Pengaruh Tingkat Pendidikan Dan Keterlibatan Orang Tua Terhadap Hasil Belajar IPA Selama Pembelajaran Daring

Authors

  • Annisa Fitri Ananda Universitas Tanjungpura
  • Asriah Nurdini Mardiyyaningsih Universitas Tanjungpura
  • Andi Besse Tenriawaru Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.12928/jimp.v2i1.5970

Keywords:

Hasil Belajar IPA, Keterlibatan rang tua, Pembelajaran Daring, Tingkat Pendidikan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap ada tidaknya pengaruh signifikan dan besarnya pengaruh tingkat pendidikan dan keterlibatan orang tua terhadap hasil belajar IPA selama pembelajaran daring pada siswa kelas VII di SMPN 11 Sungai Ambawang. Penelitian ini berbentuk kuantitatif dengan metode ex-post facto. Sumber data penelitian adalah seluruh siswa di tiga kelas VII SMP Negeri 11 Sungai Ambawang.  Instrumen penelitian berupa lembar kuesioner keterlibatan orang tua yang diisi oleh siswa, dokumen tingkat pendidikan orang tua dari bagian administrasi sekolah, dan lembar hasil nilai ulangan harian IPA siswa dari guru. Data diinterpretasi dengan menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pendidikan orangtua (thit 3,5>ttab 0,00028, sig. 0,001<0,05) dan keterlibatan orangtua (thit 2,37>ttab 0,00028, sig 0,020<0,05) berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar IPA siswa. Tingkat pendidikan orang tua memberi pengaruh sebesar 51,1%, sedangkan keterlibatan orang tua berpengaruh 34,98% terhadap hasil belajar IPA. Penelitian ini menggabungkan 2 variabel yaitu tingkat pendidikan dan keterlibatan orang tua  dalam pembelajaran secara daring, berbeda dengan penelitian referensi yang lain yang hanya menggunakan salah satu dari 2 variabel tersebut serta penelitian dengan variabel ini mayoritas dilakukan pada penelitian sebelum Pandemi covid-19.

 

References

Andrayani, A. (2017). Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua dan Motivasi Belajar Biologi Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah 5 Todanan Kabupaten Blora Tahun Pelajaran 2016/2017. [Skripsi]. Diperoleh dari http://eprints.walisongo.ac.id/7819/1/Anik%20Andrayani_123811019.pdf.

Ardiansyah, M. (2020). Kontribusi tingkat pendidikan orang tua, lingkungan, dan kecerdasan logis terhadap kemampuan berpikir kritis matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 163-178. Diunduh di Https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/jmtk.

Asmuni. (2020). Problematika pembelajaran daring di masa pandemi covid-19 dan solusi pemecahannya. Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 7(4), 281-288. Diunduh di http://ojs.ikipmataram.ac.id/index.php/pedagogy/index.

Batubara, H.H & Batubara, D.S. (2020). Penggunaan video tutorial untuk mendukung pembelajaran daring di masa pandemi virus corona. Jurnal Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 74-84. Diunduh di https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/jurnalmuallimuna/article/view/2950.

Bimbanaung, S.S. Pangemanan, A. S., Mangobi, J. L. (2017). Pengaruh Cara Belajar dan Perhatian Orang tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri Sekecamatan Manganita. Jurnal Sains, Matematika &Edukasi. 5(2). Diunduh di http://103.123.108.170/index.php/jsme/article/view/252

Chofifah, T.N., Degeng, I.N.S., & Utaya, S.(2016). Pengaruh latar belakang tingkat pendidikan orang tua dan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa pada kelas iv sdn kecamatan sananwetan kota blitar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(3), 486-491. Diunduh di http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/disertasii/article/view/49514.

Fane, A & Sugito, S. (2019). Pengaruh keterlibatan orang tua, perilaku guru, dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 53-61. Diunduh di Http://jouenal.uny.ac.id/index.php/jrpm.

Kemendikbud. (2020). Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia. Kemendikbud.go.id (vol.7490941, issue2020195210130022000, p. 7490941).

Kurniasih, A. P. (2021). Pengaruh Pendampingan Orang Tua Dalam Pembelajaran Online Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V Sd/Mi Bandar Lampung. [Thesis]. Uin Raden Intan Lampung.

Lilawati, A. (2021). Peran orang tua dalam mendukung kegiatan pembelajaran di rumah pada masa pandemi. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 549-558. DOI: 10.31004/obsesiv5i1.630.

Matoneng, R., Tandiayuk, M.B., Linawati. (2018). Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang tua Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Taduloko. 6(1). Diperoleh dari http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JEPMT/article/view/11149/8611

Norhidayah, F. (2017). Pengaruh Penggunaan Handphone dan Keterlibatan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di MTSN 4 Tabalog. [Skripsi]. Diperoleh dari http://etheses.uin-malang.ac.id/11165/1/13410001.pdf.

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P B., Wijayanti, L M., Hyun, C & Putri, R S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online Di Sekolah Dasar. Journal Of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 2716-4446. Diunduh di https:///ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397.

Ristiani, E.M. (2015). Pengaruh keterlibatan orangtua dalam belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas v sekolah dasar negeri se-daerah binaan iii kecamatan petarukan kabupaten pemalang. [Skripsi]. Diperoleh dari http://lib.unnes.ac.id/21484/1/1401411183-s.pdf.

Saputro, K. R. J., Ulya, H., & Fardani, M.A. (2021). Pengaruh Perhatian Orang Tua Selama Pembelajaran Daring Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sd 2 Karangrowo. Jurnal Prasasti Ilmu, 1(2), 1-7. Diunduh https://jurnal.umk.ac.id/index.php/jpi/article/view/6260/2747.

Sutangsa, S. [2021]. Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelaan Jarak Jauh Pada Masa Pandemi COVID-19. Indonesian Psychological Research, 3[2], 91-100. Diperoleh dari https://doi.org/1029080/ipr.v3i2.429.

Tampubolon, S.P., & Tarigan, R. (2015). Hubungan Tingkat Pendidikan Orang tua Dengan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015. Jurnal Pelita Pendidikan, 3(4), 129-139. Di unduh di http://digilib.unimed.ac.id/12587/

Wilder-Smith, A., & Freedman, D.O. (2020). Isolation, Quarantine, Social Distancing and Community Containment: Pivotal Role for Old-Style Public Health Measures in the Novel Coronavirus (2019-nCoV) Outbreak. Journal of Travel Medicine, 27(2), 1-4. DOI: https:doi.org/10.1093/jtm/taaa020.

Winingsih, E. (2020). Peran Orang Tua Dalam Pembejaran Jarak Jauh. In Poskita. https://poskita.co/2020/04/02/peran-orang tua-dalam-pembelajaran-jarak-jauh/

Wulandari, H & Purwanta, E. (2020). Pencapaian perkembangan anak usia dini di Tk selama pembelajaran daring saat pandemic covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 452-462. Diunduh di https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/626/pdf.

Yulianingsih, W., Suhanadji., Nugroho, R., & Mustakim. (2021). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2). Diunduh di http://10.3100 4/obsesi.v5

Downloads

Published

2022-12-13

How to Cite

Ananda, A. F. ., Mardiyyaningsih, A. N. ., & Tenriawaru, A. B. . (2022). Pengaruh Tingkat Pendidikan Dan Keterlibatan Orang Tua Terhadap Hasil Belajar IPA Selama Pembelajaran Daring. JURNAL INOVASI DAN MANAJEMEN PENDIDIKAN, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.12928/jimp.v2i1.5970

Issue

Section

Articles