i1.9366Keywords:
Manajemen Perpustakaan, Minat Baca Siswa, Sistem InformasiAbstract
Perpustakaan merupakan salah satu sumber informasi yang diselenggarakan pada suatu Lembaga Pendidikan, dikelola sepenuhnya oleh lembaga yang bersangkutan, untuk mencapai tujuan Pendidikan pada umumnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan pemanfaatan sistem informasi manajemen perpustakaan dalam meningkatkan minat baca siswa.
Jenis penelitian ini menerapkan metode pendekatan kualitatif dengan mengumpulkan informasi dari 3 narasumber. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi yang kemudian diolah menjadi sebuah kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan sistem informasi manajemen perpustakaan dalam menumbuhkan minat baca di SMAN 1 Berau telah memenuhi standar nasional Pendidikan dan dilakukan dengan tahapan yang sangat baik; 1) Sistem Informasi Manajemen Perpustakaan merupakan gabungan melalui teknologi informasi dan juga aktivitas manusia yang menanfaatkan teknologi itu sendiri sebagai dukungan operasi manajemen dalam pengolahan data dan informasi. 2) Setiap lembaga pendidikan diharapkan memiliki perpustakaan di lingkungan sekolah masing-masing guna menunjang proses pendidikan agar siswa mendapatkan tambahan informasi dan juga dapat mengerjakan tugas-tugas dari guru, mengingat perpustakaan sekolah menjadi bagian integral dari sistem pembelajaran, bukan hanya menjadi sarana pelengkap bagi keberadaan sekolah. 3) Pemanfaatan SIM Perpustakaan di SMAN 1 Berau merupakan kunci utama dalam menumbuhkan minat baca siswa dan juga meningkatkan kualitas manajemen sistem informasi dalam sebuah perpustakaan. 4) Pemanfaatan SIM Perpustakaan harus memiliki struktur organisasi yang mencakup aspek-aspek penting pada proses pengorganisasian, antara lain: pembagian kerja, bagan organisasi formal, rantai perintah dan kesatuan perintah serta tingkat hirarki manajemen, sehingga sistem informasi yang merupakan kumpulan komponen organisasi atau lembaga dapat saling berhubungan dengan proses perencanaan.
References
Abdullah, A. N., Johan, R. C., & Ajie, M. D. (2017). PEMANFAATAN INTERNET SEKOLAH UNTUK MENDUKUNG PENCARIAN INFORMASI SISWA (Studi Deskriptif pada Perpustakaan Sekolah SMAN di Kota …. Edulibinfo, 1–7.
Adani, M. R. (2021). Pengertian Sistem Informasi dan Cara Penerapannya. Retrieved From.
Agustin, H. (2018). Sistem informasi manajemen menurut prespektif islam. Jurnal Tabarru’: Islamic Banking and Finance, 1(1), 63–70.
Anugrah, W. D., Saufa, A. F., & Irnadianis, H. (2022). Peran Pojok Baca Dalam Menumbuhkan Minat Baca Masyarakat Dusun Ngrancah. Jurnal Pustaka Budaya, 9(2), 93–98. https://doi.org/10.31849/pb.v9i2.8859
Artana, I. K. (2016). Upaya menumbuhkan minat baca pada anak. Acarya Pustaka, 2(1), 1–13.
Baridwan, Z. (2013). Sistem Informasi Akuntansi (Edisi Kedu). Salemba Empat. Jakarta.
Bryson, J. (1990). Manajemen Perpustakaan dan Pusat Informasi yang Efektif. Vermont: Perusahaan Penerbitan Gower.
Handoko, A. (2012). Peningkatan Minat Belajar Bahasa Inggris (Muatan Lokal) Membaca Nyaring Melalui Penggunaan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Tempursari Sambi Semester 1 Tahun Pelajaran 2012/2013. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Hariyanto, S. (2016). Sistem Informasi Manajemen. Publiciana, 9(1), 80–85.
Herdiansyah, H. (2019). Wawancara, observasi, dan focus groups: sebagai instrumen penggalian data kualitatif. Depok: Rajawali Pers.
Hermawan, A. H., Hidayat, W., & Fajari, I. (2020). Manajemen Perpustakaan Dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 5(1), 113–126.
Indrajit, D. R. R. E. K. O. (2020). Teknologi informasi. Ahmad Zulfan.
Irkhamiyati, I. (2017). Evaluasi Persiapan Perpustakaan Stikes’ Aisyiyah Yogyakarta Dalam Membangun Perpustakaan Digital. Berkala Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 13(1), 37–46.
Iskandar. (2016). Manajemen dan budaya perpustakaan. Bandung: Refika Aditama.
Kristyanto, D. (2016). Analisis Pengaruh Human Organization Technology (Hot) Fit Model Terhadap Pemanfaatan Sistem Informasi Di Perpustakaan Universitas Airlangga Surabaya. UIN Sunan Kalijaga.
Lasa, H. (2008). Manajemen Perpustakaan. Yogyakarta : PT. Gama Media.
Lestari, I. A., & Harisuna, N. R. (2019). Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Dalam Proses Pembelajaran Siswa terhadap Minat Baca Siswa. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 5(1).
Lindriany, J., Hidayati, D., & Nasaruddin, D. M. (2023). Urgensi Literasi Digital Bagi Anak Usia Dini Dan Orang Tua. Journal of Education and Teaching (JET), 4(1), 35–49. https://doi.org/https://jet.or.id/index.php/jet/article/view/201/61
Lindriany, J., Mahmudah, F. N., & Nasaruddin, D. M. (2022). TQM sebagai Cara Peningkatan Mutu Layanan Akademik di STIT Muhammadiyah Tanjung Redeb. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 16252–16260. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.5058
Mansyur, U., & Indonesia, U. M. (2019). Gempusta: Upaya meningkatkan minat baca. Prosiding Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra II FBS UNM, 203–2017.
