Strategi Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMP

Authors

  • Azzahra Bunga Sheilawati Universitas Ahmad Dalan
  • Enung Hasanah Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.12928/jimp.v2i2.6960

Keywords:

meningkatkan, motivasi belajar , Siswa SMP, Strategi Pembelajaran

Abstract

Strategi pembelajaran merupakan suatu kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan guru dengan siswa agar tujuan pembelajaran dapat mendukung dalam pelaksanaan strategi pembelajaran dicapai secara efektif dan efisien. Menumbuhkan motivasi belajar terhadap siswa SMP merupakan salah satu teknik dalam mengembangkan kemauan serta kemampuan belajar siswa karena di umur awal remaja ini yang begitu masih labil terhadap segala sesuatu maka dari itu sebagai guru sangat berkepentingan dengan permasalahan ini. Salah satu cara yang logis  untuk memotivasi siswa dalam pembelajaran adalah mengaitkan pengalaman belajar dengan motivasi siswa. Sehingga sebagai guru atau calon guru sebisa mungkin kita harus selalu berupaya untuk dapat meningkatkan motivasi belajar terutama bagi siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar.   

References

Ali, A., Tolla, I., Sari Baru, G., -, M., Kunci, K., & Belajar, M. (n.d.). STRATEGI GURU DALAM MEMOTIVASI SISWA BELAJAR DI SMP NEGERI 2 MAJENE TEACHERS’ STRATEGIES IN MOTIVATING STUDENTS TO LEARN AT SMP NEGERI 2 MAJENE.

Hamzah B. Uno. (2008). Teori Motivasi dan Pengukurannya. PT. Bumi Aksara.

Kakok Koerniantono, M. E. (n.d.). STRATEGI PEMBELAJARAN.

Kompri. (2015). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa . Remaja Rosdakarya.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang memengaruhinya . PT. Rineke Cipta .

Sukiati. (2016). Metode Penelitian. CV.Manhaji.

Suprihatin, S. (2015). UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 3(1). https://doi.org/10.24127/ja.v3i1.144

Downloads

Published

2022-12-13

How to Cite

Sheilawati, A. B., & Hasanah, E. (2022). Strategi Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMP. JURNAL INOVASI DAN MANAJEMEN PENDIDIKAN, 2(2), 81–86. https://doi.org/10.12928/jimp.v2i2.6960

Issue

Section

Articles