Pengelolaan Kelas Pada Pembelajaran Matematika di Bimbingan Belajar
DOI:
https://doi.org/10.12928/jimp.v4i1.7140Keywords:
Pengelolaan kelas, Pembelajaran matematika, Bimbingan belajarAbstract
Pendidikan formal tidak cukup untuk mempersiapkan siswa dalam, menghadapi berbagai ujian, termasuk ujian nasional sehingga banyak dari mereka yang menenpuh pendidikan non-formal di luar jam sekolah di lembaga bimbingan belajar. Lembaga bimbingan belajar di luar sekolah menjadi alternatif para siswa untuk memperoleh pelajarann yang belum diajarkan disekolah. Matematika merupakan pelajaran yang dianggap sulit. Sebagia besar siswa kurang memahami pelajaran matematika yang hanya diajarkan di sekolah, dikarenakan terbatasnya waktu. Dalam kelas segala aspek pembelajaran berkumpul dan berproses, sehingga guru harus memiliki kemampuan pengeloaan kelas yang efektif. Pengelolaan kelas adalah upaya yang dilakukan guru untuk mewujudkan lingkungan belajar yang efektif dan menyenangkan serta dapat memotivasi siswa untuk belajar dengan baik sesuai kemampuan. Pengelolaan kelas yang efektif adalah persyaratan mutlak untuk membangun kegiatan belajar mengajar yang efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengelolaan kelas pada pembelajaran matematika di bimbingan belajar non formal. Penelitian ini menggunakan metode penlitian deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan observasi. Sampel dari penelitian adalah tentor matematika dari Bimbel CITAR. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengelolaan kelas pada pembelajaran matematika di Bimbel CITAR sudah baik. Teknik pengelolaan kelas yang dilakukan tentor matematika di dalam kelas meliputi pengelolaan peserta didik, pengeloaan fasilitas, dan pengloaan pembelajaran.
References
Abdulah, M. K., Fuzi, I. K. A., & Sudrajat, A. (2022). Manajemen strategi pengelolaan kelas dalam meningkatkan kualitas layanan pendidikan. Jurnal Simki Pedagogia, 5(2), 200–208. https://doi.org/https://doi.org/10.29407/jsp.v5i2.149
Anggraini, R. (2020). Manajemen pengelolaan kelas. Pendidikan Aud.
Arikunto, S. (2009). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta Djamarah.
Arumsari, D. (2017). Pengaruh media pembelajaran dan keterampilan pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar siswa smk negeri 5 madiun. ASSETS: Jurnal Akuntansi Dan Pendidikan, 6(1), 13–25. https://doi.org/http://doi.org/10.25273/jap.v6i1.1290
Chan, & Faizhal. (2019). Strategi guru dalam mengelola kelas di sekolah dasar. Journal of Elementary Education, 3(4), 439–446. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/ijee.v3i4.21749
Fauzi, Ahmad. (2013). Manajemen Pembelajaran. Deepublish.
Fauzi, Anis, Helnanelis, & Fahmi, A. (2020). Pengaruh pengelolaan kelas terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih ( studi di MTs Al-Fitroh Tangerang ). Balajea: Jurnal Pendidikan Islam, 5(01), 51–70. https://doi.org/10.29240/belajea.v5
Fayakunikmah, M. (2019). Konstribusi keikutsertaan bimbingan belajar dan motivasi belajar terhadap nilai akademik siswa kelas XII jurusan pemasaran di LBB Epsilon Gresik. Jurnal Pendidikan Tana Niaga (JPTN), 7(3), 504–509.
Jera, R. P., Wuri, J. U., Koro, A. D., Umaratu, S. J., Bili, F. K., Radjah, J. C., Wibe, C. L., Mbaha, J. S. J., Kahendu, A., Roboth, E. M. L., Nicholas, N., Mone, W., Nora, V. R., Mburu, Y. V. R., Ngadang, N. K., Amah, A. H. L., & Lado, A. L. (2020). Pendampingan les tambahan matapelajaran matematika di Taman Baca Gracia , melalui bimbingan belajar peserta didik di kelurahan Prailiu. Jurnal Pengabdian Balerang (JPB), 2(3), 1–4.
Jiwandono, I. S., Degeng, I. N. S., & Kusmintardjo. (2017). Peran guru dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif di SDN Wonorejo 01 Lawang. Prosiding TEP & PDs, 721–726.
