Pengelolaan Kelas Pada Pembelajaran Matematika di Bimbingan Belajar

Authors

  • Khozainul Muna UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Suparni Suparni UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.12928/jimp.v4i1.7140

Keywords:

Pengelolaan kelas, Pembelajaran matematika, Bimbingan belajar

Abstract

Pendidikan formal tidak cukup untuk mempersiapkan siswa dalam, menghadapi berbagai ujian, termasuk ujian nasional sehingga banyak dari mereka yang menenpuh pendidikan non-formal di luar jam sekolah di lembaga bimbingan belajar. Lembaga bimbingan belajar di luar sekolah menjadi alternatif para siswa untuk memperoleh pelajarann yang belum diajarkan disekolah. Matematika merupakan pelajaran yang dianggap sulit. Sebagia besar siswa kurang memahami pelajaran matematika yang hanya diajarkan di sekolah, dikarenakan terbatasnya waktu. Dalam kelas segala aspek pembelajaran berkumpul dan berproses, sehingga guru harus memiliki kemampuan pengeloaan kelas yang efektif. Pengelolaan kelas adalah upaya yang dilakukan guru untuk mewujudkan lingkungan belajar yang efektif dan menyenangkan serta dapat memotivasi siswa untuk belajar dengan baik sesuai kemampuan. Pengelolaan kelas yang efektif adalah persyaratan mutlak untuk membangun kegiatan belajar mengajar yang efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengelolaan kelas pada pembelajaran matematika di bimbingan belajar non formal. Penelitian ini menggunakan metode penlitian deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan observasi. Sampel dari penelitian adalah tentor matematika dari Bimbel CITAR. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengelolaan kelas pada pembelajaran matematika di Bimbel CITAR sudah baik. Teknik pengelolaan kelas yang dilakukan tentor matematika di dalam kelas meliputi pengelolaan peserta didik, pengeloaan fasilitas, dan pengloaan pembelajaran.

Author Biographies

Khozainul Muna, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Suparni Suparni, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Dosen Prodi Pendidikan Matematika, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

References

Abdulah, M. K., Fuzi, I. K. A., & Sudrajat, A. (2022). Manajemen strategi pengelolaan kelas dalam meningkatkan kualitas layanan pendidikan. Jurnal Simki Pedagogia, 5(2), 200–208. https://doi.org/https://doi.org/10.29407/jsp.v5i2.149

Anggraini, R. (2020). Manajemen pengelolaan kelas. Pendidikan Aud.

Arikunto, S. (2009). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta Djamarah.

Arumsari, D. (2017). Pengaruh media pembelajaran dan keterampilan pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar siswa smk negeri 5 madiun. ASSETS: Jurnal Akuntansi Dan Pendidikan, 6(1), 13–25. https://doi.org/http://doi.org/10.25273/jap.v6i1.1290

Chan, & Faizhal. (2019). Strategi guru dalam mengelola kelas di sekolah dasar. Journal of Elementary Education, 3(4), 439–446. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/ijee.v3i4.21749

Fauzi, Ahmad. (2013). Manajemen Pembelajaran. Deepublish.

Fauzi, Anis, Helnanelis, & Fahmi, A. (2020). Pengaruh pengelolaan kelas terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih ( studi di MTs Al-Fitroh Tangerang ). Balajea: Jurnal Pendidikan Islam, 5(01), 51–70. https://doi.org/10.29240/belajea.v5

Fayakunikmah, M. (2019). Konstribusi keikutsertaan bimbingan belajar dan motivasi belajar terhadap nilai akademik siswa kelas XII jurusan pemasaran di LBB Epsilon Gresik. Jurnal Pendidikan Tana Niaga (JPTN), 7(3), 504–509.

