Pemanfaatan Software SPSS untuk Analisis Instrument Penelitian Dalam Penelitian Tindakan Kelas
DOI:
https://doi.org/10.12928/jimp.v3i1.7727Keywords:
Analisis, Instrumen Penelitian, Penelitian Tindakan Kelas, SPSSAbstract
Dalam kegiatan PTK instrument tes (soal) yang digunakan sebagai alat ukur untuk mengukur keberhasil suatu metode atau tindakan perlu diuji kualitasnya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini dimaksudkan untuk mencari informasi dan data yang dapat digunakan untuk mendeskripsikan kualitas instrumen tes secara empiris berdasarkan unsur validitas, reliabilitas, indeks kesukaran, dan daya pembeda soal yang diolah dengan bantuan software SPSS versi 16.0. Diagnostik soal dengan menguji cobakan soal kepada 42 siswa kelas VIII B Madarash Muallimin Muhammadiyah Yogyakarta. Hasil uji coba didapatkan 20 item soal baik instrument tes subtema 1 dan 2 kesemuanya valid dan reliable. Tingkat kesukaran instrument tes subtema 1 terdapat 4 soal kategori sedang dan 16 soal kategori mudah. Instrumen tes subtema 2 terdapat 10 soal kategori sedang dan 10 soal kategori mudah. Uji daya pembeda instrument tes subtema 1 kesemua soal dalam kategori baik. Instrument tes subtema 2 terdapat 19 soal dengan kategori baik dan 1 soal dengan kategori tidak baik. Manfaat setelah dilakukan analisis instrumen soal menggunakan SPSS ini adalah dapat membantu dalam evaluasi atas tes yang digunakan, mendukung penulisan butir soal yang efektif, menentukan apakah suatu fungsi butir soal sesuai dengan yang diharapkan, dan merevisi materi yang dinilai atau diukur.
References
Adelman, C. (1993). Kurt Lewin and the Origins of Action Research. Educational Action Research, 1(1), 7–24. https://doi.org/10.1080/0965079930010102 Gayatri, wirakusuma, 2016.pdf. (n.d.).
Arifin, Z. (2009). Evaluasi PembelajaranPrinsip, Teknik, Prosedur. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Arikunto, S. (2021). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 3. Bumi Aksara.
Azwar S. (2014). Psikologi Inteligensi. Yogyakarta.
Budiastusi, D., dan Agustinus, B. (2018). Validitas dan Reliabilitas Penelitian. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Dali, N. S. (1992). Pengantar Teori Sekor pada Pengukuran Pendidikan. Jakarta: Besbats.
Fatayah, F., Yuliana, I. F., dan Muf'idah L. (2022). Analisis Validitas Dan Reliabilitas Dalam Mendukung Ketuntasan Belajar Model STEM. Jurnal Buana Pendidikan. 18(1): 49-60.
Farida dan Musyarofah, A. (2021). Validitas dan Reliabilitas dalam Analisis Butir Soal. Al-Mu’arrib: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab. 1(1): 34-44.
Fernandes, H.J.X. (2004). Testing and Measurement. Jakarta: Depdikbud.
Gayatri dan Wirakusuma. (2016). Penelitian Tindakan Kelas Untuk Meningkatkan Keterampilan Pembuatan Proporsal Penelitian Mahasiswa. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana. 14(2): 1539-1554.
Gronlund, Norman E. (2002). Contruction Achievement Test. Englewood Chiffs: Prentise-Hall.
Hair, J. F., Anderson, R. E., Tatham, R. L., & Black, W. C., (1998). Multivariate Data Analysis,
fifth edition. New Jersey: Prentice-Hall International, Inc.
Hopkins, D.. (1993). A Teacher’s Guide to Classroom Research. Philadelphia: Open University Press.
Hopkins, Charles, D. and Antes, Richard L.. (1999). Classroom Measurement and Evaluation. Illionis, F.E. Peacock.
Kunandar. (2011). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai pengembang Profesi Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Machali, I. 2015. Statistik Itu Mudah: Menggunakan SPSS Sebagai Alat bantu Statistik. Yogyakarta : Ladang Kata.
McTaggart, R.. (1991). Action Research: A Short Modern History. Geelong: Deakin University Press.
Magdalena, I., Fauziah, S. N., Faziah, S. N., & Nupus, F. S. (2021). Analisis Validitas, Reliabilitas, Tingkat Kesulitan Dan Daya Beda Butir Soal Ujian Akhir Semester Tema 7 Kelas Iii Sdn Karet 1 Sepatan. 3.
Musayaroh, T. (2021). HOTS-Based Chemical Literacy Test Instrument Validation in Terms of Content Validity by Experts. UNESA Journal of Chemical Education, 10(3): 243–251.
Mutakin, M. D. (2022a). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar IPS Menggunakan Aplikasi Google Form di Kelas 1G Madrasah Muallimin Muhammadiyah Yogyakarta. Jurnal Kiprah, 10(1), 12–22. https://doi.org/10.31629/kiprah.v10i1.4179
Mutakin, M. D. (2022b). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa menggunakan Metode Team Quiz pada Pembelajaran Daring. Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial. 23(1): 1-18.
Naga, Dali. S. (2002). Pengantar Teori Skor pada Pengukuran Pendidikan. Jakarta: Gunadarma.
