Pengaruh Tingkat Pendidikan Dan Keterlibatan Orang Tua Terhadap Hasil Belajar IPA Selama Pembelajaran Daring
DOI:
https://doi.org/10.12928/jimp.v2i1.5970Keywords:
Hasil Belajar IPA, Keterlibatan rang tua, Pembelajaran Daring, Tingkat PendidikanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap ada tidaknya pengaruh signifikan dan besarnya pengaruh tingkat pendidikan dan keterlibatan orang tua terhadap hasil belajar IPA selama pembelajaran daring pada siswa kelas VII di SMPN 11 Sungai Ambawang. Penelitian ini berbentuk kuantitatif dengan metode ex-post facto. Sumber data penelitian adalah seluruh siswa di tiga kelas VII SMP Negeri 11 Sungai Ambawang. Instrumen penelitian berupa lembar kuesioner keterlibatan orang tua yang diisi oleh siswa, dokumen tingkat pendidikan orang tua dari bagian administrasi sekolah, dan lembar hasil nilai ulangan harian IPA siswa dari guru. Data diinterpretasi dengan menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pendidikan orangtua (thit 3,5>ttab 0,00028, sig. 0,001<0,05) dan keterlibatan orangtua (thit 2,37>ttab 0,00028, sig 0,020<0,05) berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar IPA siswa. Tingkat pendidikan orang tua memberi pengaruh sebesar 51,1%, sedangkan keterlibatan orang tua berpengaruh 34,98% terhadap hasil belajar IPA. Penelitian ini menggabungkan 2 variabel yaitu tingkat pendidikan dan keterlibatan orang tua dalam pembelajaran secara daring, berbeda dengan penelitian referensi yang lain yang hanya menggunakan salah satu dari 2 variabel tersebut serta penelitian dengan variabel ini mayoritas dilakukan pada penelitian sebelum Pandemi covid-19.
References
Andrayani, A. (2017). Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua dan Motivasi Belajar Biologi Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah 5 Todanan Kabupaten Blora Tahun Pelajaran 2016/2017. [Skripsi]. Diperoleh dari http://eprints.walisongo.ac.id/7819/1/Anik%20Andrayani_123811019.pdf.
Ardiansyah, M. (2020). Kontribusi tingkat pendidikan orang tua, lingkungan, dan kecerdasan logis terhadap kemampuan berpikir kritis matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 163-178. Diunduh di Https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/jmtk.
Asmuni. (2020). Problematika pembelajaran daring di masa pandemi covid-19 dan solusi pemecahannya. Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 7(4), 281-288. Diunduh di http://ojs.ikipmataram.ac.id/index.php/pedagogy/index.
Batubara, H.H & Batubara, D.S. (2020). Penggunaan video tutorial untuk mendukung pembelajaran daring di masa pandemi virus corona. Jurnal Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 74-84. Diunduh di https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/jurnalmuallimuna/article/view/2950.
Bimbanaung, S.S. Pangemanan, A. S., Mangobi, J. L. (2017). Pengaruh Cara Belajar dan Perhatian Orang tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri Sekecamatan Manganita. Jurnal Sains, Matematika &Edukasi. 5(2). Diunduh di http://103.123.108.170/index.php/jsme/article/view/252
Chofifah, T.N., Degeng, I.N.S., & Utaya, S.(2016). Pengaruh latar belakang tingkat pendidikan orang tua dan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa pada kelas iv sdn kecamatan sananwetan kota blitar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(3), 486-491. Diunduh di http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/disertasii/article/view/49514.
Fane, A & Sugito, S. (2019). Pengaruh keterlibatan orang tua, perilaku guru, dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 53-61. Diunduh di Http://jouenal.uny.ac.id/index.php/jrpm.
Kemendikbud. (2020). Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia. Kemendikbud.go.id (vol.7490941, issue2020195210130022000, p. 7490941).
Kurniasih, A. P. (2021). Pengaruh Pendampingan Orang Tua Dalam Pembelajaran Online Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V Sd/Mi Bandar Lampung. [Thesis]. Uin Raden Intan Lampung.
Lilawati, A. (2021). Peran orang tua dalam mendukung kegiatan pembelajaran di rumah pada masa pandemi. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 549-558. DOI: 10.31004/obsesiv5i1.630.