Jera, R. P., Wuri, J. U., Koro, A. D., Umaratu, S. J., Bili, F. K., Radjah, J. C., Wibe, C. L., Mbaha, J. S. J., Kahendu, A., Roboth, E. M. L., Nicholas, N., Mone, W., Nora, V. R., Mburu, Y. V. R., Ngadang, N. K., Amah, A. H. L., & Lado, A. L. (2020). Pendampingan les tambahan matapelajaran matematika di Taman Baca Gracia , melalui bimbingan belajar peserta didik di kelurahan Prailiu. Jurnal Pengabdian Balerang (JPB), 2(3), 1–4.

Jiwandono, I. S., Degeng, I. N. S., & Kusmintardjo. (2017). Peran guru dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif di SDN Wonorejo 01 Lawang. Prosiding TEP & PDs, 721–726.

Juwita, R. (2022). Teknik pengelolaaan kelas besar di sekolah dasar. Journal of Integrated Lementary Educatio, 2(2), 130–143. https://doi.org/https://doi.org/10.21580 /jieed.v2i2.10719

Muhaiminah, S. (2020). Peningkatan kemampuan mengelola kelas melalui teknik pemodelan. Jurnal Ideguru, 5(1), 84–91. https://doi.org/https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i1.407

Mulyadi. (2018). Diagnosis kesulitan belajar di sekolah. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, 8(01), 18–23. https://doi.org/https://doi.org/10.15548/alawlad.v8i1.1596

Nasution, H. F. (2021). Peningkatan hasil belajar matematika melalui bimbingan belajar gratis. Indonesian Journal of Community Service, 1(1), 66–73.

Nihayah, N. (2018). Pengaruh bimbingan belajar terhadap kejenuhan dalam beljar pada siswa kelas XI di SMAN I Gerung kabupaten Lombok Barat. EL-HIKMAH, 12(1), 53–64. https://doi.org/https://doi.org/10.20414/clhikmah.v12i1

Noviyanti, A., & Rizki, R. (2019). Perbandingan siswa les dan tidak les terhadap prestasi belajar biologi di SMA Negeri 8 Banda Aceh. BIOnatural, 6(1), 102–114.

Rohiyatun, B., & Mulyani, S. E. (2017). Hubungan prosedur manajemen kelas dengan kelancaran proses belajar mengajar. Jurnal Pendidikan Mandala, 2(2), 92–99. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.58258/jupe.v2i2.214

Rosaria, D., & Novika, H. (2017). Bimbingan belajar bahasa inggris bagi anak usia sekolah dasar (6-12 tahun) di desa Semangat Dalam Rt. 31 Handil Bhakti. Jurnal Al-Ikhlas, 2(2), 13–19. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31602/jpai.v2i2.751

Santoso, A., & Rusmawati, Y. (2019). Pendampingan belajar siswa di rumah melalui kegiatan bimbingan belajar di desa Guci Karanggeneng Lamongan. Abdimas Berdaya: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 36–43. https://doi.org/https://doi.org/10.30736/jab.v2i02.7

Veronica, D., & Nasution, E. Y. P. (2022). Program bimbingan belajar ( BIMBEL ) matematika untuk siswa SD di desa Semerap pada era pandemi. Madani : Indonesian Journal Of Civil Society, 04(1), 1–8. https://doi.org/10.35970/madani.v1i1.771

Wati, A. R. Z., & Trihantoyo, S. (2020). Strategi penglolaan kelas unggulan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Jurnal Dinamika Mananjemen Pendidikan, 5(1), 46–57. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jdmp.v5n1.p46-57

Yani, Y. (2022). Guru sebagai pelaksana manajemen kelas (studi kasus pada kelas rendah di MIN 2 Babussalam tahun pelajaran 2021-2022). Tarbiyatul Bukhary, Jurnal Pendidikan, Agama Dan Sains, 4(1), 65–72.

Downloads

Published

2024-02-02

How to Cite

Muna, K., & Suparni, S. (2024). Pengelolaan Kelas Pada Pembelajaran Matematika di Bimbingan Belajar. JURNAL INOVASI DAN MANAJEMEN PENDIDIKAN, 4(1), 1–12. https://doi.org/10.12928/jimp.v4i1.7140

Issue

Section

Articles