Neti. (2020). Analisis Validitas Soal Pilihan Ganda Penilaian Akhir Semester Genap Pelajaran Fisika Kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Kepahiang. Jurnal Perspektif Pendidikan. LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau. 14(02): 89-98. DOI: https://doi.org/10.31540/jpp.v14i2.1049.
Nuraeni, Z., Simarmata, R. H., Sukmaningthias, N., dan Sari, N. (2021). Pelatihan Software SPSS untuk Menghitung Validitas, Reliabilitas, dan Analisis Butir Soal bagi Mahasiswa Calon Guru di Palembang. Jurnal Anugerah, 3(1), 15–23. https://doi.org/10.31629/anugerah.v3i1.3383
Nurgiyantoro, B.. (2010). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE.
Nurkancana, Wayan, Sunartana. (1992). Evaluasi Hasil Belajar, Surabaya: Usaha Nasional.
Rifanty, E. (2019). Peningkatan Keaktifan Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Pada Peserta Didik Kelas VB SD Muhammadiyah Condongcatur. JURNAL JPSD. 10(10): 1-6. DOI: http://dx.doi.org/10.26555/jpsd
Sanjaya, W.. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Santoso, E., Kania, N., Nurhikmayati, I., Jatisunda, M. G., & Suciawati, V. (2021). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Bentuk Pengembangan Profesionalisme Guru. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2). DOI: 10.31949/jb.v2i2.832
Sari, W. M., Riswanto, R., & Partono, P. (2019). Validitas mobile pocket book berbasis android
menggunakan adobe flash pada materi suhu dan kalor. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 7(1): 35–42.
Slameto. (2008). Evaluasi pendidikan. Jakarta: Bina Aksara.
Sudjana,. (2004). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sudjiono, A. (2016). Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Rajawali Press.
Sukarsono, Fauzan, Arief N. F., dan Taufik M. (2014). Modul Pengantar Penulisan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pendidikan dan Latihan Profesi Guru Panitia Sertifikasi Guru (PSG) Rayon 144. Diselanggarakan oleh Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Islam Malang, Universitas Wisnuwardhana Malang, dan SKIP PGRI Blitar.
Sukardi, (2009). Metodologi penelitian pendidikan: kompetensi dan praktiknya Jakarta: Bumi Aksara.
Suryabrata, S. (2007). Pengembangan Tes Hasil Belajar. Jakarta: Rajawali.
Tarigan, E. F., Nilmarito, S., Islamiyah, K., Darmana, A., & Suyanti, R. D. (2022). Analisis Instrumen Tes Menggunakan Rasch Model dan Software SPSS 22.0. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 16(2), 92–96. https://doi.org/10.15294/jipk.v16i2.30530
Udzma, N. S., & Farid, E. K. (2023). 1,2Universitas Islam Zainul Hasan Genggong.
Utomo, B. (2019). Analisis validitas isi butir soal sebagai salah satu upaya peningkatan kualitas pembelajaran di madrasah berbasis nilai-nilai islam. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 1(2).
Whitehead, J., & McNiff, J. (2006). Action research living theory. SAGE Publications.
Yuliardi, R., & Nuraeni, Z. (2017). Statiska Penelitian plus tutorial software SPSS. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Yusuf, I. (2015). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika Melalui Pembelajaran EMPECE pada Siswa Kelas XI-IPA 4 SMA Negeri 5 Yogyakarta tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Ilmiah Guru “COPE”. 19(1): 71-78. DOI: https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v19i01.5643
Yusup, F. (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1). https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v7i1.2100
Zainul, A. dan Nasoetion, N. (1997). Penilaian Hasil Belajar. Pusat Antar Universitas, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi: Departemen Pendidikan Dan kebudayaan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Universitas Ahmad Dahlan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This article's copyright is transferred to Universitas Ahmad Dahlan (UAD) if and when the item is accepted for publication. The undersigned hereby transfers any rights in and to the paper including without limitation all copyrights to UAD. The undersigned hereby represents and warrants that the article is original and that he/she is the author of the paper, except for material identified as to its source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.
We declare that:
This paper has not been published in the same form elsewhere.
It will not be submitted anywhere else for publication before acceptance/rejection by this Journal.
Copyright permission is obtained for materials published elsewhere and which require this permission for reproduction.
Furthermore, I/We hereby transfer the unlimited rights of publication of the above-mentioned paper in whole to UAD. The copyright transfer covers the exclusive right to reproduce and distribute the article, including reprints, translations, photographic reproductions, microform, electronic form (offline, online), or any other reproductions of similar nature.
The corresponding author signs for and accepts responsibility for releasing this material on behalf of any co-authors. This agreement is to be signed by at least one of the authors who have obtained the co-author(s) assent where applicable. After submission of this agreement signed by the corresponding author, changes of authorship or in the order of the authors listed will not be accepted.
Retained Rights/Terms and Conditions
Authors retain all proprietary rights in any process, procedure, or article of manufacture described in the Work.
Authors may reproduce or authorize others to reproduce the Work or derivative works for the author's personal use or company use, provided that the source and the UAD copyright notice are indicated, the copies are not used in any way that implies UAD endorsement of a product or service of any employer, and the documents themselves are not offered for sale.
Although authors are permitted to re-use all or portions of the Work in other works, this does not include granting third-party requests for reprinting, republishing, or different types of re-use.