Implementasi Literasi Baca Tulis di Sekolah : Studi Kasus di SDN 39 Raba Bima

Authors

  • Nurmiatul Fitri STKIP Taman Siswa Bima
  • Didit Haryadi STKIP TAMAN SISWA BIMA

DOI:

https://doi.org/10.12928/jimp.v4i1.9302

Keywords:

Baca Tulis, Implementasi, Literasi, Sekolah

Abstract

literasi baca tulis sangat diperlukan untuk mengembangkan komunikasi siswa. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Implementasi literasi baca tulis di SDN 39 Raba Bima yang dilihat dari aspek 1) Jumlah variasi bahan bacaan di sekolah 2) peminjaman bahan bacaan di perpustakaan 3) kegiatan sekolah yang berkaitan dengan literasi baca tulis 4) kebijakan kepala sekolah yang berkaitan dengan literasi baca tulis  dan 5) Komunitas Baca di sekolah.

penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif deskriptif.  Pengambilan data menggunakan angket mendalam mengenai perkembangan literasi disekolah dan di bantu oleh wawancara  dilakukan kepada beberapa pegiat literasi disekolah seperti kepala sekolah, kepala perpustakaan dan ibu pembimbing literasi ibu Y untuk mendukung data. Tehnik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan analisis deskriptif atau statistik deksriptif. Penarikan kesimpulan dilakukan dengan cara membandingkan hasil yang diperoleh dengan kategori nilai presentase menggunakan rumus likert skala 1 sampai 4.

Hasil Implementasi Literasi Baca Tulis SDN 39 Raba Bima masuk dalam kategori sangat baik dengan aspek 1) Jumlah variasi bahan bacaan di sekolah dengan presentase 83% dengan kategori sangat baik 2) peminjaman bahan bacaan di perpustakaan dengan presenatse 88 % dengan kategori sangat baik 3) kegiatan sekolah yang berkaitan dengan literasi baca tulis dengan presentase 84% dengan kategori sangat baik 4) kebijakan kepala sekolah yang berkaitan dengan literasi baca tulis dengan presentase 88% dengan kategori sangat baik dan 5) Komunitas Baca di sekolah dengan presentase 92% dengan kategori sangat baik. Secara garis besar  Implementasi Literasi Baca Tulis SDN 39 Raba Bima sudah sangat baik akan tetapi masih harus meningkatkan kualitas implementasi literasi baca tulis dan harus dilakukan evaluasi literasi secara menyeluruh bukan saja hanya literasi baca tulis untuk mengetahui implementasi literasi secara keseluruhan.

References

Arikunto, Suharsimi.2010. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik Edisi revisi. Jakarta. PT. Rineka Cipta.

Ade, D. R. (2020). Minat Baca Siswa Kelas Rendah Dalam Pelaksanaan Literasi Sekolah Di Sd Islam Al Azhar 34 Makassar. PhD Thesis. UIN Raden Intan Lampung, 1–11.

Agusta, A. S. (2020). Komunitas Baca Dalam Menyebar Virus Literasi “Perpustakaan Jalanan DIY.” IQRA`: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi (e-Journal), 14(1), 29. https://doi.org/10.30829/iqra.v14i1.6350

Cresswell, John.2015. Penelitian Kualitatif dan Desain Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Dewi, L. R. (2023). Peran Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Budaya Literasi Di SMPN 3 Praya Dan Smpn 4 Praya Tengah Kabupaten Lombok Tengah. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(2), 1464–1478. https://doi.org/10.58258/jime.v9i2.4366

Fahrianur, Monica, R., Wawan, K., Misnawati, Nurachman. A, Veniaty, S., & Ramadhan, I. (2023). Implementasi Literasi di Sekolah Dasar. Journal of Student Research (JSR), 1(No.1), 102–113.

Hanum, A. E. (2021). Implementasi Gerakan Literasi Di Sekolah Dasar Melalui Program Membaca Menyenangkan. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9, 1104–1111.

Inovasi, J., Ipa, P., Fitri, N., Ummah, R., Haryadi, D., & Azwar, M. (2023). BASA ( BAROMETER SAINS ) Penerapan kegiatan literasi membaca merdeka belajar untuk meningkatkan literasi siswa SMPN 10 Kota Bima. 4(2), 42–51.

Irma, C. N. (2019). Implementasi Literasi Baca Tulis Melalui Majalah Dinding Sebagai Aktualisasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar. Konferensi Nasional Bahasa Dan Sastra V, 5(1), 88–94. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/knbs/article/view/12871

Multidisipline, J. I., Menengah, S., Negeri, A., Email, L., Literasi, A., Negeri, S. M. A., Indonesia, B., Kunci, K., & Literasi, P. (2023). Implementasi Literasi Baca-Tulis Pada Pembelajaran Teks Anekdot Di Kelas X-4 Sma Negeri 6 Lhokseumawe. 2(2), 23–29.

Olnasvi, N. D. (2016). Sistem Peminjaman Buku Pesan-Antar di Perpustakaan Kantor Perwakilan Bank Indonesia provinsi Sumatera Barat. Jurnal Informasi Ilmu Perpustakaan Dan Kearsipan, 5(1), 22–30. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/iipk/article/download/6289/4895

Rahmatullah, M. F., Pasani, C. F., & Yulinda, R. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Literasi Sains Bermuatan Karakter Toleransi Untuk Siswa SMP Pada Materi Pewarisan Sifat. Pahlawan Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya, 17(2), 1–10. https://doi.org/10.57216/pah.v17i2.149

Saadati, B. A., & Sadli, M. (2019). Analisis Pengembangan Budaya Literasi Dalam Meningkatkan Minat Membaca Siswa Di Sekolah Dasar. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(2), 151–164. https://doi.org/10.24042/terampil.v6i2.4829

Sari, P. A. P. (2020). Hubungan literasi baca tulis dan minat membaca dengan hasil belajar bahasa indonesia. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(1), 141–152.

Shabrina, L. M. (2022). Kegiatan Kampus Mengajar dalam Meningkatkan Keterampilan Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 916–924. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2041

Sugiyono.(2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta

Suranto. (2015). Dasar-Dasar Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: K-Media

Susanti, D. I., Prameswari, J. Y., & Anawati, S. (2022). Penerapan Literasi Baca-Tulis Dan Literasi Numerasi Di Kelas Bawah Sekolah Dasar. Wacana : Jurnal Bahasa, Seni, Dan Pengajaran, 6(1), 82–88. https://doi.org/10.29407/jbsp.v6i1.18330

Tarisa, T., Hilyana, F. S., & Arsyad Fardani, M. (2022). Implementasi Kampus Mengajar Untuk Menanamkan Literasi Baca Tulis Siswa Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(1), 758–766. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i1.348

Ummami, W., Wandra, D., Gistituati, N., & Marsidin, S. (2021). Kebijakan Kepala Sekolah untuk Meningkatkan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1673–1682. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/984

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Pendidikan Nasional

Downloads

Published

2024-04-04

How to Cite

Fitri, N., & Haryadi, D. (2024). Implementasi Literasi Baca Tulis di Sekolah : Studi Kasus di SDN 39 Raba Bima . JURNAL INOVASI DAN MANAJEMEN PENDIDIKAN, 4(1), 13–22. https://doi.org/10.12928/jimp.v4i1.9302

Issue

Section

Articles