McLeod Jr, R. (1996). Sistem Informasi Manajemen: Studi Sistem Informasi Berbasis Komputer Jilid I. Jakarta: PT. Prenhallindo.
Meiratri, G. C., Irawan, B., & Zaini, M. (2020). Pengelolaan sistem informasi manajemen perpustakaan berbasis e-library pada Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Balikpapan. Journal of Policy and Bureaucracy Management, 1(1), 45–55.
Moleong, L. J. (2012). Metodologi penelitian kualitatif, Bandung. Pariwisata Pedesaan Sebagai Alternatif Pembangunan Berkelanjutan (Laporan Penelitian Hibah Bersaing Perguruan Tinggi) Yogyakarta.
Nasution, L. H. (2021). Kode Etik Pustakawan sebagai Aturan Profesional bagi Profesi Pustakawan. Ilmu Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan, 9(2), 17–23.
Nopitasari, N., Muazza, M., & Masbirorotni, M. (2021). Hubungan Manajemen Perpustakaan dan Peran Guru terhadap Minat Baca Siswa. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2459–24698.
Nurseptaji, A., & Ramdhani, Y. (2021). Sistem Informasi Perpustakaan dengan Implementasi Model Waterfall. Jurnal Informatika Dan Sistem Infromasi (INFORMASI), 13(1).
Prawono, J. A., & Pamungkas, A. R. (2015). Sistem Informasi Pengelolaan Surat Masuk Dan Surat Keluar Di STMIK AUB Surakarta. Informatika, 2(1).
Rohim, D. C., & Rahmawati, S. (2020). Peran literasi dalam meningkatkan minat baca siswa di sekolah dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 230–237.
Rokan, M. R. (2017). Manajemen perpustakaan sekolah. Jurnal Iqra. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/iqra/article/view/795
Rusdiana, M. (2014). Sistem Informasi Manajemen. Sistem Informasi Manajemen, 1–387.
Sadikin, A., & Wiranda, N. (2022). Sistem informasi manajemen. K-Media.
Sardiman, A. (2006). Interaksi dan Memotivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Pers Rajawali.
Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Cetakan ke). Bandung: Alfabeta.
Sumiati, O. (2014). Konsep Dasar dan Pengantar Manajemen Perpustakaan Sekolah. Buku Materi Pokok Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Universitas Terbuka.
Syah, Muhibbin. (2007). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung, PT. Remaja Rosdakarya.
Tangke, U. (2011). Pemanfaatan sistem informasi perikanan dalam pengelolaan sumberdaya. Agrikan: Jurnal Agribisnis Perikanan, 4(2), 52–59.
Utama, H. B. (2019). PEMANFAATAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DI LEMBAGA CABANG DAN RANTING (LPCR) ORGANISASI “M.” Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 8(1), 98–103.
Yudiarti, E. F., & Islam, M. P. P. M. P. (2019). Manajemen Perpustakaan dalam Upaya Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik di MAN 01 Kota Bengkulu. Al Maktabah, 4(1), 4455. https://doi.org/https://core.ac.uk/download/pdf/229573052.pdf
Yuliani, T. (2020). Analisis kebutuhan pemustaka pada kegiatan layanan pengembangan koleksi buku Perpustakaan IAIN Batusangkar. Al-Kuttab: Jurnal Kajian Perpustakaan, Informasi Dan Kearsipan, 2(1), 41–52.
Zakia, H. (2019). Pemanfaatan Sistem Informasi Manajemen sebagai Strategi dalam Menjalin Kerjasama Sekolah dengan Wali Murid di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Talamu. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 8(1), 58–65.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Universitas Ahmad Dahlan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This article's copyright is transferred to Universitas Ahmad Dahlan (UAD) if and when the item is accepted for publication. The undersigned hereby transfers any rights in and to the paper including without limitation all copyrights to UAD. The undersigned hereby represents and warrants that the article is original and that he/she is the author of the paper, except for material identified as to its source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.
We declare that:
This paper has not been published in the same form elsewhere.
It will not be submitted anywhere else for publication before acceptance/rejection by this Journal.
Copyright permission is obtained for materials published elsewhere and which require this permission for reproduction.
Furthermore, I/We hereby transfer the unlimited rights of publication of the above-mentioned paper in whole to UAD. The copyright transfer covers the exclusive right to reproduce and distribute the article, including reprints, translations, photographic reproductions, microform, electronic form (offline, online), or any other reproductions of similar nature.
The corresponding author signs for and accepts responsibility for releasing this material on behalf of any co-authors. This agreement is to be signed by at least one of the authors who have obtained the co-author(s) assent where applicable. After submission of this agreement signed by the corresponding author, changes of authorship or in the order of the authors listed will not be accepted.
Retained Rights/Terms and Conditions
Authors retain all proprietary rights in any process, procedure, or article of manufacture described in the Work.
Authors may reproduce or authorize others to reproduce the Work or derivative works for the author's personal use or company use, provided that the source and the UAD copyright notice are indicated, the copies are not used in any way that implies UAD endorsement of a product or service of any employer, and the documents themselves are not offered for sale.
Although authors are permitted to re-use all or portions of the Work in other works, this does not include granting third-party requests for reprinting, republishing, or different types of re-use.