Juwita, R. (2022). Teknik pengelolaaan kelas besar di sekolah dasar. Journal of Integrated Lementary Educatio, 2(2), 130–143. https://doi.org/https://doi.org/10.21580 /jieed.v2i2.10719
Muhaiminah, S. (2020). Peningkatan kemampuan mengelola kelas melalui teknik pemodelan. Jurnal Ideguru, 5(1), 84–91. https://doi.org/https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i1.407
Mulyadi. (2018). Diagnosis kesulitan belajar di sekolah. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, 8(01), 18–23. https://doi.org/https://doi.org/10.15548/alawlad.v8i1.1596
Nasution, H. F. (2021). Peningkatan hasil belajar matematika melalui bimbingan belajar gratis. Indonesian Journal of Community Service, 1(1), 66–73.
Nihayah, N. (2018). Pengaruh bimbingan belajar terhadap kejenuhan dalam beljar pada siswa kelas XI di SMAN I Gerung kabupaten Lombok Barat. EL-HIKMAH, 12(1), 53–64. https://doi.org/https://doi.org/10.20414/clhikmah.v12i1
Noviyanti, A., & Rizki, R. (2019). Perbandingan siswa les dan tidak les terhadap prestasi belajar biologi di SMA Negeri 8 Banda Aceh. BIOnatural, 6(1), 102–114.
Rohiyatun, B., & Mulyani, S. E. (2017). Hubungan prosedur manajemen kelas dengan kelancaran proses belajar mengajar. Jurnal Pendidikan Mandala, 2(2), 92–99. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.58258/jupe.v2i2.214
Rosaria, D., & Novika, H. (2017). Bimbingan belajar bahasa inggris bagi anak usia sekolah dasar (6-12 tahun) di desa Semangat Dalam Rt. 31 Handil Bhakti. Jurnal Al-Ikhlas, 2(2), 13–19. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31602/jpai.v2i2.751
Santoso, A., & Rusmawati, Y. (2019). Pendampingan belajar siswa di rumah melalui kegiatan bimbingan belajar di desa Guci Karanggeneng Lamongan. Abdimas Berdaya: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 36–43. https://doi.org/https://doi.org/10.30736/jab.v2i02.7
Veronica, D., & Nasution, E. Y. P. (2022). Program bimbingan belajar ( BIMBEL ) matematika untuk siswa SD di desa Semerap pada era pandemi. Madani : Indonesian Journal Of Civil Society, 04(1), 1–8. https://doi.org/10.35970/madani.v1i1.771
Wati, A. R. Z., & Trihantoyo, S. (2020). Strategi penglolaan kelas unggulan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Jurnal Dinamika Mananjemen Pendidikan, 5(1), 46–57. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jdmp.v5n1.p46-57
Yani, Y. (2022). Guru sebagai pelaksana manajemen kelas (studi kasus pada kelas rendah di MIN 2 Babussalam tahun pelajaran 2021-2022). Tarbiyatul Bukhary, Jurnal Pendidikan, Agama Dan Sains, 4(1), 65–72.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Khozainul Muna, Suparni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This article's copyright is transferred to Universitas Ahmad Dahlan (UAD) if and when the item is accepted for publication. The undersigned hereby transfers any rights in and to the paper including without limitation all copyrights to UAD. The undersigned hereby represents and warrants that the article is original and that he/she is the author of the paper, except for material identified as to its source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.
We declare that:
This paper has not been published in the same form elsewhere.
It will not be submitted anywhere else for publication before acceptance/rejection by this Journal.
Copyright permission is obtained for materials published elsewhere and which require this permission for reproduction.
Furthermore, I/We hereby transfer the unlimited rights of publication of the above-mentioned paper in whole to UAD. The copyright transfer covers the exclusive right to reproduce and distribute the article, including reprints, translations, photographic reproductions, microform, electronic form (offline, online), or any other reproductions of similar nature.
The corresponding author signs for and accepts responsibility for releasing this material on behalf of any co-authors. This agreement is to be signed by at least one of the authors who have obtained the co-author(s) assent where applicable. After submission of this agreement signed by the corresponding author, changes of authorship or in the order of the authors listed will not be accepted.
Retained Rights/Terms and Conditions
Authors retain all proprietary rights in any process, procedure, or article of manufacture described in the Work.
Authors may reproduce or authorize others to reproduce the Work or derivative works for the author's personal use or company use, provided that the source and the UAD copyright notice are indicated, the copies are not used in any way that implies UAD endorsement of a product or service of any employer, and the documents themselves are not offered for sale.
Although authors are permitted to re-use all or portions of the Work in other works, this does not include granting third-party requests for reprinting, republishing, or different types of re-use.