Implementasi Literasi Baca Tulis di Sekolah : Studi Kasus di SDN 39 Raba Bima
DOI:
https://doi.org/10.12928/jimp.v4i1.9302Keywords:
Baca Tulis, Implementasi, Literasi, SekolahAbstract
literasi baca tulis sangat diperlukan untuk mengembangkan komunikasi siswa. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Implementasi literasi baca tulis di SDN 39 Raba Bima yang dilihat dari aspek 1) Jumlah variasi bahan bacaan di sekolah 2) peminjaman bahan bacaan di perpustakaan 3) kegiatan sekolah yang berkaitan dengan literasi baca tulis 4) kebijakan kepala sekolah yang berkaitan dengan literasi baca tulis dan 5) Komunitas Baca di sekolah.
penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif deskriptif. Pengambilan data menggunakan angket mendalam mengenai perkembangan literasi disekolah dan di bantu oleh wawancara dilakukan kepada beberapa pegiat literasi disekolah seperti kepala sekolah, kepala perpustakaan dan ibu pembimbing literasi ibu Y untuk mendukung data. Tehnik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan analisis deskriptif atau statistik deksriptif. Penarikan kesimpulan dilakukan dengan cara membandingkan hasil yang diperoleh dengan kategori nilai presentase menggunakan rumus likert skala 1 sampai 4.
Hasil Implementasi Literasi Baca Tulis SDN 39 Raba Bima masuk dalam kategori sangat baik dengan aspek 1) Jumlah variasi bahan bacaan di sekolah dengan presentase 83% dengan kategori sangat baik 2) peminjaman bahan bacaan di perpustakaan dengan presenatse 88 % dengan kategori sangat baik 3) kegiatan sekolah yang berkaitan dengan literasi baca tulis dengan presentase 84% dengan kategori sangat baik 4) kebijakan kepala sekolah yang berkaitan dengan literasi baca tulis dengan presentase 88% dengan kategori sangat baik dan 5) Komunitas Baca di sekolah dengan presentase 92% dengan kategori sangat baik. Secara garis besar Implementasi Literasi Baca Tulis SDN 39 Raba Bima sudah sangat baik akan tetapi masih harus meningkatkan kualitas implementasi literasi baca tulis dan harus dilakukan evaluasi literasi secara menyeluruh bukan saja hanya literasi baca tulis untuk mengetahui implementasi literasi secara keseluruhan.
References
Arikunto, Suharsimi.2010. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik Edisi revisi. Jakarta. PT. Rineka Cipta.
Ade, D. R. (2020). Minat Baca Siswa Kelas Rendah Dalam Pelaksanaan Literasi Sekolah Di Sd Islam Al Azhar 34 Makassar. PhD Thesis. UIN Raden Intan Lampung, 1–11.
Agusta, A. S. (2020). Komunitas Baca Dalam Menyebar Virus Literasi “Perpustakaan Jalanan DIY.” IQRA`: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi (e-Journal), 14(1), 29. https://doi.org/10.30829/iqra.v14i1.6350
Cresswell, John.2015. Penelitian Kualitatif dan Desain Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Dewi, L. R. (2023). Peran Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Budaya Literasi Di SMPN 3 Praya Dan Smpn 4 Praya Tengah Kabupaten Lombok Tengah. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(2), 1464–1478. https://doi.org/10.58258/jime.v9i2.4366
Fahrianur, Monica, R., Wawan, K., Misnawati, Nurachman. A, Veniaty, S., & Ramadhan, I. (2023). Implementasi Literasi di Sekolah Dasar. Journal of Student Research (JSR), 1(No.1), 102–113.
Hanum, A. E. (2021). Implementasi Gerakan Literasi Di Sekolah Dasar Melalui Program Membaca Menyenangkan. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9, 1104–1111.
Inovasi, J., Ipa, P., Fitri, N., Ummah, R., Haryadi, D., & Azwar, M. (2023). BASA ( BAROMETER SAINS ) Penerapan kegiatan literasi membaca merdeka belajar untuk meningkatkan literasi siswa SMPN 10 Kota Bima. 4(2), 42–51.
