Pengembangan Special E-Class Pada Learning Management System Untuk Mahasiswa Tunarungu

Authors

  • Luthpi Luthpi Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Dadan Rahmat Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Arif Yudianto Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.12928/jimp.v2i2.5385

Keywords:

Disabilitas, Learning Management System, Mahasiswa Tunarungu, Pendidikan Khusus, Special e-class

Abstract

penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan teknologi bantu sebagai layanan pembelajaran bagi mahasiswa berkebutuhan khusus, dengan mengembangkan system pembelajaran online. System pembelajaran online disini mengakomodir kelas khusus bagi mahasiswa berkebutuhan khusus yang dinamakan special e-class. Dalam kelas khusus tersebut dikembangkan juga matakuliah yang memiliki konten digital yang dibuat khusus bagi penyandang disabilitas.  Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau biasa disebut Research and Development (R and D) . R and D adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut.   Media pembelajaran layak untuk digunakan jika hasil validasi para ahli dan pengguna mencapai 26%≤skor≤50% skala nila 2 dalam kriteria minimal “cukup layak”. Dari perhitungan tersebut didapatkan penilaian dari ahli materi 93,75% untuk materi matakuliah jaringan komputer dan penilaian dari ahli media 84,6% untuk pengembangan video pembelajaran sementara para pengguna memberikan nilai sebesar 88,6%. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan layak dijadikan media pembelajaran bagi mahasiswa trunarungu

References

Arifin, Zainal. (2012). Model Penelitian dan Pengembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto , Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Asmunah, Siti. (2018). Pengembangan model pembelajaran berbasis visual dengan pendekatan komunikasi total membuat pola dasar busana wanita untuk tunarungu. JPK (Jurnal Pendidikan Khusus), 14 (1), 2018, 9-17. Doi: 10.21831/jpk.v14i1.25162

Fajri Ilahi, Fatmawati. (2019). Pengaruh Media Video Tutorial Terhadap Keterampilan Vokasional Membuat Vas Bunga Dari Kain Flanel Bagi Anak Tunarungu. Jurnal Penelitian Pendidikan Kebutuhan Khusus. Volume 7 Nomor I

Harahap, M. Rachmita (2021) Seminar Disabilitas MTM UNJ bersama Relawan Disabilitas yang diselenggarakan oleh UNJ dan LP3 UNJ tanggal 3 Desember 2021. Jakarta

Indina Tarjiah , Erfan Kurniawan, Riana Bagaskorowati. (2020). Magical science sebagai media pembelajaran IPA berbasis website untuk siswa tunarungu. JPK (Jurnal Pendidikan Khusus), 16 (1), 2020, 35-47. Doi: 10.21831/jpk.v16i1.31285

Rawung, K S Refien (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Daring Era 4.0Di Masa Pandemic Covid-19. JIMP (Jurnal Inovasi dan Manajemen Pendidikan). DOI:10.12928/jimp.v1i1.4200

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Downloads

Published

2022-12-13

How to Cite

Luthpi, L., Rahmat, D., & Yudianto, A. (2022). Pengembangan Special E-Class Pada Learning Management System Untuk Mahasiswa Tunarungu . JURNAL INOVASI DAN MANAJEMEN PENDIDIKAN, 2(2), 61–72. https://doi.org/10.12928/jimp.v2i2.5385

Issue

Section

Articles