Matoneng, R., Tandiayuk, M.B., Linawati. (2018). Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang tua Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Taduloko. 6(1). Diperoleh dari http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JEPMT/article/view/11149/8611
Norhidayah, F. (2017). Pengaruh Penggunaan Handphone dan Keterlibatan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di MTSN 4 Tabalog. [Skripsi]. Diperoleh dari http://etheses.uin-malang.ac.id/11165/1/13410001.pdf.
Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P B., Wijayanti, L M., Hyun, C & Putri, R S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online Di Sekolah Dasar. Journal Of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 2716-4446. Diunduh di https:///ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397.
Ristiani, E.M. (2015). Pengaruh keterlibatan orangtua dalam belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas v sekolah dasar negeri se-daerah binaan iii kecamatan petarukan kabupaten pemalang. [Skripsi]. Diperoleh dari http://lib.unnes.ac.id/21484/1/1401411183-s.pdf.
Saputro, K. R. J., Ulya, H., & Fardani, M.A. (2021). Pengaruh Perhatian Orang Tua Selama Pembelajaran Daring Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sd 2 Karangrowo. Jurnal Prasasti Ilmu, 1(2), 1-7. Diunduh https://jurnal.umk.ac.id/index.php/jpi/article/view/6260/2747.
Sutangsa, S. [2021]. Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelaan Jarak Jauh Pada Masa Pandemi COVID-19. Indonesian Psychological Research, 3[2], 91-100. Diperoleh dari https://doi.org/1029080/ipr.v3i2.429.
Tampubolon, S.P., & Tarigan, R. (2015). Hubungan Tingkat Pendidikan Orang tua Dengan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015. Jurnal Pelita Pendidikan, 3(4), 129-139. Di unduh di http://digilib.unimed.ac.id/12587/
Wilder-Smith, A., & Freedman, D.O. (2020). Isolation, Quarantine, Social Distancing and Community Containment: Pivotal Role for Old-Style Public Health Measures in the Novel Coronavirus (2019-nCoV) Outbreak. Journal of Travel Medicine, 27(2), 1-4. DOI: https:doi.org/10.1093/jtm/taaa020.
Winingsih, E. (2020). Peran Orang Tua Dalam Pembejaran Jarak Jauh. In Poskita. https://poskita.co/2020/04/02/peran-orang tua-dalam-pembelajaran-jarak-jauh/
Wulandari, H & Purwanta, E. (2020). Pencapaian perkembangan anak usia dini di Tk selama pembelajaran daring saat pandemic covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 452-462. Diunduh di https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/626/pdf.
Yulianingsih, W., Suhanadji., Nugroho, R., & Mustakim. (2021). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2). Diunduh di http://10.3100 4/obsesi.v5
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Universitas Ahmad Dahlan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This article's copyright is transferred to Universitas Ahmad Dahlan (UAD) if and when the item is accepted for publication. The undersigned hereby transfers any rights in and to the paper including without limitation all copyrights to UAD. The undersigned hereby represents and warrants that the article is original and that he/she is the author of the paper, except for material identified as to its source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.
We declare that:
This paper has not been published in the same form elsewhere.
It will not be submitted anywhere else for publication before acceptance/rejection by this Journal.
Copyright permission is obtained for materials published elsewhere and which require this permission for reproduction.
Furthermore, I/We hereby transfer the unlimited rights of publication of the above-mentioned paper in whole to UAD. The copyright transfer covers the exclusive right to reproduce and distribute the article, including reprints, translations, photographic reproductions, microform, electronic form (offline, online), or any other reproductions of similar nature.
The corresponding author signs for and accepts responsibility for releasing this material on behalf of any co-authors. This agreement is to be signed by at least one of the authors who have obtained the co-author(s) assent where applicable. After submission of this agreement signed by the corresponding author, changes of authorship or in the order of the authors listed will not be accepted.
Retained Rights/Terms and Conditions
Authors retain all proprietary rights in any process, procedure, or article of manufacture described in the Work.
Authors may reproduce or authorize others to reproduce the Work or derivative works for the author's personal use or company use, provided that the source and the UAD copyright notice are indicated, the copies are not used in any way that implies UAD endorsement of a product or service of any employer, and the documents themselves are not offered for sale.
Although authors are permitted to re-use all or portions of the Work in other works, this does not include granting third-party requests for reprinting, republishing, or different types of re-use.