Irma, C. N. (2019). Implementasi Literasi Baca Tulis Melalui Majalah Dinding Sebagai Aktualisasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar. Konferensi Nasional Bahasa Dan Sastra V, 5(1), 88–94. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/knbs/article/view/12871
Multidisipline, J. I., Menengah, S., Negeri, A., Email, L., Literasi, A., Negeri, S. M. A., Indonesia, B., Kunci, K., & Literasi, P. (2023). Implementasi Literasi Baca-Tulis Pada Pembelajaran Teks Anekdot Di Kelas X-4 Sma Negeri 6 Lhokseumawe. 2(2), 23–29.
Olnasvi, N. D. (2016). Sistem Peminjaman Buku Pesan-Antar di Perpustakaan Kantor Perwakilan Bank Indonesia provinsi Sumatera Barat. Jurnal Informasi Ilmu Perpustakaan Dan Kearsipan, 5(1), 22–30. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/iipk/article/download/6289/4895
Rahmatullah, M. F., Pasani, C. F., & Yulinda, R. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Literasi Sains Bermuatan Karakter Toleransi Untuk Siswa SMP Pada Materi Pewarisan Sifat. Pahlawan Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya, 17(2), 1–10. https://doi.org/10.57216/pah.v17i2.149
Saadati, B. A., & Sadli, M. (2019). Analisis Pengembangan Budaya Literasi Dalam Meningkatkan Minat Membaca Siswa Di Sekolah Dasar. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(2), 151–164. https://doi.org/10.24042/terampil.v6i2.4829
Sari, P. A. P. (2020). Hubungan literasi baca tulis dan minat membaca dengan hasil belajar bahasa indonesia. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(1), 141–152.
Shabrina, L. M. (2022). Kegiatan Kampus Mengajar dalam Meningkatkan Keterampilan Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 916–924. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2041
Sugiyono.(2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta
Suranto. (2015). Dasar-Dasar Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: K-Media
Susanti, D. I., Prameswari, J. Y., & Anawati, S. (2022). Penerapan Literasi Baca-Tulis Dan Literasi Numerasi Di Kelas Bawah Sekolah Dasar. Wacana : Jurnal Bahasa, Seni, Dan Pengajaran, 6(1), 82–88. https://doi.org/10.29407/jbsp.v6i1.18330
Tarisa, T., Hilyana, F. S., & Arsyad Fardani, M. (2022). Implementasi Kampus Mengajar Untuk Menanamkan Literasi Baca Tulis Siswa Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(1), 758–766. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i1.348
Ummami, W., Wandra, D., Gistituati, N., & Marsidin, S. (2021). Kebijakan Kepala Sekolah untuk Meningkatkan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1673–1682. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/984
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Pendidikan Nasional
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nurmiatul Fitri, Didit Haryadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This article's copyright is transferred to Universitas Ahmad Dahlan (UAD) if and when the item is accepted for publication. The undersigned hereby transfers any rights in and to the paper including without limitation all copyrights to UAD. The undersigned hereby represents and warrants that the article is original and that he/she is the author of the paper, except for material identified as to its source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.
We declare that:
This paper has not been published in the same form elsewhere.
It will not be submitted anywhere else for publication before acceptance/rejection by this Journal.
Copyright permission is obtained for materials published elsewhere and which require this permission for reproduction.
Furthermore, I/We hereby transfer the unlimited rights of publication of the above-mentioned paper in whole to UAD. The copyright transfer covers the exclusive right to reproduce and distribute the article, including reprints, translations, photographic reproductions, microform, electronic form (offline, online), or any other reproductions of similar nature.
The corresponding author signs for and accepts responsibility for releasing this material on behalf of any co-authors. This agreement is to be signed by at least one of the authors who have obtained the co-author(s) assent where applicable. After submission of this agreement signed by the corresponding author, changes of authorship or in the order of the authors listed will not be accepted.
Retained Rights/Terms and Conditions
Authors retain all proprietary rights in any process, procedure, or article of manufacture described in the Work.
Authors may reproduce or authorize others to reproduce the Work or derivative works for the author's personal use or company use, provided that the source and the UAD copyright notice are indicated, the copies are not used in any way that implies UAD endorsement of a product or service of any employer, and the documents themselves are not offered for sale.
Although authors are permitted to re-use all or portions of the Work in other works, this does not include granting third-party requests for reprinting, republishing, or different types of re-use.