Evaluasi Kompetensi Guru SMA di Manggelewa Dompu

Authors

  • Didit Haryadi Universitas Ahmad Dahlan
  • Muarif Islamiah STKIP Harapan Bima

DOI:

https://doi.org/10.12928/jimp.v1i2.5155

Keywords:

evaluasi, Kompetensi , Guru SMA

Abstract

Kualitas kompetensi guru dapat mempengaruhi kualitas pendidikan.  Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui Kompetensi Pedagogik (2) untuk mengetahui kompetensi sosial (3) untuk mengetahui kompetensi kepribadian dan (4) untuk mengetahui kompetensi profesional Guru di SMA Negeri 1 Manggelewa.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian Evaluasi. Penelitian evaluasi di gunakan karena di dalam penelitian memuat evaluasi yang berkaitan kompetensi guru di SMA Negeri 1 Manggelewa. subjek penelitian adalah Guru di SMA Negeri 1 Manggelewa yang berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data berupa Angket dengan skala likert 1 sampai dengan 4  dan dibantu wawancara untuk mendapatkan informasi awal atau kondisi empiris sekolah. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitaf  dengan menggunakan analisa deskriptik atau statistik deksriptik. Cara menarik kesimpulan adalah dengan melihat hasil dari tiap komponen dan membandingkan dengan tabel presentase dari bukunya Prof. Sugiyono sehingga dapat ditarik kesimpulan tiap kompenen atau Kompetensi kurang baik atau sangat baik

Dari penelitian dapat di simpulkan (1) Kompetensi Pedagogik di SMA Negeri 1 Manggelewa sangat baik berdasarkan deskripsi data yang sudah dilakukan dengan presentase 85 % (2) Kompetensi Sosial di SMA Negeri 1 Manggelewa sangat baik berdasarkan deskripsi data yang sudah dilakukan dengan presentase 88 % (3) Kompetensi Kepribadian di SMA Negeri 1 Manggelewa sangat baik berdasarkan deskripsi data yang sudah dilakukan dengan presentase 88 % (4) Kompetensi Profesional di SMA Negeri 1 Manggelewa sangat baik berdasarkan deskripsi data yang sudah dilakukan dengan presentase 85 %. Secara keseluruhan Kompetensi Guru di SMA Negeri 1 Manggelewa sangat baik.

 

References

Arikunto, Suharsimi (1993). Manajemen Pengajaran Secara Manusia. Jakarta: Rineka Cipta

Andina, E., Gatot, J., & Senayan, S. (2018). Efektivitas pengukuran kompetensi guru. 9(2).

Giannakas, F., Papasalouros, A., Kambourakis, G., & Gritzalis, S. (2019). A comprehensive cybersecurity learning platform for elementary education. Information Security Journal: A Global Perspective, 28(3), 81–106. https://doi.org/10.1080/19393555.2019.1657527

Gnambs, T., & Wolter, I. (2020). The impact of gender-stereotypical text contents on reading competence in women and men. 1283–1301. https://doi.org/10.1007/s11618-020-00980-8

Guru, A. P. K. (2009). Kompetensi Guru B . Dimensi-dimensi Kompetensi Guru. Hafid, M. (2017). PENGARUH MOTIVASI DAN KOMPETENSI GURU TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DAN MADRASAH DI LINGKUNGAN PONDOK PESANTREN SALAFIYAH SYAFI ’ IYAH SUKOREJO. 1(April), 293–314.

Iriawan, H. (2017). Pengaruh Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah terhadap Kompetensi Sosial Guru Di SMA Negeri 11 Makassar. 7, 59–68.

Navarro, A. C., Negre, J. S., & Forgas, R. C. (2017). Recommendations for confronting vocational education dropout : a literature review. Empirical Research in Vocational Education and Training. https://doi.org/10.1186/s40461-017-0061-4

Negeri, S. M. A., Tahun, R., Syaidah, U., Suyadi, B., & Ani, H. M. (2018). PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI DI. 12, 185–191. https://doi.org/10.19184/jpe.v12i2.8316

Pembelajaran, D. (2010). KINERJA DAN KOMPETENSI GURU DALAM PEMBELAJARAN Oleh: Muh. Ilyas Ismail * ABSTRAK: 13(1), 44–63.

Puluhulawa, C. W., Pascasarjana, P., Pendidikan, M., Gorontalo, U. N., & Puluhulawa, C. W. (2013).

Makara Human Behavior Studies in Asia Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual Meningkatkan Kompetensi Sosial Guru Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual

Meningkatkan Kompetensi. 17(2), 139–148. https://doi.org/10.7454/mssh.v17i2.

Rahman, R., Sakti, A. W., Widya, R. N., & Yugafiati, R. (2019). Elementary Education Literacy in the Era of Industrial Revolution 4.0. Proceedings of the Second Conference on Language, Literature, Education, and Culture (ICOLLITE 2018). https://doi.org/10.2991/icollite18.2019.41

Rosa, E., Marko, P., Julia, L., Korlat, S., Spiel, C., & Schober, B. (2021). Learning during COVID-19 : the role of self-regulated learning , motivation , and procrastination for perceived competence. 393–418. https://doi.org/10.1007/s11618-021-01002-x

Serrada-tejeda, S., Sánchez-herrera-baeza, P., Rodríguez-pérez, M. P., Máximo-bocanegra, N., Martínez-piédrola, R. M., Trugeda-pedrajo, N., Huertas-hoyas, E., & Pérez-de-herediatorres, M.(2021). Cultural adaptation and psychometric properties of the Jefferson empathy scale health professions students ’ version in SpanishOccupational therapy students. 1–10. Sopia, E., Sundari, T.,

Robandi, B., & Mulyasari, E. (2019). Upaya Meningkatkan Kompetensi Sosial Guru Sekolah Dasar di SDN 134 Panorama. 14, 110–126.

Sugiyono.(2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta

Supandi, A., Sahrazad, S., Wibowo, A. N., Widiyarto, S., Matematika, P., Konseling, P. B., Arsitektur, T., & Ekonomi, P. (2020). Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia. 1–6. Menurut Undang-undang No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

Tarchi, C., & Surian, A. (2021). Promoting intercultural competence in study abroad students.

Vink, R. M., van Dommelen, P., van der Pal, S. M., Eekhout, I., Pannebakker, F. D., Klein Velderman, M., Haagmans, M., Mulder, T., & Dekker, M. (2019). Self-reported adverse childhood experiences and quality of life among children in the two last grades of Dutch elementary education. Child Abuse & Neglect, 95, 104051. https://doi.org/10.1016/j.chiabu.2019.104051

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Haryadi, D. ., & Islamiah , M. . (2021). Evaluasi Kompetensi Guru SMA di Manggelewa Dompu. JURNAL INOVASI DAN MANAJEMEN PENDIDIKAN, 1(2), 111–122. https://doi.org/10.12928/jimp.v1i2.5155

Issue

Section

Articles