Pemanfaatan Software SPSS untuk Analisis Instrument Penelitian Dalam Penelitian Tindakan Kelas

Authors

  • Deden Mutakin Muallimin Muhammadiyah Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.12928/jimp.v3i1.7727

Keywords:

Analisis, Instrumen Penelitian, Penelitian Tindakan Kelas, SPSS

Abstract

Dalam kegiatan PTK instrument tes (soal) yang digunakan sebagai alat ukur untuk mengukur keberhasil suatu metode atau tindakan perlu diuji kualitasnya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini dimaksudkan untuk mencari informasi dan data yang dapat digunakan untuk mendeskripsikan kualitas instrumen tes secara empiris berdasarkan unsur validitas, reliabilitas, indeks kesukaran, dan daya pembeda soal yang diolah dengan bantuan software SPSS versi 16.0. Diagnostik soal dengan menguji cobakan soal kepada 42 siswa kelas VIII B Madarash Muallimin Muhammadiyah Yogyakarta. Hasil uji coba didapatkan 20 item soal baik instrument tes subtema 1 dan 2 kesemuanya valid dan reliable. Tingkat kesukaran instrument tes subtema 1 terdapat 4 soal kategori sedang dan 16 soal kategori mudah. Instrumen tes subtema 2 terdapat 10 soal kategori sedang dan 10 soal kategori mudah. Uji daya pembeda instrument tes subtema 1 kesemua soal dalam kategori baik. Instrument tes subtema 2 terdapat 19 soal dengan kategori baik dan 1 soal dengan kategori tidak baik.  Manfaat setelah dilakukan analisis instrumen soal menggunakan SPSS ini adalah dapat membantu dalam evaluasi atas tes yang digunakan, mendukung penulisan butir soal yang efektif, menentukan apakah suatu fungsi butir soal sesuai dengan yang diharapkan, dan merevisi materi yang dinilai atau diukur.

References

Adelman, C. (1993). Kurt Lewin and the Origins of Action Research. Educational Action Research, 1(1), 7–24. https://doi.org/10.1080/0965079930010102 Gayatri, wirakusuma, 2016.pdf. (n.d.).

Arifin, Z. (2009). Evaluasi PembelajaranPrinsip, Teknik, Prosedur. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. (2021). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 3. Bumi Aksara.

Azwar S. (2014). Psikologi Inteligensi. Yogyakarta.

Budiastusi, D., dan Agustinus, B. (2018). Validitas dan Reliabilitas Penelitian. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Dali, N. S. (1992). Pengantar Teori Sekor pada Pengukuran Pendidikan. Jakarta: Besbats.

Fatayah, F., Yuliana, I. F., dan Muf'idah L. (2022). Analisis Validitas Dan Reliabilitas Dalam Mendukung Ketuntasan Belajar Model STEM. Jurnal Buana Pendidikan. 18(1): 49-60.

Farida dan Musyarofah, A. (2021). Validitas dan Reliabilitas dalam Analisis Butir Soal. Al-Mu’arrib: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab. 1(1): 34-44.

Fernandes, H.J.X. (2004). Testing and Measurement. Jakarta: Depdikbud.

Gayatri dan Wirakusuma. (2016). Penelitian Tindakan Kelas Untuk Meningkatkan Keterampilan Pembuatan Proporsal Penelitian Mahasiswa. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana. 14(2): 1539-1554.

Gronlund, Norman E. (2002). Contruction Achievement Test. Englewood Chiffs: Prentise-Hall.

Hair, J. F., Anderson, R. E., Tatham, R. L., & Black, W. C., (1998). Multivariate Data Analysis,

fifth edition. New Jersey: Prentice-Hall International, Inc.

Hopkins, D.. (1993). A Teacher’s Guide to Classroom Research. Philadelphia: Open University Press.

Hopkins, Charles, D. and Antes, Richard L.. (1999). Classroom Measurement and Evaluation. Illionis, F.E. Peacock.

Kunandar. (2011). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai pengembang Profesi Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Machali, I. 2015. Statistik Itu Mudah: Menggunakan SPSS Sebagai Alat bantu Statistik. Yogyakarta : Ladang Kata.

McTaggart, R.. (1991). Action Research: A Short Modern History. Geelong: Deakin University Press.

Magdalena, I., Fauziah, S. N., Faziah, S. N., & Nupus, F. S. (2021). Analisis Validitas, Reliabilitas, Tingkat Kesulitan Dan Daya Beda Butir Soal Ujian Akhir Semester Tema 7 Kelas Iii Sdn Karet 1 Sepatan. 3.

Musayaroh, T. (2021). HOTS-Based Chemical Literacy Test Instrument Validation in Terms of Content Validity by Experts. UNESA Journal of Chemical Education, 10(3): 243–251.

