Implementasi blended learning di Sekolah Dasar Maria Regina School Semarang

Authors

  • Lai Yunhang Universitas Ahmad Dahlan
  • Dian Hidayati Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.12928/jimp.v3i1.6333

Keywords:

Implementasi, Blended Learning, Pembelajaran online, Pembelajaran tatap muka

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi model pembelajaran blended learning. Sumber data yang digunakan adalah primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif meliputi reduksi, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan implementasi model pembelajaran blended learning berjalan dengan baik mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan penilaian. Faktor Keberhasilan Impelementasi Pembelajaran Blended Learning ialah kemampuan SDM dalam menggunakan metode pembelajaran berbasis online, guru memperbolehkan siswa memperdalam pemahaman materi melalui berbagai media, guru menyiapkan waktu diluar jam kerja untuk menjawab pertanyaan siswa, adanya pengurangan jam mengajar, adanya dukungan penuh dari pengawas sekolah, kepala sekolah dan orangtua siswa. Salah satu kendala guru dalam memberikan pembelajaran ialah ketika guru matematika hendak menyampaikan beberapa macam model untuk menyelesaikan suatu soal, sarana prasarana belum memadai.

References

Aka, K. A. 2017. “Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Sebagai Wujud Inovasi Sumber Belajar Di Sekolah Dasar.” ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2597–4122.

Akbar, A, and N Noviani. 2019. “Tantangan Dan Solusi Dalam Perkembangan Teknologi Pendidikan Di Indonesia.” Journal Univ Pgri Palembang, 18–25.

Amrizal, R. 2016. “Implementasi Pembelajaran Berbasis Blended Learning Pada Mata Pembelajaran Matematika Di Kelas VIII MTs Negeri Pemalang Tahun Ajaran 2015/2016.” Doctoral Dissertation, Universitas Negeri Semarang.

Anggraeny, D, D Nurlaili A, and R Mufidah A. 2020. “Analisis Teknologi Pembelajaran Dalam Pendidikan Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Dasar, 4.

Asrori, Imam. 2014. Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: Misykat Indonesia.

Budiyono, F. 2020. “Implementasi Blended Learning Di Masa Pandemi Covid 19.” Prosiding Diskusi Daring Tematik Nasional 202. 2020.

Codemi. 2021. “Kelebihan Model Blended Learning Dan Kekurangannya Saat Ini.” Learning and Development: Colaboration and Academy (blog). 2021.

Effendi, D, and A Wahidy. 2019. “Pemanfaatan Teknologi Dalam Proses Pembelajaran Menuju Pembelajaran Abad 21.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang. 2019.

Hakim, Thursan. 2015. Belajar Secara Efektif. Jakarta: Pustaka Pembangunan Swadaya Nusantara.

Indriani, T, M, T Fathoni, and C Riyana. 2018. “Implementasi Blended Learning Dalam Program Pendidikan Jarak Jauh Pada Jenjang Pendidikan Menengah Kejuruan.” Edutcehnologia 2 (2).

Jihad, A, and A Haris. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Press.

Khaerunnisa, F. 2019. “Evaluasi Penerapan Blended Learning Pada Pembelajaran Bahasa Arab Di SMPIT Ibadurrahman.” Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Dan Budaya Arab 2 (2).

Kusni, M. 2010. Implementasi Sistem Pembelajaran Blended Learning Pada Matakuliah AE3121 Getaran Mekanik Di Program Aeronotika Dan Astonotika. Seminar Tahunan Teknik Mesin.

Layyinah, R. 2021. “Implementasi Pembelajaran Blended Learning Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19 Di MTS Mihadunalula Sukabumi.” Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Lestari, I. 2012. “Pengaruh Waktu Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika.” Jurnal Formatif 3 (2): 115–25.

Mawahdah, Zakiah. 2021. “Impelementasi Model Pembelajaran Blended Learning Di Kelas V Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi Covid-19.” Jambi: Universitas Jambi.

Pradnyana, PB, AAIN Marhaeni, and IM Candiasa. 2013. “Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD.” Jurnal Pendidikan Dasar 3.

Ramadani, A, D, and W Sulthoni A. 2019. “Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Implementasi Blended Learning Di Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang.” JKTP Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan.

Rizkiyah, A. 2015. “Penerapan Blended Learning Untuk Menngkatkan Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan 1 (1): 15.

Sahelatua, L. S, L Vitoria, and Mislinawati. 2018. “Kendala Guru Memanfaatkan Media IT Dalam Pembelajaran DI SDN 1 Pagar Air Aceh Besar.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 1: 131–40.

Sinaga, I. S, F Chan, and M Sofwan. 2020. “Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi Oleh Guru Sekolah Dasar.” Jurnal Edumaspul 4. https://repository.unja.ac.id.

Sjukur, S. B. 2013. “Pengaruh Blended Learning Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Tingkat SMK.” Jurnal Pendidikan Vokasi 2 (3).

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhartono. 2016. “Menggagas Pendekatan Blended Learning Di Sekolah Dasar.” Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru (Ting) VIII, Universitas Terbuka.

Tabor, S. 2017. “Narrowing the Distance: Implementing a Hybrid Learning Model for Information Security Education.” The Quarterly Review of Distance Education 8 (1): 47–57.

Trisniawati, U.M. 2021. “Implementasi Pembelajaran Blended Learning Di Masa Pandemi Covid-19 Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Mts Al-Muslimun Lamongan.” Semarang: Universitas Islam Negeri.

Downloads

Published

2023-08-04

How to Cite

Yunhang, L., & Hidayati , D. (2023). Implementasi blended learning di Sekolah Dasar Maria Regina School Semarang . JURNAL INOVASI DAN MANAJEMEN PENDIDIKAN, 3(1), 50–60. https://doi.org/10.12928/jimp.v3i1.6333

Issue

Section

Articles