Pelaksanaan Monitoring dan Evaluasi Keuangan Sekolah di SMP Dalam Meningkatkan Transparansi dan Akuntabilitas
DOI:
https://doi.org/10.12928/jimp.v4i1.8023Keywords:
Akuntabilitas, Evaluasi, Keuangan Sekolah, Monitoring, TransparasiAbstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk: (1) melihat bagaimana pelaksanaan monitoring dan evaluasi keuangan sekolah di SMP; (2) untuk melihat bagaimana sekolah menerapkan prinsip transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan sekolah; dan (3) untuk melihat pengaruh monitoring dan evaluasi keuangan sekolah dalam memperbaiki pengelolaan keuangan sekolah. Dalam keberhasilan pelaksanaan pendidikan salah satunya adalah komponen manajemen keuangan sekolah yang perlu dikelola dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Sekolah perlu melaksanakan Manajemen keuangan sekolah dengan baik dengan cara merencanakan dan mengembangkan segala sumber daya yang dimiliki secara efektif dan efisien. Pendekatan penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan teknik pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah bendahara sekolah yang memiliki peran penting dalam pengelolaan keuangan sekolah. Hasil penelitian menujukkan bahwa pelaksanaan monitoring dan evaluasi keuangan telah berjalan dengan baik dan dilaksanakan langsung oleh kepala sekolah, pihak yayasan, maupun dinas pendidikan. Selama pelaksanaan monitoring dan evaluasi keuangan sekolah minim ditemukan ketidaksesuaian dengan RKAS yang telah dibuat sebelumnya. Dengan adanya pelaksanaan monitoring dan evaluasi ini diharapkan dapat meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam mengelola keuangan sekolah sehingga harapannya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
References
A. Rusdiana, & Wardija. (2013). Manajemen Keuangan Sekolah : Konsep, Prinsip, dan Aplikasi di Sekolah/Madrasah (p. 190).
Andiawati, E. (n.d.). Pengelolaan Keuangan Lembaga Pendidikan / Sekolah.
Apriliana, R. A., Rodiyah, D. P. M., Sukma, B. M., Puspitasari, D. R., Dina, E. S., & Yuliana, A. T. R. D. (2022). Implementasi Manajemen Keuangan Madrasah Dalam Rangka Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(2), 93–107. https://doi.org/10.19109/elidare.v8i2.14425
Arifin, M. (n.d.). Manajemen Keuangan Pondok Pesantren.
Arwildayanto, Lamatenggo, N., & Sumar, W. T. (2017). Manajemen Keuangan dan Pembiayaan Pendidikan.
Gusvita, M. (n.d.). Kegiatan Monitoring Dan Evaluasi Dalam Peningkatan Kualitas Kerja Tenaga Kependidikan Di Sekolah Menengah Pertama Pondok Pesantren Zulhijjah Kabupaten Batanghari.
Handoko, C., & Tukiran. (2022). Manajemen Kepala Sekolah/Madrasah Dalam Sistem Pengelolaan Keuangan. Jurnal An-Nur: Kajian Pendidikan Dan Ilmu Keislaman, 8(2), 1–23.
Iskandar, J. (2019). Implementasi Sistem Manajemen Keuangan Pendidikan. Jurnal Idaarah, 3(1), 114–123.
Karyatun, S. (2016). Mengelola Keuangan Sekolah. Jurnal Ilmu Dan Budaya, 40(54), 6257–6276.
Komariah, N. (2018). Konsep Manajemen Keuangan. Manajemen Keuangan Pendidikan, 6(Teori Kinrja), 67–94.
Kurnia, A. (2022). Pengelolaan Manajemen Keuangan pada Lembaga Pendidikan SD Negeri 5 Jaten di Karanganyar Jawa Tengah. Jurnal Ta’lim, 4(2), 29–38.
Matin. (2014). Manajemen Pembiayaan Pendidikan Konsep dan Aplikasinya.
Minarti, A., & Martiah, L. (2018). Karakteristik Keuangan Sekolah Dan Pengawasan Terhadap Efektivitas Pengelolaan Keuangan Sekolah Kejuruan Di Bengkulu Utara. 8, 17–28.
Mubin, N., & Daerah, K. (2018). Integritas Dan Akuntabilitas Dalam Pengelolaan Keuangan Sekolah / Madrasah dan kebijakan organisasi serta kode etik profesi , walaupun dalam keadaan yang sulit untuk melakukannya , “ satunya kata dengan Akuntabilitas adalah kewajiban memberikan pertanggun. 14(2), 80–92.
Raeni. (2014). Pengaruh Keadilan, Efisiensi, Transparan, dan Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Terhadap Produktivitas SMK. Economics Education Analysis Journal, 3(1), 9. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj
Rahayu, S., Mukhzarudfa, Yuliusman, & Yuliana. (2022). Praktik Pengawasan Pengelolaan Keuangan Sekolah. Journal of the Japan Welding Society, 91(5), 328–341. https://doi.org/10.2207/jjws.91.328
Rahmah, N. (2016). Prinsip-Prinsip Manajemen Keuangan Sekolah. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 1(1), 73–77. https://doi.org/10.24256/kelola.v1i1.430
Ratnaningtyas, K., & Setiyani, R. (2017). Efektifitas Komite Sekolah Sebagai Badan Pengawas Manajemen Keuangan Sekolah Pada Sma Negeri Se-Kota Semarang. 6(2), 571–582.
Rekasari, M. H. (2020). Efektivitas Pengelolaan Keuangan Sekolah (Study Evaluatif Di Sma Negeri 7 Bengkulu Selatan). 14(2).
Setiawati Sri. (2019). Evaluasi Prosedur Pengelolaan Dana Bantuan Oprasional Sekolah (BOS) Dalam Menilai Efektifitas Dana Pada Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Bina Auladi Depok. Jurnal Lentera Akuntansi, 4(November), 2.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Universitas Ahmad Dahlan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This article's copyright is transferred to Universitas Ahmad Dahlan (UAD) if and when the item is accepted for publication. The undersigned hereby transfers any rights in and to the paper including without limitation all copyrights to UAD. The undersigned hereby represents and warrants that the article is original and that he/she is the author of the paper, except for material identified as to its source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.
We declare that:
This paper has not been published in the same form elsewhere.
It will not be submitted anywhere else for publication before acceptance/rejection by this Journal.
Copyright permission is obtained for materials published elsewhere and which require this permission for reproduction.
Furthermore, I/We hereby transfer the unlimited rights of publication of the above-mentioned paper in whole to UAD. The copyright transfer covers the exclusive right to reproduce and distribute the article, including reprints, translations, photographic reproductions, microform, electronic form (offline, online), or any other reproductions of similar nature.
The corresponding author signs for and accepts responsibility for releasing this material on behalf of any co-authors. This agreement is to be signed by at least one of the authors who have obtained the co-author(s) assent where applicable. After submission of this agreement signed by the corresponding author, changes of authorship or in the order of the authors listed will not be accepted.
Retained Rights/Terms and Conditions
Authors retain all proprietary rights in any process, procedure, or article of manufacture described in the Work.
Authors may reproduce or authorize others to reproduce the Work or derivative works for the author's personal use or company use, provided that the source and the UAD copyright notice are indicated, the copies are not used in any way that implies UAD endorsement of a product or service of any employer, and the documents themselves are not offered for sale.
Although authors are permitted to re-use all or portions of the Work in other works, this does not include granting third-party requests for reprinting, republishing, or different types of re-use.