Mutakin, M. D. (2022a). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar IPS Menggunakan Aplikasi Google Form di Kelas 1G Madrasah Muallimin Muhammadiyah Yogyakarta. Jurnal Kiprah, 10(1), 12–22. https://doi.org/10.31629/kiprah.v10i1.4179

Mutakin, M. D. (2022b). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa menggunakan Metode Team Quiz pada Pembelajaran Daring. Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial. 23(1): 1-18.

Naga, Dali. S. (2002). Pengantar Teori Skor pada Pengukuran Pendidikan. Jakarta: Gunadarma.

Neti. (2020). Analisis Validitas Soal Pilihan Ganda Penilaian Akhir Semester Genap Pelajaran Fisika Kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Kepahiang. Jurnal Perspektif Pendidikan. LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau. 14(02): 89-98. DOI: https://doi.org/10.31540/jpp.v14i2.1049.

Nuraeni, Z., Simarmata, R. H., Sukmaningthias, N., dan Sari, N. (2021). Pelatihan Software SPSS untuk Menghitung Validitas, Reliabilitas, dan Analisis Butir Soal bagi Mahasiswa Calon Guru di Palembang. Jurnal Anugerah, 3(1), 15–23. https://doi.org/10.31629/anugerah.v3i1.3383

Nurgiyantoro, B.. (2010). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE.

Nurkancana, Wayan, Sunartana. (1992). Evaluasi Hasil Belajar, Surabaya: Usaha Nasional.

Rifanty, E. (2019). Peningkatan Keaktifan Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Pada Peserta Didik Kelas VB SD Muhammadiyah Condongcatur. JURNAL JPSD. 10(10): 1-6. DOI: http://dx.doi.org/10.26555/jpsd

Sanjaya, W.. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Santoso, E., Kania, N., Nurhikmayati, I., Jatisunda, M. G., & Suciawati, V. (2021). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Bentuk Pengembangan Profesionalisme Guru. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2). DOI: 10.31949/jb.v2i2.832

Sari, W. M., Riswanto, R., & Partono, P. (2019). Validitas mobile pocket book berbasis android

menggunakan adobe flash pada materi suhu dan kalor. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 7(1): 35–42.

Slameto. (2008). Evaluasi pendidikan. Jakarta: Bina Aksara.

Sudjana,. (2004). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sudjiono, A. (2016). Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Rajawali Press.

Sukarsono, Fauzan, Arief N. F., dan Taufik M. (2014). Modul Pengantar Penulisan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pendidikan dan Latihan Profesi Guru Panitia Sertifikasi Guru (PSG) Rayon 144. Diselanggarakan oleh Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Islam Malang, Universitas Wisnuwardhana Malang, dan SKIP PGRI Blitar.

Sukardi, (2009). Metodologi penelitian pendidikan: kompetensi dan praktiknya Jakarta: Bumi Aksara.

Suryabrata, S. (2007). Pengembangan Tes Hasil Belajar. Jakarta: Rajawali.

Tarigan, E. F., Nilmarito, S., Islamiyah, K., Darmana, A., & Suyanti, R. D. (2022). Analisis Instrumen Tes Menggunakan Rasch Model dan Software SPSS 22.0. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 16(2), 92–96. https://doi.org/10.15294/jipk.v16i2.30530

Udzma, N. S., & Farid, E. K. (2023). 1,2Universitas Islam Zainul Hasan Genggong.

Utomo, B. (2019). Analisis validitas isi butir soal sebagai salah satu upaya peningkatan kualitas pembelajaran di madrasah berbasis nilai-nilai islam. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 1(2).

Whitehead, J., & McNiff, J. (2006). Action research living theory. SAGE Publications.

Yuliardi, R., & Nuraeni, Z. (2017). Statiska Penelitian plus tutorial software SPSS. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Yusuf, I. (2015). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika Melalui Pembelajaran EMPECE pada Siswa Kelas XI-IPA 4 SMA Negeri 5 Yogyakarta tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Ilmiah Guru “COPE”. 19(1): 71-78. DOI: https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v19i01.5643

Yusup, F. (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1). https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v7i1.2100

Zainul, A. dan Nasoetion, N. (1997). Penilaian Hasil Belajar. Pusat Antar Universitas, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi: Departemen Pendidikan Dan kebudayaan.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Mutakin, D. (2023). Pemanfaatan Software SPSS untuk Analisis Instrument Penelitian Dalam Penelitian Tindakan Kelas. JURNAL INOVASI DAN MANAJEMEN PENDIDIKAN, 3(1), 33–49. https://doi.org/10.12928/jimp.v3i1.7727

Issue

Section

Articles